jasa seo dan internet marketing
jasa seo dan internet marketing
Published On: Wed, Feb 15th, 2017

Strategi Pertahankan Bisnis, Kafe ini Tampil Lebih ‘Muda’

Ada kalanya bisnis berjalan tak sesuai harapan. Jika seperti itu, pengusaha harus mencoba strategi bisnis yang baru. Salah satu cara yang ditempuh biasanya dengan rebranding.

 

Hal itu pula yang dilakukan oleh Bakoel Sangu Cafe & Bistro. Sebelum menjadi Bakoel Sangu Cafe & Bistro, bisnis kuliner ini adalah sebuah rumah makan khas Sunda dengan konsep prasmanan. Selama empat tahun berjalan ternyata bisnis RM Bakoel Sangu tak memenuhi ekspektasi sang pemilik. Hingga akhirnya pengelolaannya diserahkan kepada sang anak dan mitranya.

Berbekal dukungan dari orang tuanya, Syafiq Fadlu Rahman memutuskan untuk me-rebranding bisnis Bakoel Sangu menjadi berkonsep kafe dan bristo. Bakoel Sangu sendiri berarti bakoel nasi atau bakul jajanan, bisa diartikan tempat makan dan jajan.

Baca juga: Ini 4 Startup Travel Asia Tenggara yang ‘Menggairahkan’ Pasar Aplikasi Travel

Tampilkan Kuliner Khas Sunda Bergaya Modern

Bisnis kafe dan bistro terbilang gampang-gampang susah mengingat menjamurnya bisnis ini – terutama di perkotaan, namun pasarnya masih potensial karena semakin meningkatnya jumlah kalangan menengah. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat menyasar pada segmen tertentu.

Kafe dan Bristo yang berlokasi di Jalan Raya Jati Makmur, Bekasi, ini masih menampilkan kekhasan daerah Sunda melalui piihan menunya, tapi dengan konsep yang lebih segar dan modern. Bakoel Sangu Cafe & Resto menyasar ke dua segmen keluarga dan anak muda atau yang biasa disebut Safiq dengan konsep ‘family and friend’.

Memasuki pelataran kafe dan bristo ini, pengunjung akan disambut dengan tempat parkir yang sangat memadai. Ruangan yang cukup luas dan interior menarik menjadikan Bakoel Sangu tempat yang nyaman untuk kumpul keluarga ataupun anak-anak muda nongkrong.

Menu yang disajikan sangat bervariasi – baik makanan camilan maupun makanan berat – dengan harga yang terjangkau. Selain menu makanan khas Sunda seperti Karedok dan Sayur Asem, Bakoel Sangu juga menawarkan varian menu moderen seperti fettucini, coffelatte, sundae cookies dan masih banyak lagi. Dengan menu yang bervariasi, diharapkan Bakoel Sangu bisa mengakomodasi keinginan kedua segmen pasarnya.

Percaya efektivitas word of mouth

Diakui Safiq kegagalan konsep RM Bakoel Sangu adalah pada kegiatan marketingnya yang tidak berjalan dengan maksimal. “Jadi hanya buka, nunggu tamu, tutup,” katanya.

Kini dengan konsep Bakoel Sangu yang baru, safiq dan mitranya gencar melakukan upaya marketing. Selain menempuh cara konvensional yaitu dengan menyebarkan selebaran, Bakoel Sangu juga mulai merambah dunia digital dengan berpromosi via twitter, facebook, path, instagram, website, dan media media lain.

Pembicaraan tentang Bakoel Sangu di media sosial menurut Safiq memberikan dampak paling signifikan dalam mendatangkan tamu ke kafenya. Berbeda dengan bisnis pada umumnya yang hadir di media sosial, dirinya cenderung tidak menggunakanm akun-akun official Bakoel Sangu untuk promo besar-besaran.

“Saya cenderung memilih promo melalui akun-akun pribadi saya dan meminta teman saya untuk membicarakan Bakoel Sangu. Saya masih percaya bahwa pemasaran mulut ke mulut masih paling efektif untuk saat ini, sehingga strategi yang saya lakukan juga dengan menciptakan berbagai event yang digelar di Bakoel Sangu,” jelas pria yang hobi makan ini. Selain aktif menciptakan pembicaraan di ranah digital, Bakoel Sangu juga melakukan pendekatan kepada komunitas.

Kafe dan bristo yang sudah berjalan lima bulan ini cukup ramai pengunjung, terutama jika menjelang weekend. Namun, Safiq merasakan tantangan tersendiri dalam menjalankan bisnisnya ini yaitu dalam hal konsistensi kualitas masakan dan layanan. Dirinya beserta tim terus mengevaluasi dan memperbaiki komponen tersebut karena kepercayaan konsumen menentukan loyalitas mereka dalam jangka panjang.

Melihat respon pasar yang baik saat ini, ke depannya Bakoel Sangu Cafe & Bristo berencana akan melebarkan sayap dengan membuka Bakoel Sangu Cafe dengan konsep yang lebih minimalis dari yang sudah ada sekarang.

Baca juga: Tampil Beda di Pasar, Bisnis Kedai Kopi Ini Tawarkan Kopi Ramah Penderita Maag

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

jasa seo dan internet marketing
Protected by Copyscape
Pin It