Tips Meng-upgrade Packaging

LSI

Di masa pandemi COVID-19 yang tidak tahu kapan akan berkhir ini, para pelaku industri tentunya mau tidak mau harus memikirkan cara untuk mengikuti perkembangan dan memastikan packaging produk mereka tetap aman dari ancaman virus.

Ditambah dengan larangan berkumpul dan imbauan untuk physical distancing, semakin banyak konsumen yang memilih berbelanja online, sehingga penting untuk meng-upgrade packaging supaya lebih efektif dan efisien.

Berikut adalah beberapa dampak pandemi terhadap industri packaging:

Perubahan perilaku konsumen

Dulu, konsumen biasa membeli barang langsung di toko secara offline, sekarang banyak orang yang beralih menjadi pembeli online, sehingga selain display packaging yang menarik, pihak produsen juga harus memikirkan tentang packaging produk selama proses pengiriman hingga sampai ke tangan pembeli.

Terkadang bahkan banyak produsen yang harus mengurangi jumlah packaging produk karena proses pengiriman yang tidak bisa sekaligus banyak. Ini tentunya sangat butuh sistem packaging baru yang lebih efektif dan efisien.

Packaging harus memenuhi protokol kesehatan

Dengan banyak informasi yang beredar seputar karakteristik dan cara penularan, para konsumen pun menjadi lebih waspada dengan packaging produk yang datang. Karena virusnya tidak terlihat, pihak produsen juga harus memikirkan cara untuk melakukan packaging produk dengan aman dan bersih dari virus, sehingga tidak membahayakan konsumen.

Penting bagi produsen untuk mempertimbangkan mengganti packaging produk-nya menjadi material yang lebih aman atau menambah packaging ekstra lagi di luar packaging yang sudah ada.

Pilihan yang biasanya dipilih adalah dengan menutup erat produk supaya tidak terkontaminasi material dari luar, selain itu proses packaging juga diusahakan mematuhi protokol kesehatan sehingga tetap bersih dan aman dari virus.

Dampak terhadap lingkungan

Dengan semakin banyaknya inovasi packaging, dampak lingkungan yang diakibatkan juga bisa jadi bertambah, apalagi banyak pelaku industri yang memilih menambah material packaging-nya sehingga dapat membuang semakin banyak sampah yang mencemari lingkungan.

Dua opsi yang bisa dipilih adalah, menggunakan material packaging yang mudah terurai di alam atau memilih material packaging yang bisa didaur ulang. Selain itu, jika tidak memungkinkan, bisa juga diusahakan dengan memaksimalkan proses packaging dan distribusi sehingga bisa mengurangi sebanyak mungkin energi, bahan bakar, dan polusi yang dihasilkan.

Berikut adalah beberapa jenis teknik packaging yang bisa dipilih untuk packaging produk yang aman selama pandemi COVID-19:

Overwrapping

Teknik overwrapping berarti men-double wrap yang membungkus produk. Ini bisa menjamin keamanan produk dan melindungi produk dari kontaminasi material lain dari luar.

Teknik packaging ini juga bisa menjamin kebersihan produk di dalam pembungkus luar.

Vacuum packaging

Ini adalah teknik baru dalam industri packaging. Teknik vacuum packaging ini berarti mengurangi jumlah oksigen di dalam kemasan packaging produk sehingga bisa membantu memperpanjang masa daya tahan produk, terutama untuk produk yang perlu dijaga kesegarannya seperti sayur-sayuran.

Produk di dalam packaging jenis ini juga tentunya akan aman dari kontaminasi virus dari luar.

baca juga

    Shrink wrapping

    Teknik shrink wrapping adalah teknik packaging menggunakan shrink film yang dapat menyusut mengitari produk. Shrink film akan menyusut membungkus produk dengan erat dan tersegel dengan baik, sehingga tidak perlu khawatir ada kontaminasi virus dari luar.

    Harga bahan shrink film juga cukup terjangkau sehingga bisa membantu industri-industri kecil. Selain teknik shrink wrapping juga bisa diaplikasikan dengan cepat bisa menghemat waktu proses packaging.

    Salah satu yang terkenal menjual distributor produk stretch film dan shrink film berkualitas tinggi dengan harga murah adalah Multi Kemas Plastindo (MKP) . Perusahaan ini memiliki banyak jenis pilihan packaging seperti PE, POF, PVC, dan plastic packaging lainnya.

    Alamat: Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

    Phone: (022) 751 4190

    Leave a Reply

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh