SEO Shopify

SEO ORID – SEO Shopify , Ikuti Daftar Periksa SEO Shopify ini untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam pencarian organik, membawa lebih banyak pelanggan potensial untuk menelusuri toko online Anda.

Dalam hal mengarahkan lalu lintas yang termotivasi ke toko Shopify Anda, tidak ada strategi pemasaran digital lain yang terjangkau atau berdampak seperti SEO.

Untuk pengecer e-niaga, meluangkan waktu untuk memastikan halaman web Anda dioptimalkan dengan benar dapat membantu meningkatkan lalu lintas organik Anda, yang berarti lebih banyak pelanggan potensial menjelajahi produk Anda.

Tidak seperti Google Ads atau iklan media sosial , strategi SEO dapat mengarahkan lalu lintas situs ke situs web Shopify Anda lama setelah anggaran iklan Anda habis.

Karena alasan ini, memanfaatkan SEO adalah salah satu investasi digital terbaik yang dapat dilakukan oleh pemilik situs Shopify.

Apa itu SEO Shopify?


SEO Shopify adalah proses mengoptimalkan situs web Shopify agar tampil lebih baik di hasil mesin pencari.

Meskipun SEO dapat diterapkan ke situs web apa pun, SEO Shopify berfokus untuk membantu pengecer e-niaga yang memanfaatkan CMS Shopify untuk mendapatkan lebih banyak peringkat kata kunci dan lalu lintas organik.

SEO Shopify
SEO Shopify

Tantangan SEO Umum Untuk Situs Web E-Commerce


Secara umum, situs web e-niaga lebih cenderung menghadapi tantangan tertentu yang dapat berdampak negatif pada kinerja mesin telusur.

  • Konten Tipis : Google menyukai konten yang mendalam dan panjang. Karena halaman produk cenderung ke konten tipis, mungkin sulit untuk meningkatkan peringkat mereka dalam pencarian.

  • Konten Duplikat : Dengan beberapa halaman produk yang sangat mirip atau dibuat secara otomatis, banyak situs web e-niaga menghadapi masalah konten duplikat.

  • Arsitektur Situs yang Buruk : Google suka melihat struktur situs yang dioptimalkan yang dapat dinavigasi dengan mudah oleh pengguna. Dengan begitu banyak halaman di situs web mereka, pengecer e-niaga dapat dengan mudah mengalami sinyal arsitektur situs yang buruk.

  • Tidak Memanfaatkan Skema : Skema produk membantu perayap Google memahami produk Anda dan mempromosikannya sesuai dengan itu.
  • Tidak menggunakan skema adalah kesalahan besar bagi pengecer Shopify.
    Untuk memastikan bahwa situs web Anda tidak mengalami kemunduran umum yang dihadapi oleh situs e-niaga ini, daftar periksa SEO Shopify di bawah ini adalah tempat yang bagus untuk memulai.

SEO Shopify
SEO Shopify

Fitur SEO Otomatis Di Shopify


Platform Shopify memang memiliki beberapa fitur SEO bawaan yang memudahkan beberapa beban kerja SEO pemilik situs.

Fitur-fitur ini meliputi:

Tag “rel-canonical” yang dibuat secara otomatis : fitur ini membantu menghindari hukuman duplikat konten!
File robots.txt dan sitemap.xml yang dibuat secara otomatis .
Sertifikat SSL otomatis : Google lebih suka memberi peringkat halaman aman dengan protokol HTTPS.
Judul halaman yang dibuat secara otomatis yang menyertakan nama toko.
Namun, SEO adalah bidang yang luas dan multidisiplin.

Mengandalkan platform Shopify saja untuk melakukan pekerjaan SEO untuk Anda tidak akan menghasilkan hasil terbaik.

19 Tugas Yang Harus Dilakukan di Daftar Periksa SEO Shopify Anda
Ingatlah bahwa SEO bukanlah proses yang selesai dan akan membutuhkan pekerjaan baik saat Anda pertama kali menyiapkan toko dan sepanjang masa pakai situs web Anda.

Daftar periksa di bawah ini disusun menurut jenis pengoptimalan, tetapi dapat dengan mudah diselesaikan “secara berurutan”.

