Inspirasi Bisnis Minuman Kekinian Sweet Escape

https://www.undercover.co.id – Hari ini saya ditemani oleh Juanda Rovelim. beliau adalah founder dari sweet escape.

Sweet escape ini adalah salah satu fenomena program kemitraan dari minuman.

boleh cerita ga bro. apa sih latar belakang sweet escape?

sekarang udh berapa gerai?

Sekarang yang udh buka ada 9. nanti di bulan ini kita ada rencana buka 6 lagi

Itu dari kapan mulainya

bulan juli barusan , juli baru start ya. 5 bulan lah.

Sweet escape ini sebenarnya minuman apa sih?

Apakah another boba apa another apa nih?

Konsep sweet escape

Jadi sweet escape ini konsepnya double layer .. jadi minuman 2 rasa. misalnya kayak taro pandan. bublegum sakura dll. kita ambil konsep minuman kekinian.

Dan awalnya kita pengen bikin itu adalah , kan kalo minuman kekinian di mal itu mahal. kita ingin sedikit membumikan lah. dengan harga yang terjangkau. masyarakat bisa dapat minuman yang kualitasnya sama di mal.

Konsepnya sih seperti itu. klo boleh dibilang nanti yang mereka dapetin adalah minuman. harganya range dari berapa sih. mulai dari 8 ribu sampai dengan 24 ribuan.

lumayan oke ya. ok banget. 24ribu itu isinya dapat apa tu?

kita minuman ukuran cuma 1 ukuran doang. 1 cup doang ya. 16 oz.

16 oz klo di mal itu dengan harga yang kita jual itu dapetnya yg 12 oz. itu yang kecil. jadi dapat value ya. dapat lebih banyak rasanya juga ga kalah.

karena kita supliernya juga sama dengan yang ada di mal

Ide minuman 2 layer ini kan jarang didengar. ide dari apakah emang nyontek dari luar. atau emang ini dari dari luar memang dibawa ke indonesia. atau gimana?

Kita sih sebelum bikin konsepnya kita coba research dulu ya. sedikit riset gitu.

ini produk lokal jadinya. iya produk kita sendiri. tapi keren ya. ini nih baju sweet escape.

jadi warnanya pasti pink ya. pink sama biru. ini kalo misalnya liat gerobak kita atau desain warna kita selalu didominasi oleh warna pink dan biru. tapi emang warna favorit juanda emang pink juga.

ga juga sih. buat temen-temen yang suka warna pink boleh lho. ini kenapa kita ambil ..karena kan kita target marketnya anak-anak millenial ya. anak-anak sekolah dan anak-anak kuliah.

Dan biasanya anak-anak itu masih sukanya yang warna2 yang soft kayak gini. jadi itu dari segi warna.

klo dari konsep segi minumannya sendiri ?

baca juga

    Konsep Minuman sweet escape

    Kayak tadi yang saya bilang. kita coba perhatiin apa yang ada di indonesia dan apa yang ada di luar negeri. itu emphatynya kayak gimana kita coba mix and match

    Akhirnya kita buatlah konsep seperti ini. klo boleh dibilang tadi target marketnya millenial. anak-anak umur berapa. bapak ibu nggak ?

    Biasanya sih klo bapak ibu begitu tau minuman kita kan sweet escape. mereka udah takut duluan. takutnya karena. katanya sweet kan manis itu diabetes. oh bukannya pelarian ya. bukan.

    klo orangtua itu biasanya mereka prefer ke kopi. nah klo kita bikin warnanya warna-warni dan segala macam. rasanya manis. ya itu tadi sweet escape pelarian yang manis.

    itu klo diterjemahkan secara word by word ya. jadi dari Juanda sendiri pelarian yang manis ini apakah bisnis pelarian yang manis dari bisnis sebelumnya.

    atau bisnis apa sih sebelum ngerjain ini. sebelum saya masuk ke sweet escape ini sebenernya saya sudah ada 2 bisnis lain.

