Tahu Gejrot Bang Jack, Usaha Jajanan Lokal Legendaris

undercover.co.id– Bisnis kuliner selalu memiliki peluang tinggi untuk sukses. Meski tidak melulu dalam bentuk bisnis besar, sebuah bisnis kuliner bisa dikatakan sukses ketika terkenal di kalangan banyak orang dan selalu laris, hingga mendapat gelar kuliner legendaris.
Di Indonesia, bisnis kuliner yang mendapat sematan gelar tersebut biasanya jenis kuliner tradisional atau khas suatu daerah. Salah satunya adalah tahu gejrot.
Tahu Gejrot adalah jajanan street food khas Cirebon, Jawa Barat. Sesuai namanya, jajanan ini berbahan utama tahu.
Tahu yang digunakan adalah tahu sumedang yang garing dan gurih, kemudian dipotong kecil-kecil. Setelah itu dilumuri bumbu yang terbuat dari cabe, bawang putih, bawang merah, dan gula.
Meski tampak sederhana, tahu gejrot memiliki rasa yang membuat ketagihan. Rasa gurih, asam, manis, dan pedas, menyatu dalam tekstur tahu yang khas.
Karena rasa tersebut, banyak orang yang menggemari tahu gejrot. Apalagi, saat ini sedang trend makanan pedas, tahu gejrot pun tidak ketinggalan.
Bahkan sebelum trend makanan pedas yang semakin booming akhir-akhir ini, sudah banyak orang yang menggemari tahu gejrot yang disajikan dengan pedas, seperti Tahu Gejrot Bang Jack.
 

Street Food Wajib Coba di Jakarta

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan menggemari kuliner, pasti tidak asing dengan Tahu Gejrot Bang Jack.
Tepatnya, Tahu Gejrot Bang Jack terletak di daerah Jalan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
Yang membuat unik Tahu Gejrot Bang Jack adalah rasa pedasnya. Di sini menawarkan tingkat kepedasan yang beragam.
Mulai dari rasa pedas ringan hingga sangat pedas, dari lima biji cabe sampai 100 cabe pun ada.
Karena rasa yang pedas inilah, Tahu Gejrot Bang Jack menjadi salah satu street food tahu gejrot yang wajib dicoba di Jakarta.
Harganya pun tidak mahal, yakni Rp 10.000 – Rp 15.000,-, terjangkau untuk kantong ibukota.
 

Legenda di Balik Bang Jack

Tahu Gejrot Bang Jack  mulai berjualan sejak pukul 12.30 hingga pukul 24.00 WIB.
Sebagai jajanan jalanan (street food), Tahu Gejrot Bang Jack menjadi kuliner wajib coba pertama untuk kategori tahu gejrot di Jakarta.
Kisah di balik tahu gejrot yang hingga kini masih setia di daerah Kebayoran Lama ini, pun menarik.
Berdiri sejak tahun 2001, Tahu Gejrot Bang Jack semakin banyak diminati orang.
Selain karena rasanya, cara penyajiannya yang tradisional dan harga yang terjangkau pun menjadi faktor legendarisnya jajanan khas ini.
Uniknya, meski tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon, Tahu Gejrot Bang Jack tidak dibuat oleh orang Cirebon.
Seperti namanya, pembuatnya adalah laki-laki yang akrab disapa Bang Jack. Yang unik, Bang Jack adalah asli orang Pekalongan.
Meski bukan orang Cirebon, Bang Jack bisa membuat tahu gejrot yang enak. Bahan bumbunya memang tampak simpel, yakni cabe, bawang merah, bawang putih, dan gula.
Tetapi, yang menjadi kunci kelezatan tahu gejrot Bang Jack adalah gulanya, yang dibuat dengan gula dan kecap racikan sendiri.
 

Popularitas Tahu Gejrot

Sebagai tahu gejrot legendaris di Jakarta, dan bahkan selalu ada di rekomendasi nomor satu oleh para food blogger Jakarta, jelas kelezatan Tahu Gejrot Bang Jack tidak diragukan lagi.
Intinya, lebih banyak orang yang menyukainya daripada tidaknya. Dalam sehari, Bang Jack bisa menjual ratusan porsi tahu gejrot.
Jika dilihat dari luar, Tahu Gejrot Bang Jack memang layaknya street food pada umumnya yang terletak di pinggir jalan, dan tidak memiliki bangunan permanen untuk berjualan.
Namun, karena sudah melegenda dan terkenal di mana-mana, banyak orang yang rela datang jauh untuk merasakan kelezatan Tahu Gejrot Bang Jack.
Dan reratanya, mengakui jika Tahu Gejrot Bang Jack adalah salah satu tahu gejrot terenak yang ada di Jakarta. Bahkan tidak hanya warga lokal, pelancong dari mancanegara pun mengakui kelezatannya.
 
 
 

Nilai Bisnis

Seperti yang telah disinggung di awal, bisnis kuliner selalu memiliki peluang untuk sukses. Banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan sebuah bisnis kuliner.
Belajar dari Tahu Gejrot Bang Jack, banyak hal yang bisa menjadi dasar untuk Anda memulai bisnis di bidang kuliner, terutama street food.
Pertama, mempopulerkan makanan khas. Sekarang, sedang trend kuliner kekinian, seperti kue artis, jajanan unik, dan sejenisnya. Alih-alih mengikuti tren, Bang Jack tetap bertahan dengan usaha tahu gejrotnya.
Bukan karena ia tidak mampu. Jika satu porsi dihargai minimal Rp 10.000,- dan dalam sehari ada 100 porsi terjual, Bang Jack sudah bisa mendapatkan omzet yang cukup sebagai modal membuka jenis usaha lain dalam waktu kurang dari enam bulan.
Justru, karena konsistensinya berjualan tahu gejrot yang populer, membuat nama Tahu Gejrot Bang Jack semakin dikenal luas.
Kedua, harga terjangkau. Street food identik dengan harga terjangkau, instan, dan enak. Hal ini yang membuat bisnis kuliner yang berawal dari  street food, selalu mudah digemari orang. Begitu pula Tahu Gejrot Bang Jack.
Namun, meski street food yang disajikan dalam bentuk sederhana, yakni tahu gejrot di layah kecil, Tahu Gejrot Bang Jack memiliki ciri khas rasa pada racikan bumbu, yang membuatnya tidak bisa ditiru oleh pengusaha sejenis lainnya.
Ketiga, tren makanan pedas. Akhir-akhir ini, karena tren makanan pedas sedang booming, maka berbagai kuliner, dari makanan berat hingga jajanan jalanan pun turut terpengaruh.
Sebelum menjadi tren seperti sekarang, Tahu Gejrot Bang Jack sudah lebih dulu mengusung makanan pedas dan konsisten hingga sekarang.
Meski tidak seperti kebanyakan makanan pedas kekinian yang memberi batasan sajian makanannya dengan level pedas, Tahu Gejrot Bang Jack masih tetap digemari karena membebaskan konsumennya untuk menentukan jumlah cabe, dari yang tanpa cabe hingga lebih dari 100 cabe.
Dari beberapa hal itu, Anda bisa belajar memulai bisnis kecil, seperti jajanan jalanan. Tidak harus kekinian atau mengikuti trend. Iti sudah biasa.
Karena sesuatu yang sedang trend lama-kelamaan akan terganti dengan trend yang lainnya.
Namun, jika Anda bisa menciptakan bisnis dan mengembangkannya dari sesuatu yang biasa menjadi sesuatu yang populer, itu baru luar biasa.
Akan lebih baik menciptakan bisnis yang sederhana, mudah dikenal, ramah di kantong konsumen, dan konsisten menekuninya.
Juga, Anda bisa menjadi pebisnis dengan bidang yang legendaris meski sudah memiliki banyak pesaing. Seperti Tahu Gejrot Bang Jack.
 
Baca juga: Istilah-istilah Populer di Dalam Digital Marketing dan Artinya
Baca juga
Editor’s Choice
350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
Panduan Bisnis Online Terlengkap
 

Reviu Tahu Gejrot Bang Jack

Review atau ulasan adalah hal penting dalam suatu bisnis. Bukan hanya penting bagi calon konsumen yang akan membeli, reviu juga penting bagi pengusaha untuk mengetahui kemajuan bisnisnya berdasarkan kacamata konsumen.
Dengan melihat reviu dari konsumen, pengusaha juga bisa mengembangkan bisnisnya sesuai dengan masukan dan keinginan konsumennya.
Jika ditanya tentang reviu konsumen, Tahu Gejrot Bang Jack memiliki banyak pelanggan. Bahkan ada yang selalu membeli Tahu Gejrot Bang Jack setiap kunjungan ke Jakarta Selatan.
Hasilnya?  Bisa Anda lihat, dari segi kualitas rasa, tempat, suasanan, dan layanan, Tahu Gejrot Bang Jack mendapatkan 4 dari 5 bintang dari rerata konsumennya.
 
 

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!