Spring Health, Bisnis Kesehatan Mental

Jalan Menuju Keterlibatan Email Pada 2021 Pembelajaran Penting

Kesehatan mental seringkali menjadi isu yang terlupakan di masyarakat karena stigma yang menyelubunginya

Padahal kesehatan mental tidak hanya menjadi kebutuhan individu saja namun bahkan turut berpengaruh kepada kesehatan bisnis.

April Koh seorang lulusan Sosiologi dan Computer Science dari Universitas Yale mendirikan Spring Health untuk menghadirkan produk layanan kesehatan mental yang mudah untuk diakses orang banyak. Berkat keberaniannya mendirikan bisnis di bidang layanan kesehatan mental tersebut, ia sudah dianugerahi penghargaan dari Asosiasi Psikiatri Amerika Serikat dan masuk ke dalam daftar Forbes 30 under 30 pada tahun 2018 silam.

Diawali Bakat Berwirausaha

Misi yang diusung oleh April ketika mendirikan Spring Health adalah untuk mendorong orang dan institusi untuk mendapatkan layanan kesehatan mental bebas hambatan.

April menganggap adalah teknologi informasi merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dari pemberian pelayanan yang cepat dan efisien.

Namun tanpa bakat dan minat kewirausahaan, ia merasa mustahil mampu mewujudkan keinginannya tersebut menjadi sebuah bisnis yang berkesinambungan.

Ia menyadari memiliki bakat sebagai wirausahawan ketika mengikuti sebuah program coding yang diselenggarakan almamaternya, Yale Entrepreneurial Institute.
Dalam acara tersebut ia banyak bertemu dengan para wirausahawan setempat yang banyak berbagi cerita mengenai dunia kewirausahaan dan start-up.
Momen tersebut membuatnya berpikir untuk menentukan jalan berikutnya sebagai pemilik perusahaan start-up suatu hari nanti.

Dalam acara tersebut ia bertemu dengan seseorang yang kemudian menjadi rekannya yang bersama-sama mendirikan start-up pertama mereka dengan nama Spylight.

Spylight bergerak di bidang fashion retail dengan fokus penjualan pakaian yang muncul pada acara televisi.

Demi membesarkan perusahaan start-upnya tersebut, ia sampai rela menunda kuliahnya di Yale.

Hanya saja jiwa kewirausahannya yang menggebu membuatnya merasa kurang puas hanya menjalankan satu perusahaan saja.

Ia memutuskan untuk mengambil magang di Shazam, sebuah perusahaan aplikasi musik selama beberapa bulan sebelum melanjutkan kuliahnya.

Ide Awal Mendirikan Spring Health

Ide awal seorang April untuk mendirikan layanan kesehatan muncul ketika ia mendapati temannya menderita depresi dan harus menggunakan obat antidepresan untuk perawatan.

Melihat depresi temannya ditambah dengan kejengkelan akan sistem pelayanan kesehatan mental di Amerika ia memutuskan menggali penelitian mengenai teknologi untuk kesehatan mental.

Ia menemukan titik terang ketika membaca penelitian Yale Psychiatry tentang bagaimana machine learning dapat mendiagnosa penyakit mental lebih baik dari manusia.

Tanpa pikir panjang, April langsung mengontak pembuat penelitian tersebut, Dr .Adam Cherkroud untuk menyusun prototipe permulaan menggunakan algoritma bentukan sang peneliti tersebut.

April Koh, Berbisnis Sambil Meningkatkan Kesadaran akan Kesehatan Mental

Setelah mengajak Dr. Adam, ia kemudian mengontak rekannya dari jurusan Computer Science, Abhisek Chandra untuk mengerjakan proyek ini lebih lanjut.

Menggunakan pendanaan dari sumber pribadi berupa hadiah kompetisi produk yang dimiikinya, April bersama dengan kedua rekannya mendirikan Spring Health.

Untuk meningkatkan Spring Health menuju ke tingkat yang lebih tinggi, April bersama kedua rekannya mengembleng diri untuk melakukan pitching kepada calon investor maupun juri kompetisi

Selain kepada investor, April juga rajin mengikuti kompetisi internal kampus yang memang menyediakan sejumlah hadiah sebagai pengembangan penelitian.

Pada upaya meraih pendanaan pertamanya, April bersama timnya berhasil mendapatkan 100 ribu dollar tanpa imbal kepemilikan saham kepada investor.

Hingga saat ini Spring health berhasil mendapatkan pendanaan sebesar 8 juta dollar yang berasal dari investor sekaligus alumnus universitasnya dan pendanaan seri A dari investor ventura.

baca juga

    Memberi Dampak Signifikan

    Dalam acara temu alumni yang diselenggarakan oleh institusi kewirausahaan kampusnya, April Koh banyak bercerita mengenai arti Spring Health bagi dirinya.

    Salah satu topik yang ia bicarakan adalah bagaimana cara kerja Spring Health memberi dampak langsung

    Dengan mengandalkan kuesioner yang dapat menerangkan kondisi kesehatan mental yang tidak terbatas pada kondisi kecemasan ataupun depresi saja

    Setelah berhasil mendeteksi gangguan psikis, Spring Health dapat menerangkan alternatif pilihan yang bisa diambil oleh pasien.

    Selain itu Spring Health juga memilliki waktu respons yang lebih cepat sekitar 20 kali dari layanan mental biasa.

    Dengan menerangkan cara kerja Spring Health, April yakin banyak investor yang akan tertarik dengan idenya.

    Ia yakin bahwa bisnisnya tersebut akan menciptakan dampak ke orang banyak.

    Spring health sendiri sudah mendapat pengakuan langsung dari klien yang bekerja sama dengan mereka.

    April mengatakan bahwa ia sempat mendapatkan email berupa testimoni bagaimana Spring Health mampu meningkatkan kualitas hidup staf mereka.

    baca juga

    Pelajaran dari April Koh

    Pada kesempatan itu, April mengemukakan ada 4 hal inspiratif terkait dengan menjalankan sebuah bisnis.

    Hal pertama yaitu memanfaatkan sumberdaya dan jejaring yang ada.

    April mengatakan bahwa ia cukup terbantu dengan kelebihan yang dimiliki kampusnya,Yale University seperti banyaknya rekan yang sepemikiran hingga insentif berupa uang penelitian.

    Hal kedua yaitu cukup menerima 20% dari setiap nasihat orang lain.

    Melalui hal kedua ini April mengatakan bahwa ia tidak akan pernah mendirikan perusahaanya jika ia terlalu mendengar orang lain meski orang tersebut adalah profesornya.

    Hal ketiga adalah perbedaan gender bukanlah alasan untuk tidak bisa sukses menjadi pemimpin.

    baca juga

    April mengemukakan bahwa ia berhasil mendobrak kultur dimana kaum lelaki lebih banyak diperhitungkan untuk sukses dibandingkan dengan wanita.

    Masih kuatnya anggapan tersebut di benak masyarakat justru menjadi pendorong semangatnya untuk terus membuktikan diri.

    Terakhir, April mengingatkan bahwa bisnis selalu berhubungan dengan angka, semakin banyak suatu hipotesis bisnis dicoba maka akan semakin mendekati tingkat kesuksesan

    Aprill mengatakan hal ini karena berkaitan langsung dengan pengalamannya yang sempat ditolak oleh 110 investor sebelum berhasil mendapatkan pendanaan pertamanya.

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!