Strategi Menjalankan Bisnis Supplier dan Distributor CCTV

Categories: Bisnis UMKM

undercover.co.id Menjadi supplier dan distributor CCTV merupakan ide bisnis yang tidak buruk, malahan saat ini sedang diminati oleh banyak orang karena mengetahui peluangnya dari segi nilai ekonomi.

Para pembisnis memahami kemajuan teknologi serta ekonomi berjalan seiring, pembinis membutuhkan pemantauan yang praktis terhadap bisnisnya di kantor, pabrik, atau pun di lapangan, karenanya mereka akan membutuhkan alat pengawas yang efektif. Sebab mengandalkan kemampuan manusia saja tidak cukup.

Banyak perusahaan yang mulai memasang CCTV sebagai antisipasi terhadap tindak kriminal. Tak hanya perusahaan, bahkan lingkungan perumahan pun juga banyak yang menggunakan sistem keamanan CCTV.

Di samping sebagai alat pemantau keamanan, CCTV yang dipasangkan di gedung perkantoran juga memilki fungsi sebagai alat pengawas kinerja karyawan yang efektif, dengan menggunakan perangkat kamera ini supervisor akan lebih dimudahkan saat memantau kerja karyawannya.

Supplier CCTV Jakarta Bandung

Hal-hal tersebut adalah alasan-alasan sederhana banyak orang membutuhkan CCTV, maka menjalankan bisnis supplier dan distributor CCTv akan memperoleh banyak keuntungan dan peluang kerjasama yang besar dengan perusahaan-perusahaan berpengaruh di seluruh negeri.

Tata Cara menjadi Supplier dan Distributor CCTV

Menjadi supplier dan distributor pada prinsipnya sama saja dengan bisnis jasa dan barang lainnya, antara lain menjalin kerjasama dan menawarkan harga bersaing kepada klien.

Sepak terjang yang diperlukan dalam menjalankan bisnis sebagai supplier dan distributor CCTV tentu saja memerlukan banyak persiapan, seperti kesiapan modal yang diperlukan untuk menunjang operasional. Di samping itu, juga diperlukan komunikasi guna menjalin kerjasama dengan pihak lain.

Dalam hal komunikasi, supplier atau distributor CCTV bisa mengandalkan proposal. Mereka bisa mengirimkan proposal tersebut ke perusahaan tertentu, kemudian menghubunginya via telepon, langkah selanjutnya ditentukan dari komunikasi tersebut, apakah perusahaan bersedia mendengarkan presentasi Anda atau tidak.

Presentasi kualtias CCTV yang Anda tawarkan juga sangat penting untuk menjalin kerjasama. Tanpa kepastian atau jaminan kualitas yang sesuai dengan standar perusahaan, supplier dan distributor CCTV bisa kehilangan calin klien bahkan juga klien langganan.

Oleh karenanya, diperlukan strategi yang tepat untuk bergerilya sebagai supplier dan distributor CCTV di manapun. Apa saja? Simak strategi yang diperlukan dalam berbisnis CCTV di bawah ini.

Strategi Menjadi Supplier dan Distributor CCTV

Dalam berbisnis, apapun bentuknya, diperlukan strategi untuk menyukseskan proposal marketing kita, termasuk saat menjadi seorang supplier dan distributor CCTV. Ada strategi khusus yang perlu dipersiapkan untuk menggaet klien. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Harga spesial

Sebagai supplier dan distributor CCTV Anda bisa menawarkan harga spesial, bukan diskon dalam jumlah besar melainkan harga bersaing yang tidak jauh dari penjualan pihak lain. Dengan adanya harga spesial, Anda bisa bersaing secara sehat dengan perusahaan lainnya. Anda bisa memberikan tawaran bahwa klien akan selalu mendapatkan harga spesial untuk beberapa unit barang yang berkualitas.

