Tips Bisnis UKM

Tips Manajemen Resiko Keuangan Bisnis UKM
Manajemen resiko keuangan untuk setiap jenis bisnis sangat penting untuk menjamin keberlangsungan bisnis.
Seberapapun besarnya dana, manajemen resiko sangat penting untuk memastikan kelangsungan operasional bisnis.
Buat anda, pemilik bisnis ukm, dan belum melakukan persiapan untuk manajemen resiko maka berikut kami berikan beberapa saran untuk memanejemen resiko keuangan.

Konsultasi dengan Ahli Keuangan

Kontrol keuangan perlu dibicarakan dengan ahlinya, terutama ketika hendak membiayai sesuatu yang beresiko.
Misalnya melakukan ekspansi atau pembukaan cabang di luar daerah.
Konsultasi dengan ahli dapat membantu anda menerawang besaran resiko keuangan yang harus dikeluarkan sebelum toko anda beroperasi.
Pastikan bahwa anda benar-benar memilih konsultan keuangan yang mumpuni untuk melihat resiko dan faktor pendorong ekonomi.
Tanyakan kepada konsultan anda tentang semua hal yang berkaitan dengan bisnis anda tanpa terkecuali.
Termasuk dalam hal pembiayaan proyek-proyek baru yang bertujuan mencapai profit yang lebih tinggi.

Buat Dokumentasi Keuangan

Hati-hati dengan setiap pengeluaran dan pemasukan anda.
Agar anda dapat mengnontrol keuangan rumah tangga perusahaan maka sebaiknya anda melakukan dokumentasi keuangan.
Dari dokumentasi ini anda dapat melihat kembali besaran pengeluaran yang sudah anda keluarkan.
Dari data tersebut anda dapat melihat pembiayaan mana yang sebenarnya tidak perlu tapi memakan biaya besar.
Anda juga dapat mengevaluasi apakah besaran biaya yang dikeluarkan sesuai dengan target yang diharapkan.
Pastikan setiap transaksi dilakukan dengan bijak, jangan terlalu cepat membuat keputusan drastis terutama yang menyangkut pembiayaan.

Kendalikan Pemasaran

Mengendalikan strategi pemasaran diperlukan untuk memastikan bahwa transaksi anda sudah fokus ke target pasar yang anda inginkan.
Supaya tujuan pembiayaan modal pemasaran anda tidak sia-sia, maka pastikan seluruh media pemasaran anda sesuai dengan target pemasaran yang anda sasar.
Jika anda menginginkan konsumen dari kaum millenials, maka media pemasaran yang tepat ialah media sosial, bukan koran cetak yang sudah ditinggalkan oleh kaum millenials.
Jika data pengeluaran untuk pemasaran di bidang koran cetak ini masih ada, maka kami sarankan untuk dikurangi.
Kaum millenials lebih banyak bermain di ranah media sosial dan internet, maka pastikan anda beriklan di kedua zona tersebut.
 
 

Pertimbangkan Menyewa Barang-barang Tertentu Daripada Membeli

Menyewa peralatan alih-alih membeli membantu Anda menghindari biaya perawatan.
Di samping itu juga dapat mencegah Anda membayar lebih pada peralatan yang hanya diperlukan untuk jangka waktu tertentu.
Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menyewa ruang kantor Anda, karena itu membuat relokasi dan ekspansi lebih mudah.

Jika Ingin Ambil Pinjaman, Carilah yang Memberi Bunga Kredit Terkecil

Kesalahan yang mudah dilakukan adalah mengambil pinjaman modal di bank yang memberikan bunga kredit yang tinggi.
Anda tidak memilih peminjaman dengan bijak membuat anda terjerumus kepada hutang yang berbunga tinggi.
Untuk UKM, kami sarankan memilih produk KUR dari BRI, yang memberikan bunga rendah.
Anda juga bisa mempertimbangkan yang lain, tapi produk KUR sejauh ini adalah yang terendah, kurang dari 0,9 persen di tahun 2019 ini.
Pertimbangkan untuk mengajukan pinjaman bisnis ketika keuangan Anda masih dalam kondisi yang baik.
Dengan cara ini pinjaman dapat digunakan untuk meningkatkan pemasaran, ekspansi atau sebagai saluran darurat kredit alih-alih sebagai penyelamat operasional.

Pastikan Anda Memiliki Modal yang Cukup

Usaha kecil cenderung tidak memiliki modal yang cukup untuk menjalani fase startup.
Untuk mencegah hal ini, miliki dana sejumlah tiga bulan biaya opersional ditambah jumlah yang Anda harapkan untuk tiga bulan pertama dalam pengeluaran bisnis.
Rencanakan seolah-olah Anda tidak akan menerima keuntungan dari bisnis yang dijalankan dalam jangka waktu setahun.

Jangan Belanjakan Modal Sebelum Waktunya

Jangan mudah tergiur untuk membelanjakan modal.
Terlalu terburu-buru membelanjakan modal akan membuat arus kas anda mengalami pembengkakan.
Demikian tips manajemen resiko keuangan dalam berbisnis di ranah UKM.
Rencana manajemen risiko dapat membantu meminimalkan dampak masalah arus kas, kerusakan sistem pemasaran, dan risiko lainnya.
 

Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Bisnis UKM Salon Anda

Loyalitas merupakan salah satu bentuk penting sebagai basis pelanggan untuk bisnis kecil yang menawarkan layanan pribadi, seperti spa atau salon.
Bahkan loyalitas juga sangat penting untuk bisnis lainnya seperti jasa tour and travel, hotel, layanan pengetikan dan lain sebagainya.
Khusus untuk bisnis salon, loyalitas pelanggan merupakan hal penting untuk mempertahankan profit.
Salon merupakan layanan jasa yang mengandalkan kualitas produk dan layanan.
Jika salah satunya lemah, pelanggan akan memilih untuk mendapatkan layanan perawatan yang lain.
Sebab, perawatan bagi wanita maupun pria adalah hal penting dewasa ini, terutama untuk menjaga agar penampilan tetap prima.
Untuk mendorong loyalitas pelanggan kepada bisnis anda, diperlukan faktor penarik yang kuat.
Berikut beberapa yang mungkin dapat anda terapkan untuk bisnis anda.

Menawarkan Diskon

Cobalah tawarkan diskon sebagai program penarik orang untuk kembali ke salon Anda.
Anda bisa menawarkan diskon untuk setiap potong rambut.
Bisa juga dengan menawarkan potongan harga dengan syarat sudah mencoba produk yang sama beberapa kali.
Anda pun bisa menambahkan diskon pada  layanan manicure dan lain sebagainya.
Tawarkan harga spesial juga kepada pilihan produk paket eksklusif yang dapat anda sediakan agar pelanggan merasa diistimewakan.

Menawarakan Paket Eksklusif

Setiap salon memiliki produk andalannya masing-masing.
Anda bisa meningkatkan jumlah pelanggan loyal anda dengan menawarkan paket eksklusif dengan harga spesial.
Misalnya saja paket eksklusif perawatan rambut, spa, dan facial dijadikan satu dengan harga yang sangat terjangkau.
Maka program ini bisa meningkatkan pelanggan ke salon anda karena mereka bisa mendapatkan tiga layanan sekaligus dalam satu paket eksklusif dan harga yang lebih murah.

Maksimalkan Media Sosial

Facebook sangat bagus untuk memperluas jangkauan Anda ke audiens.
Di samping itu, ada Instagram yang sangat cocok untuk menampilkan jenis layanan yang anda miliki dengan media gambar yang menarik.
Pinterest juga sangat ideal untuk menampilkan visual kegiatna salon anda.
Sedangkan Twitter dapat dijadikan jaringan menggaet pelanggan baru dengan status atau thread tips and trik kecantikan yang anda miliki.
Gunakan media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan anda, ini akan membuat mereka menyadari adanya produk baru.
Di samping itu, anda bisa memperlihatkan profesionalitas dan juga kualitas layanan anda pada pelanggan.

Manajemen Reputasi

Karena kesetiaan sangat penting bagi bisnis Anda yang sedang berlangsung, penting agar reputasi online Anda mencerminkan merek Anda dengan benar.
Tindak lanjuti kualitas layanan anda dengan meminta beberapa figur membuat ulasan.
Anda bisa memunculkan beberapa pengulas salon anda, bahkan jika tidak sekalipun anda harus tetap mempertahankan reputasi kualita salon anda.
Sebab pelanggan bisa menjadi pengulas kualitas produk anda kapan saja lewat media sosial.
Jika anda melakukan kesalahan dengan sengaja maupun tidak di depan pelanggan, hal itu bisa langsung tersebar ke media sosial.
Kondisi ini bisa merusak atau pun meningkatkan reputasi manajemen salon anda.
Maka, berhati-hatilah terhadap reputasi salon, jagalah agar karyawan dan kualitas produk anda tidak berubah.

Layanan Profesional

Jasa salon bukanlah jasa yang main-main karena ini berhubungan dengan penampilan seseorang.
Salon dipercaya dapat membantu mereka tampil lebih baik, seperti lebih bersih, cantik, dan segar.
Jika anda tidak bisa memberikan layanan profesional sampai merusak penampilan pelanggan, anda bisa kehilangan segalanya.
Karena itulah, berikan layanan profesional yang juga dibarengi dengan produk yang berkualitas.
Jangan gunakan sampo, masker, atau pun karyawan abal-abal.
Demikian cara mempertahankan loyalitas pelanggan untuk usaha salon anda.
Semoga sukses!

Tips Pemasaran Bisnis UKM Bidang Layanan Rumah

Membuka bisnis di bidang layanan rumah di tengah-tengah kota yang sibuk bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat.
Profit bisa diperoleh dengan baik ketika memanfaatkan bisnis layanan rumah dengan tepat.
Pasalnya, di kota besar, orang-orang akan sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak dapat mengurus rumahnya sendiri.
Ketika ada masalah dengan ledeng, mereka akan memanggil tukang ledeng, begitu pula dengan listrik dan lain sebagainya.
Mereka akan mempercayakan kepada ahlinya, pada penyedia jasa layanan rumah atau bisa juga reparasi pangilan.

Menjadi Lebih Menonjol

Akan tetapi, pasti ada pertanyaan bagaimana supaya usaha anda menjadi lebih menonjol dibandingkan pesaing?
Tak dapat dipungkiri memang, jasa layanan rumah itu ada banyak jenisnya, ada yang menyediakan jasa desain interior, bersih-bersih rumah, perawatan taman, sampai dengan hanya perawatan kolam renang.
Maka bagaimana memaksimalkan pemasaran jasa layanan rumah ini?

Maksimalkan SEO

Tindakan pertama yang harus anda lakukan di jaman yang serba internet ini adalah membuat internet.
Kemudian, untuk memaksimalkan promosi anda, anda harus memaksimalkan pula penggunaan SEO.
SEO adalah sebuah software mesin pencari di internet yang secara umum membantu sebuah konten terangkat dan dibaca oleh user internet.
Hubungannya dengan pelanggan ialah di jaman sekarang umumnya pelanggan akan mencari jasa layanan rumah yang terpercaya melalui internet.
Baik itu layanan pemeliharaan, pengadaan, maupun hanya sekedar untuk membersihkan rumah.
Pelanggan di jaman digital ini akan mencari jasa yang rekomended melalui internet.
Oleh karena itu, agar jasa anda segera dikenali oleh calon konsumen potensial, kami sangat menyarankan untuk memasimalkan pemasaran dengan SEO.

Pemasaran Email

Dewasa ini, pemasaran digital melalui email memiliki dampak positif untuk perkembangan sebuah usaha.
Marketing ditigal dengan model ini sangat baik untuk digunakan guna memperkenalkan produk anda langsung ke konsumen target anda.
Anda bisa meningkatkan pelanggan profesional dengan cara ini.
Untuk memanfaatkan ini yang harus anda lakukan adalah membuat proposal penawaran kerjasama yang menarik dan mudah dipahami.
Dengan memasarkan produk anda melalui email, anda bisa menjangkau 100 orang sekaligus dalam sekali action untuk memperkanlkan produk layanan rumah anda.
Terlebih, dengan cara ini, anda tidak membuang banyak biaya karena semuanya bisa dilakukan dalam satu waktu dalam satu bentuk proposal yang dikirimkan ke banyak alamat email.
Pastikan email yang anda kirimkan memuat berita penting terkait dengan jasa layanan anda, jangan lupa untuk cantumkan harga dan alamat yang dapat dihubungi di proposal anda.

Maksimalkan Konten Website

Anda memiliki website untuk memasarkan produk anda?
Maka sangat penting bagi anda untuk meningkatkan kualitas konten.
Konten tidak hanya sebuah pelengkap dalam website, melainkan sebuah otoritas penting untuk membangun reputasi jasa anda.
Anda bisa menuliskan produk pembersih apa yang anda gunakan untuk membantu membersihkan rumah klien.
Di samping itu, anda pun bisa menjelaskan alat apa saja yang anda gunakan untuk membantu klien memperbaiki ledengnya yang rusak.
Bisa juga menjelaskan apa saja yang akan anda lakukan untuk membuat desain interior rumah klien nampak indah dan nyaman untuk ditinggali.
Jangan pernah berhenti memaksimalkan kekuatan konten di website anda, semakin banyak keyword yang anda gunakan di konten anda, akan semakin baik.
Demikian cara-cara yang dapat anda maksimalkan untuk memaksimalkan bisnis UKM anda yang bergerak di bidang layanan rumah.
 
