Startup Logistik di Indonesia

Undercovercoid 83

Pengelolaan jasa logistik memegang peran penting dalam keberlangsungan bisnis, karena tanpanya proses penyaluran produk dari sumber kepada distributor atau konsumen akan terhambat.
Di era digital ini segala sesuatunya dituntut agar bergerak cepat dan responsif, tak terkecuali di ranah logistik. Mengingat perilaku konsumtif masyarakat Indonesia yang tergolong tinggi, membuat para penyedia jasa logistik dituntut untuk dapat bertindak gesit dan efektif.
Tidak hanya UKM atau pelaku online shop yang bisa mendapatkan layanan ini, kini semua orang bisa menggunakan layanan jasa logistik dengan berbagai kemudahan dan tarif pengiriman yang variatif. Kondisi ini juga ternyata banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan rintisan berbasis digital di Indonesia untuk dijadikan lahan bisnis yang cukup menjanjikan.
Di Indonesia kita mengenal JNE, TIKI, J&T, SiCepat, 21Express, LionParcel, atau RPX sebagai penyedia jasa logistik yang sudah cukup populer, tapi selain perusahaan-perusahaan tersebut, ada pula beberapa startup yang menyediakan layanan serupa, berikut ulasannya:

GO-SEND & GO-BOX

GO-SEND dan GO-BOX adalah layanan logistik yang disediakan GO-JEK, dimana pengguna bisa mengakses dua layanan tersebut melalui aplikasi yang sama dengan layanan GO-JEK lainnya.
GO-SEND sendiri lebih banyak digunakan untuk kebutuhan pengiriman di dalam kota, yang masih bisa ditempuh menggunakan sepeda motor dalam jarak tempuh dekat atau sedang.
Sedangkan GO-BOX bisa kita gunakan jika barang yang dikirim tidak mungkin diantar dengan sepeda motor, layanan GO-BOX menggunakan kendaraan roda empat untuk mengantar barang. Dua layanan ini juga telah banyak digunakan oleh beberapa platform E-Commerce besar seperti Bukalapak, Tokopedia, Elevenia, dll.

GrabExpress

Layanan GrabExpress tersedia dalam dua jenis berbeda, yaitu GrabExpress Car dan GrabExpress Nalangin. Melalui layanan ini Grab menawarkan jasa pengiriman barang yang semakin mudah, cepat, dan efisien. GrabExpress memungkinkan pengguna untuk dapat mengirim barang hingga lima destinasi tujuan dalam sekali antar dengan maksimal kapasitas barang mencapai 150 kilogram.
Proses pengiriman melalui GrabExpress juga sangat cepat, kita tidak perlu menunggu hingga berhari-hari sampai barang tiba di tujuan, pesanan akan langsung tiba hanya dalam waktu kurang dari 24 jam. Semua kemudahan ini bisa didapat dengan tarif rata-rata di bawah 20 ribu rupiah.

NEXTFleet

NEXTFleet adalah salah satu produk Internet of Things (IoT) yang dikembangkan Indosat Ooredoo sebagai solusi logistik yang lebih mudah dan akurat menggunakan aplikasi mobile dan teknologi IoT. NEXTFleet menggunakan konsep telco agnostic, yang artinya dapat digunakan walaupun kita tidak menggunakan provider jaringan Indosat.
Kelebihan utama dari NEXTFleet adalah fitur berbagi data untuk tiga pihak yang terlibat dalam kegiatan logistik, yaitu fleet manager, kurir, dan konsumen. Fitur ini memungkinkan tiga pihak tersebut saling terintegrasi melalui aplikasi mobile sehingga dapat memantau aktivitas distribusinya.
Selain itu, NEXTFleet juga menawarkan teknologi Vehicle Telematics yang sudah dikembangkan, seperti yang dikatakan Division Head of IoT & Vertical Apps Solutions Indosat Ooredoo Hendra Sumiarsa, “Di samping itu, NextFleet juga menggunakan teknologi yang sudah kami kembangkan sebelumnya yakni Vehicle Telematics. NextFleet ini diperuntukkan untuk perusahaan yang bergerak di sektor logistik, supply chain, manufaktur, transportasi, dan ritel.” jelas Hendra, seperti dilansir melalui dailysocial.id.

