Toefl Prediction Test Lister Co Id

SEO UNDERCOVER CO ID 43

Bahasa Inggris sering menjadi syarat utama untuk memperoleh beberapa hal. Misalnya dalam pendidikan.

Dalam bidang pendidikan, untuk masuk dan kaluar dari sebuah perguruan tinggi sertifikasi bahasa inggris hukumnya adalah wajib.

Tidak hanya itu, jika kita ingin mencari beasiswa, melamar pekerjaan ataupun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bahasa inggris juga sangat penting.

Seringkali bahkan hampir semua instansi meminta kita untuk melampirkan skor kemampuan bahasa inggris kita sebagai syarat administrasi.

Bah, untuk itu tersedia banyak sekali lembaga sertifikasi bahasa inggris yang menyediakan tes bahasa inggris tersebut.

Tes bahasa inggris yang digunakan untuk menjajaki dan menilai kemampuan bahasa inggris secara umum disebut TOEF (Test of English as Foreign Language).

Pentingnya sertifikasi bahasa inggris ini membuat tes TOEFL ini banyak dilakukan oleh sebagian banyak orang. Bahkan rela mengulang berkali-kali untuk mendapatkan skor standard.

Pentingnya Melakukan Toefl Prediction Test

Seringkali bagi sebagian orang terlalu percaya diri dengan kemampuan bahasa inggrisnya sehingga merasa tidak perlu mempelajari tes TOEFL prediction terlebih dahulu.

Terdapat juga mungkin yang tidak ingin repot dan hanya mengandalkan keberuntungan terhadap tes yang akan mereka jalankan agar mendapatkan skor tes yang diinginkan.

Hal ini membuat banyak orang akhirnya tidak mendapatkan skor tes yang diinginkan yang sesuai dengan standard.

Belajar itu perlu sebelum kita melakukan tes. Misalnya tentu ketika kita tidak pernah belajar cara naik sepeda motor, kita tidak akan bisa lolos tes untuk naik sepeda motor.

Begitu juga dalam hal bahasa inggris. Sehingga dalam hal ini, selain banyak lembaga yang menyediakan tes TOEF, banyak juga yang sekarang sudah menyediakan Toefl Prediction Test.

Toefl Prediction Test adalah tes yang digunakan untuk mengetahui perkiraan kemampuan bahasa inggris kita.

Tes ini seringkali disebut simulasi tes, sebelum dilakukannya tes yang sebenarnya. Atau kalau kita gunakan bahasa Ujian Nasional, ini adalah semacam Try Out.

Tes ini memiliki struktur dan bentuk tes yang mirip dengan tes TOEFL sebenarnya dengan tingkat kesulitan yang setara dengan yang diujikan ketika tes TOEFL.

Nah, karena tes prediksi ini hanyalah sebuah simulasi, maka hasil tesnya meskipun seringkali bisa digunakan tetapi hanya untuk keperluan terbatas saja.

Misal syarat wisuda di beberapa perguruan tinggi tertentu, mendaftar kerja di dalam negeri dan juga untuk mendaftar CPNS. Untuk kebutuhan skala internasional tentu perlu sertifikat TOEFL resmi.

Struktur Dan Bentuk Toefl Prediction Test

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Toefl Prediction Test ini memiliki struktur dan bentuk yang mirip dengan tes TOEFL yang resmi.

Struktur dan bentuk tersebut antara lain terdiri dari listening, structure dan juga reading.

  1. Listening

Bagian pertama dari tes toefl adalah listening. Tes ini bertujuan untuk melihat kemampuan kita dalam menangkap percakapan dalam bahasa inggris.

Sehingga kita akan didengarkan beberapa percakapan singkat dari native Bahasa Inggris dan kemudian diminta untuk menjawab berbagai pertanyaan berdasarkan percakapan tersebut.

Kalau kita tidak pernah memiliki pengalaman bercakap-cakap dengan bahasa inggris tentu mengerjakan tes ini akan sangat kesulitan.

Sehingga, perlu berulangkali berlatih untuk mendengarkan percakapan dalam bahasa inggris dengan seksama dengan intensi yang juga tinggi agar kita lebih mudah untuk mencerna dan memahaminya.

  • Structure

Bagian selanjutnya adalah structure. Mungkin untuk sebagian orang yang sudah merasa percaya diri dengan kemampuan bercakap-cakap dengan bahasa inggris mereka akan terganjal di tes ini.

Hal ini dikarenakan kemampuan bahasa inggris yang ingin di lihat di TOEFL tidak hanya kemampuan dalam conversation, atau bercakap-cakap dengan bahasa keseharian saja.

Tetapi lebih dari itu adalah kemampuan untuk memahami grammer dalam bahasa inggris. Atau istilah mudahnya tes ini adalah tes EYD dalam bahasa inggris.

Tes grammatical ini tentu tidak bisa disepelekan, karena banyak struktur kata atau kalimat dalam bahasa inggris yang perlu kita pahami sebelumnya.

Selain itu kita juga perlu memahami berbagai perubahan kata dalam kalimat dalam setiap penggunaan di sebuah kalimat sesuai dengan konteks kejadian.

Misalnya saja contoh soal untuk menanyakan suatu hal yang akan terjadi di masa yang akan datang, dalam kalimat:

When…………the meeting?

  1. The manager attended
  2. Did the manager attend
  3. The manager will attend
  4. The manager’s attendance

Nah, dari pertanyaan tersebut kita diminta mengisi sebuah kalimat pertanyaan sesuai dengan konteks kejadiannya.

Di mana setiap pilihan jawaban dibawah nya semuanya adalah benar tetapi pada konteks kejadian tertentu.

sehingga kita diminta untuk memilih jawaban paling benar sesuai kejadian when atau kapan sebuah meeting terjadi.

Artinya pertanyaan when atau kapan ini akan merujuk kepada sebuah peristiwa yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Dan kalimat tanya yang diawali dengan 5W+1H pasti akan diiringi dengan kata sambung setelahnya, bukan subject (dalam hal ini manager).

Maka jawaban yang paling benar adalah B yaitu: Did the manager attend sehigga jika disatukan dalam sebuah kalimat utuh akan menjadi When Did the manager attend the meeting?

  • Reading

Bagian terakhir dalam tes TOEFL adalah untuk mengukur kemampuan peserta dalam membaca dan memahami teks.

Sehingga soalnya akan terdiri dari teks bacaan yang panjang untuk kita baca dan kita pahami. Setelah itu kita akan disuguhkan berbagai pernyataan yang relate dengan bacaan tersebut.

Semakin tinggi skor yang kita dapat dalam bagian ini maka semakin tinggi pula kemampuan kita dalam membaca dan memahami sebuah teks atau cerita tertentu.

Kita juga biasanya akan diberikan berbagai pertanyaan untuk menemukan synonim ataupun antonim dari sebuah kata tertentu.

Hal ini tentu akan sangat susah ketika pemahaman dan penguasaan kosa kata kita terbatas dalam bahasa inggris.

baca juga

Contoh Soal untuk Reading Section Toefl Prediction Test

Nah, untuk contoh soal reading section mungkin bisa kita lihat dalam bacaan ini:

Awarded the Nobel prize for physics in 1918, German physics Max Planck is best remembered as the originator of the quantum theory.

He had developed a theory which depended on a model of matter that seemed very strange at the time. The model required the emission of electromagnetic radiation in small chunks or particles. These particles were later called quantums.

The energy associated with each quatum is measured by multiplying the frequency of the radiation, v, by a universal constant, h. Thus, energy, or E, equals hv. The constant, h, is known as Planck’s constant. It is now recognized as one of the fundamental constant of the world.

Throughout his life, Planck made significant contributions to optics, thermodynamics and stastistical mechanics, physical chemistry, and other fields.

In which of the following fields did Max Planck NOT make a significant contribution?
a) Optics
b) Thermodynamics
c) Stastistical mechanics
d) Biology

Setelah disuguhi bacaan yang cukup panjang, kita diminta untuk menjawab pertanyaan di atas yang kurang lebih menanyakan kontribusi Max Plank di berbagai bidang keilmuan dengan kalimat negatif.

Artinyabidang apa yang Max Plank tidak berkontribusi di dalamnya? Maka sesuai dengan bacaan di atas jawabannya adalah D, yaitu biologi.

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh