UKM Kopi Kreatif

undercover.co.id – Banyak benda-benda di sekitar kita yang dapat memiliki nilai ekonomis apabila diolah dengan tepat.

Di tangan seorang kreatif, benda apapun bisa disulap menjadi suatu produk yang memiliki manfaat.

Hal tersebut yang diwujudkan oleh Yudhi Prasetyo dan kawannya Agustin Swastikarany yang menyulap biji kopi menjadi beragam barang aksesoris nan eksotis.

Biji kopi yang lazimnya diolah menjadi minuman olahan justru menjadi senjata utama dari sebuah ukm handycraft yang bernama Kopi Kreatif untuk menawarkan inovasi kepada konsumen.

Meskipun hanya berjualan aksesoris saja, Yudhi bersama dengan rekan-rekan lainnya sudah berhasil mengumpulkan omzet hingga mencapai angka 1 milyar Rupiah setiap bulannya.

Berawal dari Hobi Ngopi

Ide untuk mendirikan usaha kerajinan dengan bahan baku kopi ini sendiri ditemukan tidak jauh-jauh dari hobi ngopi yang sering dilakukan oleh pendirinya.

Awalnya Yudhi Prasetyo adalah seorang pekerja kantoran biasa di Jakarta yang sering mengunjungi kedai kopi kekinian sebagai gaya hidup.

Pada suatu hari ketika Yudhi sedang meminum kopi di suatu kedai, ada temannya yang mengatakan tidak bisa meminum kopi namun senang dengan bau harum yang dihasilkan oleh kopi.

Mengetahui hal tersebut, Yudhi menyadari bahwa kopi dapat dijadikan sebagai ladang bisnis lain tanpa harus diolah menjadi minuman.

Sesampainya di tempat kostan tempat ia menetap, Yudhi langsung membuka internet untuk mencari cara pemanfaatan kopi selain menjadi minuman.

Setelah berselancar di internet cukup lama, Yudhi tanpa sengaja melihat sebuah kalung yang terbuat dari biji matoa yang muncul dari sebuah situs belanja online.

Yudhi pun akhirnya memutuskan untuk mencoba memulai bisnis penjualan aksesoris yang terbuat dari biji kopi.

UKM Kopi Kreatif, Kala Kopi diolah Menjadi Aksesoris

Mula-mula Yudhi mencoba bereksperimen dengan menggunakan biji kopi yang berkualitas tinggi untuk dijadikan perhiasan.

Namun karena tekstur dari biji kopi tersebut sulit untuk diukir, Yudhi memutuskan untuk mencoba menggunakan biji kopi yang berkualitas rendah.

Ia lantas mengontak temannya yang seorang barista untuk menanyakan bagaimana cara mengawetkan biji kopi agar bisa diolah kembali menjadi aksesoris.

Setelah melakukan riset sekian lama, akhirnya Yudhi berhasil menemukan jenis biji kopi yang bisa dipakainya sebagai aksesoris langsung dari petani

Setelah menemukan biji kopi yang tepat, Yudhi pun belajar untuk melakukan kerajinan secara otodidak.

Total Yudhi menghabiskan modal sebesar 500 Ribu Rupiah yang dipakai untuk membeli kopi, panci sangrai, dan alatalat produksi lainnya.

Untuk mengembangkan bisnis kopi kreatif lebih lanjut, Yudhi pun menggandeng dua rekannya, Agustine Swastikarany dan Claudia Sitepu.

Mereka diminta oleh Yudhi untuk mengurusi sisi pemasaran dan penjualan dari Kopi Kreatif.

baca juga

Berkembang Pesat hanya Dalam Waktu Tiga Tahun

Dari tangan Yudhi, Kopi Kreatif sudah berhasil menciptakan berbagai barang untuk berbagai pemenuhan kebutuhan.

