Jasa

undercover.co.id/ – Shopee VS Tokopedia , Berkembangnya teknologi yang sangat pesat belakangan ini membawa banyak dampak bagi kehidupan manusia dalam segala aktivitasnya. Dengan adanya kemajuan teknologi ini tentunya banyak memberkan dampak positif bagi kehidupan manusia.

Salah satunya dampak positif yang dirasakan oleh seluruh orang adalah kemudahan dalam berbelanja online. Kemudahan ini tentunya banyak disukai oleh para wanita karena kegiatan ngemall ternyata pada zaman sekarang sudah bisa dilakukan hanya dari rumah saja.

Sama-sama Bergerak Dalam Bidang Jual Beli Online, Tapi Shopee Dan Tokopedia Memiliki Banyak Perbedaan. Simak Pembahasannya Disini !

Barang-barang yang disediakan dalam aplikasi e-commerce juga memiliki kualitas yang enggak kalah dari kualitas took-toko di mall dan didalam aplikasi ini juga disediakan dengan harga yang terjangkau. Jadi tentunya kita juga bisa lebih menghemat dalam kegiatan berbelanja.

Namun karena banyaknya aplikasi e-commerce yang hadir dalam negara Indonesia membuat banyak pengguna bingung untuk memilih mana diantara semuanya yang termasuk kedalam aplikasi yang bagus dan mudah untuk digunakan.

Diantara semua aplikasi e-commerce yang sudah terkenal di Indonesia diantaranya ada dua aplikasi yang cukup populer yaitu Shopee dan juga Tokopedia. Si orens dan si hijau yang sangat populer di Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing.

Berikut kami sajikan lebih dalam tentang aplikasi e-commerce yang berasal dari kedua negara berbeda ini yaitu Shopee dan Tokopedia.

Shopee VS Tokopedia

Shopee Vs Tokopedia

Shopee

Shopee merupakan aplikasi jual beli online yang didesain dengan warna utama orens sebagai symbol utamanya. Aplikasi shopee ini merupakan aplikasi jual beli online yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 di Singapura.

Aplikasi Shopee ini akhirnya mengembangkan jangkauan bisnisnya hingga Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, FiIipina, dan Vietnam. Bahkan kabarnya pada tahun 2019 Shopee sudah berhasil aktif di negara Brazil yang merukan negara pertama di Amerika Selatan yang didatangi oleh Shopee ini.

Aplikasi Shopee bisa digunakan pada perangkat tautan pengguna dengan jenis Android dan iOS. Dengan adanya aplikasi Shopee ini maka pengguna akan dimudahkan dalam hal belanja online tanpa harus keluar rumah.

Tokopedia

Tokopedia merupakan perusahaan startup yang berasal dari Indonesi  namun memiliki perusahaan cabang yang terletak di Singapura yang bergerak dalam bidang riset dan pengembangan induk usaha di Indonesia.

Aplikasi tokopedia merupakan aplikasi jual beli online dalam bidang e-commerce yang juga bisa digunakan pada perangkat tautan pengguna seperti Android dan iOS. Aplikasi ini ternyata pertama kali didirikan pada tahun 2009.

Tokopedia termasuk dalam perusahaan startup terbaik di dunia yang berasal dari Indonesia dan sudah terkenal di negara Asia Tenggara lainnya. Bahkan pada bulan Mei 2021 Tokopedia sempat melakukan kolaborasi dan membentuk Grup GoTo.

Shopee VS Tokopedia

Perbandingan Aplikasi Shopee VS Tokopedia

Kedua aplikasi yang bergerak dalam bidang jual beli online ini sama-sama memiliki fungsi utama yaitu aplikasi yang menyediakan layanan jual beli online. Namun karena banyaknya aplikasi jual beli online yang sudah hadir di Indonesia biasanya pengguna akan dibuat bingung untuk memilih menggunakan jenis aplikasi yang mana.

Berikut kami sajikan beberapa perbandingan aplikasi Shopee dan Tokopedia yang dapat kamu simak dibawah ini :

Perbandingan tampilan awal aplikasi Shopee VS Tokopedia

Pada aplikasi Shopee tampilan awalnya disediakan berbagai fitur aplikasi mulai dari kategori hadiah, voucer, promo, gratis ongkir, dan fitur lainnya yang tersedia dalam bentuk daftar pada tampilan awalnya.

Sedangkan pada aplikasi Tokopedia halaman awalnya memiliki tampilan warna putih dengan berbagai macam fitur yang tersedia seperti official store, mainan&hobi, perawatan hewan, top-up, promo, dan fitur menarik lainnya yang bisa kamu temukan dalam aplikasinya.

Jika dilihat dari segi tampilan awal yang disediakan maka kedua aplikasi sama-sama memiliki tampilan yang sederhana untuk memudahkan para penggunanya. Namun, pada aplikasi tokopedia halaman awalnya disediakan cukup lengkap dan menarik dengan berbagai voucer gratis ongkir yang banyak untuk penggunanya.

Perbandingan fitur aplikasi Shopee VS Tokopedia

Fitur-fitur yang tersedia pada tampilan awal aplikasi Shopee terdiri dari fitur Shopee dari rumah, pulsa,tagihan, Shopee supermarket, Shopee Mall, Gratis ongkir, Games, COD, ShopeeFood, dan banyak fitur lainnya yang terdiri dari berbagai diskon.

Sedangkan pada aplikasi Tokopedia pada halaman awalnya fitur-fitur yang tersedia terdiri dari fitur Official Store, Mainan, Top-Up, Perawatan Hewan, Fashion, Travel, Ibu&Bayi.

Jika dilihat dari fitur-fitur yang tersedia maka aplikasi Shopee lebih mudah dipakai karena fitur-fitur aplikasi yang disediakan sangat banyak dan lengkap pada tampilan awal aplikasi. Sedangkan aplikasi Tokopedia hanya menyediakan beberapa tampilan fitur-fitur aplikasi saja tidak sebanyak yang terdapat pada aplikasi Shopee.

Perbandingan harga barang di aplikasi Shopee VS Tokopedia

Pada aplikasi Shopee harga-harga barang yang ditampilkan untuk setiap barangnya jauh lebih murahmurah dan beragam sehingga lebih cenderung disukai oleh pelanggan. Pada aplikasi Shopee selain harga yang juga murah, barang-barang yang dijual juga cukup berkualitas dan sesuai untuk harga yang ditawarkan.

Sedangkan pada aplikasi Tokopedia harga-harga yang ditawarkan agak sedikit mahal dan selalu berada diatas harga yang ditawarkan dari Shopee. Belum lagi harga ongkos kirim dari barang yang dipesan juga terkadang sesuai dengan harga asli dan tidak terdapat diskon.

Maka jika kita lihat dari harga-harga barang yang disediakan maka pengguna akan cenderung lebih menyukai tampilan harga pada aplikasi Shopee karena lebih murah dengan barang yang bervariasi dan beragam. Belum lagi ongkos kirim yang ditawarkan kepada para pelanggan tetapnya.

Perbandingan fitur ‘’Top Up’’ Shopee VS Tokopedia

Pada aplikasi Shopee hanya menyediakan fitur top up pulsa dan tagihan listrik sejenis lainnya dan top up saldo ShopeePay saja. Sedangkan pada aplikasi Tokopedia kamu bisa dengan mudah untuk top up saldo pulsa, tagihan listrik, dan saldo OVO yang dapat dibayar melalui kartu kredit ataupun supermarket terdekat.

Jika dilihat dari kelengkapan penyediaan top up nya maka aplikasi Tokopedia lebih unggul dibandingkan Shopee karena pada Tokopedia menyediakan top up OVO yang mudah dan banyak digunakan oleh semua orang sehingga memudahkan pengguna dalam berbelanja juga. Top up saldo OVO tidak bisa kamu temukan pada aplikasi Shopee karena aplikasi tersebut hanya menyediakan top up pulsa dan listrik saja.

baca juga

    Perbandingan diskon belanja yang diberikan Shopee VS Tokopedia

    Jika dilihat dari diskon belanja yang diberikan maka aplikasi Shopee lebih unggul dibandingkan aplikasi Tokopedia. Karena Shopee selalu memberikan diskon besar-besaran kepada penggunanya setiap hari bahkan diskon gratis ongkir setiap harinya.

    Belum lagi diskon mingguan dan harian terhadap barang-barang khusus kepada para pelanggan setianya.

    Sedangkan pada aplikasi Tokopedia diskon belanja jarang diberikan kepada penggunanya dan biasa diskon yang diberikan hanya beberapa persen saja begitu juga dengan diskn harian yang diberikan kepada para pengguna barunya saja.

    Beberapa perbandingan dari kedua aplikasi e-commerce diatas bisa dijadikan referensi kamu ketika baru ingin mencoba menggunakan kedua aplikasi ini dan bingung untuk menentukan menggunakan jenis aplikasi yang mana.

    Pada dasarnya kedua aplikasi e-commerce ini baik Shopee maupun Tokopedia sama-sama menawarkan berbagai keunggulannya masing-masing yang dipilih pengguna sesuai dengan kebutuhannya.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.