Tips Sukses Membuka Bisnis Belanja Online

Meningkatnya aktifitas e-commerce bisa dijadikan indikator semakin bertambah banyaknya masyarakat selaku konsumen yang tertarik untuk melakukan aktifitas jual beli dengan sistem online.
 
Peningkatan jumlah konsumen yang berbelanja dengan  menggunakan sistem daring ini sudah barang tentu menarik perhatian para pengusaha untuk membuka bisnis belanja online. Tidak heran jika kemudian online shop dan website yang memfasilitasi aktifitas jual beli semakin menjamur.
 
Disinilah kontradiksi muncul dan dirasakan oleh para pengusaha. Disatu sisi meningkatnya jumlah konsumen e-commerce menjadi sebuah peluang yang tidak boleh dilewatkan begitu saja, tapi di sisi lain harus berhadapan dengan kompetitor yang dari waktu ke waktu juga terus bertambah.
 
Menghadapi fenomena tersebut, bagi pengusaha yang ingin berkembang sudah barang tentu merupakan tantangan tersendiri. Artinya, meningkatnya jumlah konsumen e-commerce harus  disikapi dengan ikut serta meramaikan pasar bisnis daring dan tidak perlu pesimis dengan persaingan yang semakin ketat.
 
Namun di sisi lain, sebelum membuka bisnis belanja online juga harus terlebih dahulu memahami tips-tips untuk bisa sukses berjualan dengan memanfaatkan fasilitas internet.
 

Bergabung di Berbagai Marketplace

Berbagai jenis e-commerce dapat dengan mudah ditemui di wahana jual beli online di Indonesia, mulai dari C2C (Customer to Customer), B2B (Bussiness to Bussiness), B2C (Bussiness to Customer) serta B2B2C (Bussiness to Bussiness to Customer).
 
Semua jenis e-commerce tersebut terbuka bagi para pengusaha untuk memasarkan produknya. Sehingga menjadi peluang yang tidak boleh dilewatkan oleh siapapun yang ingin sukses menjalankan bisnis belanja online, karena untuk memasarkan produk melalui berbagai jenis e-commerce tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.
 
Semakin banyak Anda bergabung dan memajang produk di website e-commerce, semakin banyak pula peluang produk Anda untuk dilihat calon konsumen, karena tidak semua pengunjung di situs A, juga mengunjungi situs B, C, D serta yang lain, begitu juga sebaliknya.
 
Sebagai contoh, mereka yang membuka website bukalapak, belum tentu membuka Lazada, Tokopedia, Shopee, serta marketplace yang lain. Begitu juga sebaliknya, mereka yang membuka Lazada belum tentu membuka Tokopedia atau  mereka yang membuka Tokopedia belum tentu membuka Lazada atau Bukalapak.
 

Memiliki Online Shop atau Website Pribadi  

Selain memasarkan produk lewat sejumlah website e-commerce, untuk sukses menjalankan bisnis belanja online usahakan memiliki online shop atau website pribadi. Tujuannya banyak, selain agar bisnis Anda terlihat profesional dan kredibel di mata calon konsumen juga untuk menunjang penjualan.
 
Calon konsumen yang melihat dan tertarik pada produk Anda yang dipajang di situs e-commerce bisa diarahkan ke website pribadi Anda melalui link yang ditanamkan di website e-commerce tersebut.
 
Begitu calon konsumen mengklik link dan diarahkan ke laman website pribadi Anda, mereka tidak hanya akan menjumpai satu jenis produk Anda sebagaimana yang dilihat di situs e-commerce, tapi semua jenis produk yang Anda pasarkan, sehingga kemungkinan untuk membeli produk Anda yang lain terbuka lebar.
 
Melalui website pribadi, Anda juga lebih leluasa dalam menginformasikan dengan lebih detail produk-produk yang Anda jual. Selain itu konsumen juga lebih mudah dalam membangun komunikasi dengan Anda melalui fitur chat yang tersedia di website.
 

Bergabung dengan Group dan Forum

Selain menawarkan produk di berbagai situs e-commerce, jika ingin sukses menjalankan bisnis belanja online Anda juga harus bergabung dengan banyak group dan forum yang sesuai dengan market dari produk yang Anda jual.
 
Jika yang dijual produk makanan bergabunglah dengan group dan forum tentang kuliner. Usahakan untuk terlibat aktif di group dan forum tersebut. Gali informasi tentang trend yang sedang berkembang dan dibutuhkan pasar seputar kuliner sambil sesekali mempromosikan produk dan menggiring anggota group dan forum untuk berkunjung ke online shop pribadi Anda.
 
Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi
Maraknya penggunaan media sosial membuat sosmed menjadi sarana yang potensial untuk mempromosikan produk. Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk kampanye produk, karena promo di medsos relatif murah bahkan hanya bermodal kuota data.
 
Sosial media tidak hanya efektif untuk mempromosikan produk, tapi juga dapat dipakai untuk menjalin komunikasi dan membangun kedekatan dengan para konsumen. Karena itu salah satu kunci sukses dari bisnis belanja online adalah dengan aktif di media sosial.
 

Pengiriman Produk dan Sistem Pembayaran

Bukan hanya kualitas produk yang sesuai dengan ekspektasi konsumen yang membuat bisnis belanja online meraih sukses, tapi juga kemudahan dalam pembayaran dan kecepatan serta ketepatan dalam pengiriman barang.
 
Itu sebabnya permudah konsumen dalam melakukan pembayaran dengan tidak hanya menyediakan fasilitas pembayaran dalam bentuk transfer atau internet banking tapi juga melalui metode pembayaran yang lain.
 
 
baca juga
 
Tips Mengatur Keuangan Perusahaan
Tips Memulai Bisnis Rumahan
1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu
 
 
Begitu juga dengan pendistribusian barang, jalin kerjasama dengan perusahaan ekspedisi yang kredibel agar barang yang Anda kirim ke konsumen dapat datang tepat waktu dalam kondisi yang sempurna tanpa ada kerusakan.
 
Demikian tips sukses membuka bisnis belanja online yang bisa Anda aplikasikan untuk menjual produk-produk Anda dengan memanfaatkan fasilitas internet. (*)
 

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!