The Body Shop

undercovercoid 46

https://www.undercover.co.id – The Body Shop merupakan sebuah perusahaan franchise kosmetika kedua terbesar didunia, memiliki 2,100 toko di hampir 61 negara. The Body Shop International Plc berasal dari Brazil, berpusat di kota Littlehampton, Sussex Barat, Inggris.

Sejarah The Body Shop

The Body Shop didirikan oleh Anita Roddick pada tanggal 26 Maret 1976. Pada saat itu Anita hanya berniat mencari penghasilan untuk menghidupi kedua putrinya saat ia ditinggalkan Gordon untuk perjalanan keliling Amerika. Pada awalnya, Anita sama sekali tidak memiliki pengalaman dan trik bisnis, yang ia miliki hanyalah sebuah nasihat dari Gordon yaitu, melakukan penjualan sebanyak £300 dalam waktu satu minggu.

The Body Shop mengalami perkembangan yang sangat cepat bahkan hampir 50% per tahunnya. Pada tahun 1991, nilai perusahaan ini mencapai £350 juta yang awalnya harga sahamnya hanya 820 penny. Lalu pada bulan Maret 2006, The Body Shop menyetujui jika perusahaannya diambil alih oleh L’Oréal dengan harga £652.3 juta. Anita dan Gordon Roddick mendapatkan keuntungan £130 juta dari penjualan pada waktu 30 tahun yang lalu.

Kegiatan Sosial

Pada tahun 1986, The Body Shop mengajukan aliansi untuk menyelamatkan hiu dengan Greenpeace di Britania Raya. Anita dan Gordon kemudian melakukan beberapa promosi yang mengaitkan dengan isu sosial dan dengan cepat mendapatkan perhatian dari publik. Dengan berjalannya waktu, Roddick kemudian masuk kedalam isu-isu sosial lainnya, salah satunya dengan industri kosmetik yang memiliki pemahaman yang keliru mengenai arti kecantikan. Roddick menngatakan bahwa, “bagi kami, berkampanye dan bisnis yang baik juga merupakan tentang solusi berkelanjutan, tidak hanya menentang kebiasaan yang merusak atau penyalah gunaan manusia.

Pada Oktober 2009, The Body Shop menerima penghargaan “Lifetime Achievement Award” dari RSCPA di Britania Raya. Penghargaan ini diberikan atas pengakuan The Body Shop atas kebijakannya yang ketat dalam proses produksi dan memastikan bahwa bahan dasar dari pemasok tidak diuji coba kepada binatang.

baca juga

    Fakta Menarik

    Adapun beberapa fakta menarik yang dimiliki The Body Shop :

    • Perusahaan kosmetik pertama yang menggunakan minyak kelapa sawit sebagai bahan kosmetik.
    • Melarang peredaran barang ke China, dimana produk kosmetik harus diuji cobakan kepada binatang.
    • Lebih dari 60% produk yang dihasilkan berasal dari bahan-bahan community trade.
    • Meningkatkan kesadaran dan mengumpulkan dana bagi perempuan yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga serta yang mengidap penyakit HIV/AIDS.
    • Program Community Trade dari The Body Shop ini menciptakan hubungan perdagangan yang berkelanjutan dengan masyarakat yang kurang beruntung dengan cara mendonasikan pendapatan mereka kepada hampir 25 ribu orang diseluruh dunia.

    Baca Juga : 5 Langkah Tepat Untuk Merencanakan Bisnis

    • Memperkenalkan kemasan produk yang 100% PCR (Post Consumer Recyclate) atau botol yang dapat di daur ulang.
    • Perusahaan kosmetik pertama yang melarang produknya diuji coba kepada binatang. Berkat upaya ini, The Body Shop mendapatkan penghargaan atas kebijakan, Humane Cosmetics Standard for Our Against Animan Testing.

    Leave a Reply

    9 + eleven =

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!