Teknik Pemasaran Konspirasi

SEO UNDERCOVER CO ID 68

undercover.co.id – Sebagian besar waktu, menjaganya tetap sederhana adalah aturan praktis dalam pemasaran yang sukses. Namun, terkadang bisnis mungkin perlu menggunakan gaya pemasaran yang lebih ekstrem untuk menjangkau audiens dalam skala global. Masukkan ide yang disebut teori konspirasi pemasaran.

Siapa di antara kita yang tidak terjebak membahas tentang beberapa bentuk teori konspirasi? Dari pendaratan di bulan palsu dan seseorang yang melihat Elvis hidup-hidup hingga klaim liar tentang coronavirus yang ditemukan di lab. Lebih jelas daripada kita menyukai ide dan kontroversi yang menarik. Tetapi tahukah Anda bahwa beberapa merek terbesar di dunia telah menggunakan teori konspirasi sebagai taktik pemasaran?

Yah, mungkin tidak persis seperti yang Anda pikirkan. Namun, ada banyak kesamaan yang terletak di belakang ilmu pemasaran dan teori konspirasi, sebagian besar dalam cara mereka mempengaruhi kita. Para ahli pemasaran terbaik dapat memanfaatkan prinsip-prinsip ini dan menerapkannya pada strategi mereka.

Menggabungkan Teori Konspirasi Dan Pemasaran

Untuk memahami bagaimana itu terkait dengan pemasaran, Anda harus terlebih dahulu memahami mengapa orang percaya pada teori konspirasi. Banyak penelitian telah turun ke tiga faktor utama: epistemik, eksistensial dan sosial.

Alasan epistemik adalah ketika orang mencari penjelasan dan koneksi untuk hal-hal yang tidak dapat mereka pahami. Dalam hal bisnis, sulit untuk menarik pelanggan ketika mereka tidak memiliki pemahaman yang jelas dan memuaskan tentang merek Anda. Inilah sebabnya mengapa penting untuk terlibat dengan mereka dan berbagi cerita di balik bisnis Anda. Gunakan fitur media, siaran pers, dan pembuatan konten sehingga pelanggan tahu bagaimana Anda cocok dengan gambar yang lebih besar.

Berikutnya adalah eksistensial. Terlihat bahwa orang sering meyakini teori konspirasi sebagai mekanisme mengatasi kecemasan dan ketakutan mereka. Studi mengatakan bahwa orang yang merasa tidak aman secara emosional lebih mungkin untuk percaya pada teori seperti itu, karena itu membantu mereka merasa terkendali dan aman. Ini berarti bahwa Anda dapat menyesuaikan konten pemasaran Anda untuk menargetkan orang-orang yang perlu mengekspresikan perasaan mereka dengan membuatnya sesuai. Penting untuk menarik garis batas antara memberi nilai dan mengeksploitasi kerentanan emosional mereka.

Teori konspirasi, orang-orang percaya sering diberikan reputasi buruk karena percaya pada hal-hal yang ‘dibuat-buat’ dan tidak masuk akal. Tetapi pada akhirnya, kita semua adalah manusia yang didorong oleh keinginan yang sama untuk berhubungan dengan orang lain. Inilah alasan sosialnya. Beberapa orang beralih ke teori konspirasi untuk memuaskan kebutuhan mereka untuk menjadi bagian dan merasa sebagai bagian dari komunitas yang lebih besar.

Ini adalah berita bagus untuk strategi pemasaran Anda! Perlu diingat bahwa kami menyukai rasa memiliki dalam suatu kelompok. Jadi, Anda dapat menggunakan media sosial untuk membangun komunitas di sekitar merek Anda. Tidak hanya ini hebat untuk meningkatkan kesadaran merek, pelanggan Anda sekarang dapat merasakan bahwa mereka adalah bagian dari komunitas eksklusif dan bermakna. Pada gilirannya, ini akan menumbuhkan kepercayaan dan kesetiaan mereka pada merek Anda, serta produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Sampai batas tertentu, entah bagaimana, orang menemukan bahwa teori konspirasi menarik bagi mereka melalui pemicu emosional. Demikian juga, orang lebih cenderung tertarik pada merek Anda ketika mereka merasakan hubungan emosional dengannya.

conspiracy marketing

Bagaimana Anda Dapat Menggunakan Teori Konspirasi Untuk Pemasaran Merek

Sekarang kita telah memahami prinsip-prinsip teori konspirasi, bagaimana kita dapat menggunakannya sebagai taktik pemasaran?

