PT Digital Tunai Kita, Pengagas Layanan Online Berbasis Teknologi Finansial: TunaiKita

Undercover.co .id Medium Quality 41 scaled

https://www.undercover.co.id – Pemikiran manusia yang semakin berkembang, membuat zaman pun turut berkembang dan maju secara positif.

Tidak hanya menyentuh satu atau dua aspek bidang kehidupan, perkembangan dan kemajuan tersebut telah menyentuh berbagai aspek mulai dari pendidikan, seni, budaya, transportasi, teknologi, hingga aspek kehidupan yang sebelumnya hanya berupa angan yaitu finansial (keuangan).


Sebelumnya, untuk menyimpan uang atau mendapat pinjaman secara aman, hanya bisa dilakukan melalui lembaga perbankan konvensional yaitu bank.

Proses pelaksanaan, syarat dan ketentuannya cenderung dinilai berat karena cukup rumit dan membutuhkan banyak waktu. Bahkan beberapa orang merasa kesulitan karena gagal mendapatkan pinjaman karena tidak mampu memenuhi syarat dan ketentuan.


Atas dasar permasalahan tersebut, inovasi yang memadukan teknologi dan finansial sehingga didapat istilah teknologi finansial atau Financial Technology (Fintech).

Beberapa tahun belakangan, terutama di tahun 2018, keberadaan perusahaan yang bergerak di bidang Fintech telah dianggap sebagai saingan ketat untuk lembaga perbankan konvensional seperti bank.


Perusahaan Fintech tersebut menawarkan berbagai hal yang selama ini, tidak bisa diberikan oleh lembaga perbankan konvensional, seperti proses yang mudah, cepat, pinjaman tana agunan, hingga suku bunga yang menarik, bahkan dengan konsep technology yang maju, Anda tidak perlu keluar rumah untuk bisa menabung atau mengajukan pinjaman, Anda hanya perlu akses internet yang lancar dan gadget yang mendukung.


Salah satu perusahaan Fintech yang terpercaya dan dengan resmi melayani transaksi keuangan dengan teknologi finansial adalah PT Digital Tunai Kita. Perusahaan tersebut terknal dengan platform onlinenya yang diberi nama TunaiKita. Berikut adalah ulasan singkat tentang PT Digital Tunai Kita dan TunaiKita.

PT Digital Tunai Kita

 
Berdasarkan informasi dari situs resmi TunaiKita, PT Digital Tunai Kita (DTK) merupakan perusahaan patungan antara WeCash Southeast Asia, JAS Kapital, dan Kresna Usaha Kreatif yang telah ada sejak Januari 2017.
Sebagai perusahaan teknologi finansial, DTK menggunakan prinsip-prinsip finansial, teknologi mobile, big data, dan machine learning untuk mengevaluasi kredit dan menyetujui pinjaman secara cepat dan lebih berkualitas.


Perusahaan ini telah beroperasi di bawah naungan perundang-undangan POJK/77 tentang Peer to Peer (P2P) Lending. DTK memadukan platform teknologi terbaik dari WeCash dan pengalaman yang teruji di bidang finansial oleh JAS Kapital dan Kresna.


Tujuan DTK adalah memperluas inklusi finansial dan memperbaiki kehidupan konsumen Indonesia melalui kredit yang tepat, layak, dan berkualitas. Bersama perusahaan perbankan, yaitu bank dan perusahaan multifinance, DTK mampu mempermudah akses untuk mendapatkan kredit tanpa agunan dan pembiayaan pembelian barang serta menurunkan kredit macet hingga 70%.


Perusahaan ini didirikan oleh James Chan (Managing Director dan Chief Strategy Officer WeCash) dan Andry Huzain ini. WeCash yang menjadi pemeran penting dalam operasional DTK adalah perusahaan yang berpusat di Beijing dengan 500 karyawan yang tersebar di Cina, Amerika Serikat, Brasil, Singapura, dan Indonesia.


DTK merupakan perusahaan pertama yang membuat lending robot bagi Funding Sources (pendana/pemodal) di Indonesia yang berfungsi untuk mengevaluasi kelayakan kredit konsumen, mencegah fraud, dan menyetujui pengajuan pinjaman.

Menjadi Peminjam Melalui TunaiKita

 
Dilansir dari situs resminya, TunaiKita menyediakan jenis pinjaman jangka pendek yang terdiri atas dua subjenis, yakni pinjaman jangka pendek Sakti dan Fast+. Untuk pinjaman sakti, Anda bisa mengajukan pinjaman 1 – 5 juta rupiah dengan tenor 10 – 30 hari dan biaya jasa harian sebesar 0,7% – 0,9 %. Dengan melakukan pembayaran pinjaman Sakti, Anda bisa mendapatkan TK$ Rewards sebesar 4% untuk pinjaman selanjutnya.


Lalu, untuk pinjaman Fast+, Anda bisa mengajukan pinjaman 1 – 5 juta rupiah dengan tenor yang sama seperti pinjaman Sakti, namun biaya jasa hariannya sedikit lebih tinggi yakni 0,95% dan TK$ Rewards sebesar 4% untuk pinjaman selanjutnya.


Selain itu, ada pula jenis pinjaman berjangka lebih panjang yang terdiri atas dua subjenis pinjaman yakni Sakti+ dan Premier+. Untuk Sakti+, tawaran pinjaman dimulai dari 4 juta hingga 20 juta dengan tenor 3 – 6 bulan dan biaya jasa harian 2,75 – 7,75%dan TK$ Rewards sebesar 2% untuk pinjaman selanjutnya.


Beda dengan Sakti+, jenis pinjaman berjangka panjang Premier+ memungkinkan Anda mengajukan pinjaman sama (4 – 20 juta rupiah) namun disertai biaya jasa seharian 3% – 8%. TK$ Rewards yang diberikan pun berbeda yakni 3% untuk pinjaman selanjutnya.


Untuk mengajukan pinjaman melalui TunaiKita, Anda bisa melakukannya secara online yang disediakan pada aplikasi TunaiKita yang bisa Anda unduh dengan bebas di Google Play Store. Anda akan mendapat panduan secara instrukstif.

baca juga


    Tertarik menjadi peminjam melalui TunaiKita?


    Sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman, Anda wajib mengetahui seluk belum perusahaan penyedia atau perantara yang Anda inginkan, serta sistem operasional mereka. Anda bisa membandingkan informasi antarperusahaan Fintech untuk memilih perusahaan yang tepat dan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.


    Ingat, tidak semua perusahaan Fintech menyediakan tawaran dan jenis pinjaman yang sama meski prinsip layanan mereka sama, yaitu memberika solusi finansial dengan cepat, mudah, dan aman.


    Anda bisa memeroleh informasi yang lebih banyak dengan mengunjungi situs resmi dan memahami segala keterangan dan informasi yang tercantum, mempertanyakan hal-hal yang belum disampaikan melalui Customer Service, hingga mengunjungi secara langsung kantor pusat perusahaan tersebut.


    Untuk mengajukan pinjaman melalui TunaiKita, Anda harus memenuhi beberapa syarat umum yaitu Warga Negara Indonesia (WNI), berusia 21 – 55 tahun, memiliki KTP dan NPWP yang masih berlaku, dan memiliki rekening bank yang terdaftar atas nama Anda sendiri.


    Yang perlu Anda ingat, TunaiKita hanya melayani konsumen yang berdomisisli di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Kudus, Yogyakarta, Surakarta, Magelang, Denpasar, Malang, Kediri, Jember, Gresik, Banywangi, Medan, Batam, Pekanbaru, Palembang, Padang, Makassar, Manado, Pontianak, dan Banjarmasin.


    Setelah melakukan registrasi online melalui aplikasi TunaiKita, Anda akan terverifikasi secara cepat melalui SMS OTP yang menyertakan PIN 6 digit untuk mengamankan akun dan memvalidasi transaksi Anda. Pengajuan pinjaman Anda akan diproses dalam waktu maksimal 48 jam dengan Lending Robot.


    Anda bisa mendapatkan informasi lainnya yang lebih detail tentang pengajuan pinjaman, skor kredit, risiko pinjaman, proses pembayaran, penyelesaian masalah, dan hal-hal penting terkait lainnya dengan mengunjungi situs resminya di www.tunaikita.com.


    Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, Anda bisa menyampaikan pertanyaan Anda melalui kolom Contact Us yang ada pada situs resmi tersebut atau menghubungi melalui telepon di nomor +621-2856-5323 setiap Senin – Jumat (08.00 – 20.00 WIB) dan Sabtu – Minggu (08.00 – 16.00).
    Jika Anda berada di Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa mendapatkan informasi secara offline dengan mengunjungi kantor pusat PT Digital Tunai Kita di Setiabudi Atrium Building, 8th Floor Suite 810, Jalan Rasuna Said Kav. 62, Jakarta. Anda juga bisa mengetahui informasi terbaru tentang DTK melalui youtube, instagram, twitter, dan facebook. Anda juga bisa terhubung dengan DTK  melalui jaringan profesionan Google Plus dan Linkedin.

    Leave a Reply

    9 − 8 =

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh
    error: Content is protected !!