 

Tips Sukses Bisnis UKM Makanan dan minuman

Bisnis makanan dan minuman adalah bisnis yang tak lekang oleh waktu.
Ketika semua orang membutuhkan makanan di mana pun berada tak mengherankan jika orang-orang juga tertarik untuk menawarkan makanan dan minuman.
Dengan model bisnis tertentu, tawaran makanan dan minuman ini bahkan bisa populer sampai ke penjuru dunia.
Sampai memiliki pelanggan tetap dan fanatik dengan segala macam menu yang ditawarkan.
Orang-orang bahkan tidak akan komplain dengan harganya yang mahal ketika cita rasa dan sajiannya benar-benar sesuai dengan yang diharapkan.
Bisnis makanan dan minuman di mana pun juga makin mudah dipasarkan sejak adanya jaringan online yang mempermudah pemasaran.
Nah, bagaimana memanfaatkan jaringan online untuk bisnis makanan dan minuman? Cek penjelasan singkat berikut ini.

Pemasaran Via Email

Manfaat utama pemasaran email untuk restoran, bar, dan kafe adalah pengingat yang diberikannya kepada pelanggan potensialnya.
Jangan terlalu jenuh dengan daftar kontak yang sudah anda miliki.
Anda masih bisa memanfaatkan hal ini untuk mempertahankan dan membuat pelanggan anda datang kembali ke restoran, bar, atau kafe anda.
Gunakan email secara bulanan atau dua kali sebulan untuk promosi menu baru, menawarkan kupon hadiah, voucher spesial dan lain sebagainya.
Untuk menjaga agar pelanggan anda tetap menyukai restoran, bar, atau kafe yang anda buka maka jangan terlalu sering untuk memberikan update informasi.
Akan tetapi, juga jangan sampai melupakan pelanggan anda.
Perbaharui pula daftar kontak anda, jika ada yang sudah tidak aktif, maka langsung hapus saja.
Pastikan anda menambah daftar kontak menjadi lebih banyak tidak hanya bertahan dengan daftar yang sudah dimiliki.
Semakin banyak promosi, ada peluang pelanggan baru yang lebih banyak akan berdatangan.

Penargetan Ulang Iklan

Memanfaatkan Jenis iklan bayar per klik dengan Google dapat menarik lebih banyak pelanggan.
Kemas iklan anda dengan fitur gambar atau video menu yang anda andalkan.
Dengan pengemasan gambar dan video menu yang nampak menggiurkan, ini dapat menarik rasa ingin tahu orang-orang yang melihat iklan anda.
Dengan anggaran kecil hanya $ 75 hingga 150 per bulan, anda sudah bisa meraih pelangan dari seluruh dunia.
Cara kerja iklan ini adalah menargetkan kembali pengunjung potensial Anda dengan menunjukkan kepada mereka iklan makanan dan minuman yang anda tawarkan.
Dengan iklan ini, secara langsung juga sudah menggiring orang-orang untuk mengunjungi situs website anda.
Hal ini membuat restoran, bar, atau kafe Anda selalu terdepan di bandingkan yang lain.
 
baca juga
Tips Bisnis Khusus Mompreneur Indonesia
6 Startup Anti-Mainstream
 
Panduan Bisnis Online Terlengkap
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
 
 

Iklan Media Sosial

Ikan juga sebaiknya tidak mengandalkan satu media saja seperti website atau media massa seperti koran.
Di masa digital seperti ini, sangat efektif untuk memanfaatkan Jaringan media sosial untuk menawarkan menu makanan dan minuman ke generasi millenials.
Dalam hal ini instagram, facebook, dan twitter merupakan media yang tepat sebagai alat promosi.
Gunakan Instagram untuk berbagi foto secara real time dan sertakan alat periklanan Facebook untuk meningkatkan jangkauan posting, foto, dan video Anda kepada pelanggan.
Dengan anggaran hanya $ 50 per bulan untuk iklan Facebook, anda sudah bisa menjangkau seluruh pengguna facebook.
Dari sekian banyak pengikut anda di media sosial, pasti akan ada banyak di antara mereka yang tertarik untuk mencicipi menu-menu yang anda tawarkan.
Jangan lupa untuk update informasi setiap hari di media sosial anda.
Sekaligus juga setiap kali ada penawaran menu baru, jangan lupa untuk memasarkannya lewat media sosial.
Maksimalkan ketiga hal di atas untuk penjualan, anda pasti akan memiliki bisnis yang bertahan dalam jangka panjang.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!