 

  1. Marketing tools

Sebagai bentuk strategi menembus lapangan yang memiliki banyak pesaing, Anda memerlukan marketing tools, berupa katalog, roll up banner, demo unit, booth, stand pameran dan lain sebagainya. Tools-tools ini akan bermanfaat sebagai alat mempermudah Anda presentasi di depan calon-calon klien. Tools-tools ini bisa menjadi indirect sales untuk mempromosikan barang Anda.

Strategi Menjalankan Bisnis Supplier dan Distributor CCTV

  1. Branding

Branding perlu dilakukan untuk memikat pasar. Sebagai langkah awal, Anda sebaiknya sudah memiliki toko CCTV atau perusahaan Instalasi CCTV sendiri. Dengan adanya toko sendiri, Anda menjadi lebih mudah untuk menggiring calon pembeli. Branding bisa dijalankan dengan berbagai cara, bisa dengan memanfaatkan media sosial seperti twitter, Instagram, dan facebook.

 

Apalagi internet sudah sangat luas dan akrab di tengah-tengah masyarakat, tentunya media sosial akan menjadi tempat yang tepat dalam mempromosikan produk Anda. Anda juga bisa membuat sendiri sebuah website untuk memperkenalkan katalog marketing Anda kepada pembaca.

 

Dengan adanya website, orang yang membutuhkan CCTV juga menjadi lebih mudah menemukan kebutuhan mereka.

 

  1. Pemasaran Online

Setelah branding secara online maupun offline dilakukan, tentu berjualan CCTV via online juga menjadi peluang yang menguntungkan. Sebagai supplier dan distributor CCTV sah-sah saja menjual produk Anda melalui online. Apalagi peluang mendekati orang yang membutuhkan CCTV melalui online jauh lebih besar daripada melalui offline saja.

 

Prinsip utama dalam pemasaran secara online ialah memperhatikan bahwa masyarakat tidak ingin tertipu setelah membeli produk secara online. Banyak perusahaan beroperasi dengan cara yang berbeda, Anda pun juga musti berinovasi untuk mendapatkan perhatian secara luas.

 

Kenapa harus selalu berinovasi? Karena jumlah pelaku usaha di jasa ini tumbuh dengan signifikan, sehingga membuat iklim bisnis yang kurang baik, dan muncul istilah main banting harga supaya mendapatkan klien.

 

Sebagai supplier dan distributor CCTV yang baik, Anda sebaiknya bersikpa fleksibel dalam menawarkan tarif kepada klien, tidak melulu menarik bayaran sesuai dengan tarif yang telah tetapkan, dan bisa melakukan tawar-menawar hingga ada harga yang disepakati oleh kedua belah pihak akan menciptakan peluang dan kepercayaan yang lebih besar.

 

Dari pemaparan di atas, di dapat kunci dalam bekerja menjadi supplier dan distributor CCTV ialah tidak terlalu kaku dalam menetapkan tariff, yang penting minimal ambil margin keuntungan sekitar 10% dari harga beli produk CCTV, dan untuk jasa pemasangannya bisa dinegosiasikan.

 

Rahasia Sukses Jual CCTV Online

Menciptakan peluang jual CCTV Online sangatlah mudah. Kenapa? Coba lihat di sekeliling Anda, bukankah ada banyak gedung perkantoran, toko, mall, hotel, restoran, sekolah, kampus, dan lain sebagainya yang membutuhkan CCTV sebagai alat untuk membantu mengawasi lingkungan sekitarnya?

Gedung-gedung yang memiliki banyak ruang, pasti juga memiliki ruang mati yang bisa menciptakan peluang timbulnya kejahatan, karenanya CCTV dibutuhkan di titik-titik strategis itu untuk pengawasan yang lebih mudah. Sampai di sini, sudahkah Anda bisa meraba bagaimana peluang usaha jual CCTV online itu tercipta?

Cara Memulai Bisnis Jual CCTV Online

Seperti yang telah disinggung di atas, kebutuhan akan CCTV dewasa ini merupakan hal wajar, di mana bahkan sebuah rumah pribadi sekalipun membutuhkanya demi untuk mengawasi barang berharga. Selain juga untuk alasan mengawasi anak-anak di rumah saat di tinggal mengurusi hal lain.

Terlepas dari apapun kepentingannya, kebutuhan CCTV meluas, hingga pihak kepolisian sendiri menyarankan untuk memasang CCTV di berbagai sudut kota. Kalau Anda mengamati, di beberapa sudut jalan di kota kita sudah terpasang CCTV untuk membantu mengawasi lalu lintas dan pergerakan warga.

Strategi Menjalankan Bisnis Supplier dan Distributor CCTV

Untuk memulai bisnis ini, tidak dibutuhkan modal besar, yang diperlukan ialah keberanian membangun jaringan dengan pebisnis online dan offline CCTV lainnya di dekat Anda.

Terkait dengan dana sebagai modal, paling tidak modal yang dikeluarkan berkisar di angka puluhan juta, kemudian ada baiknya juga memiliki tempat penjualan offline yang mempermudah pembeli untuk merujuk ke toko Anda, di antara mereka pasti ada yang ingin melihat secara langsung tipe CCTV yang Anda tawarkan.

Di samping menyediakan CCTV dalam berbagai tipe, untuk menciptakan peluang yang lebih besar, Anda sebaiknya juga membuka layanan jasa pemasangan kamera CCTV ke pelanggan.

Dengan service berharga khusus dan Anda sendiri menyediakan CCTV, pelanggan akan mempertimbangkan jasa Anda karena konsumen memiliki kecenderungan memilih hal yang sifatnya praktis, bila bisa mendapatkan dua dalam satu tempat kenapa harus repot-repot ke tempat lain?

Merk kamera CCTV sangat beragam dan Anda sebagai penjual perlu mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangan kamera CCTV yang dijual. Sebagai penjual, Anda akan mendapatkan pertanyaan terkait kelebihan dan kekurangan itu, jika tak bisa menjelaskan dengan baik, konsumen akan ragu dengan kualitas kamera CCTV yang Anda jual.

Selain membekali diri dengan pengetahuan akan CCTV, Anda juga perlu membekali bisnis Anda dengan branding yang memikat pembeli. Tanpa branding yang memikat, calon pembeli tidak akan tahu produk yang Anda jual.

Branding amat penting untuk menggaet peluang lebih besar dalam bisnis CCTV, baik jual CCTV online maupun offline. Apalagi jika Anda fokus pada penjualan online saja, Anda akan sangat membutuhkan branding terkait jasa yang Anda tawarkan. Orang tidak akan tahu bila Anda tidak hanya menjual barang tapi juga jasa tanpa pengenalan.

Branding bisa dilakukan dengan membuka stan di pameran-pameran, atau menyebarkan brosur, iklan di surat kabar dan elektronik, juga bisa dengan merilis pers. Tergantung seberapa besar perusahaan Anda menginginkan konsumen datang ke toko Anda.

Bila pengetahuan dasar Anda tentang kamera CCTV terkuasai dan branding produk Anda berhasil, selanjutnya, peluang bisnis Anda akan semakin mudah mencapai sukses. Langkah penting selanjutnya ialah mempertahankannya, menjauhkan konsumen dari rasa kecewa atas pelayanan yang dapat Anda berikan.

Harga Jual CCTV Online

Menjual CCTV secara online juga musti memperhitungkan penjualan dari pihak lain. Harga sebaiknya bersaing, bukan mengungguli atau dibawahnya. Internet sangat kompetitif, melebihi yang Anda perkirakan. Di dunia internet, orang-orang dapat memperoleh informasi dengan sangat cepat, dalam hitungan detik.

Informasi jual CCTV online Anda bila tak terbranding dengan baik di dunia internet bisa diabaikan saja oleh konsumen. Salah satu hal yang bisa menarik perhatian orang dengan produk Anda ialah harga yang bersaing dengan produk berkualitas yang diinginkan oleh orang-orang.

Pada umumnya, CCTV dijual dengan harga di angka Rp 3-5 juta. Harga tergantung merek, spesifikasi, dan tipe kamera. Peluang bisnis jual CCTV online bisa memperoleh omset sekitar 20-40 persen dengan di tambah jasa pemasangan.

Secara ringkas, berikut merupakan beberapa tips menjalankan bisnis Jual CCTV online:

  1. Menjalin kerja sama

Penting untuk menjalin kerja sama dengan satu produsen CCTV menjadi autorize distributor atau agen di kota Anda. Biasanya, konsumen lebih memilih untuk membeli CCTV di kota mereka daripada membeli di luar kota, karena harganya akan jauh lebih murah.

Sebagai penjual, Anda sendiri juga akan mendapatkan keuntungan dengan bekerjasama dengan satu produsen CCTV, biasanya mereka akan memberikan harga miring untuk reseller produk mereka.

  1. Eksklusif

Memberikan kesan ekslusif juga penting, karena  konsumen cenderung memilih untuk membeli operator CCTV atau dealer Eksklusif menjual CCTV khusus daripada membeli di toko yang dicampur dengan barang-barang lain tersebut kompuer. Konsumen cenderung lebih percaya pada agen atau dealer yang mengkhususkan diri dalam CCTV.

  1. Pengetahuan

Konsumen juga akan lebih peduli pada penjual CCTV yang mempunyai pengetahuan mengenai televisi sirkuit tertutup dan pemasangan. Konsumen tidak hanya datang untuk membeli, tapi mereka juga terkadang membutuhkan jasa servis CCTV.

  1. Tidak mendesak

Konsumen senang jika tidak didesak oleh penjual terkait dengan produk yang ditawarkan, karenanya cerdas saat menawarkan produk kepada konsumen akan menjadi kunci penting Anda mendapatkan pelanggan tetap.

Saat menawarkan produk, deskripsikan dengan kuat terkait dengan fasilitas yang dimiliki produk yang Anda tawarkan, seperti fitur-fitur canggih yang cukup asing bagi konsumen, seperti inframerah, gerakan alarm, dan hal-hal lainnya.

Baca Juga 4 Bisnis Franchise Paling Baru dan Hot Di Indonesia

  1. Promosi seefektif mungkin

Tidak baik promosi sampai menghabiskan uang jutaan rupiah tanpa diimbangi dengan pemasukan, karenanya tentukan strategi yang tepat untuk melakukan promosi seefektif mungkin. Sudah disinggung di atas, Anda bisa menyebarkan famlet secara online melalui media sosial dan forum-forum lain di internet.

Permintaan terhadap kamera CCTV akan terus berkembang, apalagi barang elektronik membutuhkan perawatan dan maintanence yang berkala, maka ini merupakan bisnis yang sangat menguntungkan di kemudian hari.

Jadi, untuk Anda yang tertarik untuk jual CCTV online maupun offline bisa saja bekerjasama dengan perusahaan berikut ini:

Demikian pemaparan bisnis supplier dan distributor CCTV ke lingkungan Anda. Dalam berusaha pasti ada tantangannya, yang terpenting ialah tidak menyerah sebagai supplier dan distributor yang memuaskan klien-klien.

Strategi Menjalankan Bisnis Supplier dan Distributor CCTV

Bila Anda membutuhkan CCTV dan juga jasa pemasangannya sekaligus, Anda bisa menghubungi:

CV Trio Putra

Jl ABC , Gedung Cikapundung Electronic Centre Lantai 3

FR + 62 818 09 222 100

atau info@supplier-cctv.com

website : https://www.supplier-cctv.com

 

Your Thoughts