Dari daftar produk yang sudah diinventarisasi, Kopi Kreatif sudah berhasil memproduksii pewangi, pengharum ruangan, deodoran roll-on, dan gelang yang keseluruhannya terbuat dari kopi.

Sementara sisanya Yudhi juga memproduksi barang-barang kebutuhan rohani seperti kalung rosario dan tasbih, serta kalung dan pernak-pernik rumah.

Hebatnya, Yudhi berhasil mengembangkan aneka ragam produk ini hanya dalam kurun waktu tiga tahun saja.

Pada tiga bulan pertama saja, Yudhi berhasil meraup omzet sebesar 100 juta Rupiah hanya dengan bermodalkan penjualan dari online saja.

Padahal saat itu Yudhi juga masih menjalani pekerjaannya sebagai kepala penjualan di salah satu perusahaan di Jakarta.

Setelah memutuskan untuk berhenti dan fokus kepada bisnisnya, Kopi Kreatif terus mencatatkan pertumbuhan omzet hingga mencapai berhasil mencapai angka 1 milyar lebih.

Kopi Kreatif juga berhasil mencatatkan penjualan sebesar 140.000 barang hasil dari kombinasi antara penjualan melalui toko fisik dan kanal daring.

Tidak hanya di pasar lokal, produk Kopi Kreatif bahkan juga sudah menembus pasar-pasar luar negeri seperti Kuwait, India, Hongkong, dan Malaysia.

baca juga

    Berencana Ekspansi

    Dengan segala keberhasilan yang sudah dicapai oleh Kopi Kreatif, Yudhi Prasetyo bersama dengan timnya masih menyimpan keinginan untuk melakukan ekspansi.

    Dari rencana ekspansi tersebut, salah satu agenda Kopi Kreatif kedepannya adalah mencoba memperluas pasar ekspor mereka.

    Untuk mencapai ini Yudhi mengaku berupaya untuk terus memperkuat citra branding serta strategi pengiriman untuk pasar luar negeri yang lebih baik.

    Agenda lainnya adalah merambah bisnis konveksiĀ  karung goni dengan penerapan konsep ramah lingkungan terpadu.

    baca juga

      Memberdayakan Orang Lain

      Yudhi mengatakan bahwa banyak hal yang bisa dipelajari dengan terjun menjadi seorang wirausahawan.

      Selain dapat memiliki waktu lebih dan berpotensi memiliki pendapatan lebih besar dari seorang karyawan, ia juga dapat memberdayakan orang lain.

      Yudhi bersama dengan kopi kreatif sendiri sudah berhasil memberdayakan banyak pihak dalam perjalanannya mendirikan bisnis ini.

      Seperti misalnya bagaimana Yudhi memprioritaskan biji kopi yang berasal dari petani yang mengalami gagal panen.

      Dengan menadahi biji kopi dari petani yang gagal panen, Yudhi berharap dapat membantu menghindarkan para petani tersebut dari kerugian karena gagal menjual kopinya kepada pabrik ataupun para pemilik kedai kopi.

      baca juga

      Selain memberdayakan para petani, Yudhi juga banyak memberdayakan para pekerja pabrik yang tinggal di dekat rumahnya di Yogyakarta yang terkena pemutusan hubungan kerja.

      Untuk memproduksi berbagai aksesoris ini, Yudhi biasanya mempekerjakan sekitar 10 hingga 15 orang dalam kapasitas normal.

      Selain memberdayakan dari sektor hulu dan hilir ,Yudhi pun memilih untuk tidak memotong rantai pasok untuk memberdayakan para penjual baik sebagai agen, distributor, maupun sebagai reseller.

      Hal ini ia lakukan agar ada sebanyak mungkin orang yang bisa mendapat manfaat secara ekonomi dari bisnis yang dilakukannya.

      Galeri Kopi Kreatif dapat dikunjungi di Gang Wuni no.1, Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta.

      Ad Blocker Detected

      Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

      Refresh
      error: Content is protected !!