Berapa Ukuran Banner Adsense yang Mendatangkan Keuntungan Paling Besar?

SEO UNDERCOVER CO ID 67

Tak sedikit dari para blogger yang mempertahankan kelangsungan hidup blognya menggunakan Google Adsense. Namun, format iklan Adsense yang terdiri dari berbagai macam ukuran membuat orang sering bingung menentukan mana ukuran yang paling pas dan mendatangkan keuntungan.

Di satu sisi, hanya memilih salah satu akan menutup kemungkinan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Di sisi lain, menumpuk iklan di berbagai space akan membuat Adsense Anda diblokir.

Artikel kali ini akan membantu Anda menemukan format dan ukuran banner mana yang paling pas untuk Anda, dan di mana menempatkannya untuk keuntungan maksimal.

Bagaimana Mengatur Iklan Adsense di WordPress?

Secara default, Anda bisa menempatkan iklan Adsense Anda di sidebar, alias sisi kiri atau kanan situs. Tema-tema tertentu memberikan widget khusus untuk menempatkan kode iklan Anda.

Tetapi Anda juga bisa menggunakan plugin WordPress. Anda bisa menggunakan AdSanity. AdSanity sendiri memungkinkan Anda untuk menempatkan kode iklan Anda ke sidebar, konten artikel, header, dan macam-macam lainnya.

Anda juga bisa menggunakan AdRotate. Ini membuat iklan Anda kelak berotasi, sehingga Anda bisa menempatkan beberapa kode iklan di satu tempat. Revenue iklan Anda akan naik.

Kenapa Ada Ukuran Tertentu yang Memberikan Keuntungan Lebih Besar?

Adsense menawarkan pilihan ukuran dan format iklan. Namun, tak semuanya menawarkan keuntungan yang sama.

Iklan yang ditempatkan dekat dengan konten dan mudah diload biasanya lebih mudah meraih CTR. Anda juga perlu memastikan bahwa Anda memilih ukuran iklan yang mudah dilihat. Beberapa ukuran iklan ada yang terlalu kecil dan ada yang terlalu besar, mempengaruhi kenyamanan pengguna.

Faktor lain yang mempengaruhi performa adalah berapa banyak advertiser yang menggunakan format tersebut. Ada format iklan tertentu yang lebih populer dibanding yang lain. Menggunakan format iklan tertentu ini akan memberikan pembayaran lebih tinggi untuk Anda.

Ada juga format iklan yang dioptimasi untuk perangkat gerak. Jika traffic yang lebih besar datang dari mobile, maka iklan versi mobile akan mendatangkan keuntungan lebih besar dibandingkan ukuran lainnya.

Format dan Ukuran Banner Adsense yang Paling Banyak Mendatangkan Keuntungan

1. The Medium Rectangle (300×250)

Format iklan satu ini mendukung iklan berbasis teks maupun gambar, dan bisa juga ditampilkan di tampilan mobile. Yang terbaik dari ukuran ini adalah mudah ditempatkan di sidebar tanpa mengganggu audiens.

Iklan ini termasuk paling populer, dan mempunyai CTR paling tinggi di antara format lain.

2. Large Rectangle (336×280)

Ukuran iklan yang satu ini lebih besar dibandingkan yang pertama, jadi belum tentu pas di sidebar Anda, dan tidak teroptimasi mobile.

Jika sidebar Anda tergolong sempit, ukuran iklan satu ini akan mengganggu susunan konten, sehingga mengurangi kenyamanan pengguna. Namun kalau sidebar Anda cukup besar Anda bisa menggunakannya, mengingat format iklan ini mendukung teks dan gambar.

Ukuran ini mendatangkan CTR yang cukup besar, meski tidak sebagus persegi panjang ukuran medium.

3. The Leaderboard (728×90)

Leaderboard adalah banner klasik yang paling pas diletakkan di header situs. Mendukung iklan berbasis teks dan gambar, tapi tidak mendukung iklan berbasis mobile.

Karena posisinya yang di atas, iklan ini hampir selalu terlihat oleh pengunjung, memperbesar kemungkinan CTR. Karena ukuran dan posisinya yang lumayan strategis, iklan leaderboard cukup direkomendasikan.

4. Large Skyscraper (300×600)

Large Skyscraper adalah banner yang berukuran setengah halaman. Cocok untuk pengiklan yang butuh space besar, yang iklannya berisi pengumuman atau promosi jangka pendek.

Large skyscraper tergolong populer di mata para publisher, karena sangat menarik perhatian pengunjung saat pertama datang ke situs.

Anda bisa menempatkan iklan berformat skyscraper ini di sidebar atau di sebelah konten. Namun mengingat ukurannya, iklan ini mungkin tidak cocok untuk semua situs.

5. Large Mobile Banner (320×100)

Large mobile banner adalah sebuah format iklan khusus mobile. Ukurannya kecil, sehingga tidak mengganggu pengunjung situs Anda. Posisi idealnya adalah di atas, di dekat bagian header situs.

Mengingat traffic pengunjung sekarang lebih besar berasal dari mobile, maka format ini patut Anda pertimbangkan.

6. Mobile Leaderboard (320×50)

Mobile leaderboard berukuran sedikit lebih pendek dibanding large mobile banner. CTR yang dihasilkan mungkin tidak sebesar large mobile banner, namun cocok untuk Anda yang ingin mengedepankan kenyamanan pengguna dengan perangkat gerak.

7. Wide Skyscraper (160×600)

Jika space sidebar Anda sempit tapi ingin menambahkan iklan, format satu ini cocok untuk Anda. Dengan ukuran 160 x 600. Anda bisa menampilkan iklan tanpa mengganggu kenyamanan pengunjung situs Anda. Karena itu, ukuran satu ini termasuk sering digunakan oleh pengiklan.

Tantangan yang harus Anda pikirkan adalah efektivitas CTRnya yang tidak sebagus ukuran lain. Mungkin format iklan ini paling cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan iklan tanpa mengganggu pengunjung.

8. Portrait (300×1050)

Portrait berukuran lebih lebar dan lebih panjang. Karena ukurannya yang mencolok, iklan ini cocok untuk promosi event.

Posisi paling tepat untuk iklan berbasis portrait adalah diletakkan di sidebar atau di sebelah konten, sehingga akan sangat terlihat oleh pengunjung yang membaca konten Anda.

Mengingat ukurannya yang mencolok, kemungkinan besar pengunjung akan terganggu. Anda perlu jeli dalam mengatur iklan tanpa mengganggu kenyamanan pengunjung.

9. The Billboard (970×250)

Billboard adalah ukuran yang bisa dibilang paling mencolok. Ukuran iklannya yang besar dapat memenuhi nyaris setengah halaman, sehingga idealnya diletakkan di paling bawah laman Anda.

Pengunjung pasti akan melihat iklan ini. Namun karena ukurannya pula, kemungkinan besar pengunjung akan terganggu. Karenanya ukuran ini jarang dipakai.

Gunakan ukuran iklan ini jika Anda yakin pengunjung pasti tertarik mengkliknya. Jika tidak, hindari saja.


Baca juga

Undercover.co.id Services

Panduan Bisnis Affiliasi

Website Cuma 50 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

Jasa Sosial Media Maintenance



10. The Square (250×250)

Jika Anda menggunakan tema WordPress yang simpel dan minimalis, format iklan ini paling cocok untuk Anda.

Ukurannya yang kecil biasanya membuat opsi iklan yang muncul tak banyak. Biasanya CTR-nya juga tak banyak, sehingga revenuenya juga sedikit. Namun iklan ini ukurannya kecil, sehingga dijamin tidak mengganggu.

Nah, demikian tadi review ukuran iklan adsense terbaik yang mendatangkan keuntungan paling besar. Anda ingin menggunakan yang mana?

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh