Strategi Jualan Online Dengan Instagram

https://undercover.co.id – Strategi Jualan Online Dengan Instagram , Media sosial kini telah berkembang menjadi tempat untuk memasarkan bahkan menjual produk.

Instagram juga merupakan salah satu aplikasi yang memiliki banyak pengguna. Sehingga menawarkan banyak peluang bagi penjual online untuk menemukan pelanggan.

Selain itu, belanja di instagram juga memiliki sejumlah kemudahan yang disukai konsumen. Tidak hanya dapat melihat gambar dan video produk sesuai dengan sifat instagram yang visual.

Namun juga dapat mencantumkan deskripsi produk dengan bentuk cerita sebagai caption agar menarik perhatian.

Selain itu, juga mudah untuk berkomunikasi antara penjual dengan pembeli dan hanya dengan beberapa langkah sedehana saja untuk membeli produk.

Terdapat beberapa strategi jualan online dengan instagram yang bisa dilakukan, agar dapat meningkatkan penjualan produk.

Strategi Jualan Online Dengan Instagram

Strategi Jualan Online Dengan Instagram: Mengenal dan Mendalami Produk

Sebelum menentukan strategi jualan online dengan instagram hal pertama yang harus ditentukan adalah produk yang akan dijual. Tidak sedikit orang yang kebingungan untuk menentukan produk yang akan dijual, terlebih bagi para pemula yang ingin mencoba jualan online sehingga memutuskan untuk menjual berbagai macam produk.

Hal itu justru nantinya akan membuat kesulitan untuk menentukan target market dan branding produk.

Perlu diketahui bahwa produk yang akan dijual akan mempengaruhi keputusan lain seperti nama toko dan desain logo.

Cara untuk menentukan produk yang akan anda jual misalnya dengan mengikuti tren lebih awal. Silahkan riset produk apa yang sedang tren beberapa tahun terakhir. Contohnya makanan sehat, produk kecantikan, dan aksesoris kamera.

Strategi Jualan Online Dengan Instagram: Identifikasi Basis Pelanggan

Setelah menyelesaikan produk untuk dijual, maka identifikasi basis pelanggan. Cara untuk mengidentifikasi basis pelanggan yaitu dengan menentukan target market. Target market merupakan sekelompok pelanggan yang potensial untuk membeli produk yang dijual.

Membuat asumsi dengan menebak orang yang akan membeli produk yang dijual berbeda dengan memahami target market. Dengan target market maka penjual benar-benar mencari tahu kebutuhan dan motivasinya berdasarkan demografi.

Seperti jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan dan pekerjaan. Namun, ini bukan hal sederhana dan tetap membutuhkan tinjauan mendalam terkait produk yang dijual dan pelanggan potensial.

Identifikasi basis pelanggan dengan menganalisis penawaran dengan menentukan masalah apa yang dapat dipecahkan dari produk yang dijual. Misalnya jika produk yang dijual adalah sarung tangan motor, maka target marketnya adalah orang dewasa yang memiliki motor. Kemudian tentukan keunikan produk anda dibanding dengan kompetitornya.

Strategi Jualan Online Dengan Instagram

Strategi Jualan Online Dengan Instagram: Branding

Agar pelanggan mengenali produk yang ditawarkan maka lakukan branding sebagai cara orang untuk mengidentifikasi sebuah bisnis. Tentukan nama merk produk yang dijual, kemudian karena akan menggunakan instagram sebagai media untuk pemasaran maka buatlah nama instagram yang unik dan mudah diingat pelanggan, buat juga logo yang mendukung bisnis dengan perpaduan warna yang menarik dan lengkapi juga profil instagram bisnis.

Strategi Jualan Online Dengan Instagram: Akun Instagram Bisnis

Gunakan akun instagram bisnis daripada instagram standar agar bisnis yang dijalankan terlihat lebih profesional dan juga memberi anda akses ke sejumlah opsi penjualan.

Selain itu, cara beralih dari instagram standar ke instagram bisnis ini mudah dan gratis. Dengan masuk ke akun di instagram standae kemudian klik pada bagian atas dashboard.

Klik pengaturan di bagian kanan bawah, dan gulir ke bawah pada bagian “Beralih ke Profil Bisnis”. Akun yang digunakan juga sebaiknya khusus untuk penjualan.

  • Lengkapi Profil

Lengkapi profil pada akun instagram bisnis. Pada bagian bio instagram dapat menyertakan deskripsi singkat dari produk yang dijual.

Misalnya merek produk, informasi kontak dan lainnya. Selain itu, cantumkan lokasi agar bisnis lebih profesional juga link. Link tersebut misalnya link untuk order produk.

  • Konten

Instagram merupakan media yang sangat memperhatikan visual. Oleh karena itu, konten yang dibuat harus menarik untuk dilihat. Konten yang bisa dijadikan konten yaitu foto dan Video.

 Konten foto dan video yang baik, selain pengambilannya yang estetik namun juga menyajikan sebuah kisah yang terhubung dengan produk yang dijual.

Jika akan menggunakan foto, maka kisah ini bisa dituliskan pada bagian caption, tetapi jangan terlalu panjang dan membuat pembaca merasa bosan.

Jika menggunakan video maka kisah tersebut dapat dibuat dengan alur yang menarik. Sehingga semakin besar kemungkinan pelanggan untuk memahami produk yang ditawarkan. Selain itu, pada foto dan video tersebut juga dapat ditambahkan tautan untuk membeli produk.

Pilihlah tema yang unik memerhatikan warna, font dalam konten yang disajikan, Gunakan aplikasi pengeditan foto atau video untuk menghasilkan tampilan yang estetik. Buat foto dan video yang berkualitas agar menarik secara visual.

Maka tampilan foto dan video harus dinamis dan jangan goyah.

Konten lain yang bisa digunakan untuk menarik pelanggan adalah tutorial dan kuis yang berkaitan dengan produk yang dijual. Selain itu, juga dapat melakukan Q & A agar pelanggan merasa memiliki keterlibatan dalam bisnis anda.

Selain itu, konten yang diposting pada bagian feeds instagram jangan hanya penjualan saja. Tampilkan juga konten yang dapat mendidik pelanggan, namun harus tetap relevan dengan produk yang dijual. Agar pelanggan mengetahui lebih lanjut produk yang ditawarkan.

Strategi Jualan Online Dengan Instagram

Strategi Jualan Online Dengan Instagram; Maksimalkan Fitur

Terdapat beberapa fitur instagram yang juga dapat membantu meningkatkan jualan online yang dihasilkan, yaitu sebagai berikut.

  • Instagram Stories.

Salah satu fitur instagram ini memberikan peluang yang cukup vesar bagi bisnis agar terlibat dengan pelanggan secara pribadi dan lebih sering. Dalam stories ini tidak sedikit para penjual online untuk memposting foto atau video produk yang dijual, mempromosikan penawaran khusu hingga memamerkan item baru.

  • Insight

Fitur penting dalam jualan online di instagram adalah insight. Disini terdapat data-data yang mudah diakses langsung melalui instagram. Dalam insight ini berisi tab aktivitas diantaranya adalah kunjungan profil, jangkauan, klik situs web, dan melihat kinerja postingan secara rinci.

  • Tautan Link

Saat menambahkan tautan link di instagram stories memberikan peluang untuk mendorong pelanggan melihat produk yang dijual. Pastikan tautan link relevan dengan stories yang diposting.

  • Hashtag

Dalam instagram hastag juga dapat memperluas jangkauan pelanggan. Sehingga terhubung dengan lebih banyak pelanggan dan kemungkinan besar dapat menjual lebih banyak produk.

  • Tandai Postingan

Saat menposting foto pada feeds instagram, maka agar memberi kemudahan pada pelanggan gunakan fitur tandai postingan. Saat menandai produk di kiriman feeds maka ikon belanja akan muncul. Sehingga saat pembeli menawarkan pembayaran di instagram dapat membeli secara instan tanpa harus berpindah aplikasi.

Strategi Jualan Online Dengan Instagram; Iklan Instagram

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan basis pelanggan adalah melalui iklan instagram. Namun, iklan instagram ini memerlukan biaya. Sehingga jika jualan online yang sedang dirintis belum mempunyai modal besar sebaiknya maksimalkan fitur-fitur instagram dengan baik.

baca juga

    Strategi Jualan Online Dengan Instagram: Evaluasi Hasil

    Hal yang sering para pelaku jualan online lewatkan adalah evaluasi hasil. Dengan melihat fitur insight maka dapat mengetahui apa yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dari beberapa strategi yang telah dilakukan.

    Selain beberapa strategi jualan online dengan instagram yang telah dijelaskan, perlu untuk diketahui bahwa mengumpulkan banyak pelanggan itu bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu konsisten dengan menjadwalkan apa yang akan diposting.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published.

    error: Content is protected !!