SEO Untuk Perusahaan SaaS

undercover.co.id SEO Perusahaan Untuk SaaS , SEO adalah strategi pertumbuhan berkelanjutan untuk menskalakan jaringan SaaS dan pelanggan baru. Software-as-a-service (SaaS) adalah model bisnis yang sangat unik namun menguntungkan bila dikombinasikan dengan strategi pemasaran yang sukses.

Karena biaya hosting jaringan cloud dan aplikasi cenderung berkurang dengan pelanggan tambahan, perusahaan SaaS perlu menumbuhkan basis pelanggan mereka dengan cepat untuk berkembang di pasar yang kompetitif.

Selama bertahun-tahun, saya telah menemukan bahwa banyak perusahaan SaaS cenderung lebih fokus pada akuisisi berbayar untuk arus lalu lintas dan konversi yang stabil. Meskipun strategi ini pasti memiliki profitabilitas jangka pendek, begitu Anda mematikan faucet, lalu lintas tidak akan kembali.

Untuk alasan ini, saya merekomendasikan agar sebagian besar perusahaan SaaS berinvestasi lebih banyak ke SEO sebagai strategi pertumbuhan yang mencakup segalanya.

Selanjutnya, strategi SEO yang saya cantumkan di bawah ini hanya akan meningkatkan upaya pemasaran Anda yang sudah ada, apakah Anda memasarkan perusahaan Anda menggunakan PPC, email, atau media sosial.

Dengan mengingat hal ini, saya ingin membahas beberapa tantangan unik yang dihadapi perusahaan SaaS di ruang digital dan cara SEO dapat digunakan untuk mengatasi tantangan ini.

Kemudian, saya akan memberikan sembilan kiat yang dapat ditindaklanjuti untuk membantu Anda meningkatkan keberadaan online dan mengembangkan bisnis Anda.

SEO Untuk Perusahaan SaaS
SEO Perusahaan Untuk SaaS nasional

5 Tantangan Digital Unik Untuk Perusahaan SaaS

1. Skala Ekonomi

Seperti yang saya nyatakan di pendahuluan, pemasar SaaS menghadapi tantangan berat dalam meningkatkan bisnis SaaS ke tingkat yang nyaman untuk mengimbangi biaya hosting aplikasi cloud mereka.

Untuk mencapai biaya total kepemilikan (TCO) yang lebih rendah, perusahaan SaaS perlu membangun skala jaringan yang efektif yang:

  • Memperoleh pelanggan baru terus-menerus.
  • Mempertahankan yang sudah ada.
  • Menarik pelanggan untuk berkomunikasi satu sama lain menggunakan perangkat lunak untuk membangun jaringan yang lengkap.

Sayangnya, iklan berbayar hanya berkontribusi pada biaya model ini dan gagal mendatangkan pelanggan baru di luar jendela fokus sempit Anda.

Sebaliknya, yang dibutuhkan adalah strategi omnichannel yang membangun kesadaran secara organik melalui berbagai saluran.

2. Tingkat Layanan

Banyak penyedia SaaS menggunakan berbagai model bisnis, termasuk layanan mandiri, layanan terkelola, dan model layanan otomatis untuk dukungan pelanggan.

Model-model ini terkait dengan jumlah dukungan yang disediakan oleh vendor SaaS, yang sangat memengaruhi biaya pengelolaan dan pengoperasian platform mereka.

Dalam beberapa hal, model pemecahan masalah terkelola atau otomatis dapat menjadi materi pemasaran yang positif.

Tetapi jika platform SaaS Anda memiliki kurva belajar yang terkenal tinggi, seperti Salesforce, dan Anda menggunakan model swalayan untuk dukungan pelanggan, Anda mungkin perlu banyak berinvestasi dalam materi pendidikan dan tutorial untuk membantu pelanggan saat mereka mempelajari produk Anda.

3. Akuisisi Pelanggan Vs. Penyimpanan

Meskipun kami sangat berfokus pada akuisisi pelanggan untuk mengembangkan jaringan penyedia SaaS, mempertahankan pelanggan di jaringan juga sama pentingnya.

Apakah Anda mengandalkan model pembelian satu kali atau model langganan, terus-menerus mengulang dengan produk baru, rilis, dan dukungan pelanggan berkelanjutan sangat penting untuk mempertahankan pertumbuhan yang stabil bagi bisnis Anda.

Untuk alasan ini, perusahaan SaaS perlu berinvestasi dalam strategi pemasaran yang luas yang menarik pelanggan baru dan yang sudah ada dengan cara yang berbeda.

4. Bersaing Untuk Kata Kunci Bermerek

Sebagian besar kata kunci Anda mungkin bermerek, yang mungkin sulit diukur jika tidak ada yang mengetahui perangkat lunak atau merek Anda.

Untuk alasan ini, campuran PPC , pembuatan tautan, dan konten tingkat tinggi akan sangat penting untuk menumbuhkan nama merek Anda dan afiliasi orang-orang dengan produk Anda.

5. Mengoptimalkan Intensi Pencarian

Terakhir, saat Anda berurusan dengan produk bermerek dan beberapa kata kunci, mungkin sulit untuk menguraikan maksudnya.

Seperti yang akan kita diskusikan, mengoptimalkan corong dan konten Anda secara strategis seputar niat akan menjadi penting untuk keseluruhan strategi SEO Anda.

SEO Untuk Perusahaan SaaS
SEO Perusahaan Untuk SaaS terbaik

Manfaat SEO Untuk Pertumbuhan SaaS Berkelanjutan

Karena perusahaan SaaS mengandalkan pembangunan skala ekonomi untuk mengurangi biaya dan meningkatkan keuntungan, strategi jangka panjang seperti SEO organik paling masuk akal untuk bisnis SaaS.

Beberapa manfaat SaaS SEO antara lain:

  • Menghasilkan pertumbuhan yang berkelanjutan melalui akuisisi pelanggan yang stabil.
  • Mengurangi biaya per akuisisi (BPA) dari setiap pelanggan baru.
  • Menciptakan kesadaran merek yang luas untuk produk Anda.
  • Mendidik dan mempertahankan pelanggan melalui konten yang sangat otoritatif.
  • Meningkatkan kinerja pemasaran omnichannel secara keseluruhan.

Poin terakhir menarik karena sebagian besar perusahaan SaaS biasanya akan menggunakan pemasaran email dan media berbayar untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.

Akibatnya, konten tingkat tinggi berfungsi sebagai materi pemasaran yang bagus untuk beriklan di saluran ini dan menarik keterlibatan pengguna.

Sebagai poin terakhir, meningkatkan visibilitas merek di sekitar perangkat lunak Anda mungkin merupakan aspek SEO yang paling penting.

Banyak produk seperti Microsoft Office dan G-Suite mendapat manfaat dari memiliki lebih banyak pengguna di platform karena mengurangi gesekan bagi orang yang mencoba berkomunikasi melalui dua produk berbeda.

Jadi dengan menjadikan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran dan membangun basis pelanggan setia menggunakan campuran konten dan SEO, Anda dapat membangun jaringan pengguna berskala luas yang mengurangi biaya hosting dan mempercepat pertumbuhan Anda.

Untuk memulai, mari kita bahas tujuh strategi SEO yang dapat ditindaklanjuti untuk bisnis SaaS.

7 Cara yang Dapat Ditindaklanjuti Untuk Menskalakan Bisnis SaaS Dengan SEO

1. Tetapkan Dasar-dasarnya

Pertama dan terpenting, Anda perlu membangun situs yang ramah pengguna agar orang-orang mengunduh produk Anda, menghubungi dukungan pelanggan, dan hanya membaca konten.

Beberapa dasar teknis yang dibutuhkan situs web Anda meliputi:

  • Protokol HTTPS.
  • Pengoptimalan seluler.
  • Kecepatan halaman cepat.
  • Gambar yang dioptimalkan (kualitas dan ukuran).
  • Hapus struktur web.
  • Penggunaan kata kunci yang strategis.
  • Hapus ajakan bertindak (CTA).
  • Anggaran perayapan yang cukup besar.
  • Peta situs XML.
  • Tidak ada masalah duplikat konten.
  • Tag Hreflang untuk pengguna internasional atau multibahasa.

Setelah dibuat, akan lebih mudah untuk memberi peringkat situs web Anda untuk konten yang otoritatif dan membuat pengguna tetap memikirkannya begitu mereka berkunjung.

2. Buat Persona Pembeli Anda

Selanjutnya, tim Anda harus mengembangkan daftar persona pembeli yang akan Anda kejar menggunakan beberapa alat konversi. Masukan untuk persona pembeli dapat didasarkan pada sumber-sumber berikut:

  • Tim penjualan dan pemasaran.
  • Sumber analitik yang ada (misalnya, Google Analytics, Google Search Console, atau Saluran Media Berbayar).
  • Perwakilan layanan pelanggan.
  • Umpan balik langsung dari survei dan wawancara pelanggan.

