Startegy Digital Marketing Bisnis Sepatu

https://undercover.co.id – Startegy Digital Marketing Bisnis Sepatu , Bisnis sepatu merupakan salah satu bisnis yang memiliki niche yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, saat anda memiliki keinginan membangun bisnis sepatu maka anda harus memtuskan niche yang akam anda jual. Contoh bisnis sepatu ini seperti alas kaki anak, toko sepatu olahraga atau atletik, alas kaki formal, atau sepatu kasual.

Cara Memulai Bisnis Sepatu

Setelah anda memutuskan bisnis sepatu yang anda jalankan terdapat beberapa cara untuk memulai bisnis sepatu, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Tuliskan Rencana Bisnis

Hal pertama yang harus anda lakukan adala menuliskan spealisasi bisnis sepatu yang akan anda jalankan dan aoa yang ingin anda capai di tahun mendatang dengan bisnis anda. Buatlah rencana dengan jelas, hal ini akan membantu anda untuk mengetahui tujuan dan melakukan perbaikan apabila diperlukan.

  • Tentukan Pasar Demografis Anda

Kemudia tentukan pasar demografis anda. Sebuah bisnis sepatu dapat menjual sepatu, sendal, boots, heels dan apapun yang digunakan untuk kaki. Misalnya, jika anda ingin menjual sepatu atletik wanita, maka dapat membertimbangkan untuk menjual sepatu atletik pria dan sepatu atletik anak. Sehingga, anda dapat meningkatkan basis pelanggan anda secara eksponensial.

  • Lokasi dan Tata Letak Toko

Memilih lokasi yang tepat dapat membantu memperkenalkan serta mengembangkan bisnis yang anda jalankan, sehingga nama merek anda lebih dikenal secara cepat. Selain itu, jika tata letak toko yang anda bangun terlihat nyaman dan terlihat besar oleh sebagian besar pelanggan. maka bisnis sepatu anda juga memiliki peluang pertumbuhan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, pastikan toko sepatu yang anda bangun memiliki desain dan tata letak yang menarik agar terasa ramah dan memuaskan bagi pelanggan anda. Misalnya dengan menambahkan ruang duduk, lampu dan cermin yang cukupagar pelanggan dapat mencoba sepatu dengan mudah.

Startegy Digital Marketing Bisnis Sepatu
  • Pendanaan Bisnis Sepatu

Perkirakan biaya awal untuk bisnis sepatu yang akan anda jalankan. Biaya ini tidak hanya terbatas pada sewa lokasi, namun juga pembangunan jika ada, inventaris, perlengkapan seperti rak dan meja pajangan, sistem keamanan serta perlengkapan dan peralatan kantor. Oleh karena itu, setelah membuat rencana bisnis pastikan budget dan kebutuhan bisnis anda cukup.

  • Temukan Pemasok Untuk Bisnis Sepatu

Anda perlu menemukan grosir dan distributor sepatu yang dapat memberi anda barang-barang terbaik. Sebaiknya anda harus membeli dari produsen, bukan dari grosir. Namun, hal ini mungkin tergantung pada skala operasi bisnis yang anda jalankan.

  • Lisensi Bisnis Sepatu Apabila Diperlukan

Cari tahu apakah negara bagian atau kotamadya anda memerlukan lisensi bisnis. Jika memang diperlukan, maka dapatkan semua izin dan lisensi yang diperlukan sebelum memulai bisnis.

Jasa

Hal ini dikarenakan, jika diwajibkan memiliki lisensi dan anda tidak membuatnya maka dapat mengakibatkan denda berat dan juga dapat mengakibatkan penutupan bisnis.

Tanyakan dokumen apa saja yang diperlukan untuk memulai bisnis sepatu. Selain itu, anda juga perlu memutuskan jenis organisasi yang ingin anda atur. Misalnya, Perusahaan Terbatas Swasta, Perusahaan Satu Orang Kemitraan, atau Kepemilikan Tunggal.

Cara Mengembangkan Bisnis Sepatu

Dengan memulai bisnis yang baik, maka secara tidak langsung anda juga sedang mengembangkan bisnis tersebut. Namun, ada beberapa hal yang juga diperhatikan dalam mengembangkan bisnis sepatu yang akan anda jalankan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Karyawan yang Mumpuni

Perlu diingat, karyawan adalah orang pertama yang akan diajak bicara oleh pelanggan Anda. Sehingga karyawan anda merupakan duta merek dari bisnis yang anda jalankan.

