Sukses Berbisnis Essence Oil

undercover.co.id – Hampir sebagian besar orang tidak mengetahui manfaat dari Essence oil alias minyak aromaterapi.

Selain untuk membuat tubuh menjadi rileks, essence oil juga dapat digunakan untuk keperluan lain seperti menyembuhkan asma atau sebagai bahan pengusir nyamuk.

Hanya menjadi seorang pengguna pada awalnya, Arlin Chondro memutuskan banting setir menjadi pengusaha pengolahan essence oil menjadi berbagai produk.

Di bawah bendera Peek Me Naturals, Arlin telah berhasil mengembangkan essence oil hingga menjadi lebih dari 38 jenis produk berbeda.

Bermula dari Asma Anaknya

Arlin Chondro pada awalnya tidak berencana menjadikan essence oil atau minyak atsiri menjadi sebuah bisnis yang dikelola dengan serius.

Ia pertama kali berkenalan dengan essence oil karena kebutuhan untuk mengobati asma anaknya.

Pada waktu itu sang anak terkena asma yang mengharuskannya menjalani berbagai macam terapi, namun hasilnya nihil.

Karena asma anaknya tidak kunjung membaik, Arlin mulai mencoba mencari alternatif pengobatan lain.

Setelah melakukan riset mandiri di internet ditambah dengan saran yang diberikan oleh temannya, Arlin akhirnya menemukan pendapat bahwa essence oil dapat menyembuhkan asma.

Didorong oleh hasil riset tersebut, Arlin awalnya mencoba untuk mendapatkan sertifikasi sebagai terapis medical aromaterapi yang hanya ada di Amerika Serikat.

Berhasil mendapatkan sertifikasi untuk pengaplikasian aromaterapi bagi anaknya, Arlin justru terbesit untuk menjadikannya sekalian sebagai bisnis.

Melalui ilmunya yang ia dapat dari pelatihan aromaterapi yang ia ambil, ia akhirnya bisa mengekstraksi essence oil untukdigunakan untuk beberapa keperluan.

Dari sebuah ruangan khusus yang ada di rumahnya, Arlin sudah berhasil menciptakan berbagai produk turunan dari essence oil.

Untuk mengembangkan bisnis essence oilnya, Arlin tidak segan-segan untuk berkonsultasi dengan seorang pakar aromaterapi asal Amerika Serikat.

Berkat upayanya untuk terus mengembangkan bisnis ini, kini Arlin telah berhasil mengembangkan hingga 38 produk lebih mulai dari lotion hingga obat pengusir nyamuk.

Memenangi Kompetisi Kewirausahaan

Untuk menambah ilmunya dalam berbisnis dan mengembangkan jaringan, Arlin memutuskan untuk mengikuti kontes kewirausahaan yang diinisiasi oleh Blibli.com dengan tajuk The Big Start Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, Arlin harus bersaing dengan sekitar 13000 pengusaha lainnya untuk memperebutkan berbagai fasilitas penunjang bisnis.

Sempat mengaku tidak mempunyai  rencana yang matang untuk menghadapi tantangan dari pihak penilai kompetisi, Arlin justru terus menuai pujian karena berhasil menayangkan konsep produk yang paling baik.

Kecemerlangan Arlin dalam menyajikan konsep bisnisnya terus berlanjut hingga babak akhir dan mengantarkannya menjadi pemenang utama dalam ajang kompetisi tersebut.

Salah satu juri kompetisi tersebut, Renitasari mengungkapkan bahwa konsep yang dibawanya dalam presentasi akhir cukup berbobot dan berhasil menarik perhatian dari semua juri yang ada.

Dari kemenangannya di ajang The Big Start, Arlin mendapat hadiah utama sebesar  500 juta Rupiah, kesempatan untuk mendapatkan mentoring dari para ahli, serta mendapat sertifikasi Hak Kekayaan Intelektual.

Hingga saat ini, salah satu hasill mentoring yang berhasil diterapkan oleh Arlin adalah pemanfaatan digital marketing yang mumpuni dan manajemen e-commerce yang solid.

Bertumpu pada Riset yang Kuat

Untuk memperkuat brandingnya sekaligus membantu memperkenalkan fungsi essence oil kepada masyarakat, Arlin sangat bertumpu kepada riset yang dilakukannya secara teratur.

Pada masa awal ia merintis bisnis, Arlin selalu menghabiskan waktu mulai dari empat hingga 5 jam setiap harinya untuk melakukan riset literatur dan eksperimen.

Dari keduapuluh empat produknya tersebut, Arlin mampu menciptakan beberapa produk yang memiliki fungsi menarik.

Ada produk turunan essence oil yang dapat membantu orang untuk menurunkan nafsu makan yang berbentuk inhaler.

baca juga

    Selain itu adapula deodoran essence oil yang diklaim sebagai deodoran pertama yang tidak menggunakan kandungan aluminium di dalamnya.

    Bagi penderita penyakit kulit seperti dermatitis, Arlin juga menciptakan produk bye-bye eczema yang dapat mengurangi indikasi eksim pada kulit.

    Rencananya selain mengembangkan produk dari essence oil, Arlin juga sedang melakukan riset untuk mengembangkan produk aromaterapi dari bahan-bahan yang tersedia di Indonesia.

    Arlin berharap dalam waktu dekat ia bisa mengembangkan produk dari bahan-bahan seperti  kayu sereh, bunga melati, hingga akar wangi.

    Selain mendapat ilmu dari hasil pendidikannya di Amerika, Arlin juga terbantu latar belakang pendidikan formalnya sebagai psikolog.

    Menggunakan pendekatan psikologi, Arlin berhasil mematenkan produk-produk aromaterapinya dapat berefek positif bagi kesehatan mental.

    Hampir semua produk aromaterapi milik Arlin dapat dipecah menjadi molekul yang langsung memberi efek menenangkan sesaat setelah dihirup

    baca juga

      Pentingnya Membangun Kesadaran

      Meskipun aromaterapi merupakan hal yang tidak asing bagi kebanyakan orang Indonesia, faktanya tidak semua paham bahwa produk turunannya dapat dipakai untuk beragam keperluan.

      Bahkan ada beberapa bagian dari masyarakat yang sudah mengetahui kegunaan dari essence oil namun masih mengonsumsinya dengan cara yang salah.

      Sadar bahwa Arlin tidak bisa melakukan edukasi kepada masyarakat seorang diri, ia memutuskan untuk bergabung dengan Komunitas Organik Indonesia.

      Bersama dengan komunitas ini, Arlin banyak turun ke lapangan dengan membuka bazaar dan memperkenalkan sendiri produk essence oil miliknya.

      Arlin dan teman-temannya dari komunitas juga banyak memanfaatkan acara-acara publik seperti Car Free Day karena jangkauannya yang luas.

      Di sana Arlin mengakui bahwa perlahan tapi pasti upaya mereka mengedukasi masyarakat sudah cukup terlihat.

      baca juga

      Dari segi bisnis, Arlin melihat kebanyakan masyarakat yang melek dengan teknologi sudah cukup paham dengan kegunaan Essence oil.

      Meski artinya ia harus menghadapi naiknya persaingan untuk merebut pasar penikmat essence oil, Arlin mengaku tidak khawatir karena ia sudah memiliki fondasi yang kuat.

      Peek Me Natural hingga kini telah berhasil mencapai angka penjualan sebesar 2.000 boto perbulannya dengan omzet mencapai 200 juta perbulan.

      Ad Blocker Detected

      Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

      Refresh
      error: Content is protected !!