Bisnis Startup Ruang Guru dan Quintal

Home Culinary Business Trends Beko Take Campaign Opportunities

Perkembangan Bisnis Startup Pendidikan Berbasis Teknologi (Edutech) – Pesatnya perkembangan usaha rintisan digital atau bisnis startup kian menjamur saja setiap harinya.
Tak heran bila startup merambah ke berbagai bidang kehidupan. Termasuk pendidikan yang ternyata tak luput dari sentuhan startup. Startup bidang ini pun jumlahnya kian banyak dan mengalami perkembangan yang signifikan dengan fokus dan model bisnis yang berbeda-beda.

Bisnis Startup Ruang Guru dan Quintal

 
Umumnya, startup tersebut berdiri dengan tujuan mulia yaitu memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. Makanya tak heran bila banyak investor baik lokal maupun internasional yang lantas kepincut dengan startup pendidikan tersebut.
Kucuran dana yang tidak bisa dibilang sedikit pun mengalir ke beberapa bisnis startup kenamaan untuk mendukung operasional serta pengembangan teknologi dan kinerja startup itu sendiri.
RuangGuru dan Quintal adalah contoh startup yang berkiprah di ranah pendidikan. Keduanya memiliki fokus dan tujuan yang berbeda, namun visinya sama untuk ikut serta dalam memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia.
Keduanya pun mendapatkan pendanaan dari investor internasional yang mempercayai visi dan misi keduanya. Yang membedakan, RuangGuru fokus sebagai marketplace guru privat, sedangkan Quintal fokus menciptakan portal akademik terpadu. Lalu seperti apa sepak terjang kedua startup ini? Simak artikel berikut.
 
 

Bisnis Start Up Ruang Guru

bisnis startup  RuangGuru adalah sebuah portal online yang yang menghubungkan para murid dengan guru berkualitas untuk memberikan pelajaran tambahan diluar sekolah atau kampus atau untuk mengembangkan keahlian tertentu.
RuangGuru ini berpeluang menjadi startup edutech ternama di Indonesia yang didukung oleh tiga faktor utama yaitu pasar yang luas, investor yang tepat serta pendiri yang berdedikasi.
Startup ini didirikan oleh Muhammad Iman Usman dan Adamas Belva Devara dengan tujuan yang mulia. Keduanya ingin menciptakan lapangan pekerjaan dan tambahan penghasilan bagi guru di Indonesia, sekaligus menyediakan guru yang berkualitas untuk murid-murid di Indonesia.
Selain itu, keduanya juga berharap dapat membantu pemerintah dalam mendapatkan data yang terperinci mengenai berbagai persoalan dalam bidang pendidikan. Harapannya, baik pemerintah maupun siswa merasa diuntungkan dengan adanya RuangGuru ini.
RuangGuru memberikan akses terhadap konten pendidikan berkualitas kepada siswa di Indonesia dengan memanfaatkan perangkat elektronik dan internet. bisnis startup  yang berdiri sejak tahun 2014 ini menyediakan berbagai layanan pendukung pendidikan dengan empat layanan utama.
Pertama, RuangBelajar yaitu sebuah layanan video belajar dan soal latihan berlangganan terpadu. RuangLes adalah marketplace untuk mencari guru privat mata pelajaran. RuangLesOnline yaitu layanan bimbingan belajar online on-demand. Dan teakhir adalah Ruangguru Digital Bootcamp yaitu solusi pendidikan untuk pembelajaran jarak jauh berbasis group chat.
 
 

Cara Kerja bisnis startup Aplikasi Ruang Guru

 
Siswa yang telah terdaftar sebagai member di RuangGuru dapat memesan paket bimbingan tertentu. Paket regular dengan durasi delapan jam dan biayanya Rp100 ribu per jam. Untuk pertemuan pertama, siswa tidak akan dikenakan biaya. Dan siswa pun dapat memutuskan apakah akan melanjutkan dengan guru tersebut atau mencari guru lainnya.
Monetisasi RuangGuru didapat dari setiap paket bimbingan, RuangGuru mengambil 20% dari setiap nilai transaksi. Sebagai contoh siswa mengambil satu paket seharga Rp800.000, maka RuangGuru mengambil komisi sebesar Rp160.000 dari transaksi tersebut. Matematika dan Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran yang paling banyak diminati di RuangGuru.
Kedua mata pelajaran tersebut menguasai hampir 65 persen pasar RuangGuru. Tak hanya itu saja, RuangGuru juga menyediakan guru untuk berbagai mata pelajaran mulai dari menyanyi, menggambar, hingga menari.
Saat ini, bisnis startup  RuangGuru telah berhasil bekerjasama dengan lebih dari 80.000 pengajar privat dan lebih dari 1,6 juta siswa yang terdaftar dalam RuangGuru. Berbagai penghargaan juga berhasil disabet oleh RuangGuru karena kiprahnya di dunia pendidikan ini.
Bahkan RuangGuru telah menerima investasi seri A dari Venturra Capital pada tahun 2015 lalu dana hibah bernama Ecosystem Accelerator Innovation Fund dari GSMA pada tahun 2017 ini. Yang terbaru adalah pendanaan seri B dari UOB Venture Management pada Juli 2017 lalu.

Bisnis Start Up Quintal

 
Berbeda dengan RuangGuru, Quintal lebih fokus kepada portal akademik terpadu. Quintal merupakan platform pendidikan online yang menggabungkan Sistem Informasi Sekolah (SIS) dan Learning Management System (LMS). Quintal ini didirikan oleh Danny Saksono, Henry Fausta dan Pieter Jontera Lius pada tahun 2015 lalu.
Quintal memiliki dua fitur utama yaitu input nilai siswa serta data absensi para siswa. Dengan penggunaan Quintal, orang tua siswa juga dilibatkan dalam proses kegiatan belajar mengajar siswa. Maksudnya, orang tua bisa langsung mendapat pemberitahuan tentang jadwal ulangan, serta informasi apabila anak mereka tidak masuk sekolah.
Selain itu, keberadaan Quintal mendorong dan memungkinkan sekolah untuk bisa melakukan proses belajar-mengajar secara online.
Para pengajar bisa memanfaatkan Quintal untuk membagikan materi pelajaran, memberikan tugas serta mengadakan ulangan mata pelajaran secara online. Dengan demikian akan menghemat waktu para guru untuk mengoreksi tugas dan ulangan para siswa.
 
baca juga
Startup Marketplace Pernikahan
900 Pebisnis Start Up Bisnis Digital Di Dalam Dan Luar Negri
 
Quintal juga memiliki fitur untuk mencetak rapor secara otomatis di akhir semester. Rapor ini  berdasarkan data nilai dan absensi yang dimasukkan oleh para guru. Tarif penggunaan Quintal ini terhitung sangat ekonomis. Quintal menerapkan sistem pembayaran bulanan yang dikenakan pada tiap pengguna atau siswa. Sistem ini lebih ekonomis dibandingkan investasi pembelian sebuah sistem pendidikan yang mahal.
Sejauh ini, Quintal telah digunakan di lebih dari lima sekolah di Jakarta dengan lebih dari 2.000 pengguna. Meskipun baru berjalan selama dua tahun, rupanya Quintal sudah menarik minat investor. Pada bulan Juli 2016 silam, Quintal telah mendapatkan pendanaan tahap awal dari East Ventures.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!