    Bisnsi Lain Pendukung sweet escape

    yang pertama saya punya digital agency – kavling solusi digital. trus juga saya punya kerjasama sama temen-temen bikin aplikasi dropship di outlet.id.

    boleh ceritain satu-satu itu apa sih. klo kavling solusi digital itu adalah sebuah digital agency dimana kita menghandle sosial media dari perusahaan. baik itu mo konten campaign bahkan buat website buat aplikasi kita bisa.

    target marketnya yang di tuju. corporate.

    kita ga main di bawah. klo yang kavling solusi digital.

    klo yang outlet kita mainnya di awam. jadi kita klo outlet itu adalah aplikasi yang mempertemukan antara suplier dan reseller. jadi kita ga langsung ke end user atau ke buyer tapi ke reseller.

    klo sekarang ini kan udh ada 2 bisnis nih terus ngerjain sweet escape .. keburu ya waktunya ?

    mesti pinter-pinter bagi waktu sih. akhirnya juga memang full banget padat jadwalnya. berarti sebagai pebisnis salah satu yang penting adalah time management. priority management.

    klo saya udah bagi waktu kayak di oulet saya tu setiap hari rabu dan hari sabtu. itu udah ga bisa diganggu khusus untuk jalanin outlet. jadi kan di situ kita ada jadwal training jadwal presentasi dan segala macam itu adanya di hari rabu dan sabtu.

    sempet ga ada waktu buat keluarga?

    sempet dong. sabtu minggu selesai dari outlet keluar rumah. jadi pasti tiap sabtu minggu kita quality time. ide sweet escpae ini dimulai dari Juanda sendiri atau ada beberapa rekan lain sih.

    baca juga

      Awal Mula Bisnis Kemitraan sweet escape

      awalnya ini adalah bisnis yang pertama sebenernya. saya punya digital agency. saya kebetulan kenal sama Andri Wongso.

      jadi pak andri wongso call saya minta bantuan. tolong dong ini saya punya produk bubuk coklat waktu itu dia bilangnya. ini mau dipasarkan secara online. tolong bikinin idenya segala macam .. social medianya.. supaya bubuk coklat ini laku.

      bubuk coklat ini jadi bahan dasarnya sweet escape atau bukan?

      iya itu salah satu bahan dasarnya. jadi waktu itu saya bilang ke pak andri. klo cuma jual gini tanpa ada orang ngetest tanpa ada orang ngerasain bubuk coklatnya .. berat. cuma jual gambar dan segala macam kan.

      harus ada orang yang bisa cobain harus ada orang yang bisa test. ada product experience ya gtu kan.

      Waktu itu saya bilang sama pak andri. kita klo jual ini berat. mendingan kita jangan jual ke end user tapi kita jualnya ke mitra-mitra atau reseller.

      kan saya punya pengalaman bikin reseller. jadi di situ saya saranin ya udah kita bikin gerai-gerai aja. itu kan lagi banyak itu gerai-gerai minuman kayak di mal-mal. tapi kita berdua ga punya pengalaman.

      punya ide bagus tapi ga punya pengalaman. saya bikin teh aja kadang kemanisan. karena ga tau racikannya. saya ga punya pengalaman di bisnis minuman saya ga punya pengalaman di F&B.

      pak andri juga ga punya. pak andri jelas motivator. ya udah klo gitu kita cari 1 orang lagi bwt partneran. yang punya pengalaman di F&B. akhirnya ketemu. kebetulan karena saya kenal dari ownernya dari Whatsapp Cafe.

      itu ada kafenya di mana ya. di tanjung duren ada ..trus juga ada 18 cabang. di satu jakarta ya. di indonesia. dengan nama yang sama. whatsapp. jadi saya kenal sama ownernya. nah ketemu deh tu pak andri dengan ownernya whatsapp cafe ivan namanya. ketemu ngobrol-ngobrol bertiga ..

