Ciri-ciri Website Toko Online Berkualitas

Ciri-ciri Website Toko Online Berkualitas
Jasa

UNdercover.co.id – Toko Online Berkualitas , Penyedia jasa pembuatan website toko online yang profesional pasti memberikan pelayanan yang terbaik untuk setiap kliennya. Dengan kata lain, tim developer mereka tidak akan sembarangan membuatkan website toko online untuk para kliennya. Mereka akan bekerja dengan memerhatikan ciri-ciri website toko online yang berkualitas.

Seperti diketahui, di era teknologi ini, ada banyak orang yang tertarik untuk membuat website toko online sendiri. Hal ini tidak terlepas dari manfaat yang bisa didapatkan pemilik website toko online itu sendiri. Salah satunya, pemilik dapat dengan leluasa mengelola website toko online sepenuhnya.

Di sisi lain, website toko online juga memiliki ragam fitur yang dapat memudahkan proses transaksi jual-beli secara online. Ragam fitur ini, tentunya, tidak dapat ditemukan di ‘wadah-wadah’ bisnis online lainnya seperti media sosial: Instagram, Facebook dan WhatsApp. Ya, media sosial memang memiliki fitur unggulan sendiri tapi terbatas dan tidak sebanyak yang dimiliki website toko online.

Membuat website toko online tidaklah mudah. Kami rekomendasikan Anda untuk menggunakan jasa pembuatan website toko online yang profesional. Dengan menggunakan jasa mereka, Anda bisa memiliki website toko online yang berkualitas dan user friendly.

Lantas, seperti apa sih ciri-ciri website toko online yang berkualitas?

Ciri-ciri Website Toko Online Berkualitas

Setidaknya ada tujuh ciri website toko online berkualitas yang menjadi patokan tim developer saat bekerja. Di antaranya sebagai berikut:

1. Mobile Friendly

Sebagian besar orang Indonesia, menurut hasil riset terbaru, mengakses internet melalui smartphone atau perangkat mobile, termasuk melakukan pembelian online. Hal ini dikarenakan mengakses internet dengan perangkat mobile dianggap lebih mudah, praktis dan simpel dibandingkan dengan perangkat desktop seperti laptop dan komputer.

Oleh karenanya, website toko online harus mobile friendly. Apa itu mobile friendy?

Sederhananya, Toko Online Berkualitas yang mobile friendly berarti tampilannya dapat menyesuaikan ukuran layar smartphone. Jadi, jika Anda membuka website toko online itu via desktop maka tampilannya akan mengikuti ukuran layar desktop. Sementara itu, jika Anda mengakses website toko online itu via smartphone maka tampilannya (juga) akan mengikuti ukuran layar smartphone yang lebih kecil dari desktop.

Toko Online Berkualitas mobile
Toko Online Berkualitas

2. Ada Fitur Pencarian, Filter dan Kategori

Ciri website toko online berkualitas berikutnya adalah adanya fitur pencarian, filter dan kategori. Ketiga fitur ini adalah satu kesatuan yang tidak boleh ‘disingkirkan’ salah satunya. Ya, website toko online belum bisa dikatakan berkualitas jika hanya menggunakan fitur pencarian dan filter, tanpa disertakan fitur kategori.

Adapun manfaat fitur pencarian, filter dan kategori adalah untuk memudahkan pengunjung menemukan produk yang diinginkan. Apalagi jika website toko online Anda menjual produk yang sangat banyak dan bervariasi.

3. Keamanan Terjamin

Siapa sih yang ingin data pribadi kita dicuri dan disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab? Siapa saja sudah pasti tidak ingin hal itu terjadi.

Seperti yang kita ketahui bersama, Toko Online Berkualitas pada umumnya mengharuskan pengunjung memberikan data pribadinya berupa nama, nomor telepon, email, alamat hingga nomor rekening atau e-wallet. Nah, pemilik website toko online harus menjamin keamanan semua data pribadi pengunjung.

Oleh karena itu, penyedia jasa pembuatan website toko online yang profesional biasanya merekomendasikan penyertaan sertifikat SSL atau yang lebih dikenal dengan website https. Website https dipercaya dapat memberikan keamanan data karena sudah terenkripsi dibandingkan dengan website http.