Beberapa dari langkah-langkah ini adalah pengoptimalan satu kali, tetapi sebagian besar perlu diulang setiap kali Anda menambahkan produk atau halaman baru ke toko online Anda.

SEO Umum

  1. Berinvestasi Dalam Domain Khusus
    Biasanya lebih baik berinvestasi dalam domain khusus dan menghapus “myshopify” dari URL Anda.

Mengapa? Karena jalur URL terlihat oleh pengguna di bagian atas hasil SERP. Domain khusus terlihat lebih profesional dan lebih menarik bagi pengguna, dan RKT yang lebih tinggi menghasilkan kinerja SEO yang lebih baik.

Contoh situs shopify di hasil pencarianTangkapan layar dari Google Penelusuran, Januari 2022
Anda dapat membeli domain khusus dari Shopify atau penyedia domain pihak ketiga mana pun.


Kemudian, tambahkan domain khusus Anda di menu Pengaturan > Domain di akun Shopify Anda.

  1. Pilih Tema yang Cepat Dan Responsif
    Dengan pembaruan pengalaman halaman tahun lalu , kecepatan halaman dan waktu muat yang cepat tidak dapat dinegosiasikan jika Anda ingin mendapat peringkat yang baik di Google.

Meskipun tema yang lebih mencolok mungkin menggoda, lebih baik memilih tema yang dioptimalkan untuk kecepatan dan kinerja.

Tema Anda juga harus berkinerja baik di perangkat seluler, karena Google akan mengindeks versi seluler laman web Anda.

Tangkapan layar tema shopify dan laporan kecepatanTangkapan layar dari Shopify, Januari 2022
Anda dapat mengetahui seberapa cepat toko Shopify Anda saat ini dibandingkan dengan toko lain di dasbor Anda atau melalui laporan PageSpeed ​​Insights Anda . Jika skor Anda rendah, kemungkinan memengaruhi kemampuan Anda untuk menempati posisi teratas.

Pertimbangkan tema lain yang lebih ramah SEO.

SEO Shopify
SEO Shopify

Berikut adalah daftar beberapa tema tercepat di Shopify .

  1. Siapkan Alat Analisis Anda
    Dasbor Analytics Shopify Anda akan memberi Anda gambaran umum tentang metrik e-niaga Anda.

Namun, Anda perlu menyiapkan alat tambahan untuk lebih memahami dari mana lalu lintas situs web Anda berasal dan bagaimana perilaku pengguna setelah tiba di situs web Anda dari penelusuran.

Google Analytics dan Google Search Console harus dimiliki oleh pemilik situs mana pun, dan sepenuhnya gratis bagi pengguna.

Setelah Anda membuat akun, berikut beberapa langkah penting lainnya yang ingin Anda ambil:

Kirim peta situs : Shopify menghasilkan untuk Anda di akun Google Search Console Anda.
Tambahkan kode pelacakan Google Analytics Anda ke toko Shopify Anda.

  1. Dapatkan Aplikasi SEO Shopify yang Bermanfaat
    Ada berbagai macam aplikasi SEO Shopify yang dapat membantu memastikan Anda memenuhi praktik terbaik SEO di seluruh halaman web Anda. Beberapa favorit saya termasuk:

Plug In SEO : Mirip dengan Yoast SEO untuk WordPress dan memastikan praktik terbaik.
SEO Pro : Bagus untuk skema dan pengoptimalan yang lebih canggih.
SEO Cerdas : Pilihan yang sangat terjangkau untuk banyak nilai SEO.
SEO di halaman

  1. Lakukan Riset Kata Kunci Anda
    Sebelum Anda mulai mengoptimalkan konten Anda, Anda perlu mengidentifikasi kata kunci mana yang memiliki relevansi kuat dengan produk Anda dan akan membawa lalu lintas berkualitas ke situs web Anda.

Ada ratusan hingga ribuan cara pengguna menelusuri produk seperti milik Anda. Alat kata kunci memungkinkan Anda menemukan apa yang dicari pengguna.

Contoh penelitian kata kunci untuk situs web shopify menggunakan alat kata kunciTangkapan layar dari SearchAtlas, Januari 2022
Beberapa dari kata kunci tersebut akan lebih mudah untuk diperingkat daripada yang lain, dan bagian dari pekerjaan SEO Anda adalah mengidentifikasi kata kunci mana yang menghadirkan peluang terbaik untuk toko Anda.

Metrik kata kunci yang paling penting untuk diperhatikan adalah:

Volume Pencarian : Anda ingin target kata kunci Anda mendapatkan jumlah pencarian yang wajar per bulan, jika tidak, Anda tidak mengoptimalkan siapa pun.
BPK : BPK yang lebih tinggi menunjukkan potensi konversi yang lebih kuat. BPK yang lebih tinggi lebih umum dengan kata kunci komersial dan transaksional.
Kesulitan Kata Kunci : Skor yang lebih tinggi berarti kata kunci lebih sulit untuk diperingkat. Pastikan Anda memilih target kata kunci di mana Anda dapat secara realistis menentukan peringkat di halaman 1.
Idealnya, setiap halaman web di toko Shopify Anda akan menargetkan kata kunci atau klaster kata kunci yang berbeda .

Untuk halaman produk dan kategori Anda, optimalkan kata kunci yang menunjukkan lebih banyak niat transaksional, karena pengguna tersebut lebih cenderung melakukan pembelian.

Untuk posting blog Anda, optimalkan kueri informasi untuk menangkap pencari di dekat bagian atas corong.

  1. Optimalkan URL Anda
    Ada beberapa praktik terbaik URL yang penting untuk meningkatkan peringkat Anda di Google.

Tetap pendek dan manis.
Sertakan kata kunci target Anda .
Hindari kata-kata yang tidak perlu seperti dan/atau/yang/dll.
Anda dapat dengan mudah mengedit jalur URL di Pratinjau Daftar Mesin Pencari di bagian bawah halaman mana pun di CMS Shopify.

Tangkapan layar pratinjau mesin pencari di Shopify Tangkapan layar dari Shopify, Januari 2022

  1. Optimalkan Judul Halaman dan Deskripsi Meta Anda
    Saat Anda mengedit Daftar Mesin Pencari Anda, pastikan Anda juga mengoptimalkan tag meta lain yang terlihat di hasil SERP Anda: tag judul dan deskripsi meta.

Anda juga ingin mengikuti praktik terbaik di sini dengan memasukkan kata kunci Anda dan memenuhi praktik terbaik SEO, terutama panjangnya – tidak lebih dari 60 karakter untuk tag judul Anda dan tidak lebih dari 160 untuk deskripsi meta Anda.

Contoh menambahkan kata kunci ke dalam judul halaman di situs web shopifyTangkapan layar dari Shopify, Januari 2022
Google melihat potongan metadata ini untuk memahami tentang konten Anda dan kapan harus mempromosikannya.

Dan karena deskripsi meta juga dapat terlihat sebagai cuplikan pencarian ( walaupun tidak selalu ), ini dapat mempengaruhi apakah pencari mengklik hasil Anda.

Google cukup pintar untuk memahami istilah dan frasa yang memiliki hubungan semantik dengan kata kunci utama Anda, jadi tidak perlu memasukkan elemen di halaman ini dengan kata kunci yang sama berulang kali.

Tag meta Anda harus terbaca secara alami dan cukup menggambarkan konten di halaman.

  1. Gunakan Alat Pengoptimalan Konten Untuk Deskripsi Produk Anda
    Konten tipis pada halaman produk dapat menjadi penghalang serius bagi situs web e-niaga.

Pastikan Anda meluangkan waktu untuk membuat deskripsi produk asli dan deskriptif yang menyertakan kata kunci, sinonim, dan istilah terkait yang relevan.

Deskripsi produk yang dioptimalkan di ShopifyTangkapan layar dari Shopify, Januari 2022
Tangkapan layar alat pengoptimal kontenTangkapan layar dari Asisten Konten SEO, Januari 2022
Alat pengoptimal konten dapat membantu Anda mengidentifikasi kata kunci terkait mana yang memiliki kekuatan SEO paling besar dan menunjukkan sinyal relevansi yang kuat dengan produk Anda.

Lakukan yang terbaik untuk memasukkannya secara alami untuk meningkatkan potensi peringkat halaman produk Anda.

  1. Optimalkan Teks Alt Anda
    Situs web Shopify Anda kemungkinan memiliki banyak gambar yang memamerkan produk Anda.

Tapi ingat, Google tidak dapat melihat gambar Anda. Penting bagi Anda untuk mengomunikasikan kepada Google tentang gambar tersebut melalui nama file deskriptif dan teks alternatif yang kaya kata kunci .

Contoh cara mengoptimalkan teks alternatif di ShopifyTangkapan layar dari Shopify, Januari 2022
Ini juga membuat situs web Shopify Anda lebih mudah diakses oleh pengguna tunanetra.

  1. Buat Konten Blog Untuk Menargetkan Kueri Berekor Panjang
    Untuk menangkap pengguna yang berada di dekat bagian atas saluran penjualan, buat konten blog berkualitas tinggi yang dioptimalkan untuk kueri ekor panjang yang relevan.

daftar Blog di situs shopifyTangkapan layar dari Shopify, Januari 2022
Dengan menjawab pertanyaan yang diajukan pengguna tentang produk seperti milik Anda, Anda dapat membangun kesadaran dan keahlian merek.

Ini juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan jumlah total kata kunci yang diperingkat oleh toko Shopify Anda.

SEO teknis

  1. Buat Menu Navigasi yang Ramah SEO
    Menu navigasi membantu pengguna Anda dengan mudah berpindah ke seluruh toko online Anda. Menu navigasi yang ramah SEO tidak hanya akan terlihat lebih baik di perayap Google, tetapi juga akan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Menu Navigasi di ShopifyTangkapan layar dari Shopify, Januari 2022
Beberapa tips SEO untuk navigasi:

Prioritaskan navigasi yang jelas dan mudah .
Luangkan waktu untuk memastikan bahwa produk Anda diatur dengan baik ke dalam koleksi.
Jaga navigasi Anda tetap konsisten di seluruh halaman.
Gunakan navigasi untuk membantu pengguna dengan mudah menghubungi Anda atau tim dukungan Anda.

  1. Manfaatkan Tautan Internal
    Tautan internal Anda menyelesaikan beberapa hal.

Mereka membuat pengguna terus bergerak di seluruh situs web Anda, mereka membantu perayap mesin telusur memahami arsitektur situs Anda, dan mereka mendistribusikan PageRank Anda di lebih banyak situs Anda.

Sebagian besar PageRank situs web Shopify Anda akan berada di beranda Anda, itulah sebabnya tautan yang Anda sertakan di menu navigasi Anda harus strategis.

Menu Navigasi Situs Web ShopifyTangkapan layar dari macaronqueen.com, Januari 2022
Hindari mengirimkan ekuitas tautan ke item yang stoknya habis, musiman, atau tidak mungkin mendapat peringkat yang baik di hasil pencarian karena konten yang tipis atau tidak dioptimalkan.

Alih-alih, dorong PageRank ke halaman yang ingin Anda tingkatkan dalam pencarian, seperti kategori utama dan halaman koleksi Anda.

  1. Tambahkan Skema Produk
    Ada beberapa cara berbeda untuk menambahkan data terstruktur ke situs web Shopify Anda , dan mana yang terbaik untuk Anda akan ditentukan oleh seberapa nyaman Anda mengedit kode situs web Anda. Untuk menambahkan skema secara manual, buka Tema > Tindakan > Edit Kode.

Anda dapat menggunakan alat pembuat skema untuk menghasilkan markup dan memasukkan semua properti yang diperlukan.

Pengguna Shopify harus mempertimbangkan untuk menggunakan Skema Produk berikut jika berlaku:

Peringkat agregat.
Merek.
Kategori.
Warna.
Ukuran.
Model.
Bahan.
Penawaran khusus.
Gambar.
Jika Anda tidak suka bekerja di editor HTML, banyak plugin Shopify memiliki fitur skema Produk dan menyederhanakan prosesnya.

