Tips Ampuh Untuk Menghadapi Persaingan dengan Pelaku Waralaba Lainnya

Era milenial merupakan era yang sangat empuk digeluti oleh pelaku waralaba.

Sehingga, tak heran kenapa bisnis ini kian digeluti di era ini.

Ini karena waralaba adalah cara ampuh untuk mengembangkan bisnis dalam waktu yang singkat dan biaya yang hemat.

Waralaba pun menjadi alternatif dalam mengatasi masalah bisnis low-entry barrier.

Salah satu contohnya adalah tersebarnya outlet-outlet KFC ke berbagai sudut kota.

Singkatnya, waralaba akan secara otomatis memberikan nama bagi pelaku bisnis baru.

Ini terlihat dari kemudahan waralaba dalam menggaet folower di sosial media.

Tantangan Dalam Bisnis Waralaba

Namun, hal demikian tidak serta merta membawa kebahagiaan karena inilah yang akan menjadi serangan bagi bisnis Anda.

Ya, kompetitor akan mempertanyakan kesuksesan yang diraih dalam waktu yang singkat.

Akan tetapi, hal tersebutlah yang menjadi keuntungan bagi merrka yang menjalani bisnis waralaba.

Lalu, bagaimana jika bisnis waralaba yang tengah dijalani membuat terjadinya perebutan pangsa pasar?

Sebelumnya, terdapat hal yang perlu disiapkan oleh pelaku waralaba yaitu konsep-konsep strategi pasar, business sense, dan manajemen professional.

Jika ketiga hal tersebut tidak dipersiapkan terlebih dahulu, bersiaplah untuk hidup dalam kebingungan bisnis.

Lalu, apakah langkah selanjutnya?

Untuk memudahkan diri dalam menghadapi persaingan sesama pelaku waralaba yang kian tajam, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Unique dan Berbeda

Tidak dapat dipungkiri bahwa merk adalah hal yang paling sering dilirik oleh konsumen. Sebagai salah satu contohnya adalah produk jeans yang sudah terkenal di Indonesia, LOGO. “LOGO” adalah merek jeans termuka yang biasanya menjadi pilihan kalangan ekonomi atas. Semakin banyaknya pengagum jeans jenis ini, berjamurlah produk-produk berbau “LOGO” dengan memanipulasi merek agar terlihat sama. Contoh lainnya adalah produk “Tolak Angin”. Bagi para pesaing, merek tersebut juga menjadi inspirasi untuk mengembangkan bisnis mereka sehingga pencetus utama tidak jarang mengalami pergeseran. Untuk mencegah hal demikian, tetaplah menjadi unik dan berbeda. Tonjolkan apa yang membuat waralaba Anda memang pantas dilirik.

  • Tingkatkan Value

Apa yang terbayangkan jika ada yang membicarakan “value”? Jika Anda membayangkan banderol harga tinggi, ini serta merta tidak benar. Maksud value di sini adalah keberhargaan produk waralaba yang Anda tawarkan. Beberapa hal yang mesti diperhatikan adalah nilai fungsional dan emosional. Pada umumnya, nilai fungsional diibaratkan dengan harga dan nilai emosional tidak akan berbicara tentang harga.

Jika orang-orang kebanyakan mengira bahwa produk bermerk dihargai dengan nilai yang tinggi. Sebenarnya tidak begini karena produk bermerk bisa saja menawarkan harga yang sangat terjangkau dengan kualitas yang baik. Inilah yang akan membuatnya lebih berharga. Lebih lagi, keramahan pelayanan yang diberikan, kenyamanan dan keamanan berbelanja akan membuat konsumen terikat secara emosional.

Tindakan yang lebih nyata lagi adalah membuat inovasi yang berbeda. Seperti misalnya adalah menerapkan konsep baru dalam pelayanan jasa seperti salon dengan sentuhan alam, bonus layanan tanpa ada batasan pembelian, dan lainnya. Dalam hal ini, experiental marketing dapat ditekankan.

baca juga

  • Teruslah Melangkah Maju

Jangan kaget bila pesaing Anda akan langsung melirik tajam ketika Anda berhasil melakukan suatu inovasi. Bahkan, bersiaplah jika ide Anda mulai ditiru oleh pesaing. Namun, jangan berhenti sampai di sini. Tiruan yang dilakukan pesaing jangan sampai membuat Anda kebingungan hingga berhenti melakukan inovasi. Teruslah berjuang untuk mendapatkan inovasi-inovasi terbaru yang relevan dengan perkembangan zaman.

baca juga

Editor’s Choices

1000 Ide Bisnis UKM Modal Kecil

Daftar 600 Bisnis Franchise

800 Jenis usaha yang menjanjikan Dengan Modal Kecil

Panduan Bisnis Franchise

500 Master Franchise

Ketika Anda memilih untuk menjalano bisnis waralaba, hal yang harus diperhatikan sebenarnya adalah inovasi bisnis. Mendapatkan nama waralaba bukan berarti bahwa Anda bisa menjalani bisnis dengan tenang karena ingatlah bahwa pesaing selalu berada mengitari Anda.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!