SEO Sebagai Teknik Pemasaran Yang Berkelanjutan

Keywords

https://www.undercover.co.id/ Salah satu kelebihan search engine optimization (SEO) dibandingkan dengan paid ads adalah konten yang ditulis menggunakan teknik ini dapat diakses kapanpun selama anda tidak menghapusnya dan terus update mengenai keyword terbaru.

Namun untuk membuat strategi SEO yang sustainable dibutuhkan konsistensi dan adaptasi yang terus menerus terhadap produk teknologi. Mengingat Google sebagai market leader search engine di dunia juga rutin melakukan perbaikan perbaikan dalam sistem algoritmisnya.

Menurut Bliss (2019) dalam artikelnya yang dipublikasikan oleh searchenginejournal.com[i], Untuk sukses menggunakan strategi SEO di masa kini dan di masa depan, anda harus mampu berpikir mengenai perubahan teknologi, mengerti kebutuhan user, dan menampilkan brand di website yang menciptakan pengalaman terbaik.

Artikel ini akan membahas mengenai syarat sukses SEO tersebut untuk menciptakan penggunaan SEO yang mendukung marketing sustainability.

SEO harus didukung oleh pengetahuan tentang teknologi terbaru

Ada ungkapan bahwa untuk menjadi seorang professional SEO (baik yang bekerja di agensi maupun di perusahaan), seseorang harus mengetahui teknis teknis dasar SEO. Ungkapan ini bukan hanya isapan jempol belaka, karena seiring dengan perkembangan teknologi mesin pencari, teknis teknis dasar SEO dapat menjadi pondasi yang mengantarkan seseorang ke teknis yang lebih rumit lagi.

Teknis yang lebih rumit ini seperti mengerti voice search dan cara artificial intelligence untuk mengintrepertasikan bahasa. Karena belakangan ini, untuk menciptakan search engine yang lebih inklusif, pihak mesin pencari sedang mengembangkan teknologi ke arah sana.

SEO pro, mau tidak mau juga harus beradaptasi dengan teknologi (bisa jadi algoritma) yang baru tersebut. Disinilah peran teknologi terbaru penting dalam mendukung marketing sustainability menggunakan teknik SEO.

Konten SEO harus adaptif terhadap kebutuhan konsumen /pengguna mesin pencari

Pada dasarnya mengetahui profil pangsa pasar tertentu adalah kewajiban dasar seorang marketer. Namun demikian hal ini menjadi lebih penting ketika marketer tersebut menggunakan teknik SEO.

Karena mesin pencari seperti Google tidak hanya dipengaruhi oleh algoritma dan teknologi melainkan juga oleh cara kerja otak manusia. Sebagai seorang marketer, anda harus mengetahui kosa kata tertentu (keywords) apa yang sedang banyak digunakan oleh konsumen target pasar anda dalam jangka waktu tertentu (biasanya bulanan) dan kemudian mengadaptasinya ke dalam tulisan yang bermuatan SEO anda.

Masih menurut artikel yang sama, salah satu cara adaptif terhadap kebutuhan konsumen adalah anda harus bisa menulis konten yang menawarkan nilai tambah terutama jika pangsa pasar anda adalah milenial. Karena generasi ini umumnya menyukai hal hal yang akan menambah pengetahuan ke dalam diri mereka.

Oleh karena itu untuk menciptakan pemasaran produk yang berkelanjutan menggunakan teknik SEO, anda harus rajin rajin melakukan penelitian mengenai keyword yang banyak dicari oleh pengguna internet yang menjadi target pasar anda dan customer behavior pengguna internet tersebut.

Settidaknya anda harus bisa mendefinisikan jawaban dari pertanyaan pertanyaan dibawah ini:

  • Siapa customer anda?
  • Apa kebutuhan customer anda?
  • Apa yang membuat mereka mencari keyword/query tersebut di laman pencarian?
  • Apa yang mendorong mereka?
  • Bagaimana alam bawah sadar mereka membuat mereka mencari hal hal tersebut?
  • Keinginan dan nilai  apa yang mereka pegang sehingga mereka memutuskan untuk mencari hal tersebu?

Untuk menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut diatas, terutama pertanyaan keempat, anda harus berkolaborasi dengan psikolog atau orang yang menmpuh pendidikan ini. Tujuannya adalah agar pengunjung website anda bisa menjadi pengunjung jangka panjang dan kalau bisa menjadi pelanggan tetap anda dalam waktu lama.

Teknik SEO harus mampu menjadi alat promosi brand

Untuk menciptakan pemasaran yang sustainable, teknik SEO harus mampu menjadi alat promosi brand perusahaan anda. Promosi brand ini tidak hanya berupa kalimat motto melainkan juga hal hal lain yang dapat menciptakan pengalaman terbaik dalam mengakses website.

Untuk menciptakan pengalaman terbaik dalam mengakses website, anda harus melakukan beberapa hal seperti mendesain landing page website yang terbaik, memberikan konten yang bermanfaat dan memberikan referensi konten yang berkualitas baik dalam bentuk rujukan aaupu dalam bentuk tulisan yang terpisah.

Konten yang baik dan pencantuman referensi yang berkualitas adalah inti dari SEO. Karena dengan membuat konten yang berkualitas dan tidak asal menempatkan keyword, laman anda akan dengan lebih mudah naik ke permukaan halaman pencarian di mesin pencari.

Dengan demikian, anda bisa mendorong pengunjung laman anda untuk berlama lama mengakses wesbsite anda. Karena teknik SEO umumnya menghadirkan pengunjung organik, maka kemungkinan besar, pengunjung yang berlama lama di website anda tersebut akan menjadi pelanggan bisnis anda.

baca juga

Kesimpulan

Marketing sebagai ujung tombak perusahaan adalah divisi yang membutuhkan kreativitas dan inovasi. Divisi marketing tidak hanya dituntut untuk mampu meningkatkan penjualan perusahaan dalam satu waktu, tetapi juga meningkatkan pendapatan perusahaan secara berkelanjutan.

SEO atau search engine optimization adalah salah satu cara untuk menciptakan pemasaran yang berkelanjutan tersebut. Namun sebagaimana teknologi yang berkembang dengan cepat, teknik SEO juga harus beradaptasi dengan cepat.

Teknik ini mampu mendatangkan pengunjung yang organik kapanpun asalakan anda tidak menghapus pos terkait, konsisten dan terus belajar mengenai trend penggunaan kosa kata terbaru.

Undercover.co.id

One Pacific Place, Jl. Jend. Sudirman No.kav. 52, RT.5/RW.3, Senayan, Jakarta, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota
Jakarta 12190

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh