Teh Botol Sosro , Teh Asli Jawa Tengah yang Melegenda

google webmaster

Undercover.co.id – Anda penggemar teh? Anda pasti tidak asing dengan tagline “Apapun makanannya, minumnya The Botol Sosro”.

Dulu hingga sekarang, hampir di setiap warung makan, restoran, pujasera, pasar, hingga mini market, produk Teh Botol Sosro bisa dengan mudah ditemukan.

Dibandingkan dengan produk minuman teh lain, Teh Botol Sosro sudah selangkah lebih berani dengan memproduksi minuman teh siap minum.

 

 

Product Teh Siap Minum Pertama Di Indonesia

Teh Botol Sosro dikenal sebagai produk teh siap minum dalam kemasan pertama yang ada di Indonesia. Kemasan dalam botol kaca bening dengan tulisan “Teh Botol Sosro” sangat populer di kalangan masyarakat.

Tahukah Anda, jika minuman yang nikmat diminum ketika dingin tersebut memiliki perjalanan yang panjang sebelum sukses hingga lebih dari satu dekade?

Teh Botol Sosro merupakan produk bisnis yang digagas oleh Sosrodjojo pada 1940. Slawi, sebuah kota kecil di daerah Jawa Tengah, adalah tempat awal mula usaha Sosrodjojo dan keluarganya.

 

Di masa itu, ia tidak langsung menjual teh siap minum, melainkan menjual teh kering dengan merk Teh Botol. Daerah pemasarannya masih sedikit, yaitu di Jawa Tengah. Karena kegigihannya, produk tehnya laris manis di Jawa Tengah.

 

 

Cerita Awal Teh Botol Sosro

Dengan bekal popularitas di Jawa Tengah, Sosrodjojo mencoba untuk memasarkan produknya ke ibukota. Di Jakarta, ia menggunakan strategi cicip rasa (product sampling) yaitu dengan menawarkan kepada calon pembelinya agar bisa merasakan produknya sebelum membeli, dan hal ini ia lakukan ke beberapa pasar. Ia memasak, menyeduh, dan menyajikan teh langsung di tempat. Namun, cara tersebut kurang berhasil karena teh yang disajikan masih panas dan proses penyajiannya pun lama sehingga banyak orang yang merasa tidak sabar menunggu.

Sosrodjojo tidak menyerah. Ia mencari solusi lain, yaitu dengan memasak dan menyeduhnya di rumah, dan membawanya ke pasar dengan memasukkan teh ke dalam panic-panci besar. Lagi-lagi, cara ini kurang memuaskan. Banyak teh yang tumpah di perjalanan akibat kondisi jalanan yang banyak berlubang dan tidak rata di masa itu.

Dengan berbagai pertimbangan, Sosrodjojo mendapatkan ide untuk membawa teh dengan mengemasnya terlebih dahulu. Ia memasak, menyeduh, dan memasukkan teh ke dalam botol yang sudah dibersihkan lalu membawanya ke pasar. Cara ini berhasil membuat banyak orang tertarik karena praktis dan dan bisa langsung diminum tanpa perlu menunggu proses pembuatannya yang lama.

Melihat respon positif dari konsumen di pasar, Sosrodjojo mulai percaya diri untuk memproduksi teh siap minum (ready to drink tea). Dengan pengemasan dalam botol, ia pun menjual dan mendistribusikan produk baru tehnya pada 1969. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 1974, ia berhasil membangun sebuah perusahaan yaitu PT Sinar Sosro. Perusahaan tersebut menjadi pabrik pertama di Indonesia yang memproduksi teh siap minum dalam kemasan.

 

Merk Dagang Teh Botol Sosro

Merk dagang Teh Botol Sosro dan desain kemasan botolnya pun mengalami perubahan dalam beberapa waktu. Pada 1970, versi pertama Teh Botol Sosro dikemas dengan botol kaca dan bertuliskan TehCap Botol Soft Drink Sosrodjojo berlatar warna biru.

Dua tahun kemudian, pada 1972 desain kemasan botolnya diubah dengan penulisan merk Teh Cap Botol yang berwarna putih dan merah yang menandakan produk asli Indonesia. Kata “Cap” diperkecil dengan tujuan agar orang terfokus dengan Teh Botol. Tulisan nama “Sosrodjojo” juga disingkat menjadi Sosro yang berlatar warna merah berbentuk bulat, untuk memudahkan penyebutan.

Bersamaan dengan adanya pabrik PT Sinar Sosro di Cakung, Jakarta, desain produk Teh Botol Sosro mengalami perubahan pada 1974. Dibanding dengan desain sebelumnya, botol yang digunakan lebih tinggi dan ramping. Penulisan merk dagang pun diubah dengan sederhana, yaitu tulisan Teh Botol berwarna putih dan Sosro berwarna putih dengan latar merah berbentuk bulat.

Sejak dipasarkan hingga sekarang, Teh Botol Sosro berhasil mendapatkan posisi pertama di hati masyarakat terutama penikmat teh. Teh siap minum yang praktis dan enak dikonsumsi dalam keadaan dingin, membuat Teh Botol Sosro mampu merajai produk minuman teh dalam kemasan di Indonesia. Bahkan, produk dalam kemasan lainnya yang berasal dari luar negeri pun tidak bisa menggantikan posisi Teh Botol Sosro.

 

 

Generasi Ke 3 Dari Brand Teh Botol Sosro

Di tangan generasi ketiga pewaris usaha Teh Botol Sosro sekaligus pengelola PT Sinar Sosro, upaya pengembangan bisnis dilakukan secara spesifik. Variasi cita rasa, pangsa pasar, target segmen, benefit, hingga desain kemasan direncanakan sebaik mungkin. Dengan hasil yang memuaskan di lingkup nasional, PT Sinar Sosro pun mulai merambah ke luar Indonesia.

Kunci kesuksesan Teh Botol Sosro adalah pada ide penyajian yang praktis.  Selain itu, kualitas rasa yang disajikan juga menjadi kunci pemikat para penikmat teh. Teh Botol Sosro dibuat dari daun teh pilihan yang berasal dari perkebunan di Cianjur (Gunung Rosa, Gunung Manik, Gunung Cempaka), Garut(Gunung Satria, daerah Neglasari), Pangelengan (daerah Cukul) dan Tasikmalaya (daerah Sambawa).

Proses produksi The Cap Botol Sosro pun higienis, mulai dari psoses pembuatan teh, penyeduhan, hingga pengemasan menggunakan botol yang dijamin kesterilannya. Terdapat sepuluh pabrik yang menangani proses produksi ini, yaitu di Jakarta Timur (Cakung), Jawa Barat (Tambun dan Cibitung), Banteng (Padeglang), Jawa Tengah (Serdang dan Ungaran), Jawa Timur (Gresik dan Mojokerto), Bali, dan Sumatera Selatan (Palembang).

 

INovasi dan Perkembangan Product Teh Botol Sosro

Teh Botol Sosro dulu dan sekarang secara konsisten mempertahan kualitas dan berusaha untuk terus berkembang seiring perkembangan zaman. Sebagi produk lokal, Teh Botol Sosro mampu menjadi pelopor pertama minuman dalam kemasan yang inovatif dan membanggakan, Tidak hanya itu, dengan munculnya Teh Botol Sosro, banyak memunculkan pengusaha produk sejenis yang dikreasikan dengan berbagai macam ide lainnya.

PT Sinar Sosro sebagai produsen pun tidak berpuas diri dengan keberhasilan Teh Botol Sosro. Teh Botol Sosro yang dulunya hanya tersedia dalam satu varian produk, kini sudah berkembang dengan empat varian produk yaitu Original, Less Sugar, Green Tea, dan Tawar. Pengemasannya pun beragam, mulai dari botol kaca 200 ml, kotak (tetrapack) 200 ml, kotak 250 ml, kotak 330 ml, kotak 1 liter, pouch 150 ml, PET 450 ml, dan PET 500 ml.

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak pesaing dan inovasi produk yang bermunculan. Karenanya, PT Sinar Sosro juga memproduksi berbagai produk yang mendukung eksistensi Teh Botol Sosro. Produk-produk tersebut di antaranya adalah Teh Celup Sosro, Joy Tea Green Tea, Fruit Tea,Happy Jus, Country Choice (jus buah), TEBS, S-Tee, Freso, Creso, dan Prim-A (air mineral).

 

 

baca juga Legenda 80 Brand Indonesia Yang Bertahan Puluhan Tahun

baca juga

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

50 Usaha Rumahan di Indonesia

Panduan Bisnis Online Terlengkap

900 Pebisnis Start Up Bisnis Digital Di Dalam Dan Luar Negri

 

 

 

Bagaimana? Jadi ingin minum Teh Botol Sosro, ya?

Tidak perlu harus jauh-jauh, berbagai produk Teh Botol Sosro dan berbagai produk PT Sinar Sosro bisa dengan mudah Anda temui di toko, mini market (Alfamart dan Indomaret), hingga super market terdekat. Meski sudah berganti kepemimpinan sejak 2004, Teh Botol Sosro tetap mampu eksis hingga kini dan sekarang. Terbukti, Anda masih bisa menikmati  iklan Teh Botol Sosro yang tayang di televisi setiap hari.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!