SEO untuk Reputasi Brand Website Bisnis

undercover.co.id Panduan Menggunakan SEO untuk Reputasi Brand Website Bisnis , Bisnis pada masa sekarang ini menjadi lebih dinamis dan sangat mengikuti perkembangan zaman. Dan zaman sekarang merupakan zaman yang apapun itu mesti dikaitkan dengan digitalisasi.

Digitalisasi yang dimaksud adalah ekosistem internet yang berjalan semakin pesat sampai sekarang ini. Sehingga, bisnis juga tergabung di dalam ekosistem tersebut.

Pada akhirnya, bisnis telah melebarkan sayapnya. Tidak hanya bergerak di bidang dunia nyata saja (offline), namun juga bergerak di bidang dunia digital (online).

Tak ayal pula, sebuah bisnis yang bergerak di dunia digital dimulai dengan mempunyai website dan toko online. Website tersebut menjadi sebuah lapak atau “bangunan” suatu perusahaan bisnis di internet.

Sehingga, branding dari perusahaan diperlukan pada website bisnis tersebut.

Apakah Melakukan Branding Website Bisnis itu Penting?

Website bisnis dari suatu perusahaan selain bertujuan untuk bisa memiliki lapak di internet, tujuan lainnya adalah untuk bisa membangun suatu brand pada website maupun citra perusahaan tersebut.

Secara garis besar, brand merupakan suatu karakter atau citra terhadap sesuatu. Hal tersebut meliputi konsep pemasaran yang mengandung identitas yang tercipta pada suatu produk atau jasa suatu perusahaan.

Dengan begitu dapat dipetik suatu asumsi bahwa branding , atau membangun citra atau brand perusahaan, di website merupakan hal yang sangat penting. Mengingat banyaknya website yang mempresentasikan produk maupun jasa yang sejenis.

Branding yang kuat tentu akan melahirkan banyak keuntungan bagi perusahaan. Berikut beberapa dari sekian banyak keuntungan yang bisa dirasakan.

1.     Brand awareness akan meningkat

Tentu, jika melakukan branding website bisnis, tentu akan meningkatkan brand awareness pada masyarakat luas. Terutama pada pengguna internet, karena branding dengan berbasis digital di internet.

Kegiatan branding yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melakukan sebuah campaign atau bekerja sama dengan orang-orang yang mempunyai pengaruh dan massa.

Campaign yang dilakukan biasanya meliputi memberi informasi ke khalayak mengenai produk/jasa, serta bagaimana produk/jasa itu bisa berperan terhadap kehidupan.

Dan hal tersebut dapat dilaksanakan dengan efisien jika memanfaatkan kerjasama dengan orang yang memiliki pengaruh, atau yang biasa disebut dengan Influencer.

Jika kegiatan branding tersebut berhasil, tentu brand awareness terhadap website bisnis akan meningkat.

2.     Calon customer akan bertambah

Brand awareness telah meningkat. Maka, secara otomatis akan mendulang calon customer lebih banyak lagi.

Sebab, produk/jasa perusahaan akan disebut-sebut dimanapun jika terdapat suatu topik pembahasan yang berkaitan dengan produk/jasa yang dipasarkan.

Tidak hanya dari influencer, melainkan juga pengguna internet lainnya yang telah menggunakan produk/jasa secara nyata. Istilah lainnya adalah testimoni.

Testimoni sangat memiliki efek yang besar bagi perkembangan branding perusahaan, dan secara langsung terhadap website bisnisnya.

Alhasil, tercipta suatu pemikiran kalau suatu topik yang dibahas tersebut adalah tidak lain dan tidak bukan adalah website bisnis dengan produk/jasa dari perusahaan tersebut.

Dan tidak menutup kemungkinan pula calon customer akan bertambah dengan pesat.

Kemudian, karena branding ini secara digital dan berkaitan dengan website bisnis perusahaan, maka sudah pasti sangat berkaitan dengan pemanfaatan dan perencanaan strategi SEO.

Bagaimana SEO Membangun Reputasi Brand?

Berbicara website, maka tidak akan pernah bisa dipisahkan dengan SEO . Sebab, banyak hal yang bisa dirasakan bagi website bisnis, dan terbukti telah memberikan efek yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

SEO sendiri merupakan sebuah cara utama untuk bisa meraih target posisi yang menguntungkan di dalam hasil pencarian mesin pencari dalam suatu topik tertentu.

