Tantangan Tim SEO

SEO UNDERCOVER CO ID 23
Jasa

undercover.co.id – Tim SEO perusahaan pasti memiliki strateginya masing-masing untuk bisa meningkatkan performa SEO website perusahaan mereka.

Tapi, walaupun dengan strategi yang berbeda-beda tetap ada beberapa tantangan dan masalah umum yang sama-sama harus diatasi oleh para tim SEO ini, tidak peduli pada industri, lokasi, atau ukuran perusahaan.

4 Tantangan Umum yang Harus Dihadapi Tim SEO Perusahaan dan Cara Menghadapinya

Berikut adalah keempat tantangan tersebut:

Arahan

Sebagai anggota tim SEO , terkadang pasti ada perasaan seperti rasanya ada banyak hal yang harus dilakukan tapi tidak tahu harus mulai dari mana.

Bahkan seringkali tim SEO harus membantu mengerjakan prioritas digital marketing dari tim lain sehingga tidak punya kesempatan untuk menjalankan strateginya sendiri, ditambah juga dengan adanya batasan-batasan dari perusahaan.

Untuk tim SEO yang baru akan mulai menyusun strategi, berikut adalah beberapa poin penting yang bisa diperhatikan:

  • Tulis semua yang mungkin menguntungkan SEO website, tidak peduli apakah itu bisa dicapai saat ini atau tidak
  • Beri setiap strategi tersebut rating sesuai dengan dampaknya pada performa SEO website
  • Bagi menjadi kategori “mungkin”, “tergantung”, dan “tidak mungkin untuk saat ini”
  • Buat rencana strategi berdasarkan kategori “mungkin” yang memiliki dampak paling besar
  • Presentasikan strategi ini ke seluruh tim, dan masukkan juga rencana yang tidak jadi dimasukkan ke dalam strategi karena tidak mungkin untuk dilakukan

Sumber

Pada banyak kasus, tim SEO perusahaan termasuk tim yang kecil. Bisa saja hanya terdiri oleh satu orang, atau lebih dari satu orang tapi tiap satu orangnya menghandle beberapa channel, seperti misalnya website , SEO dan PPC.

Untuk kasus seperti ini, triknya adalah membuat SEO menjadi bagian dari tanggung jawab semua tim. Semua yang membuat perubahan pada website pasti akan berdampak pada SEO, dan tugas tim SEO adalah memastikan dampak tersebut baik.

Strateginya bisa dimulai pelan-pelan pada setiap tim yang ada sambil menunjukkan keuntungan memasukkan SEO pada bagan kerja mereka. Tidak perlu masuk terlalu dalam, yang diperlukan hanyalah menunjukkan kepada orang-orang bagaimana SEO bisa meningkatkan performa website.

Tim SEO bisa memilihkan enterprise SEO tool yang interface-nya mudah, bisa diakses banyak akun, dan memiliki banyak sumber informasi.

Budget

Bagi banyak tim SEO profesional , jumlah pencapaian terkadang terbatas pada jumlah investasi dan budget yang disediakan perusahaan. Ini bisa membatasi akses untuk tool yang berbayar, agensi, dan konsultan.

Tim SEO harus pintar-pintar memanfaatkan budget yang ada semaksimal mungkin sambil tetap mencari cara mencari tambahan investasi. Setiap pengeluaran harus diawasi dan dipastikan memiliki dampak terhadap performa SEO website.

Manfaatkan juga berbagai tool gratis yang banyak tersedia di internet sekarang, seperti Google Search Console atau tool online lain yang menyediakan free version.

baca juga

Persepsi

Merupakan tugas tim SEO untuk membuat para petinggi perusahaan paham dan mendukung kinerja tim. Orang seringkali meragukan strategi SEO karena untuk bisa melihat hasilnya butuh waktu yang cukup lama, ditambah dengan sulitnya menjelaskan seputar performa SEO dengan kalimat yang pasti.

Walaupun tidak bisa memberikan kepastian, tim SEO harus bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan petinggi perusahaan dengan transparan dan berikan ekspektasi yang jelas.

Jika memang hasil dari projek yang sedang dijalankan tidak bisa terlihat dengan cepat, perkirakan kapan kira-kira dampaknya bisa diamati dan berikan laporan performa SEO google secara rutin.

Jasa

Leave a Reply

error: Content is protected !!