Published On: Tue, Nov 8th, 2016

Siap Siap Merk Dagang Anda Dicari Jutaan Pelanggan !

undercover.co.id – Apabila anda adalah seorang pembaca setia website kami, maka anda pasti sudah tahu bahwa di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang “Brand Equity”. Namun tentu kalian belum tahu sebenarnya apa manfaat yang bisa didapat dengan Brand Equity tersebut? Apakah sesuatu yang biasa saja, atau mengkin sesuatu di luar kebiasaannya?

Sebelum itu, mari bersyukurlah karena kami kembali hadir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi keresahan kalian itu. Kami pun tak sungkan, jika kalian  bisa duduk terlebih dulu dengan nyaman, siapkan mata yang tajam, dan kuota yang sepadan. Sebab inilah 5 (lima) manfaat dari Brand Equity yang tidak banyak orang ketahui;

  1. Reduce Marketing Cost (mengurangi biaya pemasaran)

Untuk kalian para pengusaha muda, ataupun yang baru kembali membuka usaha barunya, bisa saja pada awalan untuk mencapai Brand Equity diperlukan biaya yang mahal. Ya, sebuah awalan yang meyakinkan selalu berawal dari sebuah pengorbanan.

Namun jangan pernah berpikir bahwasanya ini adalah pengorbanan, anggaplah ini sebuah investasi. Kalian akan berinvestasi untuk mengiklankan brand kalian, membuat marketing collateral, promosi ke berbagai tempat. Tapi setelahnya, kalian hanya perlu duduk manis dan biarkan pelanggan menghampiri kalian.

Wah masa? Benar! Ibaratnya seperti ini, kalian dulu pernah kan lihat iklan Apple dengan HP iPhone nya? Lalu coba cek setiap stasiun TV, apakah iklan itu sekarang masih ada dan ditayangkan? Apple di hari ini jarang melakukan iklan dan promosi, sebab mereka tahu pelanggannya yang akan mendatanginya. Brand Equity dari Apple sudah terbukti dan kalian tentu merasakan sendiri pastinya.

Baca Juga artikel Pentingnya Brand Dari Jaman Dinosaurus Sampai Abad Aplikasi Mobile Online

  1. May Set High Premium Price (dapat mengatur harga premium tinggi)

Sebuah brand, apabila sudah banyak dicari oleh konsumennya, kira-kira apa yang terjadi bila tiba-tiba brand tersebut menaikkan harganya? Apakah akan tetap laku atau tidak? Jawabannya ya, mereka akan tetap laku. Kenapa? That’s the power of Brand Equity, setelah tercapainnya ekuitas merek mau berapa pun hargannya dinaikkan, para pelanggan tidak akan pernah sungkan untuk menjadikannya pilihan.

Seperti KFC, kalian pasti ingat dulu mereka terkenal dengan harganya yang hanya “goceng”, tapi sekarang harga “goceng” tersebut sudah jarang kita temui sebab mereka perlahan menaikkan harganya. Lalu apa kemudian kita berhenti membelinya? Pasti tidak. Bagaimanapun kita sudah terbiasa dengan menu dan rasanya, soal harga? Itu urusan nomoro dua. Begitulah Brand Equity bekerja.

Siap Siap Merk Dagang Anda Dicari Jutaan Pelanggan

Siap Siap Merk Dagang Anda Dicari Jutaan Pelanggan

  1. Making Consumer Easier to Choose (membuat konsumen mudah memilih)

Bayangkan brand anda sudah banyak dikenali orang, lalu menaikan harga pun sudah anda lakukan, dan kemudian brand lain yang sama dengan anda pun berdatangan. Menawarkan harga yang lebih murah, diskon berlimpah, dan hadiah-hadiah.

Siap Siap Merk Dagang Anda Dicari Jutaan Pelanggan ! Lalu, bagaimana dengan brand anda? Apakah akan tersisih begitu saja? Saya kira tidak akan. Ketika brand anda telah mencapai ekuitasnya maka kompetitor lain perlu usaha lebih banyak untuk mendepak anda dari panggung persaingan.

Sebab pelanggan pasti akan selalu memilih brand anda papun yang terjadi. Alasannya sederhana, karena brand anda sudah dikenal, pelanggan telah terasosiasi, mereka menjadi setia, dan terpenting kualitas brand anda telah terbukti. Kalau berkenan, masih ingat contoh kasus Toyota dan Daihatsu kan?

 

  1. Sales Increasing (menaikkan penjualan)

Dari ketiga manfaat yang telah saya paparkan di atas, tentu saya percaya bahwa manfaat inilah yang paling anda inginkan. Yap! Di saat titik ekuitas dari brand anda telah tercapai titik klimaks dan pelanggan atau konsumen telah dengan senang hati mencari-cari brand anda maka penjualan anda pun tak akan terbendung.

Artinya penjualan anda akan selalu meningkat, dan konsumen tak akan pernah berhenti membeli brand anda apapun keadaannya.

Lalu, apa yang terjadi di saat penjualan meningkat? Yakinlah bahwa keuntungan pun akan anda raup sebanyak-banyaknya, kepuasan pelanggan pun akan terpenuhi seperti seharusnya, anda pun tidak perlu bersusah payah untuk memikirkan strategi penjualan untuk kedepannya.

Tinggal anda projeksikan apa yang masih kurang dari proses yang anda telah lakukan sekarang. Lalu, bang!  Anda siap menjadi pengusaha terkenal.

  1. Business Growth (bisnis berkembang)

Manfaat terakhir dari Brand Equity ini adalah anda bisa mengembangkan bisnis anda sesuka hati dan pikiran anda. Apakah anda mau membuat brand baru? Menginovasikan brand lama? Membuat terobosan baru sekalipun? Itu semua ada di tangan anda.

baca lagi artikel Raih BRAND EQUITY Maka Perusahaan Anda Akan Establish

Tinggalah tujuan apa yang ingin anda raih selanjutnya. Seorang pengusaha sukses adalah ia yang pastinya tidak akan pernah puas dengan hasil yang telah didapat sekarang, teruslah kembangkan bisnis anda dengan bijak. Capailah setiap cita-cita yang ingin anda buat menjadi nyata.

Jangan pernah lupa bahwasanya brand ekuitas lah yang mengawali semua dari usaha sukses dalam membangun brand anda.

Terakhir, sebagai penutup tulisan, saya sudah tak sabar bahwa untuk saat sekarang anda sudah siap berjalan mencapai titik ekuitas dari brand anda. Ingatlah bahwasanya semua manfaat di atas dapat tercipta berkat usaha, kerja keras, dan doa. Maka jangan pernah menyerah, buatlah Brang Equity untuk merek anda. Semoga selalu bermanfaat! (IAS) Siap Siap Merk Dagang Anda Dicari Jutaan Pelanggan !

                                                                  (foto diambil dari hubpost.net)

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>