Sehingga bisa membangun sebuah reputasi brand produk/jasa perusahaan yang dipresentasikan di dalam website.

Banyak yang bisa

1.      Sudah pasti, keyword yang berpotensi

Jika berbicara tentang SEO, sudah tentu tidak akan pernah terlepas dari keyword. Karena SEO merupakan langkah untuk menarget posisi di hasil mesin pencarian, dan di hasil berdasarkan dari keyword yang dicari.

Untuk melakukan branding pada website bisnis, maka perlu mengobservasi dan meneliti keyword apa yang memberikan pengaruh terhadap website bisnis dalam branding. Baik itu short-tail keyword maupun long-tail keyword.

Biasanya, sangat direkomendasikan menggunakan long-tail keyword. Karena selain lebih spesifik, juga persaingan tidaklah begitu ketat seperti short-rail keyword.

Alhasil, jika menemukan keyword yang sesuai dengan branding dan memang berpotensi berhasil, maka gunakan keyword tersebut di dalam konten website bisnis.

2.      Tingkatkan pengalaman dengan User Experience

Berinvestasi pada user experience website bisnis bukanlah merupakan hal yang buruk. Sebab, user experience menjadi penting di dalam website bisnis jika berkaitan dengan SEO yang hal itu bisa menurunkan angka persentase bounce rate dan menghasilkan konversi.

User experience ini dikaitkan pada penggunaan desain website yang responsive mobile-friendly, dan loading speed yang singkat dalam menampilkan website. Terutama pada halaman yang digunakan untuk branding.

Sehingga, selain branding yang dilakukan berhasil, pemenuhan faktor pemeringkatan hasil pencarian juga bisa dipenuhi.

3.      Manfaatkan social media dan brand mention

Social media diibaratkan sebuah kolam yang terdapat banyak ikan di dalamnya. Hanya perlu membuat “ikan-ikan” di dalamnya tertarik dan mau memakan “umpan” yang berada di benang pancing.

“Ikan-ikan” yang dimaksud adalah para pengguna social media yang berpotensi menjadi seorang calon customer, dan “umpan” adalah konten dan copywriting yang dipublikasikan di social media bisnis.

Penggunaan social media ini dan hubungannya dengan SEO adalah penyisipan backlink. Baik pada profil social media bisnis, namun juga pada konten yang dibuat.

Sehingga backlink yang menuju website bisnis akan mengarahkan calon customer ke halaman branding dan akan terjadi transaksi di dalamnya.

Kemudian, hal di atas didukung oleh brand mention. Karena Brand mention menjadi sebuah keuntungan besar karena akan menghasilkan branding website bisnis bisa berjalan.

4.      Quality Content is The King!

Ya, kualitas dari konten yang dipublikasikan adalah prioritas nomor satu. Tidak akan berhasil sebuah branding website bisnis jika tidak mengutamakan hal tersebut.

Percuma saja sudah bisa memberikan user experience dan backlink yang bagus yang dapat mendukung branding yang dilakukan, tetapi konten yang diberikan tidaklah berkualitas.

Di samping itu juga quality content juga menjadi faktor penting jika berbicara SEO. Karena menjadi salah satu faktor utama dalam pemeringkatan.

5.      Terakhir, lakukan evaluasi

Tidak akan terjadi perkembangan bagus jika tidak melakukan evaluasi. Karena evaluasi akan menjadi sebuah tolok ukur apakah branding yang dilakukan dengan memanfaatkan SEO berjalan dengan baik atau tidak.

Dengan begitu, bisa dilakukan pembenahan dan penyusunan strategi SEO bagi branding website bisnis dengan lebih baik lagi. Alhasil, akan memberikan keuntungan bagi website bisnis.

baca juga

Branding adalah jalan terbaik untuk menciptakan suatu citra perusahaan dan produk/jasa terhadap customer dan dunia. Tidak hanya berlaku secara nyata (offline), melainkan juga secara digital (online).

Secara online, branding pada website bisnis dapat dilakukan dengan memanfaatkan aspek SEO. Karena website merupakan ladangnya penggunaan SEO untuk mencapai tujuan dan meningkatkan konversi.

Dengan begitu, maka branding yang tercipta akan memberikan dampak yang sangat bagus tidak hanya bagi customer dan dunia, namun juga terhadap website bisnis.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!