– Universitas Terbaik Turki , Apakah impian kamu pergi ke Turki untuk menimba ilmu, Pas banget!

Salah satu faktor yang menyebabkan Turki menjadi salah satu destinasi pendidikan paling populer di dunia adalah tidak adanya persyaratan kemampuan Bahasa Inggris.

Berikut ini adalah daftar universitas-universitas terbaik Turki yang tidak menetapkan persyaratan TOEFL/IELTS saat penerimaan mahasiswa baru.

Baca juga: Daftar kelas bahasa Turki

Instanbul University

Istanbul University atau Universitas Istanbul adalah salah satu universitas paling populer di Turki. Universitas Istanbul menjadi salah satu primadona bagi para pelajar internasional karena tidak adanya persyaratan TOEFL ataupun IELTS.

Baca juga: Belajar IELTS Dengan Cara yang Menyenangkan

image size-full">
Universitas Terbaik Turki

Ankara University 

Universitas Ankara terletak di ibukota Turki, yaitu di kota Ankara. Salah satu fasilitas terbaik yang disediakan di universitas ini adalah perpustakaan yang sangat lengkap.Perpustakaan Universitas Ankara menyimpan berbagai literatur Islam, sejarah, bahkan berbagai naskah-naskah kuno. Untuk persyaratan kemampuan Bahasa Inggris, universitas ini tidak menetapkan persyaratan sertifikat TOEFL ataupun ILETS. Bahasa pengantar perkuliahan adalah Bahasa Turki dan Bahasa Arab. 

www.ankara.edu.tr

Ege University

Universitas Ege terletak di kota Izmir yang merupakan kota terbesar ketiga di Turki. Fakultas kedokteran di Universitas Ege adalah fakultas kedokteran terbaik di Turki. Selain fakultas kedokteran, fakultas sosial juga menjadi fakultas unggulan di universitas ini.

Baca juga: Strategi Mendapatkan Skor TOEFL Tinggi

Ataturk University

Ataturk University terletak kota Erzurum dan didirikan pada tahun 1957. Terdapat berbagai fakultas di universitas ini, yaitu fakultas pendidikan, sains, sastra, arsitektur, pertanian, perikanan, kelautan, komunikasi, kedokteran, kedokteran gigi, kedokteran hewan, kesehatan, keperawatan, olahraga,  pariwisata, hukum, ilmu bumi, ekonomi dan administrasi, teknik, dan seni. 

Hacettepe University

Universitas Hacettepe berlokasi di wilayah kota Ankara. Terdapat sekitar 50 ribu mahasiswa yang menempuh pendidikan di universitas Hacettepe. Universitas ini menyediakan berbagai fakultas seperti fakultas ilmu komunikasi, kedokteran, kedokteran gigi, kesehatan, farmasi, hukum, sastra, ekonomi dan administrasi, pendidikan, teknik, seni, dan sains.

https://www.hacettepe.edu.tr/

Cukurova University

Universitas Cukurova terletak di kota Adana. Universitas ini memiliki sekitar 40 ribu mahasiswa baik jenjang S1, S2, maupun S3. Terdapat berbagai fakultas di Universitas Cukurova seperti fakultas teknik, kedokteran, kedokteran gigi, pendidikan, seni, sains, ekonomi dan administrasi, teologi, hukum, arsitektur, perikanan, dan pertanian. 

Anadolu University

Universitas Anadolu terletak di kota Eskisehir yang didirikan pada tahun 1958. Perkembangan Universitas Anadolu sangat terlihat dari tahun ke tahun, pada saat ini Universitas Anadolu telah dilengkapi dengan teknologi yang paling canggih dan modern. niversitas ini menyediakan berbagai fakultas seperti fakultas musik, administrasi bisnis, komunikasi, ekonomi, pendidikan, dan seni.

Baca juga: Kursus Bahasa Turki Untuk Pemula, Wajib Coba!

Dicle University

Universitas Dicle terletak di kota Diyarbakir. Terdapat berbagai fakultas di Universitas Dicle seperti fakultas pendidikan, sains, sastra, kesehatan, kedokteran, kedokteran gigi, kedokteran hewan, hukum, pertanian, teknik, arsitektur, ekonomi dan administrasi, teologi Islam, dan sosial. 

https://www.dicle.edu.tr/

Sivas Cumhuriyet University

Universitas Sivas Cumhuriyet terletak di kota Sivas. Universitas Sivas Cumhuriyet didirikan pada tahun 1973. Terdapat berbagai fakultas di universitas Sivas Cumhuriyet seperti fakultas arsitektur, komunikasi, kedokteran gigi, ekonomi dan administrasi, pendidikan, dan sastra.

Inonu University

Universitas Inonu merupakan salah satu universitas negeri di Turki yang didirikan pada tahun 1975. Universitas Inonu berlokasi di kota Malatya. Terdapat berbagai fakultas di universitas ini seperti fakultas musik, komunikasi, ekonomi dan administrasi, kesehatan, kedokteran, kedokteran gigi, pendidikan, teknik, seni, dan hukum. 

https://www.inonu.edu.tr/

saat ini sudah membuka kelas bahasa Turki untuk pemula sekalipun loh. Wah, kesempatan emas fellas! Kapan lagi bisa belajar bareng tutor berpengalaman kapan saja dan dimana saja kan? Yuk! Daftar disini.

Baca juga:

    Universitas Terbaik Turki

    Beasiswa Turki (YTB) Untuk Kuliah S1 S2 S3 di Turki 2021

    Beasiswa Turki dari Turkish Government Scholarship (YTB) 2021

     

    Beasiswa ini terbuka untuk pelajar internasional berprestasi dari seluruh dunia yang ingin melanjutkan program penuh waktu atau jangka pendek di universitas bergengsi Turki. Program beasiswa ini dibuka untuk berbagai program yang tersedia di universitas Turki. Beasiswa yang didanai pemerintah Turki ini bertujuan untuk membangun jaringan para pemimpin masa depan yang berkomitmen untuk memperkuat kerja sama antar negara. 

    Cakupan Beasiswa Turki yang didapatkan 

    1. Penempatan universitas dan program studi
    2. Tunjangan bulanan
    3. Biaya kuliah
    4. Tiket penerbangan Indonesia-Turki
    5. Asuransi kesehatan
    6. Akomodasi
    7. Satu tahun kursus bahasa Turki

    BACA JUGA: Beasiswa Pemerintah Romania Untuk Kuliah S1, S2, S3 di Romania

    Persyaratan Beasiswa Turki

    1. KTP atau paspor yang valid
    2. File foto terbaru dari pendaftar
    3. Hasil ujian nasional
    4. Ijazah atau surat kelulusan
    5. Transkrip akademik
    6. Hasil ujian berstandar internasional seperti GRE, GMAT, DELF, dll (jika dibutuhkan oleh universitas tujuan)
    7. Sertifikat kemampuan bahasa asing seperti TOEFL, IELTS, dll (tidak wajib)
    8. Proposal penelitian dan contoh karya tulis (hanya untuk pendaftar jenjang Doktor)

    BACA JUGA: Beasiswa Brunei Darussalam 2021 Kuliah Diploma, S1, dan S2 (Full Scholarship!)

    Pendaftaran

    Waktu pendaftaran: 10 Januari-20 Februari 2021

    Untuk akses info selengkapnya di sini. 

    Untuk mendaftar beasiswa, silakan klik di sini. 

    Sebelum memutuskan kuliah ke luar negeri, alangkah baiknya pelajari dulu, bahasa utama yang akan kamu pakai di sana fellas. Seperti kuliah di Turki, kira-kira apa bahasa utamanya?

    Turki: Tujuan Kamu Kuliah Selanjutnya!

    Kalau berbicara soal tempat terindah di dunia, Turki pasti tidak ketinggalan. Negara yang memiliki 78 situs warisan dunia UNESCO ini menawarkan beasiswa S1, S2, dan S3 kepada mahasiswa-mahasiswa di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

    Baca juga: Lamaran Beasiswamu Ditolak? Jangan Ulangi 10 Kesalahan ini

    Kalau kamu punya keinginan untuk berkunjung ke Hagia Sophia, Blue Mosque, Ephesus dan sebagainya, kenapa tidak sekalian belajar dan menetap selama beberapa tahun?  Kamu tidak perlu mendaftar Türkiye Scholarships atau Beasiswa Turki secara terpisah karena kamu bisa sekalian mendaftar langsung ke universitas yang ada di Turki. Jika kamu keterima beasiswa ini, kamu juga akan otomatis diterima otomatis pada universitas pilihanmu tadi.Tertarik? Yuk, simak artikel ini untuk tahu tentang beberapa hal penting kalau kalian memutuskan untuk mendaftar.

    Cakupan Beasiswa

    Beasiswa Turki adalah beasiswa penuh yang ditawarkan untuk kalian yang mau mendaftar program S1, S2, dan S3. Durasi beasiswa tergantung dari program studi yang kamu lamar. Cakupan biayanya adalah sebagai berikut:

    • Gratis biaya kuliah hingga lulus studi.
    • Tunjangan per bulan senilai 700 TL (± Rp 1,6juta) untuk mahasiswa S1, 950 TL (± Rp 2,2juta) untuk mahasiswa S2, 1400 TL (± Rp 3,2juta) untuk mahasiswa S3.
    • Akomodasi/Tempat tinggal.
    • Asuransi kesehatan.
    • Biaya perjalanan PP (Indonesia-Turki) pada awal dan akhir masa studi.
    • Gratis kursus bahasa Turki selama satu tahun sebelum perkuliahan.
    • Penerima beasiswa juga akan mendapatkan bingan sosial, budaya, dan akademik dalam bentuk kongres, seminar, akademi mahasiswa internasional, program-program terkait olahraga dan seni, pelatihan, peluang magang, dan orientasi karier.

    Baca juga: Kuliah di Korea Selatan? Daftar Beasiswa KGSP aja!

    Kualifikasi

    Kira-kira kamu sudah memenuhi syarat-syarat yang dicari oleh beasiswa Turki belum ya? Lihat persyaratannya dibawah ya:

    • Belum pernah terdaftar sebagai mahasiswa di universitas di Turki (pada jenjang studi yang sama dengan yang dilamar)
    • Sudah lulus SMA/SMK/Sederajat, S1, S2, sebelum September 2020. Kalau kamu akan lulus pada September 2020, kamu juga bisa mendaftar kok.
    • Maksimal 21 tahun untuk S1, 30 tahun untuk S2, dan 35 tahun untuk S3.
    • Nilai rata-rata minimal 70 (Pelamar S1), 75 (pelamar S2 dan S3), dan 90 (untuk pelamar program studi Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi
    • Tidak perlu lancar berbahasa Turki
    • Nilai ujian internasional seperti GRE, GMAT, DELF, dll  kemudian TOEFL/IELTS jika diminta oleh program studi terkait
    • Proposal penelitian atau karya tulis/jurnal untuk pelamar S3
    • Surat rekomendasi
    • Letter of Intents atau Motivation Letter dengan format tanya jawab maksimal 3000 kata tentang alasan belajar ke Turki, rencana professional, dsb.
    • Memilih universitas dan jurusan (maksimal 12 pilihan)

    Lah, sekolah di Turki tidak bisa bahasa Turki, gimana dong? Tenang aja ! Selain ada program-program yang bahasa pengantarnya bahasa Inggris, Arab, dan Perancis, akan ada 1 tahun kursus bahasa Turki sebelum kamu memulai perkuliahanmu. Aman kan?

    Baca juga: Lanjut S2 ke Belanda dengan beasiswa Eric Bleumink Fund

    Timeline

    Pendaftaran beasiswa Turki baru akan dibuka tahun depan . Artinya kalian punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Selain itu, durasi pendaftarannya juga lumayan lama, hamper 1 bulan. Biar lebih jelas, intip timelinenya di bawah ya:

    • Pendaftaran: 15 Januari – 20 Februari 2021
    • Wawancara: Maret – Juni 2021
    • Pengumuman: Juli 2021
    • Berangkat Studi: September 2021

    Tentunya, timeline ini mengikuti timeline tahun-tahun sebelumnya. Tetapi, mengingat kita sekarang sedang diserang pandemic, timeline ini bisa berubah sewaktu-waktu ya. Jadi, pastikan kamu selalu up to date.

    Hal-hal di atas adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang beasiswa Turki. Kamu bisa mendaftar beasiswa ini lewat  tbbs.turkiyeburslari.gov.tr dan kamu juga bisa mengecek berbagai universitas dan jurusan yang tersedia di Turki di sini: turkiyeburslari.gov.tr/search/scholarshipsearch

     

    You May Also Like

    English For Startups

    B2B Program: English for Startup to Expand Your Business Sebuah artikel dari marketeers.com menunjukkan bahwa startups di daerah…