Tips Memulai Bisnis Rumahan

Cukup banyak pegawai kantoran yang sebenarnya sudah mulai bosan dengan pekerjaan yang digelutinya dan ingin memulai bisnis rumahan, tapi masih merasa takut untuk berhenti dari pekerjaannya.
 
Perasaan takut tersebut disebabkan oleh berbagai alasan, seperti takut kehilangan gaji sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup, takut tidak memiliki kemampuan berwirausaha, dan sebagainya.
 
Perasaan takut tersebut sebenarnya merupakan hal yang wajar. Namun jangan sampai menghalangi panggilan hati untuk berhenti dari tempat kerja yang dirasakan mulai tidak nyaman serta mencoba menekuni profesi yang baru sebagai pengusaha.
 
Terlebih untuk memulai bisnis rumahan bukan hal yang sulit, jika Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini.
 

Mental yang Kuat dan Pantang Menyerah

Saat memutuskan untuk berhenti menjadi pegawai kantoran, sadari bahwa Anda sudah tidak lagi menerima gaji bulanan.  Untuk itu Anda harus berjuang sekuat tenaga agar dapat meraih sukses melalui bisnis yang Anda jalankan.
 
Mental yang kuat dan sikap pantang menyerah harus mengiringi langkah Anda sebagai seorang pengusaha, karena dalam bisnis hanya ada dua kemungkinan yaitu gagal dan berhasil.
 
Jangan pernah merasa takut untuk gagal dan jangan mengungkapkan kegembiraan secara berlebihan pada saat berhasil, karena jatuh bangun bakal mewarnai perjalanan bisnis Anda.
 

Belajar Managemen dan Administrasi

Saat memulai bisnis rumahan cobalah untuk belajar memanage usaha dan mengelola administrasi. Belajar tentang managemen dan administrasi yang dimaksud tidak seperti belajar di bangku sekolah atau bangku kuliah.
 
Tapi cenderung ke hal-hal yang bersifat praktis dan berhubungan langsung dengan bisnis yang Anda tekuni. Karena itu tidak terlalu sulit untuk dipahami dan dipraktikkan, meski juga tidak bisa dibilang mudah.
 
Belajar memanage usaha penting untuk dilakukan agar Anda dapat mengendalikan usaha dengan baik. Begitu juga dengan mempelajari administrasi, akan bermanfaat untuk mencatat arus keuangan, sehingga keluar masuknya uang dapat terkontrol.
 
Jangan pernah menganggap remeh pengetahuan tentang managemen dan administrasi ini, karena keduanya merupakan pondasi bagi kelangsungan bisnis Anda.
 

Pelayanan Terhadap Konsumen

 
Pada saat menjadi pegawai, melempar senyum dan bersikap ramah boleh saja hanya dilakukan pada saat-saat tertentu, tapi tatkala memulai bisnis rumahan sikap ramah tersebut wajib Anda lakukan setiap saat terutama ketika melayani konsumen.
 
Kualitas produk dan jasa memang menjadi salah satu ukuran dari suksesnya sebuah bisnis. Namun hal tersebut masih belum cukup jika tidak disertai dengan pelayanan yang baik. Oleh sebab itu, pelajari tipe-tipe konsumen agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik.
 

Pikirkan Perkembangan Usaha

 
Jangan pernah puas dengan hasil yang telah dicapai, karena jika sudah merasa puas, maka bisnis Anda akan berjalan di tempat tanpa ada upaya pengembangan atau memperlebar sayap usaha.
 
Padahal dalam dunia bisnis fluktuasi menjadi hal yang pasti dan pasang surutnya usaha menjadi hal yang biasa. Ketatnya persaingan dapat membuat bisnis yang telah mapan dapat hancur dalam sekejap mata.
 
Oleh sebab itu pikirkan perkembangan usaha dengan menangkap peluang yang ada dan merealisasikannya untuk meningkatkan bisnis yang Anda jalankan.
 
Jangan lupa menyisikan sebagian keuntungan yang diperoleh untuk ditabung karena tabungan tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan usaha.
 
baca juga
Tips Membangun Jaringan Bisnis
Cafe “Suwe Ora Jamu”
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
 

Berkonsultasi pada Ahlinya

 
Karena Anda baru memulai bisnis rumahan, maka jangan malu untuk bertanya dan berkonsultasi pada ahlinya atau kepada siapa saja yang lebih mengerti terkait usaha yang Anda jalankan.
 
Dengan banyak bertanya dan belajar pada mereka yang lebih mengerti, setidaknya Anda dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan yang dapat berakibat pada kegagalan dalam menjalankan bisnis. (*)
 

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!