Sekarang, persona atau avatar pembeli Anda akan berbeda apakah Anda menargetkan ruang B2C atau B2B.

Dalam ruang B2C, persona pembeli Anda akan didasarkan pada beberapa masukan demografis dan psikografis, termasuk:

  • Lokasi.
  • Usia.
  • Minat.
  • Pekerjaan.
  • Tingkat Pendidikan.

Misalnya, jika Anda menjual perangkat lunak pengedit foto, kemungkinan besar Anda akan membuat avatar terpisah untuk fotografer profesional/lepas dan juga penghobi.

Di sisi lain, persona B2B Anda kemungkinan besar akan menargetkan orang-orang tertentu dalam suatu organisasi, seperti manajer, pendiri, atau pengguna harian.

Misalnya, satu kampanye pemasaran dan persona mungkin berfokus pada solusi perangkat lunak untuk tim penjualan dan manajer penjualan. Pada saat yang sama, kampanye lain di ruang SEO dapat menargetkan manajer SEO yang ingin beralih dari produk yang sudah ada.

Setelah Anda memiliki daftar persona dan avatar pembeli, Anda dapat membuat kampanye strategis dengan solusi yang dapat ditindaklanjuti yang menarik persona ini di saluran berbayar dan organik.

SEO Untuk Perusahaan SaaS
SEO Perusahaan Untuk SaaS

3. Optimalkan Konten Untuk Semua Tahapan Corong Pemasaran

Sebagai penyedia SaaS, Anda mungkin perlu membuat konten terpisah untuk persona pembeli yang terpisah, tetapi juga untuk pelanggan baru dan yang sudah ada.

Dalam hal akuisisi, membuat konten spesifik di setiap tahap corong penjualan individual Anda akan meningkatkan peluang konversi Anda.

Kesadaran

Ciptakan kesadaran bahwa pengguna memiliki masalah dan perangkat lunak Anda dapat menyelesaikannya. Materi pemasaran umum meliputi:

  • Posting blog.
  • Posting tamu.
  • Siaran pers.
  • Posting media sosial yang dipromosikan.
  • Iklan berbayar.

Minat

Bangun minat pada produk Anda dan temukan cara untuk berinteraksi dengan pengguna.

Misalnya, mendorong pengguna untuk mendaftar ke buletin atau layanan email Anda dapat menjadi cara yang bagus untuk terlibat dengan pengguna dari waktu ke waktu.

Pada tahap ini, Anda dapat mengirim email ke pengguna atau menghubungi mereka dengan pop-up yang mengiklankan ebook gratis, kertas putih, atau konten tingkat tinggi lainnya yang sesuai dengan produk Anda.

Evaluasi/Keputusan

Terlibat lebih jauh dengan pengguna untuk mendorong mereka lebih dekat ke konversi. Beberapa taktik umum meliputi:

  • Uji coba gratis.
  • Konsultasi terbatas.
  • Demo gratis.
  • Pengujian beta gratis.

Pembelian Dan Loyalitas

Setelah pengguna membeli salah satu produk Anda, terus libatkan mereka dengan penawaran khusus atau konten pendidikan yang meningkatkan pengalaman pengguna dan memberikan kepuasan.

Semoga pada tahap ini, Anda dapat menghasilkan loyalitas merek yang kuat , mendorong iklan dari mulut ke mulut untuk mengembangkan jaringan Anda.

4. Fokus Pada Kata Kunci Yang Tepat

Karena biaya akuisisi untuk penyedia SaaS tahap awal sangat tinggi, penting untuk menyusun strategi kata kunci organik strategis yang menghasilkan lalu lintas berkualitas ke situs web Anda.

Beberapa strategi untuk menghasilkan kata kunci dengan konversi tinggi dan menggunakannya dengan tepat meliputi:

  • Targetkan daftar kata kunci PPC konversi tertinggi Anda.
  • Analisis kata kunci apa yang ditawar dan ditargetkan oleh pesaing secara organik.
  • Optimalkan kata kunci informasi (misalnya, perangkat lunak pengedit foto: “Cara menyempurnakan foto”).
  • Manfaatkan istilah terkait “integrasi” jika perangkat lunak Anda berfungsi dengan produk lain.
  • Fokus pada manfaat (misalnya, peningkatan, peningkatan, otomatisasi, dll.).
  • Cantumkan fitur (misalnya, pengeditan foto, penghapusan mata merah, pemotongan, dll.).
  • Segmentasikan kata kunci target berdasarkan niat di seluruh corong penjualan Anda (misalnya, kata kunci informasional di bagian atas corong dan kata kunci tentang fitur/manfaat untuk konten corong tengah).
  • Optimalkan untuk volume yang lebih rendah, kata kunci khusus dengan lebih sedikit persaingan untuk mengukir pangsa pasar.

