Teknik SEO Dalam Industri Musik

google webmaster

https://www.undercover.co.id/ “Saat ini sudah untuk membuat music yang hits dan viral” begitulah kurang lebih ucapan Ari Lasso dalam wawancara musisi kondang tersebut dengan sholeh sholikhun pada tahun 2019 lalu[i].  Ari merasa bahwasanya terakhir beliau menyanyikan lagu yang hits di pasaran adalah ketika beliau berduet dengan Ariel Tatum 2013 silam.

Menurut Ari, dua alasan yang menyebabkan musiknya sulit menjadi hits adalah di jaman serba digital ini, musisi Indonesia seperti beliau mau tidak mau harus bersaing dengan musisi asing. Selain itu dengan perkembangan aplikasi music on demand membuat setiap orang memiliki hitsnya sendiri sendiri.

Terlepas dari apa yang mantan vokalis Dewa19 tersebut katakan, perlu diakui bahwasanya saat ini industri musik Indonesia sedang tertatih tatih bersaing dengan musisi asing seperti Kpop dan musisi barat. Apalagi saat ini  medium promosi musik seperti televisi tidak memiliki acara khusus promosi musik lagi.

Menilik dari kasus Lathi, bahkan tampaknya saat ini pihak pengelola televisi cenderung menunggu sebuah lagu untuk viral terlebih dahulu baru kemudian ditampilkan on air. Sementara itu kini radio cenderung kurang didengarkan oleh kawula muda dan majalah music pun mati suri.

 Generasi milenial kini pindah ke aplikasi streaming on demand seperti Youtube dan Sptify untuk mendengarkan musik favorit mereka.

Disinilah kiranya teknik pemasaran SEO menjadi perlu dilakukan oleh pelaku Industri musik di Indonesia baik oleh musisi secara langsung atau pihak manajemen dan distributor musik. Teknik SEO adalah teknik pemasaran digital menggunakan optimasi pencarian dalam mesin pencari (search engine) seperti Google.

Teknik pemasaran ini cocok untuk industri musik sebab teknik ini memiliki beberapa kelebihan antara lain:

1.     Teknik SEO membuat perusahaan anda bisa setara dengan perusahaan perusahaan besar di dunia

Dengan teknik SEO, website perusahaan anda akan muncul di halaman pertama Google. Entah itu perusahaan anda adalah perusahaan rekaman dan manajemen artis yang kecil atau besar. Muncul di halaman pertama pencarian ini tidak hanya membuat orang orang kenal dengan perusahaan anda melainkan juga mereka akan ‘merasa’ perusahaan anda adalah perusahaan yang terpercaya dan kredibel.

Dengan demikian, teknik SEO akan membuat perusahaan anda bersaing baik di kancah nasional maupun kancah Internasional (jika tersedia dalam bahasa Inggris).

2.     Search Engine Optimization menyediakan pemasaran kolektif

Jika anda menggunakan teknik SEO untuk memasarkan konten anda di website, anda tidak hanya memasarkan satu lagu atau trailer sebagaimana jika anda beriklan di Youtube. Teknik SEO akan mengenalkan seluruh konten, artis dan karya musisi dibawah label annda kepada publik.

Tentu keuntungan ini akan menghemat biaya dan memudahkan anda membuat musik yang terkenal di masyarakat.

3.     SEO memiliki durasi pengiklanan yang lebih lama daripada iklan berbayar

Jika iklan berbayar memiliki durasi satu minggu hingga satu bulan, maka iklan dengan SEO tidak memiliki batas waktu selama anda tidak menghapus konten terkait. Hal ini tentunya akan membantu anda mengenalkan artis artis terbaru anda atau mengenalkan hits yang baru saja mereka keluarkan.

4.     Biaya SEO Agency terbilang lebih murah daripada iklan berbayar

SEO Agency sepeprti Undercover.co.id tidak hanya akan membantu anda menemukan keyword keyword yang cocok untuk bisnis anda. Melainkan juga membantu anda mengelola website anda dengan memosting berbagai tulisan dan konten yang sesuai dengan keinginan anda.

Sehingga anda tidak perlu pusing pusing memikirkan konten dan tulisan apa yang seharusnya anda tulis. Karena teknik SEO membutuhkan konsistensi dalam proses posting.

Dengan berbagai keuntungan diatas, teknik SEO tentunya tidak hanya bermanfaat bagi label label musik besar melainkan juga perusahaan rintisan (startup).

Sebagaimana yang disebut diatas, teknik SEO membutuhkan konsistensi dalam posting konten. Oleh karena itu anda membutuhkan ide ide menarik sebagai bahan tulisan anda. Berikut ini ide ide yang bisa anda terapkan dalam pembuatan konten anda:

1.     Pastikan tulisan anda menggunakan teknik SEO

Sebelum beranjak ke ide postingan, anda harus memastikan tulisan atau postingan yang anda buat telah sesuai dengan kaidah kaidah SEO. Berkonsultasilah dengan SEO Agency anda mengenai bagaimana cara menulis dengan teknik SEO yang baik dan benar.

SEO Agency Undercover.co.id menyediakan layanan ini untuk anda. SEO Agency ini akan memberikan saran saran yang sangat berguna seperti penempatan kata kunci (keywords) , web-hosting yang sesuai dengan SEO dan mengenai bagaimana cara analisis startegi SEO anda menggunakan software terkait.

2.     Buatlah artikel edukasi tentang musik dan industri musik

Anda bisa menulis tentang teknik olah vokal, teknik bermain instrument musik atau bahkan cara membaca not balok. Dengan ini website anda bisa muncul bersamaan dengan kata kunci yang lain selain industri musik atau musik saja seperti les vokal, olah vokal, cara bermain gitar dan lain lain.

3.     Tulis lirik dan makna lagu artis anda

Lirik lagu adalah salah satu keywords SEO yang paling banyak dicari di mesin pencarian. Saat ini juga banyak website website independen yang menyajikan konten seperti ini, terutama untuk lirik lagu Kpop.

Anda bisa menuliskan lirik lagu ini sehingga penikmat musik artis artis anda dapat menghafalkannya dan ikut menyanyikannya saat konser.

4.     Ceritakan proses produksi dan dibelakang layar panggung musik

Konten seperti ini akan mengedukasi pengunjung website anda. Biasanya pengunjung menyukai konten yang memiliki nilai tambah seperti ini sehingga mereka akan membacanya hingga habis.

Semakin lama pengunjung tersebut mengunjungi laman anda, maka semakin tinggi pula peringkat laman anda di mesin pencarian Google. Tentu hal ini akan meningkatkan traffic website anda.

baca juga

    5.     Tulislah profil artis artis anda

    Penikmat musik akan lebih menyukai seorang musisi atau artis jika musisi tersebut serasa memiliki kedekatan personal dengan mereka. Karena itu, pastikan anda menulis biodata dan profil artis yang dibawah naungan manajemen anda.

    Selain itu, menulis profil artis ini juga akan menunjukkan hasil kerja perusahaan anda. Karena pengunjung akan melihat kesuksesan artis sebagai bukti kesuksesan manajemennya.

    Tapi terlepas dari semua itu, pastikan postingan anda mengikuti kaidah SEO yang sedang berlaku. Karena, konten berkualitas itu penting dalam menaikkan web rank, akan tetapi konten berkualitas tanpa teknik SEO yang baik juga akan tenggelam di mesin pencarian.

    SEO adalah teknik pemasaran yang dapat anda jadikan alternatif untuk memasarkan musik karya artis anda ketika saat ini televisi dan radio masih belum bisa menjadi andalan pemasaran produk kreatif yang baik.  Jika anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai teknik ini, anda bisa membuka laman di bawah ini:

    Undercover.co.id

    One Pacific Place, Jl. Jend. Sudirman No.kav. 52, RT.5/RW.3, Senayan, Jakarta, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota
    Jakarta 12190


    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!