SEO Untuk Bisnis Kecantikan

https://www.undercover.co.idSEO Untuk Bisnis Kecantikan, Membangun sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Terlepas dari rintangannya, membangun bisnis kecantikan membawa banyak manfaat. Hal ini dikarenakan anda memiliki kesempatan untuk menggabungkan kreativitas dengan kewirausahaan yang menguntungkan.

SEO Untuk Bisnis Kecantikan

SEO untuk Industri Kecantikan yang Memenangkan Pelanggan

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa toko kosmetik online Anda tidak mendapatkan traffic yang cukup? Jika itu adalah alasan yang membuat Anda khawatir, maka di sini, di blog ini, kita akan membahas tentang cara meningkatkan SEO untuk industri kecantikan untuk menggandakan penjualan Anda?

Daftar Isi

  • Mengapa Pemasaran Industri Kecantikan Penting di Inggris?
  • Bagaimana Pemasaran Digital Berdampak pada Industri Kecantikan?
  • Peran Influencer Marketing dalam Industri Kecantikan
  • Bagaimana SEO dan Pemasaran Influencer Berjalan Beriringan?
  • Tips SEO untuk Situs Web Industri Kecantikan
  • Kesimpulan


Mengapa Pemasaran Industri Kecantikan Penting ?


Bisnis kecantikan adalah salah satu sektor paling signifikan yang berkontribusi pada ekonomi dunia, tidak terkecuali di Inggris. Orang menyukai diri mereka terawat dan berpakaian seperti manusia normal lainnya. Secara statistik, indonesia adalah salah satu dari tiga pengguna kosmetik terbesar di ASIA

terjadi booming kosmetik , dengan nilai pasar sektor ini mencapai 9,8 miliar . Nilai pasarnya terus bertahan di atas 9 miliar sejak saat itu. Bisnis kecantikan diperkirakan bernilai 27 miliar pada tahun depan , menjadikannya sektor kosmetik paling signifikan ke-7 di dunia.

Sekarang Anda tahu, industri kecantikan sangat menjanjikan karena semakin banyak orang yang tertarik pada pasar ini. Sangat penting untuk membuat diri Anda berbeda jika Anda ingin bertahan dalam persaingan yang ketat. Inilah sebabnya mengapa pemasaran yang tepat sangat penting.

Bagaimana Pemasaran Digital Berdampak pada Industri Kecantikan?


Dulu, bisnis kecantikan semuanya berbasis toko. Orang-orang masuk ke toko untuk mencicipi produk, berbicara dengan karyawan toko, dan mencari tahu apa yang paling cocok untuk mereka. Pendekatan ini dianggap cocok untuk semua orang.

Namun sekarang semuanya telah berubah. Dengan penemuan teknologi, kita tertarik pada cara-cara yang dapat menghemat waktu dan uang. Bisnis kecantikan telah meningkat ke tingkat yang lebih tinggi dan lebih terhubung berkat dunia digital.

Lebih mudah dari sebelumnya untuk menjangkau pelanggan di seluruh dunia dengan menggunakan berbagai konten, platform, dan saluran. Tidak diragukan lagi, separuh dari populasi menghabiskan waktu mereka di media sosial, dan industri kecantikan tahu bagaimana platform ini dapat menguntungkan mereka.

Misalkan Anda tahu tentang kejadian saat Rihana meluncurkan kecantikan Fenty di platform digital. Bisnis yang didirikan dengan premis ‘Kecantikan untuk Semua’ ini berhasil mendapatkan 1,4 juta pengikut Instagram dalam waktu sekitar empat hari. Mereka siap untuk mengedukasi para wanita dari semua ras tentang kepositifan tubuh dan inklusi.

Salah satu contohnya adalah Estee Lauder , sebuah perusahaan kosmetik mewah yang terkenal. Dengan diluncurkannya “Liv at Estee Lauder,” sebuah kemitraan dengan kecerdasan buatan Google, mereka mengambil langkah maju dengan teknologi suara.

Pengguna dapat memperoleh rejimen perawatan malam yang disesuaikan melalui diskusi empat mata dengan mengatakan “Ask Liv” ke speaker pintar mereka. Tujuan dari peluncuran ini adalah untuk memberikan layanan dan jawaban yang bersifat individual bagi para pelanggan untuk semua masalah perawatan kulit mereka.

Intinya adalah bahwa industri ini telah berubah sekarang. Jumlah pelanggan yang membeli produk perawatan kulit secara online menggunakan platform pemasaran digital telah meroket.

Peran Influencer Marketing dalam Industri Kecantikan


Salah satu perkembangan yang paling signifikan adalah menjamurnya bintang YouTube dan Instagram serta meluasnya dunia kecantikan digital. Para “influencer” ini dengan cepat memberikan dampak pada bisnis ini berkat jumlah pengikut mereka di media sosial. Para bintang baru ini telah mendorong industri ini dengan cara-cara baru, mulai dari memasarkan produk mereka hingga menjadi figur untuk nama-nama besar.

Dalam hal pengenalan produk, hubungan dengan pelanggan, penjualan produk, dan pendapatan, inisiatif pemasaran influencer sangat bermanfaat.

Perusahaan kosmetik, mulai dari perusahaan yang sudah mapan hingga perusahaan rintisan, menuai manfaat yang signifikan dari penggunaan influencer marketing untuk mendorong penjualan di berbagai platform media sosial, seperti YouTube, Facebook, dan Instagram.

Teknik ini telah digunakan oleh bisnis kosmetik besar seperti L’Oreal dan Avon serta pendatang baru seperti The Man Company untuk meningkatkan resonansi merek dan pengenalan produk kosmetik mereka.

Bagaimana SEO dan Influencer Marketing Berjalan Beriringan?


Tidak diragukan lagi bahwa influencer marketing sangat penting, tetapi SEO juga penting untuk mendatangkan pengunjung ke situs Anda.

Misalkan Anda menemukan sebuah iklan di saluran media sosial, bisa berupa cerita atau postingan berbayar, tetapi ketika Anda mencari hal atau produk yang sama di mesin pencari, Anda akan meragukan kredibilitas iklan tersebut. Di sinilah SEO berperan; SEO akan membantu Anda mengoptimalkan situs Anda untuk kata kunci tertentu.

Pertimbangkan skenario kedua di mana salah satu influencer melakukan sesi langsung tentang bubuk pisang. Jadi, Anda tertarik untuk membelinya, tetapi Anda tidak ingat nama mereknya dan siaran langsungnya tidak diunggah di platform. Kemudian, dalam hal ini, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mencari hal yang sama di mesin pencari, tetapi perusahaan belum melakukan SEO untuk produk yang sama. Jadi, Anda akhirnya akan membeli produk dari perusahaan yang strategi SEO-nya lebih baik. Dalam hal ini, upaya influencer adalah sia-sia. Tetapi dengan SEO yang tepat, Anda dapat menghasilkan lebih banyak konversi.

Karena fitur “tap” dan “swipe up” Instagram, berkolaborasi dengan influencer dapat meningkatkan lalu lintas dari media sosial. Namun, perlu diingat bahwa lalu lintas organik ke situs web tidak akan berubah, dan kolaborasi atau pemasaran yang disponsori mungkin terbukti jauh lebih tidak menguntungkan dalam jangka panjang dibandingkan dengan klik alami dan mencoba untuk mendapatkan nilai tinggi dalam hasil mesin pencari.

SEO sangat efektif di sektor kecantikan, dan media sosial juga merupakan sebuah keharusan. Bayangkan betapa bermanfaatnya menggabungkan kedua strategi ini yang saling melengkapi untuk meningkatkan cakupan situs web.

Tips SEO untuk Situs Web Industri Kecantikan
Dalam hal SEO, industri kecantikan sangatlah ketat. Toko-toko multi-merek terkemuka seperti Superdrug, L’Oreal, Cosmopolitan, Beauty Bay, dan video YouTube semuanya menguasai mesin pencari. Jadi, sangat penting untuk memahami profil audiens Anda sebelum Anda mulai mengembangkan SEO dan strategi konten untuk perusahaan kecantikan Anda, dengan strategi SEO yang tepat Anda dapat menentukan peringkat situs web Anda di atas pesaing Anda. Di bawah ini adalah beberapa tips SEO untuk industri kecantikan yang dapat memenangkan hati pelanggan

  1. Riset Kata Kunci Kecantikan
    Langkah pertama adalah melakukan penelitian kata kunci yang tepat untuk produk kecantikan Anda. Jenis situs kecantikan yang Anda miliki dan audiens yang ingin Anda jangkau akan menentukan kata kunci yang Anda pilih. Tujuannya adalah untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci bervolume tinggi yang relevan dengan target demografis Anda. Target audiens dapat berupa milenial muda, gender spesifik, produk ramah lingkungan, populasi yang menua, bebas dari kekejaman, dan banyak lagi. Selain itu, Anda juga dapat menargetkan audiens lokal dengan menggunakan teknik SEO Lokal Setelah mengetahui target audiens Anda, langkah selanjutnya adalah menemukan peringkat istilah SEO di mesin pencari. Anda dapat menggunakan alat penelitian kata kunci seperti Semrush, Ahref, uber suggest, dan sebagainya. Yang harus Anda lakukan adalah membuat daftar kata kunci bernilai tinggi yang mungkin digunakan oleh calon pelanggan Anda. Saat menentukan kata kunci yang ideal untuk bisnis kecantikan Anda, pertimbangkan kepadatan kata kunci, persaingan, relevansi kata kunci, dan tujuan.
  2. Dapatkan Strategi Konten Berbasis Kata Kunci yang Solid
    Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah memiliki strategi konten berbasis kata kunci yang solid. Pelanggan membeli lebih banyak produk kecantikan secara online sekarang daripada sebelumnya karena mereka ingin melakukan pekerjaan rumah mereka sebelum membeli. Akibatnya, bisnis kecantikan memiliki kemampuan luar biasa untuk berinteraksi dengan audiens mereka dan meningkatkan keterlibatan dengan konsumen dengan menyediakan konten yang baik di semua fase corong pembelian. Merek menghabiskan banyak waktu untuk menghasilkan konten yang sesuai untuk diperhatikan oleh audiens yang dituju, baik di saluran seperti Instagram dan Facebook, blog influencer, video youtube, atau blog situs. Blogging adalah suatu keharusan bagi industri kecantikan karena memungkinkan mereka untuk menyebarkan informasi penting secara online sekaligus meningkatkan peringkat inti mereka menggunakan kata kunci ekor panjang. Tips bermanfaat, cara, tutorial, dan kursus kecantikan adalah jenis materi kecantikan yang paling penting. Secara keseluruhan, buatlah materi yang unik, mudah dibagikan, dan informatif yang langsung terhubung karena nilainya.
  3. Lakukan Audit Situs SEO Teknis
    Situs web toko kecantikan sering kali merupakan situs perdagangan besar dengan ratusan halaman dan banyak barang; itulah mengapa sangat penting untuk mendapatkan situs web yang dieksekusi dengan baik dari sudut pandang teknologi. ScreamingFrog, Deepcrawl, Sitebulb, dan banyak lagi alat yang memungkinkan pengguna untuk melakukan audit SEO teknis. Sangat penting untuk memperbaiki kesalahan di tempat jika ada untuk meningkatkan kehadiran online. Sebagai permulaan, struktur situs web memainkan peran penting dalam menentukan peringkat. Jadi cobalah untuk membuatnya lebih profesional dan elegan. Selain itu, waktu muat situs yang cepat sangat penting untuk setiap situs web karena hal ini meningkatkan pengalaman pelanggan dan merupakan elemen peringkat. Perbaiki tautan yang rusak atau kesalahan 404, jika ada. Selain itu, menerapkan skema di situs produk kecantikan adalah strategi lain yang bagus.
  4. Pengoptimalan di halaman
    Hal berikutnya adalah melakukan pengoptimalan pada halaman situs. Cobalah untuk memastikan Anda menggunakan kata kunci yang sesuai saat mengoptimalkan halaman situs. Jika Anda adalah perusahaan baru, mulailah dengan kata kunci berekor panjang dan lanjutkan ke frasa pencarian yang luas dan kompetitif. Pastikan judul halaman, deskripsi meta, judul, URL, dan banyak lagi yang sesuai dengan istilah yang Anda targetkan. Selanjutnya, gunakan tajuk yang relevan pada daftar item dan halaman deskripsi Anda, termasuk banyak informasi tentang produk, termasuk keistimewaannya.
  1. Pengoptimalan di luar halaman
    Terlepas dari teknologi dan SEO di halaman, backlink adalah salah satu kriteria peringkat Google yang paling penting. Ada hubungan antara peringkat yang lebih tinggi dan backlink terbaik di situs. Buat rencana pembuatan tautan white-hat jangka panjang untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi dari situs web regional dan situs web terkait yang berfungsi sebagai pendukung dan sumber lalu lintas rujukan yang relevan. Anda harus selalu mengingat beberapa hal dalam hal backlink, yaitu membangun backlink ke beranda tidaklah cukup. Tautan mendalam ke daftar produk dan halaman deskripsi harus dianggap sebagai bagian dari backlink. Selalu lakukan riset backlink pesaing Anda, dan untuk hal yang sama, Anda dapat menggunakan alat seperti Ahrefs, Backlinko, dan sebagainya. Selanjutnya, mengalihdayakan pembuatan tautan juga merupakan pendekatan yang baik. Anda dapat menyewa agensi khusus untuk melakukan penjangkauan influencer dan PR digital sambil berkonsentrasi pada hal-hal penting lainnya.
  2. SEO lokal
    Ini adalah hal yang dianggap enteng oleh sebagian besar pemilik toko eCommerce. Membangun SEO lokal sangat penting jika Anda memiliki toko fisik. Ini membantu toko fisik Anda untuk muncul di pencarian seperti “nama merek di dekat saya”. Toko kecil dan besar mendapat manfaat dari strategi SEO bisnis lokal yang berkembang karena memungkinkan mereka untuk tampil di halaman 1 SERP Google. Selanjutnya, kutipan atau referensi internet untuk nama, lokasi, dan nomor telepon toko kecantikan Anda. Kutipan ini digunakan oleh Google dan mesin pencari lainnya untuk menentukan validitas sebuah situs dan kemudian mempromosikannya secara online. Direktori online juga memainkan peran penting dalam SEO lokal, jadi cobalah untuk memasukkan bisnis Anda ke dalam direktori yang relevan. Selain itu, untuk setiap lokasi ritel Anda, buatlah akun Google Bisnisku. Jika Anda ingin muncul di paket lokal Google untuk penelusuran seperti “dekat saya” atau “merek lokal”, Anda harus melakukan ini. Anda dapat meningkatkan daftar Google Bisnisku dengan menambahkan foto; menulis deskripsi bisnis yang dioptimalkan yang membahas kata kunci bervolume tinggi, dan menampilkan ulasan serta outlet media sosial Anda.

