Terobosan Baru Digital Marketing Ala Instagram

SEO UNDERCOVER CO ID 72

undercover.co.id – Salah satu strategi digital marketing yang sedang marak digunakan adalah mempromosikan bisnis melalui influencer atau akun yang memiliki banyak pengikut. Nah, salah satu media sosial yang biasa dijadikan tempat promosi adalah Instagram.

Jika dulu, setelah resmi memutuskan bekerja sama, influencer harus membuat iklan dalam bentuk postingan biasa dulu dari akunnya. Setelah itu barulah pihak brand atau pengiklan masuk ke Instagram untuk mempromosikan postingan tersebut sebagai iklan.

Cara tersebut cukup rumit dan tidak efektif, karena membutuhkan banyak koordinasi dari kedua belah pihak. Sekarang, Instagram mengeluarkan fitur terbaru yang diharapkan bisa mempermudah proses digital marketing ini.

Sekarang pihak pengiklan bisa memposting postingan bersponsor melalui akun influencer, caranya adalah dengan meng-update “branded contect ads” atau “iklan konten bermerek”.

Sekarang Bisa Posting Iklan dari Akun Influencer Secara Langsung!

Fitur ini sengaja dibuat karena pihak Instagram melihat bahwa konten bermerek banyak digunakan sebagai salah satu strategi marketing. Sehingga mereka ingin membantu supaya para pelaku bisnis bisa lebih mudah melakukan promosi dan juga bisa menjangkau target pasar yang lebih luas.

Postingan yang dibuat oleh pihak pengiklan ini nantinya tentu harus mendapatkan persetujuan dulu dari akun influencer sebelum bisa di-post. Postingan iklan yang sudah selesai di posting ini akan terlihat seperti postingan biasa, hanya saja ada tambahan tag bertuliskan “Paid partnership with [nama merek]” dana tau “Sponsored”.

Ada 3 langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mencoba promosi cara baru ini. Berikut adalah tiga langkah mudah untuk mempromosikan merek melalui akun influencer:

Pihak pengiklan mengirimkan permintaan akses iklan atau “ad creation access”

Untuk Instagram berbahasa Inggris, pengiklan bisa menemukan fitur ini melalui Settings -> Business -> Branded Content -> Request Ad Creation Access. Fitur ini bisa membuat pengiklan mengirimkan permintaan untuk beriklan melalui akun pribadi partner bisnis alias influencer yang sudah diajak bekerja sama.

Setelahnya, pengiklan tinggal memasukkan nama akun influencer dan mengirimkan permintaan.

Pihak influencer menerima permintaan akses iklan atau “ad creation access”

Dari akun influencer, permintaan “ad creation access” dari pihak pengiklan ini akan muncul dengan berlabelkan “Branded Content” bersama notifikasi-notifikasi lain di tab “activity”.

Setelah meng-klik notifikasi “Branded Content”, akan terlihat daftar “ad creation partners” yang mengirimkan permintaan akses iklan. Pengiklan yang sudah disetujui dan yang masih pending juga akan terlihat.

Jika ingin menyetujui permintaan pengiklan, influencer hanya tinggal meng-klik tombol “Approve” yang ada di samping akun pengiklan. Lalu akan muncul pemberitahuan berbunyi “These partners can create ads and submit them for your review. Only the ads you approve will go live”.

Artinya kurang lebih adalah, “Partner ini bisa membuat iklan dan memasukkannya untuk anda review. Hanya iklan yang sudah anda setujui yang akan di-posting”. Setelah influencer menekan tombol “Approve” tadi, maka pihak pengiklan sudah bisa mulai memasukkan iklan untuk di-review oleh influencer.

baca juga

    Influencer menerima notifikasi permintaan persetujuan iklan

    Iklan nantinya akan dibuat oleh pelaku bisnis selaku pihak pengiklan. Iklan yang sudah jadi bisa di-submit ke influencer untuk disetujui.

    Influencer bisa meng-klik tombol “Approve” untuk mulai memposting iklan dari akunnya. Postingan bersponsor ini nantinya tidak akan muncul di halaman profil utama dari akun influencer.

    Jika pihak influencer tidak mensetujui iklannya atau ingin membatalkan kerjasama, ada fitur “Decline” yang bisa digunakan. Iklan yang sudah disetujui juga bisa di-pause supaya untuk sementara tidak terlihat.

    Leave a Reply

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh