Suka Ikut Bazar ? Lakukan 5 Hal InI Dahulu !

jasa seo

undercover.co.id – Bagi anda para penggiat bisnis, event bazar pasti selalu menjadi event yang sangat ditunggu. Sekalipun ini hanya terjadi beberapa hari dalam setahun, namun peluang emas ini agaknya patut untuk tidak dilewatkan. Bazar sendiri biasanya diadakan oleh sebuah even organizer di beberapa tempat, misalnya, di mall, pusat kota, atau pun jalan protokol.

Tujuannya adalah dengan menduduki titik sentral sebuah kota atau wilayah, atensi pengunjung pun akan semakin banyak pastinya. Momen ini pun selalu di manfaatkan oleh para pengusaha UKM untuk dapat memperkenalkan produknya ke khalayak umum. Oleh sebab itu, tak heran bila kemudian event bazar banyak diisi oleh banyak sekali UKM, mulai dari yang berjualan makanan sampai pada pakaian.

Para UKM memilih event bazar ini sebab mereka tahu bahwa kegiatan ini pun berpotensi besar untuk membuat produk mereka dikenal dan dibeli. Dalam suatu bazar saja, tak heran bila puluhan sampai ratusan stand UKM berjajar saling bersaing untuk memperkenalkan produknya kepada pengunjung yang datang.

Karena persaingan itulah, maka tiap-tiap dari mereka mempersiapkan strategi pemasaran dalam suatu bazar. Sebab dalam hal ini mereka juga sadar bahwa kelak pengunjung yang datang akan berpotensi untuk menjadi pelanggan setia dari produk mereka. Maka sebab itu, bagi kalian yang selalu ikut atau akan ikut bazar, kami akan berikan sebuah tips untuk menghadapi bazar dengan tepat dan akurat. Silahkan simak dengan baik, okay?

Suka Ikut Bazar Lakukan 5 Hal InI Dahulu

Suka Ikut Bazar Lakukan 5 Hal InI Dahulu – foto by times indonesia

  1. Cari Informasi

Apabila bazar sering diadakan di Kota anda, maka ada baiknya, untuk memastikan lagi, carilah informasi tentang hal itu. tujuannya agar persiapan anda sebelum hari H dapat dilakukan dengan matang dan sebaik mungkin. Anda bisa mendatangi atau menghubungi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG), Forum Koperasi, dan UKM yang berdomisili di tempat anda.

Baca Juga 8 Formula Rahasia Ini Melesatkan Bisnis Start Up

Suka Ikut Bazar  Lakukan 5 Hal InI Dahulu  Apabila anda di sana susah mendapatkan info yang anda cari, maka jangan khawatir. Gunakanlah internet, sebab segala informasi tentunya pasti sekarang ada di sana. Banyak sekali pula pastinya berbagai situs yang menginformasikan tentang Bazar.

  1. Sesuaikan Produk dengan Tema

Setelah anda sebelumnya mencari informasi, dan anda mendapatkannya. Maka anda pun jadi tahu tema apa yang akan dibawakan dalam bazar kali ini. Gunanya adalah anda jadi bisa menyesuaikan tema tersebut dengan produk yang akan tawarkan di bazar tersebut.

Secara sederhana ini akan membawa anda pada tujuan pasar anda. Jangan sampai, tema nya berbicara tentang makanan organik dan sehat, tiba-tiba anda menjual sosis bakar. Tentu hal tersebut sangat tidak sesuai dengan tema, dan pelanggan pun pasti tidak akan membeli di tempat anda. Karena mereka yang datang adalah yang peduli pada makanan sehat dan organik.

  1. Survey Lokasi

Nah, tips yang ketiga ini pun masih berawal dari tips yang pertama, sebab anda sudah tahu informasi awalnya. Datangi lokasi yang akan menjadi tempat bazar berlangsung. Cari tahu juga, apakah tempat tersebut ramai atau tidak? Bila ramai tentu ini kesempatan emas yang tidak boleh terlewatkan.

Tetapi, bila sepi, sebaiknya anda pikir lagi. Jangan sampai anda bayar mahal untuk merugi. Selain itu, bayangkan pula sebuah denah untuk lokasi stand anda yang strategis dan mudah dilihat oleh pengunjung nantinya. Tentu saja, bayaran stand bila semakin pas, maka akan semakin mahal. Maka, perhitungkan dan cocokkanlah dengan perkiraan pendapatan yang akan dapatkan.

  1. Cari Tahu Siapa Penyelenggara

Jika sebelum-sebelumnya, anda sudah tahu tentang kapan dilaksanakannya, apa temanya, dan di mana dilaksanakannya, maka, sekarang anda harus tahu juga siapa yang menyelenggarakan nya. Sebab, bagaimanapun, anda jangan sampai sembarangan.

Bisa jadi yang menyelenggarakan adalah orang yang kurang profesional sehingga merugikan bagi anda. Oleh karena itu, sebaiknya anda ketahui dulu latar belakang Event Organizer yang menyelenggarakan nya, bagaimana strategi promosi mereka, dan berapa target pengunjung yang mereka inginkan.

Dengan tahu akan hal tersebut, anda pun tak perlu khawatir barang dagangan sepi. Sebab mereka akan berjuang sekuat tenaga untuk mendatangkan banyak pengunjung ke bazar nya.

  1. Persiapkan Peralatan dan Perlengkapan

Kalau begitu, sekarang anda sudah siap menghadapi bazar. Oleh karena itu, tips yang terakhir ini berhubungan dengan teknis. Persiapkan peralatan penunjang anda, dan perlengkapan pendukung lainnya. Jangan lupa pula, siapkan pamflet, brosur, banner, dan media promosi lainnya.

Baca Lagi Coba Dapatkan Modal Dengan Cara Kreatif Ini

Selain itu, kartu nama dan identitas anda agar pengunjung mudah menghubungi anda lagi nantinya. Tambahan juga, persiapkan juga kursi, hiasan dekorasi, buku pengunjung, kantong, dan plastik. Ingat persiapkan semuanya dengan matang, jangan sampai ada yang terlewatkan sebab di sinilah nanti anda akan “berperang” .

Setelah kegiatan bazar telah selesai, usahakan untuk tetap berhubungan dengan pengunjung yang pernah datang ke stand anda. Carilah mereka di list buku tamu yang telah disediakan sebelumnya. Di situlah anda akan membangun sebuah hubungan dengan mereka.

Sekian dulu, apa yang bisa saya sampaikan dalam tulisan kali ini. Semoga dengan hal-hal di atas mampu mempersiapkan diri anda menghadapi event bazar. Selalu dan semakin bermanfaat pastinya. Suka Ikut Bazar  Lakukan 5 Hal InI Dahulu 

 

jasa seo

Your Thoughts