SEO Selama Resesi (Apakah Masih Bisa Digunakan?)

SEO Selama Resesi (Apakah Masih Bisa Digunakan?)
Pengoptimalan mesin pencari dapat menjadi salah satu alat yang paling berharga bagi Anda di saat terjadi kemerosotan ekonomi. Inilah yang perlu Anda ketahui.

Tidak perlu menjadi ekonom profesional untuk memprediksi bahwa pasar global akan mengalami penurunan.

Pada tahun lalu, tingkat inflasi di Amerika Serikat berkisar di angka 7%, dan IMF memprediksi bahwa kondisi terburuk masih akan datang. Orang-orang di mana-mana merasakan krisis akibat tingginya harga gas dan kenaikan biaya makanan.

Dan seiring dengan meningkatnya biaya, banyak perusahaan bersiap untuk mengencangkan ikat pinggang, memotong pengeluaran yang tidak perlu, dan bertahan hingga pasar global berbalik arah.

Ketika Anda ingin memangkas pengeluaran di perusahaan Anda sendiri, mungkin Anda akan tergoda untuk memangkas anggaran iklan dan pemasaran.

Ini adalah kesalahan besar.

Dengan menghilangkan atau bahkan mengurangi upaya pemasaran Anda, Anda merugikan pertumbuhan dan pemeliharaan basis pelanggan Anda. Pelanggan baru akan lebih sulit dijangkau, sementara pelanggan yang sudah ada tidak akan mengetahui adanya produk, layanan, dan penawaran baru.

Ingat, pemasaran adalah investasi – bukan pengeluaran. Dan di era yang didominasi oleh internet, hal ini terutama berlaku untuk pengoptimalan mesin pencari.

Jadi, jika Anda mempertimbangkan untuk memotong anggaran SEO Anda, JANGAN LAKUKAN.

Serius. Jangan pernah berpikir tentang hal itu.

SEO dapat terus menggerakkan jarum untuk bisnis Anda, bahkan ketika inisiatif pertumbuhan lainnya mengalami kegagalan.

Dalam artikel ini, kita akan melihat mengapa hal itu terjadi dan menunjukkan mengapa SEO harus menjadi bagian penting dari rencana pemasaran Anda, apa pun kondisi ekonominya.

Mengapa SEO Bekerja dengan Baik di Saat Perekonomian Melemah?
Ketika masa-masa sulit, Anda perlu menemukan nilai yang lebih baik untuk uang Anda. Uang Anda perlu meregang lebih jauh dan bekerja lebih keras.

Dalam pemasaran, hanya sedikit saluran yang bekerja lebih keras daripada pencarian untuk sebagian besar produk dan layanan.

Bagaimana kita bisa mengetahui hal ini? Karena ekonomi bersifat siklus, dan ini bukan resesi pertama kami.

Di era SEO (yaitu, sejak sekitar tahun 1991), kita telah mengalami tiga resesi yang signifikan. Selama masa-masa ini, telah ditemukan bahwa SEO masih tetap bekerja. Hal ini dapat dikaitkan dengan beberapa alasan, yaitu:

Fleksibel: Meskipun Anda adalah ikan kecil yang bersaing dengan pesaing yang mendominasi industri, SEO memberi Anda fleksibilitas untuk menarik pelanggan baru. Kata kunci berekor panjang membantu Anda menargetkan pencarian yang sangat spesifik. Pencarian lokal membantu orang-orang di daerah Anda menemukan Anda, dan situs web yang diperbarui secara teratur memungkinkan pengunjung mengetahui bahwa Anda berkembang (atau setidaknya bertahan), terlepas dari lingkungan ekonomi yang lebih besar.
Terintegrasi: SEO cocok dengan Facebook, Snapchat, atau yang lainnya untuk membantu bisnis Anda muncul di hasil pencarian. Hal ini menciptakan saluran pemasaran masuk hanya dengan mengambil pendekatan yang optimal untuk hal-hal yang mungkin sudah Anda lakukan.
Ramah anggaran: Selain biaya komputer/internet/listrik – yang semuanya sudah Anda bayarkan – SEO pada dasarnya adalah investasi waktu. Bahkan jika Anda mengalihdayakan pengoptimalan mesin pencari Anda, Anda membayar untuk waktu ahli Anda dan bukan biaya yang besar seperti papan iklan, iklan digital berbayar, dan iklan televisi (yang semuanya juga membutuhkan investasi tenaga kerja).
Untuk mendapatkan keuntungan dari SEO, Anda tidak perlu membeli apa pun; Anda hanya perlu mengerjakan pekerjaan rumah Anda, membuat konten yang bagus, dan mengoptimalkan situs Anda untuk perayap web.

Sekarang setelah kita mengetahui bahwa SEO dapat bekerja di masa ketidakpastian ekonomi, mari kita lihat apa yang perlu Anda lakukan untuk membuatnya bekerja untuk Anda.

Cara Mempersiapkan SEO Dalam Perekonomian yang Buruk
Apakah Anda seorang freelancer, agensi, atau SEO internal, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan para pengambil keputusan dalam menghadapi kemerosotan ekonomi.

Jika Anda melewatkan hal ini, ada kemungkinan besar Anda akan terpotong dengan sisa anggaran pemasaran.

Ketika ekonomi berubah menjadi lebih buruk, kunci untuk menjaga para pengambil keputusan tetap berada dalam upaya pemasaran penelusuran adalah dengan melakukan pelacakan dan komunikasi yang efektif tentang nilai yang diberikannya.

Langkah pertama adalah memastikan bahwa Anda dan klien Anda mendapatkan informasi terbaru tentang kinerja kampanye.

Jika Anda belum mengetahui nilai seumur hidup pelanggan dan biaya akuisisi pelanggan, sekaranglah saatnya untuk mengetahuinya. Ini akan memberi Anda metrik yang perlu diingat saat menghitung nilai pekerjaan SEO Anda.

Anda perlu mengadopsi pemodelan atribusi jika Anda masih melihat metrik klik terakhir untuk penelusuran.

Tujuan Anda adalah membuat pekerjaan Anda tak tergantikan. Ini berarti mengkomunikasikan nilai Anda lebih awal dan sering.

Anda juga perlu memberi tahu para pengambil keputusan bahwa meskipun ada seseorang yang datang menawarkan pekerjaan yang lebih murah (dan memang benar), hasil yang Anda berikan akan lebih dari cukup untuk menutupi biaya tambahan untuk mempekerjakan Anda.

Namun untuk melakukan hal itu, Anda harus memiliki pemahaman yang sama dengan pengambil keputusan.

Untuk berada di halaman yang sama, Anda harus menyetujui hasilnya.

Sasaran Adalah Kunci Untuk Mengurangi Churn Selama Downtime
Setelah Anda menyetujui hasilnya, Anda dapat mulai menetapkan tujuan yang cerdas untuk mengetahui hasil yang akan dicapai.

Tetapkan tujuan dan ge