NinjaXpress

Ninja Van adalah startup logistik yang sudah beroperasi sejak tahun 2014, didirikan oleh Lai Chang Wen di Singapura, kini Ninja Van telah hadir di beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, sedangkan di Indonesia lebih dikenal dengan nama NinjaXpress.
Startup ini juga disebut-sebut sebagai salah satu perusahaan logistik dengan pendanaan terbesar di kawasan Asia Tenggara.
NinjaXpress memiliki beberapa keunggulan dalam pelayanannya, seperti fitur real-time tracking, dengan mengembangkan algoritma sendiri untuk transparansi pelacakan, fitur ini memungkinkan pengguna melacak barang yang dikirim secara rinci dari waktu ke waktu.
NinjaXpress menawarkan 3 opsi pengiriman yang berbeda, yaitu Ninja Super, Ninja Fast, dan Ninja Reguler. Ketiganya memiliki jangka waktu pengiriman dan ongkos kirim yang berbeda.

Kargo

Kargo merupakan startup logistik B2B On-Demand antar kota yang sudah beroperasi sejak tahun 2015 lalu. Layanan utama yang ditawarkan Kargo adalah pencarian jasa pengiriman muatan dengan jaringan truk terbesar di Indonesia.
Layanan Kargo tidak hanya bisa diakses oleh pengusaha atau pelaku UKM, tapi juga oleh para pelaku pengiriman barang yang sedang mencari muatan untuk truk/kendaraan pickup mereka.
Barang-barang yang bisa dikirim melalui layanan Kargo diantaranya adalah kendaraan roda dua dan roda empat, furnitur, mesin-mesin pabrik, produk industri, dan masih banyak lagi.
Kargo memiliki fasilitas dashboard online yang dapat membuat aktivitas pengiriman dan pemesanan lebih mudah dan transparan, fasilitas ini telah mendukung semua kebutuhan dasar logistik mulai dari pelacakan barang, asuransi, pembayaran, dan manajemen vendor.

Expedito

Expedito adalah platform digital yang menawarkan jasa pengiriman barang atau dokumen antar negara dengan berbagai pilihan kurir internasional. Sejak diluncurkan ke publik pada pertengahan 2016 lalu, Expedito telah bekerja sama dengan 11 penyedia layanan logistik internasional dan sudah mengirim ribuan paket ke seluruh dunia.
Melalui layanan Expedito, pengguna bisa mendapatkan discount ongkos kirim yang jauh lebih murah dibandingkan dengan memesan langsung ke pihak pengirim.
Keuntungan lain yang bisa didapat melalui layanan Expedito adalah jaminan tanggungan barang dengan nilai maksimal 1 juta rupiah, jika barang yang dikirim hilang atau terjadi kerusakan selama dalam perjalanan.
Expedito melayani pengiriman barang ke semua negara di dunia dengan sistem kurir door to door selama alamat yang tertera bukan berupa PO BOX. Pilihan kurir yang tersedia dalam layanan Expedito adalah DHL, EMS, Firstflight, ARAMEX, TNT, ABS Express, Citylink Express, Royal Cargo, dll.
 
 

Iruna

Iruna didirikan berdasarkan ide untuk menghadirkan solusi logistik yang terintegrasi dengan teknologi, terutama di tengah perkembangan industri E-Commerce yang perlu didukung dengan peningkatan layanan logistik.
Layanan Iruna menawarkan solusi penanganan produk mulai dari penyimpanan, pengemasan, sampai proses pengiriman barang. Semuanya bisa dipantau melalui aplikasi Iruna Power Seller (POWS) yang bisa diunduh di perangkat mobile.
 
 
baca juga
Startup Terbaik Versi Startupranking
Start Up Habibi Garden Raih Penghargaan di MWC 2019
900 Pebisnis Start Up Bisnis Digital Di Dalam Dan Luar Negri
Panduan Bisnis Online Terlengkap
 
 
Walaupun baru beroperasi kurang dari 5 tahun, Iruna sudah mengalami pertumbuhan bisnis yang lumayan pesat. Bahkan startup e-Logistics pertama di Indonesia ini telah bekerja sama dengan 100 UMKM dan 5 korporasi hanya dalam kurun waktu kurang dari satu tahun sejak pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2017.
Iruna juga telah memiliki sejumlah gudang penyimpanan seluas 3 ribu sampai 10 ribu meter persegi di 9 kota besar di Indonesia, mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Palembang, Medan, Makassar, Balikpapan, Manado dan Ambon.
Kehadiran Iruna di tengah-tengah kompetisi antar perusahaan logistik di Indonesia dinilai membuat situasi persaingan kian ramai, sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis logistik untuk saling mengedepankan kualitas layanan agar bisa tetap bertahan.
 
Perkembangan bisnis di sektor E-Commerce sejatinya akan berbanding lurus dengan kebutuhan layanan logistik. Menurut hasil penelitian Ernst & Young dalam studi Roadmap E-commerce Indonesia, seperti dilansir melalui SupplyChain Indonesia, bisnis E-Commerce diperkirakan akan meningkat 10 kali lipat dalam jangka waktu 5 tahun sejak 2015 hingga 2020, dengan nilai transaksi mencapai Rp1.800 triliun.
Aktivitas bisnis E-Commerce pada dasarnya meliputi dua faktor utama, yaitu sourcing dan delivery. Ketika produk-produk yang akan dipasarkan telah dikumpulkan dari para supplier atau vendor (sourcing), langkah berikutnya adalah melakukan pengiriman produk (delivery) yang dipesan konsumen. Pertumbuhan pesat di sektor E-Commerce akan secara otomatis berdampak pada kebutuhan jasa logistik, untuk menunjang proses delivery yang lebih baik.
Pertumbuhan tersebut akan meningkatkan peluang kerja sama antara perusahaan E-Commerce dengan para penyedia jasa logistik di Indonesia, bahkan beberapa waktu lalu, Ken Research sempat mengeluarkan laporan tentang peningkatan di pasar logistik, disebutkan bahwa CAGR (Compound Annual Growth Rate) logistik Indonesia diprediksi akan mencapai 7,9 persen hingga tahun 2021 mendatang. Hal ini sejalan dengan kemunculan layanan-layanan logistik baru di Indonesia, seperti yang sudah kita bahas dalam artikel sebelumnya, berikut kelanjutannya:

Anterin

Anterin adalah platform penyedia jasa logistik dengan metode lelang harga pertama di dunia, itu artinya kita bisa menentukan sendiri tarif pengirimannya. Menariknya lagi, pengguna juga dimungkinkan untuk memilih kurir, tipe kendaraan, dan penilaian pelanggan. Layanan Anterin bisa diakses untuk pengiriman barang dalam kota atau pun luar kota.
Tidak hanya layanan logistik, Anterin juga menyediakan jasa transportasi on-demand seperti GO-JEK dan Grab, dengan tarif yang ditentukan sendiri oleh pengguna. Walaupun perusahaan digital ini baru beroperasi sejak September 2016, dengan mengandalkan metode lelang tersebut pihaknya optimis mampu memberikan pelayanan yang memuaskan.

Paxel

Paxel adalah startup logistik yang menawarkan konsep same day delivery dengan tarif pengiriman flat. Ada 4 model bisnis yang dimiliki Paxel, yaitu sistem door to door, door to locker, locker to home, dan locker to locker.
Untuk menggunakan layanan ini, pengguna hanya perlu mengakses aplikasinya melalui perangkat mobile, kemudian melakukan pengisian data alamat, penerima, dan barang yang dikirim. Dalam kurun waktu \maksimal 8 jam, barang yang dikirim akan tiba di tujuan.
Layanan Paxel sendiri baru diluncurkan pada Februari 2018, tetapi dalam waktu singkat tersebut Paxel diklaim sudah melayani sekitar 10 ribu pesanan. Pengguna layanan ini tidak hanya berasal dari individu, tetapi sebagian berasal dari kalangan UKM dan marketplace. Sampai saat ini, layanan Paxel baru tersedia di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang dan Solo, dengan ratusan armada di berbagai titik.

Andalin

Andalin menyediakan layanan logistik bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang hendak melakukan ekspor atau impor barang lintas negara. Andalin juga telah bekerja sama dengan beberapa shipping agent dan warehouse yang tersebar di sejumlah negara di dunia.
Untuk menggunakan layanan Andalin, pengguna bisa memilih dua tipe pengiriman melalui jalur udara atau jalur laut. Untuk jalur udara, Andalin menawarkan layanan Air Courier dan Air Cargo. Sedangkan pengiriman jalur laur tersedia Full Container Load dan Less Container Load.
Selain itu, proses pengiriman barang melalui layanan Andalin bisa dibilang cukup mudah, kalau biasanya kita harus melakukan 10 sampai 12 tahapan untuk mengirim barang dari atau ke luar negeri, melalui layanan Andalin kita hanya perlu melewati 4 tahapan saja.

PopBox

PopBox menghadirkan solusi pengiriman barang dengan konsep smart locker yang masih tergolong langka di Indonesia. Melalui layanan ini, pengguna bisa mengakses loker PopBox terdekat untuk menerima atau mengirim paket setelah melakukan pengisian data melalui aplikasi mobile atau website PopBox.
Untuk tarif pengiriman, harga akan disesuaikan dengan lokasi pengiriman paket. Semua proses pengiriman bisa dipantau melalui aplikasi PopBox.
Layanan PopBox juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan fasilitas free refund jika barang yang dikirim dari salah satu platform E-Commerce ternyata tidak sesuai dengan yang dipesan.
Selain itu, tersedia juga fitur PopBox on-demand untuk kebutuhan laundry pakaian, dalam pengembangan fitur ini, PopBox telah bekerja sama dengan sejumlah startup seperti Omaisu, V’Clean Shoes, Tayaka Laundry, Taptopick, Labalaba, dan masih banyak lagi.

MrSpeedy

Jika Anda sedang mencari layanan logistik dengan proses pengiriman cepat, MrSpeedy adalah solusi yang tepat. Dengan mengusung konsep (same day delivery service), pengiriman barang melalui layanan MrSpeedy akan langsung tiba di tujuan hanya dalam waktu kurang dari 90 menit setelah pemesanan.
Selain proses pengiriman yang cepat, MrSpeedy juga menyediakan berbagai opsi pembayaran dengan otomatisasi penghitungan biaya ketika pengguna mengisi data pengiriman melalui aplikasi mobile atau website MrSpeedy.
MrSpeedy lebih menargetkan para pelaku UKM sebagai konsumen utama mereka, dengan pilihan jasa pengiriman menggunakan armada sepeda motor, mobil, mobil pick up, dan small box.
Walaupun layanan MrSpeedy belum lama hadir di Indonesia, hanya dalam kurun waktu enam bulan sejak pertama diluncurkan pada 2017 MrSpeedy berhasil menggandeng 30 ribu tenaga kurir. Untuk saat ini, layanan MrSpeedy baru bisa diakses di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya.

Westbike Messenger

Sesuai dengan namanya, Westbike Messenger menawarkan solusi pengiriman barang menggunakan jasa kurir sepeda. Westbike Messenger awalnya merupakan sebuah komunitas sepeda fixie yang didirikan oleh Hendi Rahmat pada tahun 2012 di bilangan Kebayoran Lama, Jakarta Barat.
Dua tahun kemudian, diketahui bahwa minat sepeda fixie di Jakarta mulai berkurang, hal ini lah yang menjadi pemicu bagi Hendi untuk menghadirkan jasa kurir sepeda. Dalam satu hari, Westbike Messenger bisa melayani sekitar 5.000 pesanan logistik yang diantarkan oleh 85 rider, dengan mayoritas tujuan pengiriman di daerah perkantoran atau area-area yang bisa dijangkau menggunakan sepeda.
Layanan ini tersedia di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Bandung, dan Lampung. Hendi mengatakan bahwa sampai pada tahun 2016, bisnisnya tersebut bisa menghasilkan omzet mencapai 250 juta rupiah setiap bulannya, walaupun sempat drop setelah layanan ojek online menjamur pada tahun 2015. Westbike Messenger juga telah bermitra dengan perusahaan logistik JNE untuk menghadirkan layanan kurir ramah lingkungan.
 
 

Mister Kirim

Mister Kirim menawarkan solusi angkutan logistik yang bisa diakses melalui satu aplikasi. Semua kebutuhan pengiriman barang baik untuk individu ataupun E-Commerce dan UKM/UMKM sudah tersedia lengkap dalam platform yang dikembangkan Mister Kirim.
Yang membedakan layanan logistik Mister Kirim dengan penyedia lainnya adalah sisi keamanan dan transparansinya, Mister Kirim menyediakan fitur QR code dan nomor resi unik untuk setiap pengiriman demi menjaga keamanan barang. Dengan ongkos kirim yang relatif murah mulai dari 10 ribu rupiah saja, paket yang kita kirim bisa langsung sampai kurang dari 24 jam.
Untuk menggunakan layanan ini, pengguna bisa mengunduh aplikasi Mister Kirim melalui Google Playstore atau mengakses langsung melalui website-nya.
Beberapa fitur yang tersedia dalam platform Mister Kirim adalah Priority Account, yang berfungsi untuk mengontrol proses pengitiman barang melalui dashboard digital.
Kemudian ada Schedule Delivery, sebuah fitur yang dibuat khusus untuk membuat jadwal pengiriman dalam kurun waktu tertentu. Selain dua fitur tersebut, Mister Kirim masih memiliki fitur-fitur lain yang akan memudahkan proses pengiriman barang untuk setiap kebutuhan.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!