Tinggal Di desa ? 5 Bisnis UKM ini Dijamin Menjanjikan

Categories: Bisnis UMKM
jasa seo

Undercover.co.id – Tinggal Di desa ? 5 Bisnis UKM ini Dijamin Menjanjikan. Mayoritas masyarakat selalu berpikiran bahwa di kota anda akan mendapatkan pekerjaan yang layak dan bagus,serta usaha yang akan sukses. Padahal kenyataannya tidak semua mengalami hal tersebut. Dimana beberapa kebutuhan yang ada dikota sebenarnya dibutuhkan didesa. Tak jarang beberapa orang berpikiran, apa yang bisa dikerjakan di desa dan tidak meninggalkan rumah namun tetap menghasilkan dan bisa berpeluang sukses. Bisnis UKM ini bisa menjadi hal yang menjanjikan jika dikerjakan di desa, apa saja ?

  1. Usaha Ternak

Related image

Bisnis UKM menjanjikan pertama yang bisa dilakukan di desa adalah usaha ternak. Dimana orang-orang atau pengusaha tidak mungkin memelihara di perkotaan, karena tidak adanya lahan yang tersedia dan dilarangnya hewan untuk tinggal diarea perkotaan. Namun desa menjadi satu tempat yang memungkinkan untuk mengembangkan usaha ternak ini. Terutama di desa yang jarak ke kotanya tidaklah terlalu jauh atau tidak harus menyebrangi laut, atau melewati gunung. Anda bisa beternak hewan dan memasarkannya di perkotaan dengan tingkat konsumsi lebih tinggi. Tentunya memelihara hewan ternak di pedesaan juga membuat hewan tidak stress dan daging atau susu atau telur yang dihasilkan lebih berkualitas.

baca juga : 6 Peluang Bisnis UKM Menggiurkan di Bidang Peternakan

  1. Usaha Bidang Keuangan

Image result for usaha loket pembayaran di desa

Usaha bidang keuangan ini pasti dibutuhkan meskipun aneh dan jarang. Dimana anda bisa bisnis UKM yang menjanjikan di bidang pelayanan sosial. Bidang ini umumnya seperti loket pembayaran, pencairan dana, transfer dan lainnya. Dimana anda bisa menjadi pengganti bank untuk mempermudah masyarakat dalam bertransaksi. Selain itu, bisnis ini membantu warga atau pedesaan yang tidak bisa melakukan transaksi keuangan atau melakukan pembayaran karena terhalang fasilitas dan ketidaktahuan mereka akan fasilitas tersebut. Umumnya anda bisa mengambil uang pajak atau administrasi yang dibebankan ke pengguna. Sekarang sudah banyak masyarakat desa yang melakukan bisnis ini. Usaha ini juga tidak memerlukan modal banyak, karena anda akan memutar uang tersebut setiap waktunya.

baca juga : Kesulitan Modal? Ini 6 Bisnis Dengan Modal Minim!

  1. Buka Bimbingan Belajar

Image result for bimbel rumahan

Jika anda suka membaca dan memiliki pengetahuan lebih dibanding warga desa usaha UKM selanjutnya yang bisa anda buka adalah bimbingan belajar. Dimana anda bisa membuka sejenis lembaga pendidikan kecil  yang bisa diikuti oleh anak-anak khususnya anak sekolah di desa tersebut. Selain belajar, anak-anak dewasa seperti SMA yang memiliki keahlian dan kelebihan dalam bidang akademik, bisa anda latih untuk bisa mengajar layaknya guru. Dengan begitu mereka tidak akan tertinggal pelajaran di kota, ataupun berlatih bekerja dan menjadi guru. Bisnis UKM bimbingan belajar ini memang tidak akan sebesar bimbel sukses di kota, namun selain membantu mengembangkan pendidikan di desa anda juga mendapatkan untuk secara materi dari bisnis ini. Karena sudah banyak masyarakat sekarang yang melek akan pentingnnya pendidikan meskipun di desa.

  1. Membuka Kursus Skill

Related image

Di desa masyarakat yang sudah tua atau dikatakan sudah dewasa banyak yang putus sekolah dan hanya bekerja menjadi buruh pabrik atau buruh seperti petani. Sayangnya hal ini membuat desa anda justru akan semakin minus karena kurangnya keahlian dan pendapatan yang diterima sangatlah sedikit. Untuk itu, anda bisa membuka kursus atau tempat kursus yang mereka bisa ikuti. Mungkin tempat kursus ini jauh lebih diminati dibanding bimbel bagi orang dewasa. Karena bisa mengasah skill mereka untuk bekerja, ataupun jika mereka ingin merantau. Bisnis UKM kursus ini bisa berupa jahit, otomotif, dan lainnya, dan karena peminat yang tinggi maka bisnis ini sangatlah menguntungkan. Tak jarang setelah bisa atau memiliki keahlian, mereka akan membuka usaha kecil-kecilan dan hal tersebut membantu mengembangkan desa anda menjadi lebih baik.

baca juga :

  1. Toko Kelontong Lengkap

Image result for warung lengkap di desa

Tentu saja orang desa tidak akan pergi ke kota jika barang yang dibutuhkan tersedia. Sedangkan mereka terkadang harus menempuh jarak jauh hanya untuk membeli barang yang sekiranya dibutuhkan. Untuk itu salah satu UKM menjanjikan yang bisa anda buka selanjutnya adalah toko kelontong lengkap. Dimana anda berbelanja lengkap dari kota, kemudian menjualnya didesa. Sehingga warga desa tidak perlu jauh-jauh jika hanya ingin membeli sikat, atau sekedar sabun mandi. Memang ketika berbelanja anda akan menempuh waktu dan perjalanan panjang serta barang yang tidak sedikit. Namun karena warga desa banyak membutuhkan barang, dan mereka bisa menghemat waktu dan tenaga serta uang jika membeli di toko lengkap anda. Maka bisnis toko kelontong bisa sukses dan berkembang pesat.

Ternyata tidak harus ke kota untuk mendapatkan kesuksesan. Warga desa memang berbeda dengan kota, dimana mereka tidak memiliki perilaku konsumtif tinggi dan masih bisa melakukan apapun secara mandiri. Namun, di tengah era globalisasi yang sangat tinggi. Warga desapun harus ikut mengubah gaya hidup mereka dan menyesuaikan dengan cara hidup baru yang memang jauh dari kesederhanaan.

 

Layaknya, anak harus sekolah tinggi untuk menurunkan resiko gagalnya mendapat kerja dan terlepas dari kehidupan yang kurang. Ataupun warga desa juga harus belajar menggunakan teknologi agar mempermudah kehidupan jaman sekarang. Anda yang bisa memanfaatkan peluang untuk membuka usaha, akan mendapatkan kesuksesan dimanapun tempatnya. Di desa dengan tingkat kebutuhan atau konsumtif  yang rendah sekalipun, jika anda bisa memanfaatkan kesempatan yang ada maka akan jadi menguntungkan.

baca juga : Tips Pengusaha UKM Untuk Menembus Pasar Potensial Jepang

jasa seo

Your Thoughts