      cocok. satu visi satu misi kebetulan. ya udah dibikinlah sweet escape. tapi kembali lagi kurang orang kan bertiga kan. akhirnya ivan ajak temennya di whatsapp ayu namanya. trus pak andri ajak vendy anaknya. untuk masuk dalam cowork. jadi ada 5. nah berarti tugasnya masing-masing itu apa. beda-beda. kebetulan saya ditunjuk jadi direktur utamanya.

      itu untuk urusin operasional. vendy tugasnya adalah desain untuk kreatifnya. pak andri wongso lebh ke public figurnya. ivan dan ayu lebih ke R&D dari minuman.

      berarti minuman ini ivan dan ayu adalah meriset dulu ya. rasanya dan liat reaksi pasarnya. jadi kita semua punya perannya masing-masing. dengan begini waktu official opennya itu kapan sih 1 gerai pertama itu kapan. gerai pertamanya itu kurang lebih di bulan agustus. agustus tahun ini. berarti udah hampir 3 bulan 4 bulan.

      cepet juga ya. udah sampai 9 ya. iya itu kita bisa saya bilang sih itu rekor buat kita juga. kenapa .. karena kita awalnya itu jual kemitraan. dalam satu hari bisa laku 25 mitra. itu di bulan juli. juli udah presale dulu nih. udah presale 25 mitra. produk kita belum jadi booth kita juga belum jadi. tapi kita udah punya prototype nya. kita jual di pameran franchise.

      Konsep Kemitraan Belum Franchise

      kita bilang ini adalah konsep kemitraan bukan franchise. kebetulan diterima konsepnya. pasti menarik nih ada pertanyaan. apa bedanya konsep kemitraan dan franchise. boleh dijelasin gimana?

      klo misalnya konsep franchise itu ada peraturannya sih. peraturannya itu dia butuh 2 perusahaan yang minimal udah 3 atau 5 tahun. berarti dia adalah perusahaan. trus juga dia udah profit. trus dia juga punya lisensi ke waralaba. ada lisensinya ada sertifikatnya. jadi klo misalnya pengusaha belum punya lisensi belum memenuhi syaratnya. dia ga boleh dibilang sebagai bisnis franchise.

      klo dia bilang bisnis franchise itu kena kasus. ok berarti boleh dibilang masih mitra ya. masih mitra .. kita konsep kemitraan. berarti nanti setelah 3 sampai 5 tahun mungkin baru bisa masuk franchise. yes nanti klo udah 3 – 5 tahun sudah terbukti bisnis modelnya. kita ambil lisensi ke waralaba lalu kita boleh dibilang bisnis franchise.

      ini menarik banget ni karena ini brand sweet escape ini baru. tadi ga sampai 3 bulan udah ada 9 gerai. kan tadi presale 25 ya. berarti semua jadi berapa. total semua bisa buka kapan tuh. kita rencana bulan ini aja akan buka 6 lagi. bulan november ini 6 lagi. mudah-mudahan di awal 2020 mereka sudah bisa buka semua.

      karena memang kesulitan dari mereka adalah cari tempat. jadi kita tungguin mereka cari tempat. tempat-tempat yang cocok untuk gerainya sweet escape itu seperti apa sih. yang sudah kita pelajari selama 3-4 bulan ini. pertama adalah deket sekolah. deket kampus. iya kan itu udah paling enak. deket perumahan juga boleh. yang pasti jangan deket rumah sakit ya.

      deket rumah sakit pengalaman satu gerai kita test kita taruh deket rumah sakit sepi. takut ya deket rumah sakit tempat minum manis ya. lumayan ini kesadaran akan minuman manis akan diabetes ya. ongkosnya lebih mahal.

      tapi sebenernya kita juga ada takarannya ya. dan klo misalnya diminum secara wajar itu ga mungkin juga. pokoknya semua apapun yang berlebihan yang manis-manis juga ya. sebenernya ada stori ga dengan nama pelarian termanis ini.

      lo punya stori sendiri ini kayaknya. sebenernya gini maksudnya sweet escape ini nama yang ga direncanakan awalnya. dari awal kita tujuan utamanya adalah jual bubuk coklat. jadi sebenernya waktu itu kita udah pusing mencari nama like 7 bulan. cari nama 7 bulan ?.

      Nama Bisnis sweet escape

      Jadi klo ga salah kita mulai meeting pertama itu oktober tahun lalu. oktober tahun lalu kita meeting pertama. sepakat .. cari nama. mulai dari segala macam. kita cari yang berhubungan dengan coklat. apapun yang berhubungan dengan coklat. itu yang mikirin berarti waktu itu masih awal dong teamnya. berlima itu. oh udah langsung berlima. kan kita bikin itu udah langsung berlima. nyari yang cocok udah ada yang pake.

      nyoklat juga udah ada yang pake. ini ini udah pada banyak yang pake. kenapa ambil nama bahasa inggris bukan bahasa lokal ya. maksudnya bahasa indonesia. tadi awalnya kan bahasa indonesia semua. bahkan sampai pake bahasa daerah. bahkan sampai pake singkatan TGIF. thanks god its friday bukan. eh bukan TGIF ..

      TGIC. thanks god its chocolate. udah dipikirkan semuanya lah. akhirnya ga cocok ga cocok. dan terakhir sampai bulan juli dateline. masa cari nama aja lama gitu ya. di bulan juli ada pameran franchise kan. ini belum fix nih. akhirnya si ayu eh aq punya ni nama. udh dipatenin dari tahun 2015.

      jadi waktu itu si ayu ini dia sudah booking nama lah. iya kan udah biasa kan HAKI. sweet escape. waktu itu tidak tau mau dipake buat apaan. cuma beli nama aja ya. dipatenin aja dulu. ini kayaknya udah bisa keluar nih patennya kan udah 3 tahun. sweet escape. oh bagus nih. itu juga kita masih belum sadar ada satu merek yang sama juga sweet escape di indonesia. itu merek apa. fotografi. pernah denger juga sih. akhhirnya ya udah ga apa lah kita pke aja. udah paten juga .. udah HAKI juga. tapi boleh kan. yang satunya fotografi. yang ini makanan. boleh .. ga masalah.

      jadi ya udah kita pake ini aja lah udah beli HAKI. ya udah kita langsung eksekusi langsung buat PT. langsung buat PT itu tanggal 2 juli klo ga salah. jadi bulan juni udah fix namanya. tanggal 2 juli buat PT. pertengahan juli udah pameran.

      jadi 2 minggu doang persiapan. berarti harusnya ga usah lama-lama ya nanya ayu aja. ayu bikin nama lagi. jadi daripada bikin ide terlalu banyak mendingan tanya punya dia nama ga. kelamaan cari ide. selama cari ide masing-masing sibuk. klo ga ditanya ga dijawab. menurut juanda sendiri sweet escape klo saya lihat sebenernya komunikasi harus sangat baik ya. harus ..

      namanya bisnis partner juga harus tektok semua fungsi. karena kebanyakan mungkin klo kita lihat banyak masalah itu miscom aja sih. miskomunikasi segala macem akhirnya jadi ngerasa kok dia begini kok dia begitu. akhirnya pecah. ini ada strategi digital marketingnya ga sih untuk membantu sweet escape naikin. pengaruh ga gara-gara tadi bisa 9 gerai itu ada strateginya ga. ada dong. jadi klo misalnya di sweet escape ini kita selalu spend budget ya karena kita masih mulai juga. kita buang minimal 5 juta buat kasi influencer khusus iklan.

      itu sudah termasuk kasi produk secara gratis ya. minimal kita buang 5 juta. kita udah pikirin spend budgetnya gimana. dan dapat hasilnya lumayan. lumayan lah penambahan volume. trus ada juga yang tanya2 tentang kemitraan.

      Leave a Reply

      13 − 7 =

      Ad Blocker Detected

      Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

      Refresh
      error: Content is protected !!