Tokoh-Tokoh Besar Tanah Air yang Lahir di Kota Bandung

Tokoh-Tokoh Besar Tanah Air yang Lahir di Kota Bandung

Selain terkenal dengan daya tarik wisata dan kuliner lezatnya, kota Bandung juga telah melahirkan sejumlah putra-putri terbaik yang sekarang dikenal luas dalam jajaran tokoh-tokoh besar tanah air. Hal ini tentu menjadi nilai kebanggan tersendiri bagi masyarakat Bandung, karenanya mereka telah mengharumkan nama Kota Kembang. Kira-kira siapa saja tokoh-tokoh tersebut? Mari kita simak daftarnya di bawah ini

Mohammad Toha

Tokoh pejuang sekaligus pahlawan rakyat Bandung ini banyak dikenal sebagai salah satu ‘man of the match’ dalam peristiwa Bandung Lautan Api (BLA) selain Mohammad Ramdan dan tokoh lainnya. Mohammad Toha lahir di daerah Banceuy, kota Bandung, pada tahun 1927. Beliau mulai mengenal dunia militer setelah tergabung dalam ‘Seinendan’, sebuah organisasi militer pemuda yang didirikan pada masa penjajahan Jepang.

Oto Iskandar Dinata

Beliau dikenal sebagai tokoh pergerakan nasional dan Paguyuban Pasundan yang lahir di Bandung pada 31 Maret 1897. Ayahnya merupakan keturunan bangsawan Sunda bernama Nataatmadja, itulah sebabnya beliau memiliki gelar Raden. Oto Iskandar Dinata juga memiliki nama julukan ‘Si Jalak Harupat’, yang merupakan simbol kekuatan dan keberanian. Selain itu, dirinya juga pernah menjabat sebagai wakil ketua Budi Utomo di Bandung pada tahun 1920an.

 

 

 

Laksamana Laut R.E.Martadinata

Raden Eddy Martadinata adalah Tokoh Pahlawan Angkatan Laut Indonesia yang lahir di Bandung pada 29 Maret 1921. Semasa hidupnya, beliau merupakan sosok yang amat disegani di kalangan pelayar, sampai-sampai pihak Jepang memintanya untuk menjadi guru bantu selama masih menjalani pendidikan pelayaran. Angkatan Laut Republik Indonesia memiliki kekuatan yang amat disegani selama dirinya memimpin sebagai KSAL.

Raden Dewi Sartika

Selain R.A Kartini, Raden Dewi Sartika juga merupakan sosok berjasa bagi gerakan emansipasi dan pendidikan kaum wanita di Indonesia. Dewi Sartika lahir di Bandung pada 4 Desember 1884, beliau adalah putri dari Raden Rangga Somanagara dan Raden Ayu Rajapermas. Berkat semua jasanya, Dewi Sartika pernah menerima penghargaan Bintang Jasa dari pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1929.

 

Mohammad Ramdan

Mohammad Ramdan berperan penting dalam aksi peledakan gudang mesiu milik sekutu di Dayeuh Kolot pada persitiwa Bandung Lautan Api. Walaupun identitas aslinya masih cukup samar dan sering menjadi bahan perdebatan, tokoh pejuang yang satu ini tetap layak untuk dikenang sebagai pahlawan. Bagaimana tidak, kalau hari itu dia tidak mengorbankan nyawanya sendiri untuk membuka jalan masuk kedalam gudang mesiu, mungkin Mohammad Toha tidak akan pernah berhasil meluluh lantahkan bangunan tersebut.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!