Pertama, Anda harus mengidentifikasi siapa target audiens Anda. Kali ini tidak berhenti setelah hanya mengidentifikasi usia, jenis kelamin, dan demografi lokasi. Anda harus menggali lebih dalam untuk mencari tahu minat mereka dan jenis konten apa yang paling menarik bagi mereka. Ini penting agar Anda tahu cara terbaik untuk memicu emosi yang kuat di audiens Anda.

Ketika merek Anda membangkitkan emosi yang kuat pada pelanggan, mereka menjadi lebih cenderung untuk bertindak berdasarkan keputusan impulsif dan emosional. Ini kadang-kadang dikenal sebagai ‘penarikan emosional’, yang merupakan strategi pemasaran yang efektif untuk memengaruhi keputusan pelanggan. Mereka dapat terhubung lebih dalam dengan bisnis Anda, mengaitkan perasaan menyenangkan dan diinginkan dengan pesan yang Anda bagikan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan teknik yang disebut manajemen persepsi. Ini kadang-kadang digunakan oleh pemerintah dan militer, di mana mereka secara selektif mengatur dan menafsirkan informasi tertentu dengan cara yang menggambarkan makna yang diinginkan dan disiapkan sebelumnya. Namun, ini juga merupakan alat pemasaran yang kuat.

Dalam praktiknya, apa yang perlu Anda lakukan adalah membuat audiens Anda memiliki pemikiran yang paling dapat diterima untuk menerima produk Anda sebagai solusi ideal. Misalnya, pikirkan perusahaan asuransi yang sering membuat iklan video sedih. Mereka biasanya menaruh penyesalan dan rasa sakit emosional, yang merupakan waktu yang tepat untuk memberi tahu kami bagaimana asuransi mereka dapat membantu kami menghindari perasaan ini. Ketika iklan memperkenalkan produk (rencana asuransi), kita dikonsumsi oleh keinginan untuk tidak pernah mengalami rasa sakit itu di kehidupan nyata. Dengan demikian, membeli produk menjadi tindakan yang paling jelas dan cerdas, meskipun mungkin bukan apa yang secara praktis kita butuhkan.

baca juga

    Kesimpulan

    Tentu saja, kami tidak menganjurkan metode yang tidak jujur ​​dan menggunakan ‘trik curang’ untuk menipu pelanggan Anda. Penting untuk menumbuhkan bisnis sesuai dengan nilai-nilai dan moral Anda, tetapi kami dapat bersaksi bahwa kepercayaan sering kali merupakan fondasi terkuat dalam membangun pengikut setia pelanggan dan audiens. Ini adalah strategi jangka panjang terbaik untuk bisnis di industri apa pun.

    Sebagai ilustrasi, Undercover.co.id dikenal sebagai pengusaha serial yang sepanjang karirnya telah memulai beberapa bisnis dari nol. Dia menggunakan taktik asli dan menjunjung tinggi budaya perusahaan yang dipuji, yang merupakan alasan utama mengapa mereka semua sukses sekarang. Undercover.co.id juga menawarkan layanan konsultasi Digital Marketing. Kami mampu memberikan saran dan bimbingan profesional, semua sesuai dengan pengalaman kehidupan nyata.

    Kami berharap ini telah menjadi artikel mendalam yang dapat memberi Anda beberapa inspirasi untuk strategi pemasaran terbaru Anda. Semoga berhasil dalam usaha bisnis Anda!

    Leave a Reply

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh