Tips Bisnis UMKM Laris di Era Digitalisasi

Tips Bisnis UMKM Laris di Era Digitalisasi

undercover.co.id – UMKM atau usaha mikro, kecil, dan menengah merupakan penyumbang terbesar dari kemajuan ekonomi di Indonesia. Dengan banyaknya bisnis yang ada, diharapkan UMKM ini menjadi bidang usaha yang bisa bertahan di tengah terpaan pandemi dan era digitalisasi.

Tetapi tidak sesuai dengan harapan, berdasarkan data survei, hanya sekitar 9% pelaku usaha UMKM yang memahami teknologi dan mampu memanfaatkannya dengan baik untuk keperluan usaha. Data ini tentu saja cukup mengecewakan dan mengkhawatirkan.

Hal tersebut kemungkinan disebabkan karena kurang meratanya persebaran pendidikan dan teknologi di Indonesia. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan supaya bisnis UMKM anda tetap laris di era digitalisasi:

Membuat berbagai inovasi

Dengan semakin beragamnya dunia bisnis, maka akan semakin sulit membedakan diri di antara para kompetitor jika tanpa inovasi. Inovasi sangat diperlukan untuk meningkatkan promosi dan mengembangkan usaha mengikuti perkembangan zaman.

Ada berbagai aspek yang bisa dikembangkan inovasinya, misalnya kemasan produk, teknik promosi, atau nama produk. Sesuaikan inovasi anda dengan hal-hal yang sedang trend di lingkungan target pasar usaha UMKM anda.

Dengan membuat inovasi yang berguna, usaha anda bisa lebih dikenal dan mudah dibedakan dari saingan anda. Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu untuk menganalisis kebutuhan pasar.

Membuat website

Website merupakan salah satu jenis media online yang menjadi rujukan masyarakat Indonesia untuk mencari informasi. Melalui website, anda bisa mempromosikan usaha UMKM anda dengan lebih efektif.

Anda bisa menggunakan teknik SEO atau juga membeli iklan untuk promosi. Di era digitalisasi seperti saat ini, tidak ada salahnya juga mengalihkan anggaran promosi offline usaha anda menjadi promosi online.

Website anda bisa menjadi citra utama usaha UMKM anda yang akan dilihat masyarakat, sehingga usahakan membuat dan menghiasnya dengan rapi. Anda juga bisa memanfaatkan kolom komentar untuk berinteraksi dengan konsumen.

Memanfaatkan berbagai media sosial

Selain website, ada juga berbagai jenis media sosial yang bisa anda manfaatkan. Beberapa yang terkena diantaranya adalah Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Whatsapp, dan Line.

Anda bisa menyesuaikan strategi promosi melalui media sosial yang sesuai dengan target pasar anda. Misalnya anda menyasar kalangan anak muda, maka lebih baik anda promosi melalui Instagram atau Twitter yang banyak diisi anak muda.

Melalui media sosial anda bisa menerapkan berbagai jenis inovasi teknik promosi yang menarik. Anda juga bisa berinteraksi dengan para pelanggan dengan lebih dekat.

Meningkatkan berbagai promosi menarik

Potongan harga dan juga pemberian bonus tentunya dapat menarik minat lebih banyak pelanggan. Setelah memulai bisnis melalui plaltform digital, anda bisa mulai menghitung pengurangan biaya yang memungkinkan untuk memberikan berbagai penawaran yang menarik bagi pelanggan.

Di era pandemi seperti sekarang ini, banyak orang dan pelaku usaha yang beralih ke dunia serba online. Tidak ada salahnya juga jika anda lebih banyak mengalokasikan anggaran usaha UMKM anda ke arah promosi online, sehingga bisa memberikan lebih banyak potongan harga dan penawaran menarik.

baca juga

    Manfaatkan SDM (Sumber Daya Manusia)

    Bagi para pelaku usaha UMKM yang belum terlalu paham teknologi atau berbagai teknik pemanfaatannya, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk merekrut karyawan. Karyawan-karyawan muda dan penuh ide bisa menjadi pilihan untuk membantu promosi usaha anda.

    Untuk menghandle digital marketing tidak membutuhkan banyak orang. Jika bisnis UMKM belum terlalu besar cukup satu orang untuk setiap media online seperti website, Facebook, dan Instagram.

    Karyawan-karyawan muda juga bisa membantu dengan memberikan inovasi dan ide seputar teknik promosi yang efektif. Mereka juga bisa memberikan pandangan seputar kebutuhan pasar yang sesuai di sekitar lingkungan mereka.

    Leave a Reply

    7 − one =

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!