5. Bangun Kelompok Topik Untuk Otoritas

Setelah Anda memiliki daftar kata kunci dan strategi konten yang dapat ditindaklanjuti untuk corong Anda, saatnya untuk mengeksekusi.

Karena produk SaaS cukup canggih dan sangat kompetitif, sangat ideal untuk mengikuti pedoman EAT Google (Keahlian, Otoritas, dan Keandalan) untuk membuat konten Anda.

Selain itu, saya juga merekomendasikan untuk membuat kelompok topik seputar topik dengan konten serupa yang memperkuat topik utama untuk menghasilkan otoritas dan menjawab sebanyak mungkin pertanyaan pengguna.

HubSpot adalah contoh bagus dari blog dan platform SaaS yang membuat kluster konten yang sangat canggih di sekitar produk utamanya, termasuk blog dan tutorial pengguna.

Untuk membuat kelompok topik, mulailah dengan kata kunci unggulan yang berfungsi sebagai topik utama, seperti “Fotografi”, dan buat serangkaian topik terkait.

Misalnya, Adobe memberikan serangkaian tip fotografi yang dirancang untuk mengedukasi pengguna tentang dan menjual produk mereka, seperti Photoshop.

Dengan membuat konten sumber daya yang kaya, Anda dapat membangun komunitas orang-orang yang datang ke merek Anda, tidak hanya untuk mencari produk tetapi juga untuk saran yang bijaksana.

Sebagai bonus, manfaatkan forum komunitas untuk lebih melibatkan dan mengedukasi pengguna dengan masalah pemecahan masalah umum dengan produk Anda.

6. Jangan Lupa Tentang Tautan

Meskipun backlink masih merupakan sinyal peringkat yang berharga, saya memandang backlink sebagai strategi promosi yang lebih berharga.

Jika Anda mengikuti tips konten saya di atas, Anda akan membuat banyak aset yang dapat ditautkan yang secara alami menghasilkan backlink dan dapat digunakan untuk promosi untuk menghasilkan lebih banyak.

Misalnya, buku putih, ebook, survei, studi, dan tutorial menyediakan sumber daya yang bagus untuk mengedukasi orang dan mengutip informasi untuk penelitian mereka sendiri.

Namun, untuk mendapatkan keterpaparan awal dan membuat tautan ke konten, ikuti kiat yang dapat ditindaklanjuti di bawah ini:

  • Posting tamu di blog dan situs web populer untuk menghasilkan buzz.
  • Promosikan konten pendidikan di saluran berbayar , seperti Facebook dan Google.
  • Email konten pendidikan ke orang-orang yang relevan di industri Anda untuk membangun kesadaran.
  • Hubungi halaman sumber daya untuk tautan ke perangkat lunak Anda.
  • Melakukan wawancara roundup dengan para profesional industri.
  • Promosikan survei dan studi melalui siaran pers atau saluran berbayar.

7. Satukan Semuanya Bersama-sama Di Beberapa Saluran

Terakhir, gabungkan semua strategi ini menjadi strategi omnichannel.

Menggunakan perpaduan PPC untuk pemaparan merek, konten untuk membangun otoritas, dan SEO organik untuk mengukur akuisisi pelanggan akan memberikan strategi terbaik untuk meningkatkan skala bisnis SaaS tahap awal.

Selain itu, mempromosikan konten tingkat tinggi seperti buku putih melalui iklan, email, media sosial, dan semua saluran lainnya adalah cara yang bagus untuk mendapatkan keterpaparan, membangun tautan, dan mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.

Gabungkan penelitian kata kunci PPC dan SEO Anda untuk mengoptimalkan saluran Anda dan buat strategi pemasaran yang konsisten yang memelihara pengguna dari kesadaran hingga tahap keputusan.

baca juga

Kesimpulannya

SEO dan SaaS tidak hanya terdengar sama, tetapi keduanya benar-benar sejalan.

Meskipun iklan berbayar mungkin diperlukan untuk menghasilkan paparan merek lebih awal, strategi SEO ini memberikan jalan terbaik ke depan untuk meringankan anggaran berbayar Anda dan meningkatkan kehadiran online Anda secara alami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation