Tautan dari Situs Berita , John Mueller dari Google mengomentari topik tautan dari situs berita, John Mueller dari Google berkomentar dalam sebuah diskusi Twitter tentang kekuatan peringkat tautan dari situs berita dan menawarkan cara berpikir yang berbeda tentang bagaimana Google memperlakukan tautan tersebut.
Tautan dari Kampanye PR Viral
Diskusi di Twitter dimulai dengan sebuah tweet dari Patrick Stox, yang mengomentari sebuah artikel yang ia tulis untuk AHREFS
Dia men-tweet:
“Saya melihat lusinan contoh situs yang menjadi viral, pemenang penghargaan, studi kasus, dll.
Saya pikir pasti semua tautan dari situs berita utama itu akan membantu situs tersebut mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk istilah-istilah lain.
Peringatan spoiler: Saya salah.”
Patrick menulis bahwa banyak SEO yang menghubunginya secara pribadi untuk berbagi studi kasus tentang kampanye berita PR mereka yang sukses dan bagaimana cara mereka bekerja untuk SEO.
Namun Patrick mengatakan bahwa tidak satupun dari mereka yang menunjukkan bukti yang jelas bahwa kampanye tautan PR bertanggung jawab atas peningkatan peringkat, dengan menyatakan bahwa dalam beberapa kasus, kenaikan peringkat bersinggungan dengan pembaruan Google.

Dia men-tweet pengamatan ini:
“Banyak penelitian yang jatuh ke dalam pola yang sama seperti yang terjadi selama pembaruan inti, perubahan situs besar seperti desain ulang, terjadi selama penyesuaian musiman, atau ada pembangunan tautan lain dan kampanye konten (biasanya tidak terkait) yang tampaknya mendapat pujian.”
Patrick menegaskan nilai dari kampanye berita PR, namun ia mengatakan bahwa ia meragukan dampaknya terhadap SEO.
Kampanye PR Viral dan SEO
Saya telah mencatat selama hampir lima belas tahun bahwa banyak yang suka berkoar-koar tentang semua tautan yang dibuat oleh kampanye mereka, namun secara konsisten gagal menyebutkan adanya peningkatan peringkat kata kunci.
Seolah-olah pembuat tautan hanya berfokus pada mendapatkan jumlah tautan yang dijanjikan dan sama sekali tidak melacak efek SEO dari tautan tersebut.
Ada banyak masalah dengan beberapa kampanye viral, terutama yang berkaitan dengan sesuatu seperti aksi atau kontes.
Masalah utamanya adalah bahwa mereka akan mendapatkan peringkat untuk aksi tersebut, tetapi semua tautan yang ada adalah tentang aksi tersebut, tidak ada hubungannya dengan kata kunci penting mereka.
Sebagai contoh, kampanye untuk sesuatu seperti “Jasa SEO Terbaik ” dapat membantu peringkat situs web Jasa SEO untuk frase kata kunci Jasa SEO Terbaik , tetapi tidak ada kekuatan peringkat yang diteruskan yang menyebar ke halaman situs web lainnya.

Ini seperti mengarahkan semua tautan ke halaman beranda tidak akan meneteskan kebahagiaan tautan ke semua halaman dalam. Jika demikian, maka sepuluh besar untuk semua frasa kata kunci akan didominasi oleh halaman dengan skor PageRank halaman beranda yang tinggi. Dan bukan itu yang terjadi.
Jadi, apa yang terjadi dengan kampanye tautan viral PR News adalah bahwa ada banyak tautan tetapi tidak ada kenaikan peringkat kata kunci.
Saya pernah melihat orang-orang di konferensi pencarian berdiri selama presentasi saya dan menceritakan bagaimana kampanye mereka menghasilkan ratusan tautan tetapi tidak ada peningkatan dalam penjualan.
baca juga
- 11 Brand yang Berhasil Menggunakan Sosial Media
- 10 Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Website
- Cara Jitu Launching Website Bisnis Anda
- 9 Tanda-Tanda Toko Online Palsu
- Rekomendasi Web Hosting Terbaik
Diskusi Twitter Tentang Nilai Tautan Berita
Sebuah diskusi yang hidup terjadi dengan banyak teori terperinci tentang bagaimana Google dapat menangani tautan yang berasal dari situs berita.
Satu orang menyatakan bahwa akan lebih baik jika Google mengklarifikasi bagaimana mereka menangani tautan dari situs berita.
Dia men-tweet:
“Tapi ya… alangkah baiknya jika ada konfirmasi yang menyatakan bahwa ‘kami memiliki sistem yang mengevaluasi konteks tautan di luar PageRank, dan beberapa di antaranya dapat diterapkan pada tautan dari situs berita’ mungkin dapat membantu menjernihkan semuanya! “
Komentar John Mueller tentang Tautan Situs Berita
Saat itulah Mueller dari Google men-tweet sebuah tanggapan.
Dia men-tweet:
“Mengapa tautan dari situs berita diperlakukan secara berbeda? Web adalah web.”
John Mueller menindaklanjuti dengan:
“Berfokus pada jenis situs merupakan generalisasi yang terlalu luas.
Tentu saja tautan diperlakukan secara berbeda, tetapi ini lebih merupakan masalah jenis halaman saat ini, dan bagaimana tautan tersebut berada di dalam halaman.
Ini seperti mengatakan ‘Semua orang indonesia adalah…’ – itu terlalu luas.”
Mueller melanjutkan pemikirannya dengan satu tweet lagi:
“Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa berbagai jenis situs memiliki arsitektur internal yang sangat berbeda.
Sebuah situs yang terus-menerus menerbitkan konten baru sangat berbeda dengan situs referensi yang stabil.
Pikirkan tentang cara kerja pagerank, jika Anda ingin menjadi teknis.”

Apakah Situs Web Berita adalah Situs Otoritas?
Ada kecenderungan untuk berpikir bahwa beberapa situs adalah “situs otoritas” dan tautan dari situs tersebut memberikan kekuatan peringkat yang lebih besar.
Ada waktu dua puluh tahun yang lalu di mana hal itu mungkin benar.
Tetapi hal itu sudah berakhir beberapa tahun yang lalu, ketika situs dengan PageRank tinggi tidak lagi berkorelasi dengan peringkat yang tinggi.
Pengamatan John Mueller bahwa arsitektur situs dan tingkat penerbitan adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan sehubungan dengan PageRank.
Wawasan menarik lainnya yang ia bagikan adalah bahwa situs hanyalah situs dan tidak diperlakukan secara berbeda.
Menurut saya, ini adalah sesuatu yang perlu dipikirkan.