Tokoh Tokoh Bisnis Pembawa Inspirasi Usaha Indonesia

Undercover.co .id Medium Quality 72 scaled

Tokoh Tokoh Bisnis Pembawa Inspirasi Usaha Indonesia | Siapa yang tidak kenal William Tanuwijaya, sosok wiraswasta yang berhasil dibalik besarnya nama Tokopedia sebagai satu diantara raksasa e-commerce Indonesia. Pasti tidak gampang untuk William dalam membesarkan Tokopedia yang dirintisnya mulai sejak 2009 silam ini. Tetapi, kegigihannya dapat membawa hasil. Softbank serta Sequoia Capital juga tidak segan untuk mengucurkan dana hinga US$ 100 juta atau Rp 1, 2 triliun pada Tokopedia di th. 2014.

Tidak bisa disangkal, karena pendanaan dalam jumlah tidak kecil itu Tokopedia juga bisa dengan gampang melejit. Tetapi, tetap harus bukanlah perkara gampang untuk dapat membesarkan Tokopedia. William Tanuwijaya juga mengklaim bila tantangan paling besar dari generasi internet yaitu di ‘unknown’. Dalam makna, beberapa hal yg tidak dapat diperkirakan.

baca juga beauty-addict-carline-darjanto-menjawab-tantangan-bisnis-fashion/

“Nokia pernah miliki 80% market share. Mereka tak lakukan hal yang salah. Namun perubahan jaman demikian cepat hingga hal salah yang mereka kerjakan yaitu tak menghadapi perubahan jaman. Di Tokopedia, langkah kami untuk meng-capture pergantian jaman itu yaitu dengan dengarkan feedback dari orang-orang. Terlebih consumer setia kami, ” tutur William saat didapati di press conference IESE (29/2).

Tetapi, William mengakui bila segi internal jadi keutamaan dalam usaha Tokopedia supaya tetaplah berkembang. Ia juga mengakui bila tiap-tiap 3 bln. sekali Tokopedia bakal menghimpun tim internal serta mendorong mereka untuk keluarkan inovasi yang seumpamanya dibutuhkan.

“Jadi, sepanjang 2 hari mereka diminta membuat tim yang optimal beranggota 5 orang. Serta dalam 2 hari mereka diwajibkan membuat satu MVP (Minimal Viable Product) serta bakal di ambil 2 pemenang. Serta dari 2 pemenang itu produknya bakal betul-betul di luncurkan serta dirasa faedahnya oleh jutaan pemakai Tokopedia, ” ungkap William.

Tokoh Tokoh Bisnis Pembawa Inspirasi Usaha Indonesia Kemudian, sambungnya, Tokopedia bakal pelajari lagi apakah orang-orang sukai dengan inspirasi atau terobosan yang di luncurkan oleh Tokopedia. “Kalau sukai jadi kami bakal investasi besar-besaran di product itu. Bila tak, ya telah tidak jadi masalah. Minimum kita dapat belajar kalau nyatanya apa yang kita fikirkan tak pas, ” tuturnya.

Jadi, sambungnya, begitu inovasi bukanlah sekedar hanya inspirasi yg tidak pernah dieksekusi, namun didorong hingga jadi suatu hal yang riil.

Sekarang ini, menurut dia, Indonesia sendiri mempunyai UKM yang demikian banyak. Apabila UKM dipadukan dengan tehnologi jadi bakal jadi suatu hal yang powerful. “Makanya th. tempo hari kampanye Tokopedia yaitu ‘Ciptakan Peluangmu’. Di th. ini kami bikin gerakan dengan datang ke beragam kota-kota serta mendorong kreatifitas serta UKM lokal untuk memakai tehnologi, ” tutur William.

Leave a Reply

1 × 2 =

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!