Start Up GIPHY

Undercovercoid 92

Graphics Interchange Format atau GIF sudah menjadi tren terbaru untuk membantu para pengguna internet mengekspresikan perasaan. Memfasilitasi perkembangan ini, GIPHY hadir dengan memberikan berbagai asupan GIF yang bisa digunakan secara gratis.

GIPHY adalah platforms database dan mesin pencarian online asal Amerika yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mencari video loop pendek tanpa suara alias GIF.

GIPHY, Surga Berbagai GIF Menarik yang Up to Date

Tujuan pembuatan GIPHY adalah untuk membantu dan mempermudah pengguna menemukan dan membagikan GIF berkualitas tinggi.

GIPHY didirikan oleh Alex Chung dan Jace Cooke pada Februari 2013. Ide bisnis ini muncul saat mereka berdua sedang membicarakan tentang kenaikan trend komunikasi visual pada masa itu.

Awalnya, GIPHY hanya bekerja murni sebagai mesin pencari khusus format GIF. Pada minggu pertama peluncurannya, GIPHY sudah berhasil menarik minat jutaan pengguna.

Mulai Agustus 2013, GIPHY mulai mengijinkan penggunanya untuk memposting dan men-share GIF melalui Facebook, lalu 3 bulan kemudian Twitter pun bergabung menjadi media yang terintegrasi.

Tiga tahun kemudian, pada Oktober 2016, GIPHY mengumumkan sudah memiliki 100 juta pengguna aktif harian dan membagikan 1 miliar GIF per harinya. Statistik lainnya adalah, pengguna menonton lebih dari 2 juta jam konten GIF setiap harinya.

Akusisi Giphy oleh Facebook

Pada 2020, GIPHY dibeli oleh Facebook dan diintegrasikan ke dalam Instagram. Harga pembeliannya dilaporkan mencapai 400 juta dolar.

GIPHY ber-partner dengan berbagai brand atau merek ternama untuk menjadi sarana promosi marketing digital melalui sosial media. Sekarang GIPHY sudah memiliki lebih dari 200 partner merek dan perusahaan. Beberapa diantaranya adalah Line, Universal Studio, Disney, Calvin Klein, GE, dan Pepsi.

GIPHY dinilai sebagai platform terbaik yang tersedia untuk mencari, membagikan, menemukan, dan membuat GIF di internet.

Konten GIF bisa diakses melalui website, aplikasi, dan API.

GIPHY

Pengguna bisa menemukan berbagai jenis GIF terbaik dan terpopuler di internet. Selain itu ada juga konten-konten yang dibuat oleh pembuat GIF berbakat dan juga brand atau merek terkenal.

Penguna hanya tinggal mengetikan keyword atau kata kunci yang berkaitan pada search bar. Lalu algoritma GIPHY akan memberikan hasil yang relevan dengan kata yang dicari.

Menambahkan beberapa kata yang lebih spesifik juga bisa membantu pengguna mencari GIF yang tepat. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan Toggle

Gunakan Toggle terbaru untuk mengurutkan hasilpencarian GIF berdasarkan hari GIF tersebut di-upload. Pengguna juga bisa menggunakan Toggle sticker untuk hanya melihat hasil pencarian berformat sticker.

Tidak hanya menghadirkan GIF, GIPHY juga menyediakan sticker, arcade, video, dan lain sebagainya. Setiap harinya GIPHY mengklaim menyediakan lebih dari 10 miliar konten untuk lebih dari 700 juta penggunanya di seluruh dunia.

baca juga

    GIPHY juga bisa diakses melalui berbagai platform, mulai dari iMessage, Facebook, Instagram, Snapchat, Tik Tok, dll. Ada berbagai jenis GIF yang ada di GIPHY mulai dari reaction GIF untuk percakapan sehari-hari di media sosial, real-time GIF berdasarkan kejadian sesungguhnya, sticker animasi untuk menghiasi Story, dan juga konten video untuk memulai percakapan.

    GIPHY bisa menjadi “rumah” konten bagi semua orang yang menginginkan pengalaman setiap hari di internet menjadi lebih positif dan menyenangkan.

    Leave a Reply

    8 + 15 =

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!