  1. Tambahkan Ulasan Produk
    Ulasan positif pada produk Anda dapat mendorong pengguna untuk mengklik atau membeli.

Unduh aplikasi Ulasan Produk di toko Shopify untuk mulai memanfaatkan ulasan produk. Aplikasi ini mengirimkan informasi data terstruktur ke Google sehingga bintang kuning tersebut muncul dengan hasil SERP Anda.

contoh sepatu dari toko Allbirds shopify dengan review produkTangkapan layar dari Google, Januari 2022
Mereka dapat mengubah permainan dalam meningkatkan RKT dan menghasilkan lebih banyak klik ke toko Anda.

SEO di luar halaman

  1. Bangun Tautan Ke Situs Shopify Anda
    Anda juga perlu membangun sinyal di luar situs agar Google memercayai toko online Anda dan memeringkatnya di hasil pencarian.

Ini bisa dibilang bagian paling sulit dari SEO karena Anda tidak memiliki kendali atas apakah sebuah situs web memilih untuk menautkan ke situs Anda.

Namun, ada beberapa cara mudah untuk mulai mendapatkan tautan:

Buat konten berkualitas tinggi seperti posting blog dan minta pemilik situs lain untuk menautkannya.
Dapatkan fitur dalam panduan hadiah atau pengumpulan produk.
Blog tamu di situs yang relevan.

  1. Berinvestasi Dalam Hubungan Masyarakat
    Hubungan masyarakat dan penjangkauan organik adalah inti dari pembuatan tautan dan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan tautan berkualitas tinggi dari situs web resmi.

Jika Anda belum memiliki waktu atau sumber daya untuk melakukan penjangkauan PR, daftarlah ke Help-A-Reporter Out (HARO). Anda akan mendapatkan email harian dari jurnalis dan penerbit yang ingin mendengar dari para ahli atau menampilkan produk tertentu.

Pemeliharaan Situs Web Shopify

  1. Audit Situs Web Anda Secara Teratur
    Seiring waktu, situs web Anda akan berubah. Ini terjadi saat Anda menambah atau menghapus halaman di situs web Anda, saat halaman Anda memperoleh tautan balik, atau saat lanskap pencarian berubah.

Audit situs web reguler dapat membantu Anda menentukan halaman mana yang berkinerja terbaik dalam pencarian dan mana yang berkinerja buruk.

Wawasan yang diberikan dari audit situs web dapat membantu Anda mengidentifikasi konten utama, pengalaman halaman, atau masalah otoritas yang perlu Anda prioritaskan dan selesaikan.

  1. Perbaiki Tautan yang Rusak
    Saat Anda mengubah penawaran produk atau stok barang habis, kemungkinan Anda akan membatalkan publikasi atau menghapus halaman Situs Web Shopify Anda.

Jika halaman itu ditautkan ke tempat lain di situs web Anda, Anda akan membuat “tautan rusak”.

Google tidak suka memberi peringkat situs web dengan tautan rusak yang berlebihan, karena sepertinya situs web tersebut tidak aktif dan dirawat dengan baik.

Seperempat kali, sebaiknya jalankan perayap situs di seluruh situs web Anda untuk mengidentifikasi tautan yang rusak dan memperbaikinya .

  1. Pelajari Data Dan Iterate
    Karena semakin banyak pengguna mengunjungi toko online Anda, alat analisis Anda akan memberi Anda banyak data tentang bagaimana mereka berperilaku di situs web Anda, bagaimana mereka sampai di sana, dan banyak lagi.

Pastikan untuk menarik wawasan dari data itu untuk beralih pada penargetan kata kunci, konten halaman, tautan internal, tag meta, dan banyak lagi.

Kesimpulan
Ingat, SEO memiliki cara yang bagus untuk menurunkan biaya akuisisi pelanggan dalam jangka panjang.

Mempelajari dasar-dasar SEO Shopify dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan dapat menjadi perbedaan besar dalam mengungguli dan mengungguli pesaing Anda.

Ikuti daftar periksa di atas, dan kemungkinan besar Anda akan melihat Google memberi Anda lebih banyak peringkat kata kunci dan lebih banyak lalu lintas situs.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!