SEO Untuk Pemasaran Industri Perfilman di Indonesia

SEO UNDERCOVER CO ID 83
Jasa

https://www.undercover.co.id/ Jika anda bertanya bagaimanakan caranya film Tilik yang dirilis untuk masyarakat luas bisa viral beberapa waktu lalu, mungkin jawabannya adalah film ini memiliki cerita yang menarik sekaligus tidak sengaja menggunakan teknik SEO saat melakukan pemasaran.

Naiknya film Tilik sebagai salah satu film of the year di Indonesia mau tidak mau juga turut menaikkan pamor rumah produksi film tersebut yaitu Ravacana Films. Padahal Ravacana Films bukanlah rumah produksi besar di Jakarta melainkan rumah produksi daerah di Yogyakarta.

Menilik dari fenomena ini, seharusnya kita tidak memungkiri bahwasanya pemasaran dengan teknik SEO juga dapat dilakukan untuk pemasaran film. Terutama untuk film pendek dan film indie yang notabene diproduksi oleh rumah produksi berskala kecil.

Namun terlepas dari skala produksi film tersebut, teknik SEO juga dapat digunakan oleh rumah produksi besar untuk  memasarkan film garapannya hingga level masyarakat umum dan bukan movie goers atau movie addict. Tentunya pemasaran ini ditujukan untuk membuat film tersebut sukses secara komersil.

Berikut ini rincian alasan mengapa industri film juga perlu memasarkan produk mereka menggunakan teknik ini:

1.     Teknik SEO lebih cocok untuk memasarkan film hingga ke lapisan masyarakat terbawah

Film Tilik adalah film pendek berkualitas yang sudah melalang buana dari satu festival film ke festival film lainnya. Bahkan film ini memenangkan piala Maya tahun 2018 sebagai Film Cerita Pendek terpilih[i].

Namun film ini tidak akan ditonton oleh masyarakat luas jika film ini tidak dirilis secara resmi oleh Ravacana Films pada 17 Agustus tahun 2020 lalu. Topik yang familiar di masyarakat awam dan teknis penuturan film yang bagus dan dipadukan dengan ‘strategi marketing’ yang baik membuat film ini viral ditengah masyarakat.

Ini artinya bahwasanya mengikutkan film anda ke berbagai festival film baik di Indonesia maupun di luar negeri masih belum cukup untuk film anda sukses secara komersil. Karena pada umumnya festival festival film hanya dikunjungi oleh para penikmat film (movie goers) dan bukan masyarakat pada umumnya. Terlebih lagi saat ini festival film di Indonesia masih diselenggarakan di pulau jawa saja.

Menggunakan teknik SEO akan membuat film anda dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat. Sebab saat ini pengguna smartphone dan internet tidak hanya masyarakat kalangan atas dan di pulau jawa saja melainkan seluruh kalangan masyarakat di seluruh Indonesia.

2.     SEO adalah salah satu teknik marketing yang memiliki biaya rendah

Menurut raindance.org[ii], nyaris 33% biaya produksi film ditujukan untuk pemasaran.  Hal ini tidak mengherankan sebab umumnya film dipasarkan melalui Press Release, bedah film, atau tour. Adapun kalau online biasanya dilakukan dengan mengiklankan trailer film terbaru.

Tentunya strategi tersebut diatas membutuhkan banyak biaya seperti biaya penyewaan gedung, biaya transportasi dan lain sebagainya. Biaya biaya tersebut dapat ditekan seandainyapihak rumah produksi film atau distributor film bisa mengiklankan film mereka di website mereka sendiri menggunakan trik SEO.

Sebagai seorang filmmaker, anda bisa menyewa SEO Agency untuk mengelola website anda. Dalam jangka panjang anda juga bisa memperkerjakan karyawan karyawan khusus yang menangani bidang ini.

Oleh karena itu, teknik pemasaran menggunakan SEO adalah pemasaran yang cocok untuk anda yang baru memulai karir anda sebagai filmmaker dengan membuat film indie.

3.     Durasi SEO lebih lama daripada iklan berbayar

Biasanya iklan berbayar akan mengudara sekitar satu minggu hingga satu bulan namun konten SEO anda akan mengudara selamanya kecuali jika anda menghapus konten tersebut. Tentu hal ini akan bermanfaat untuk anda terutama jika film karya anda mengudara di Youtube atau layanan streaming berbayar seperti Netflix dan Viu.

Karena setelah mengetahui review dan informasi serba serbi film di laman anda, pengunjung bisa langsung menonton film anda di aplikasi aplikasi tersebut.

4.     SEO marketing film memiliki banyak dukungan

Saat ini banyak website, akun youtube atau podcast yang menceritakan review film.  Jika anda menggunakan SEO marketing, anda dapat meningkatkan visibilitas laman anda Dengan menyertakan link dari konten konten tersebut.  Apalagi jika review yang anda sertakan adalah review berkualitas baik.

Contoh laman atau akun  review film yang memiliki kredibilitas yang baik menurut penulis adalah:

  1. Cine Crib
  2. Kincir Film
  3. Montase Film
  4. Podstalgia
  5. Layar by Tempo dan Leila Chudori dan lain lain.

Tentu hal ini akan memudahkan anda untuk memasarkan karya anda bukan?

5.     Menggunakan teknik SEO juga akan meningkatkan brand awareness rumah produksi film anda

Jika tanpa Tilik, mungkin brand perusahaan Ravacana Films tidak akan dikenal oleh masyarakat luas. Berkat film sepanjang 30 an menit tersebut, kini Ravacana Films mungkin bisa disandingkan dengan rumah produksi besar seperti Miles Production atau Falcon Pictures.

Hal ini berarti menggunakan teknik marketing SEO akan meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap perusahaan anda. Apalagi jika perusahaan anda merilis konten dan film yang berkualitas sebagaimana film Tilik.

Karena dengan menggunakan teknik pemasaran SEO, laman perusahaan anda akan langsung muncul di beranda Google ketika ada sebuah pencarian yang berkaitan dengan konten anda.

Contoh jika perusahaan anda pernah merilis ulasan mengenai Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa dengan kata kunci Drama Korea. Maka ketika ada seorang pengguna internet mencari “Rekomendasi Drama Korea” postingan di website anda tersebut akan muncul di beranda Google.

Selain meningkatkan brand awareness masyarakat kepada perusahaan anda, menggunakan teknik SEO juga akan meningkatkan brand image perusahaan anda. Asalkan film dan konten yang anda posting adalah karya yang berkualitas.

Contoh, semenjak viralnya Tilik, masyarakat menjadi ingin tahu lebih banyak mengenai produksi Ravacana Films. Lantas masyarakatpun melihat film pendek lain yang diproduksi oleh rumah produksi tersebut seperti Singsot dan Anak Lanang.

Karena kedua film pendek terakhir tersebut juga merupakan karya yang baik, kini Ravacana Films lebih dikenal sebagai rumah produksi film pendek berkualitas.

Pemasaran adalah aspek penting dalam sebuah bisnis apapun jenis bisnis tersebut. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila pemasaran digital menggunakan teknik SEO juga dapat diaplikasikan dalam bisnis apapun.

baca juga

    Untuk mengetahui teknik SEO lebih lanjut anda bisa mengunjungi laman di bawah ini.

    Undercover.co.id

    One Pacific Place, Jl. Jend. Sudirman No.kav. 52, RT.5/RW.3, Senayan, Jakarta, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota
    Jakarta 12190

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!