4. Informasi Lokasi Toko

Masih banyak website Toko Online Berkualitas yang tidak menyertakan informasi keberadaannya dengan alasan hanya berjualan secara online. Padahal, informasi terkait keberadaan bisnis menjadi salah satu ciri website toko online yang berkualitas.

Jika memang Anda hanya berjualan secara online, Anda bisa memasukkan alamat rumah atau domisili. Namun, jika Anda memiliki toko offline, maka masukkanlah alamat toko offline tersebut. Sertakan juga Google Maps untuk memudahkan pengunjung website Anda mengetahui keberadaan toko real Anda.

Informasi lokasi toko sangat penting bagi pengunjung website toko online. Rasa percaya pengunjung akan semakin meningkat jika mengetahui lokasi bisnis secara real. Oleh karenanya, tampilkan informasi lokasi toko ini di homepage ya!

5. Informasi Detail Produk

Seperti diketahui, jualan secara online memiliki kelemahan, salah satunya adalah konsumen tidak bisa melihat atau bahkan menyentuh barang yang hendak dibelinya. Dengan kata lain, konsumen hanya bisa melihat foto atau video barang tersebut.

Oleh karenanya, sebagai pemilik website Toko Online Berkualitas , Anda harus menampilkan foto produk secara jelas. Jangan lupa untuk memberikan deskripsi produk yang (juga) harus jelas agar konsumen mengetahui informasi penting terkait produk tersebut.

Sebagai tips, Anda sebaiknya memasukkan foto produk asli di dalam website toko online. Hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya konsumen terhadap website toko online Anda. Selain itu, foto produk asli juga bisa menghindari barang yang sampai ke alamat pembeli tidak sesuai pesananan.

Toko Online Berkualitas
Toko Online Berkualitas

6. Check Out as Guest

Kebanyakan orang menyukai hal-hal yang praktis dan cepat, tak terkecuali untuk urusan belanja di website toko online. Oleh karenanya, keberadaan fitur check out as guest menjadi ciri penting website toko online yang berkualitas. Apa itu check out as guest?

Ada beberapa website Toko Online Berkualitas yang mengharuskan melakukan registrasi atau login terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian barang. Nah, jika website toko online menggunakan fitur check out as guest, pembelian barang yang dilakukan oleh konsumen tidak harus login terlebih dahulu. Dengan begitu, proses pembelian barang bisa dilakukan dengan praktis dan cepat.

7. Fitur Email Report Otomatis

Masih banyak website toko online yang tidak menggunakan fitur email report otomatis. Padahal, fitur ini memiliki banyak manfaat bagi konsumen. Apa saja manfaat yang dimaksud?

Email report otomatis bisa digunakan untuk konfirmasi pembelian yang dilakukan oleh konsumen dan mengirimkan resi barang yang dibeli. Adapun bagi pemilik, email report otomatis dapat difungsikan untuk memberitahukan hal-hal baru yang ada di website toko online Ada. Misalnya, Anda memiliki produk baru yang lagi diburu banyak orang. Anda bisa mempromosikan produk baru itu via email report otomatis.

8. Customer Service

Tentunya, keberadaan customer service juga menjadi salah satu dari ciri-ciri website toko online yang berkualitas. Mengingat keberadaan customer service sangat dibutuhkan bagi konsumen untuk mengajukan komplain atau menanyakan sesuatu terkait akses website toko online yang bersangkutan.

Sebagai tips, customer service hendaknya dilakukan dengan baik, sopan dan ramah serta fast respons. Hal ini bertujuan agar konsumen merasa dilayani dengan profesional oleh Anda.

Itulah ciri-ciri website toko online yang berkualitas. Jika Anda memutuskan membuat website toko online sendiri, ciri-ciri di atas bisa Anda jadikan acuan untuk pembuatan toko online yang berkualitas. Namun, jika Anda menggunakan jasa pembuatan website toko online yang profesional, Anda tidak perlu mengingatkan ciri-ciri di atas kepada tim developer karena mereka sudah pasti memahaminya.

baca juga

Toko Online Berkualitas

7 Keuntungan Memiliki Website yang Responsive

Setiap penyedia jasa pembuatan website Jakarta profesional pasti merekomendasikan website yang responsive untuk kliennya. Apa itu website yang responsive? Dan, apa keuntungannya memiliki website yang responsive?

Mungkin Anda pernah mengakses sebuah website dengan tampilan menarik di desktop atau laptop. Kemudian, Anda juga mencoba mengakses website tersebut via perangkat mobile atau smartphone. Ternyata, tampilannya juga menarik dan rapi alias tidak berantakan. Nah, website tersebut adalah salah satu contoh website yang responsive.

Website yang responsive akan memberikan rasa nyaman kepada pengunjung. Pengunjung juga akan menilai pengelola atau pemilik telah mengelola website-nya dengan profesional. Website yang responsive juga dapat meningkatkan brand awareness bisnis lho serta baik di mata Google.

Keuntungan Memiliki Website yang Responsive

Nah, di bawah ini kami jelaskan secara detail 7 keuntungan memiliki website yang responsive, terutama bagi kemajuan bisnis online. Simak dengan saksama ya!

1. Mudah Diakses Berbagai Perangkat

Kemajuan teknologi telah berkontribusi besar terhadap lahirnya sejumlah perangkat yang memiliki karakteristik berbeda, termasuk dalam hal ukuran layar. Sebut saja laptop, tablet dan smartphone, semuanya memiliki ukuran layar yang berbeda, kan?

Oleh karenanya, setiap website dituntut untuk responsive terhadap semua perangkat yang ada. Jika Anda memiliki website yang responsive, website tersebut akan menyesuaikan tampilan sesuai dengan ukuran layar perangkat yang digunakan oleh pengunjung.

Untuk diketahui, saat ini, mayoritas orang menggunakan perangkat mobile atau smartphone untuk mengaskses internet. Menurut hasil riset terbaru, sebanyak 53,9 persen pengunjung e-commerce berasal dari perangkat mobile.

Jadi, jika website Anda hanya friendly bagi perangkat desktop, sangat mungkin website Anda bakal terdepak oleh website kompetitor yang sudah mobile friendly. Pastinya, Anda tidak ingin hal itu terjadi, kan!

2. Pengguna Merasa Nyaman

Website yang mudah diakses oleh berbagai perangkat akan membuat pengunjung merasa nyaman. Ya, pengunjung tidak akan terganggu dengan tampilan yang berantakan selama menjelajahi semua konten dalam website yang responsive.

Nah, pengunjung yang betah berlama-lama menjelajahi website Anda sangat berpeluang menjadi calon konsumen. Jadi, jika ada pengunjung yang merasa nyaman dengan website Anda, berarti Anda berpeluang mendapatkan calon konsumen yang banyak. Bukankah itu yang diharapkan dalam berbisnis?

3. Menurunkan Bounce Rate

Apa itu bounce rate? Bagi Anda yang baru bergelut dengan dunia website mungkin belum mengetahui istilah bounce rate. Sederhananya, istilah itu digunakan untuk menggambarkan persentase pengunjung yang langsung ‘hengkang’ dari website setelah mengakses satu halaman saja.

Lantas, apa penyebab bounce rate? Kebanyakan pengunjung dengan cepat meninggalkan website karena website tersebut loadingnya lama, linking dan desainnya tidak responsive alias berantakan.

Nah, website yang responsive dapat membantu menurunkan tingkat bounce rate. Lebih dari itu, sebagaimana telah diterangkan di atas, pengunjung akan betah berlama-lama menjelajahi semua konten yang ada di website yang responsive.

4. Hemat Biaya

Pembuatan website yang responsive tidak memerlukan bujet yang mahal lho. Sebab, jasa pembuatan website Jakarta profesional akan langsung mengatur website menjadi responsive untuk semua perangkat sejak awal.

Jadi, sebagai pemilik website, Anda tidak perlu lagi mengatur ulang desain website setelah proses pembuatan yang dilakukan oleh tim developer rampung. Dengan begitu, Anda tidak dituntut untuk mengeluarkan bujet tambahan.

5. Pengembangan Website Lebih Gampang

Setiap website harus mendapatkan sentuhan perbaikan dan pengembangan secara berkala, terutama website bisnis. Nah, keuntungan memiliki website yang responsive berikutnya adalah pengelola dapat dengan mudah melakukan maintenance dan pengembangan.

Hal ini dikarenakan website yang responsive memiliki tampilan yang enak dipandang dan tidak berantakan. Coba bayangkan, tampilan website Anda berantakan! Bisa jadi Anda malas memperbaikinya, apalagi mengembangkannya.

6. SEO

Siapa sih yang tidak ingin memiliki website yang SEO-nya bagus? Ya, SEO atau Search Engine Optimization berkaitan dengan posisi website di mata mesin pencari seperti Google. Dengan kata lain, website dengan SEO yang bagus sangat mungkin akan bertenggar di daftar halaman pertama Google.

Desain yang responsive adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh website untuk bertengger di daftar halaman pertama Google. Hal ini dikarenakan Google menjadikan desain yang responsive sebagai salah satu penilaian penting website dalam penentuan ranking di mesin pencari.

7. Meningkatkan Penjualan Bisnis

Apa kaitannya website yang responsive dengan peningkatan angka penjualan? Dari beberapa poin penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa website yang responsive akan memberikan pengalaman yang baik bagi pengunjung.

Pengalaman yang baik ini, tentunya, dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website bisnis yang dikunjunginya. Dengan begitu, mereka akan mencoba untuk melakukan pembelian produk atau jasa yang ditawarkan di dalamnya. Nah, hal ini-la yang dapat meningkatkan angka penjualan bisnis.

Cara Mengecek Website Sudah Responsive atau Belum

Sebuah website apakah sudah responsive atau belum dapat dicek melalui sejumlah tools. Namun, penyedia jasa pembuatan website Jakarta profesional biasanya merekomendasikan penggunaan tools bernama Responsive Design Checker.

Mudah sekali cara menggunakan tools Responsive Design Checker. Anda terlebih dahulu harus mengunjungi situs resminya, yakni responsivedesignchecker.com. Selanjutnya, masukkan alamat website Anda pada kolom yang tersedia dan tekan ‘Go’.

Sistem akan menunjukkan tampilan website Anda pada tiga perangkat yang berbeda, yakni desktop, mobile dan tablet. Lakukan pengecekan apakah website Anda sudah responsive terhadap tiga perangkat tersebut.

Jika website Anda terlihat rapi pada masing-masing perangkat, itu berarti website Anda sudah responsive. Sebaliknya, jika ada salah satu perangkat yang menampilkan website Anda dengan tidak rapi alias berantakan, itu berarti website Anda belum responsive. Dengan demikian, Anda harus melakukan perbaikan agar tampilan website lebih responsive. Bagaimana caranya?

Cara Membuat Website yang Responsive

Ada tiga langkah dasar yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan website lebih responsive. Apa saja tiga langkah dasar itu?

Pertama, Anda dituntut untuk mendefinisikan meta tag untuk desain yang responsive. Kedua, Anda diharuskan menentukan struktur HTML. Terakhir, Anda wajib membuat media query di CSS.

Untuk mengetahui cara menjadikan website lebih responsive, Anda berkonsultasi langsung dengan jasa pembuatan website Jakarta profesional. Tim developer website yang profesional sudah pasti menguasai berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaannya, termasuk dalam hal website yang responsive.

Adapun untuk mengetahui jasa pembuatan website Jakarta yang profesional dapat dilakukan dengan cara melihat bagian portofolio. Jika karya-karya yang dipamerkan bagus dan tampak dikerjakan oleh tangan-tangan yang berpengalaman, maka dapat dipastikan mereka profesional. Sebaliknya, jika karya-karya yang disuguhkan ternyata kurang menarik dan terlihat asal-asalan, maka sebaiknya cari jasa pembuata website Jakarta lainnya deh daripada rugi di akhir.

Itulah pembahasan tentang 7 keuntungan memiliki website yang responsive. Sebagai pebisnis, penting bagi Anda untuk memiliki website yang responsive. Mengingat, hal itu berpengaruh positif terhadap peningkatan angka penjualan.

Jasa

Leave a Reply

error: Content is protected !!