Kesimpulan
Itu dia! Sekarang Anda telah mengetahui semua tips SEO untuk industri kecantikan yang penting untuk memenangkan pelanggan. Ini adalah sektor yang sedang berkembang pesat, jadi penting untuk menggunakan strategi yang dapat membantu bisnis Anda berkembang di era yang kompetitif ini. Sekarang, sebagai pemula atau pemula, ini bisa menjadi proses yang luar biasa untuk memulai toko kecantikan online Anda. Mempertimbangkan hal tersebut, mengandalkan para profesional tampaknya merupakan pilihan yang tepat. Salah satu perusahaan tersebut adalah RVS Media yang dapat membantu bisnis Anda untuk mencapai ketinggian.

Untuk mendapatkan hasil penjualan, prospek, dan ROI yang tinggi, kembangkan strategi SEO terbaik berdasarkan studi ekstensif tentang persaingan dan tujuan perusahaan Anda, untuk menjangkau yang sama dengan kami.

Cara Membangun Bisnis Kecantikan

  1. Keterampilan Bisnis yang Tepat

Calon pengusaha kecantikan harus terampil dalam manajemen bisnis seperti halnya terapi kecantikan, dengan biaya awal yang tidak sedikit, karyawan yang harus dikelola dan daftar peraturan dan regulasi yang ekstensif. Salah satu cara untuk tetap berada di jalur dan fokus adalah dengan menyusun rencana bisnis, sehingga akan membantu anda mengidentifikasi biaya utama, target, dan rencana untuk menjalankan perusahaan sehari-hari. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memulai bisnis kecantikan online sebelum mendirikan etalase fisik karena ini akan memungkinkan anda memperoleh pengalaman bisnis dan kecantikan tanpa investasi awal tempat dan mempekerjakan staf. Ini juga akan memungkinkan anda membangun basis pelanggan, yang akan meminimalkan risiko.

  • Riset Pasar

Hal penting yang perlu anda lakukan adalah melakukan riset pasar dan menganalisis demografi daerah sekitarnya untuk membantu memahami bagaimana menargetkan pelanggan dan berapa harga yang harus dikenakan untuk perawatan. Anda dapat memanfaatkan pencarian online untuk mengetahui apa yang sedang diminati pasar dalam bisnis kecantikan.

  • Anggaran Usaha

Secara keseluruhan anggaran anda akan bergantung pada beberapa hal. Pertama lokasi bisnis anda untuk biaya sewa dan apakah toko memerlukan perbaikan total dan perawatannya, biasanya ini dapat diukur dalam  kaitannya dengan biaya dan kerumitan perawatan. Kemudian tempat yang sangat baik untuk mencari pemasok baru untuk membeli produk dan peralatan, seperti peralatan untuk manikur dan mesin layer saja memerlukan biaya yang tidak sedikit. Anda juga dapat mencari peralatan bekas tetapi berhati-hatilah untuk tidak berkompromi pada kualitas untuk harga, karena bisnis anda akan membayarnya dalam jangka panjang. Anda bisa menggunakan dana pribadi atau mencari investor untuk mendanai bisnis anda. Maka buatlah anggaran yang anda buat dalam rencana pemasaran dengan rinci, dan pastikan menguntungkan investor jika anda akan meminta mereka mendukung bisnis kecantikan anda.

  • Bangun Merek Bisnis Kecantikan

Jika anda ingin menjadikan bisnia kecantikan menjadi bisnis yang solid, maka anda perlu membangun merek sendiri dan menggunakannya untuk memasarkan keterampilan anda. Bahkan jika anda menyediakan perawatan di rumah anda atau bepergian ke klien anda daripada membuka salon sendiri, tetap penting untuk memiliki merek untuk diri anda sendiri. Pastikan anda memiliki daftar harga, nama merek, logo, dan platform untuk memasarkan produk sendiri misalnya seperti Instagram dan Facebook serta situs web, sehingga dapat membedakan bisnis anda dengan bisnis kecantikan lainnya.

  • Perizinan Bisnis Kecantikan

Penting untuk mencatat semua hal hukum atau perizina yang menyertai untuk memulai bisnis anda sendiri. Anda akan memerlukan beberapa dokumen yang memang dibutuhkan sebagai persyaratan bisnis sesuai dengan aturan pemerintah seperti surat izin usaha. Hal ini dilakukan untuk menghindari permasalahan yang mungkin terjadi dimasa yang akan datang.

  • Putuskan Bagaimana Anda Bekerja

Setelah anda memenuhi syarat dan telah memilah semua legalitas, maka anda dapat mulai mencaritahu bagaimana anda akan membuat bisnis kecantikan bekerja untuk Anda. Ada banyak orang di luar sana yang mendirikan salon di rumah mereka sendiri yang berarti anda sepenuhnya bertanggung jawab saat bekerja. Ada opsi lain yaitu bepergian ke tempat klien anda berada seperti untuk pernikahan atau acara besar lainnya. Pada dasarnya bagaimana anda bekerja sepenuhnya pilihan anda, bagaimana dan kapan anda ingin bekerja sebagai terapis kecantikan, tetapi pastikan untuk memiliki rencana tentang bagaimana anda ingin bekerja sejak awal.

  • Pekerja Tim Kecantikan yang Tepat

Standar layanan yang anda tawarkan sangat penting untuk membuat pelanggan kembali. Oleh karena itu staf yang Anda pekerjakan sangat penting untuk diperhatikan. Terapis kecantikan harus memiliki kualifikasi dari badan pemerintah yang diakui serta kualifikasi khusus untuk perawatan spesialis. Ada baiknya berinvestasi dalam setidaknya satu terapis yang sangat berpengalaman baik dalam hal pengalaman dan kualifikasi, terutama jika latar belakang anda sebagian besar dalam bisnis dan bukan kecantikan, karena mereka dapat memberikan pengetahuan kepada anggota staf lain yang kurang berpengalaman.

baca juga

Manfaat dan Tips Berjualan Via Situs Web Untuk Bisnis Kecantikan

Menyiapkan situs web sekarang relatif mudah dengan sistem manajemen konten seperti WordPress yang membuatnya lebih mudah diakses. Anda dapat melakukan pemesanan, pertanyaan, dan mencantumkan harga dan layanan anda dalam situs web. Anda juga dapat memulai blog kecantikan yang sekarang populer dan menautkannya ke platform online anda untuk membantu menarik lebih banyak pengunjung ke situs web anda serta membangun hubungan dengan klien potensial anda. Gabungkan juga situs web anda dengan pilihan profil media sosial, terutama yang mendorong berbagi di antara pengikut, seperti Facebook atau Instagram. Terdapat beberapa tips berjualan via situs web untuk bisnis kecantikan, yaitu sebagai berikut.

  1. Optimisasi Mesin Pencari

Optimisasi mesin pencari atau SEO merupakan bagian penting yang dilakukan untuk mempromosikan situs web anda. Jika anda tidak membuat situs web ramah mesin pencari, maka dengan banyaknya situs wen di internet akan berisiko konten anda tidak dapat muncul dalam pencarian google. Ribuan panduan online gratis dapat membantu anda dalam meningkatkan SEO situs web bisnis anda, jadi tidak perlu anggaran untuk menyewa seorang profesional SEO.

Hal ini dikarenakan anda dapat memperbaiki sendiri sebagian besar masalah SEO di situs web anda dengan beberapa pengoptimalan sederhana. Saat anda akan menoptimalkan mesin pencari maka terdapat hal yang harus diperhatikan yaitu SEO on page dan off-page.

Optimisasi mesin pencari adalah salah satu cara paling hemat biaya untuk mempromosikan situs web. Meskipun anda perlu melakukan penyesuaian dari waktu ke waktu, metode ini sebagian besar menghasilkan traffic setelah semuanya dioptimalkan. Namun, anda juga harus tahu bahwa perlu waktu berbulan-bulan untuk melihat hasil dari metode ini, jadi jangan berharap perbaikan cepat.

  • Pemasaran Konten

Pemasaran konten merupakan cara yang bagus untuk mempromosikan situs web anda karena keduanya meningkatkan SEO dan menghasilkan konten yang akan bermanfaat bagi audiens anda. Meskipun blog adalah jalan pemasaran konten, anda dapat menghasilkan video atau bahkan memulai buletin seputar sesuatu yang terkait dengan pekerjaan bisnis anda.

Pemasaran konten ini bukan hanya promosi penjualan saja, namun harus bermanfaat, menarik, atau menghibur bagi audiens anda. Cara terbaik untuk memastikan konten anda dapat menarik audiens adalah dengan melakukan banyak riset kata kunci sebelum anda memulai. Hal ini untuk memastikan bahwa konten apapun yang anda buat dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang sebenarnya.

  • Blog Tamu

Blogging tamu adalah cara yang kurang dimanfaatkan namun fantastis untuk membangun tautan ke situs web baru anda. Hal utama yang perlu diingat dengan blogging tamu adalah bahwa ini bukan tentang SEO dan lebih banyak tentang membangun hubungan, baik dengan penerbit atau dengan audiens anda. Jika anda dapat membangun hubungan dengan penerbit dan secara teratur menyumbangkan konten baru, ini tidak hanya akan mengarahkan traffic ke situs web anda, tetapi juga akan membantu anda membangun kontak dalam bisnis anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation