Start Up Panggilin

Bagaimana Melakukan Analisis Kompetitif dengan Semrush Termasuk Template

https://www.undercover.co.id – Bisnis start up saat ini tengah digandrungi wirausahawan. Selain penggunaan internet dan gadget yang sangat tinggi di tanah air, teknologi pun tengah menguasai tren pemenuhan kebutuhan dan gaya hidup.

Belum lagi banyaknya tawaran modal untuk start up pemula ataupun yang tengah merintis ide baru di bisnis start up.

Panggilin.com merupakan salah satu start up baru yang tengah menjajal tren teknologi di tengah masyarakat Indonesia.

Dirilis pada akhir 2016 kemarin, start up tersebut menawarkan penyediaan jasa untuk layanan kebutuhan rumah tangga. Ialah Fido Tria Brahma, sosok dibalik ide panggilin.com.

Awal Mula Bisnis Start Up Panggilin Di Mulai

Fido menuturkan, ide awal pembuatan start up yang tengah dirintisnya itu bermula dari pengalaman pribadi. Ia mendapati salah satu tetangganya kesulitan saat mencari tukang bangunan.

“Akhirnya dapat tapi lokasinya jauh di Cikarang, padahal saya tinggal di Bekasi Timur,” tuturnya

Dari pengalaman tersebut, Fido kemudian mengumpulkan teman-temannya dan menyampaikan sebuah ide untuk membuat start up yang dapat melayani segala hal kebutuhan rumah tangga.

Maka dibuatlah aplikasi berbasis lokasi yang melayani paggilan jasa sesuai kebutuhan. Layanan yang dibuat sudah ada tujuh yakni penyedia galon air, pemesanan gas LPG, laundry, service AC, tukang bangunan, barbershop dan pet shop.

Sayangnya, aplikasi buatan Fido tersebut baru beroperasi terbatas yakni di Bekasi Timur, Jawa Barat.

Ia mengalami kendala dalam hal survei lokasi, verifikasi data serta mengedukasi masyarakat agar menggunakan aplikasi. Ia pun berharap dan tengah berusaha agar dapat melayani daerah lain di tanah air.

Saat ini, timnya tengah memperluas wilayah agar menjangkau seluruh Bekasi, serta Jakarta dan Depok. Untuk aplikasinya pun ia berencana dapat meluncurkan aplikasi versi penuh dan bukan hanya versi beta pada akhir tahun ini.

baca juga

Berbekal dan Tantangan Bisnis Dengan Modal Minim

Saat merintis panggilin.com, Fido mengaku tak banyak modal yang dibutuhkan. Ia bahkan mengaku memulai bisnis tanpa modal.

 “Modal tak selalu berupa uang, tapi juga server ataupun domain,” tuturnya.

Membangun start up memang memungkinkan pelaku usaha untuk memulai bisnis tanpa modal. Justru saat ini banyak investor yang melirik mendanai start up karena bisnis tersebut tengah masif dan menjadi tren masyarakat.

Pun dengan panggilin.com, Fido mengaku ada tiga investor yang tertarik dengan ide start up-nya.

“Ada tiga investor yang tertarik menjalin kerja sama. Sayangnya belum ada yang sesuai dengan kriteria kami. Kami mencari yang sesuai,” ujar Fido.

Karena masih terbilang baru, Fido dan rekannya belum mengambil keuntungan dari panggilin.com. Saat ini ia baru menyebarkan seluas-luasnya tentang jasa layanan tersebut. Ia pun belum memasang tarif untuk jasa yang diberikan.

baca juga

http://https://www.undercover.co.id/daftar-start-up/

“Saat ini baik pengguna dan penyedia jasa tidak dikenakan biaya untuk bergabung dan menggunakan layanan,” tuturnya.

Ke depan, ia berencana menerapkan sistem deposit bagi mitra yang bekerja sama dengan minimal nominal Rp 20 ribu. Tarif 10 persen akan diambil dari deposit tersebut.

Namun karena sasarannya adalah menengah ke bawah, ia pun berusaha keras agar dapat menjalin kerja sama dengan mitra yang memberikan harga murah.

“Kami juga akan menjalin kerja sama dengan tempat makan kaki lima yang menyediakan menu makanan berharga murah.”

baca juga

    Lulusan Program Pemerintah Ini Bertekad Memulai Bisnis

    Semangat akan prospek ke depan panggilin.com dirasakan Fido karena idenya ini menjadi bagian dari program pemerintah. 

    Panggilin.com menjadi salah satu produk lulusan seribu start up yang digalakkan pemerintah. “Kami ini dari 1.000 startup yang sejalan dengan program pemerintah,” tuturnya.

    Hingga menjadi salah satu lulusan program pemerintah, Fido melakukan usaha yang tak mudah.

    Saat mendaftar ajang tersebut, ia tak bisa lanjut ke tahap berikutnya karena tak memiliki tim.

    Untungnya ia bertemu dengan Fajar Nugroho yang kini menjadi CTO panggilin.com. “Dulu dia bernasib sama dengan saya, dan akhirnya kami ngobrol tentang ide saya, dia minat dan kami mulai membangun bersama,” kisahnya.

    baca juga

    http://https://www.undercover.co.id/duolingo-startup/

    Sebagai pilihan program start up pemerintah, Fido memiliki kekuatan untuk terus membangun panggilin.com.

    Ia menggunakan kekuatan tersebut untuk melakukan promosi dan mengedukasi masyarakat tentang start up tersebut.

    Meski ia mengaku berjalan lambat, namun ia terus mengembangkan panggilin.com agar dapat memudahkan masyarakat terutama kelas menengah ke bawah.

    Leave a Reply

    6 + 13 =

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!