Oleh karena itu, pastikan merekrut karyawan yang mumpuni. Karena dampak apa yang karyawan buat pada pelanggan, akan menjadi faktor dalam keputusan pembelian pelanggan. Patikan karyawan harus dapat memberikan saran yang bermanfaat dan menjawab pertanyaan pelanggan.

Jasa
Startegy Digital Marketing Bisnis Sepatu
  • Bersosialisasi Dengan Digital Marketing

Sebagai bagian dari promosi , buatlah situs web atau halaman sosial untuk memasarkan bisnis sepatu anda secara online. Ini juga dapat membantu anda membangun bisnis sepatu E-niaga anda.

Situs web adalah cara yang bagus untuk mengiklankan dan menjual sepatu. Selain itu, ini membantu pelanggan menemukan apa yang mereka cari dan membantu mereka berbelanja secara online.

Selain website sebagai toko online bisnis yang dijalankan, anda juga dapat menggunakan sosial media Instagram untuk memasarkan bahwa menjual sepatu anda.

Manfaat dan Tips Berjualan Via Instagram Untuk Bisnis Sepatu

Instagram telah menjadi tempat tujuan bagi pengguna seluler untuk berbelanja gaya baru dari label favorit mereka.

Sifatnya yang visual membuat Instagram menjadi platform sempurna bagi merek fashion seperti sepatu untuk memamerkan produk terbaru dan memudahkan pelanggan untuk membeli dengan sekali klik. Terdapat beberap tips berjualan via Instagram untuk bisnis sepatu, diantaranya adalah sebagai berikut.

Jasa
  1. Foto dan Video yang Sempurna

Instagram dapat menampilkan foto-foto dan juga video yang indah. Sehingga anda harus menampilkan foto dan video yang sempurna secara visual dengan menggunakan resolusi tinggi agar memiliki kualitas yang tidak rendah dan menghindari foto atau video yang buram.

Dengan menampilkan pada Instagram anda, maka tampilannya lebih menarik untuk dilihat sehingga pelanggan bisa melihat produk sepatu anda ketika digunakan.  Jika anda ingin merek sepatu anda memiliki tampilan yang sempurna maka gunakan kamera yang tepat.

Startegy Digital Marketing Bisnis Sepatu

Selain itu, tampilan foto dan video juga harus menceritakan sebuah cerita. Misalnya jika anda hanya menampilkan sepatu yang sederhana maka hal ini tidak membuat tertarik karena tidak akan mengatakan apapun kepada siapapun.

Namun, apabila foto yang anda tampilkan adalah seseorang perempuan yang memakai sepatu dan mengikat talinya, maka ini menjadi sedikit cerita. Hal ini karena lebih relatable dengan kita semua karena juga mengikat tali sepatu kita. Seluruh feed juga harus terlihat bagus.

Maksimalkan Fitur Instagram

Terdapat beberapa fitur Instagram yang dapat anda maksimalkan untuk bisnis anda, yaitu sebagai berikut.

Jasa
  • Penandaan Produk

Jika anda ingin melakukan penandaan produk, maka silahkan buka halaman profil anda kemudian klik bagian opsi. Setelah itu, klik produk dan tekan lanjutkan. Kemudian pilih katalog produk untuk dihubungkan ke profil anda dan pilih selesai.

Sehingga, setelah itu anda akan memiliki opsi untuk menautkan produk dari katalog anda dengan mudah saat anda memposting gambar. Hal ini akan membawa pelanggan ke halaman penjualan yang ditentukan, dimana pelanggan dapat membeli produk pakaian tersebut.

  • Hashtag Instagram

Hashtag atau tagar merupakan alat penemuan utama yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Jadi, anda dapat mencari key words saat mengoptimalkan konten untuk SEO. Sehingga dapat meningkatkan traffic untuk bisnis anda.

baca juga

    • Sorotan Cerita

    Agar postingan story Instagram anda dapat dibaca kapanpun oleh pengguna baru dan pengguna lama, maka manfaatkan sorotan cerita. Dengan fitur ini memungkinkan anda untuk mengelompokkan cerita serupa dan menyimpan cerita selama lebih dari 24 jam.

    • Stories Instagram

    Stories dan Swipe Up merupakan perpaduan yang baik saat anda akan menjual produk dan mengarahkan pelanggan ke situs web untuk melakukan pemesanan. Hal ini juga dapat meningkatkan konversi langsung dari profil Instagram anda.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published.

    error: Content is protected !!