Jasa

– Cara Menggunakan at on in , Kalau kita berbicara soal waktu atau tempat, pasti kita sering menggunakan at, on, dan in kan? Sebenarnya, apa sih at, on, in? Dan, apakah kalian sudah menggunakan at, on, in dengan benar?

At, on, dan in adalah preposition atau kata perangkai. Dalam bahasa Inggris, preposisi memiliki fungsi untuk menunjukkan arah, waktu, tempat, posisi, dan masih banyak lagi.

At, on, in adalah tiga dari beberapa preposisi yang paling sering digunakan di dalam kalimat bahasa Inggris yang fungsi utamanya adalah untuk menunjukan waktu, tempat, dan posisi.

Jadi, pahami cara penggunaan yang benar untuk at, on, dan in, biar grammar kalian semakin keren ya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kalian pahami tentang at, on, dan in!

Preposition of place

At, on, dan in sering dipakai sebagai preposition of place, yang artinya mereka adalah preposisi yang menerangkan atau menunjukkan tempat atau posisi. Aturan penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • At digunakan untuk menerangkan tempat yang sangat spesifik. Lingkup tempat atau areanya kecil, dan biasanya at dipakai jika kalian berbicara tentang alamat, tempat yang menunjukan aktifitas kelompok, dan lokasi yang spesifik. Selain itu, at digunakan kalau berbicara tentant posisi seperti di atas, di bawah, di akhir jalan, dsb.

Contoh: at the door, at the bottom of the drawer, at the party, at a cafe, at home, at Sudirman street no. 145.

  • On adalah preposisi yang kita gunakan kalau berbicara soal tempat yang spesifik tapi masih cukup luas. On bisa digunakan untuk alamat yang tidak spesifik, posisi kiri atau kanan, permukaan, dan saat di transportasi umum.

Contoh: on Sudirman Street, on the table, on the left side of that building, on the 15th floor, on the bus.

  • In digunakan kalau tempat yang kita bicarakan tidak spesifik dan lebih luas. Biasanya, in akan digunakan untuk menerangkan suatu daerah atau kota, di dalam suatu tempat seperti mobil atau van, di sebuah buku atau majalah, dan yang berhubungan dengan air.

Contoh: in Indonesia, in Yogyakarta, in Sleman, in the swimming pool, in the river, in a book, in a newspaper, in the bag, in the classroom, in a box.

Preposition of time

Selain sebagai penunjuk tempat dan posisi, at, on, dan in juga digunakan untuk menunjukan atau menerangkan waktu. Aturan penggunaannya adalah:

  • At merujuk pada satu titik waktu yang sangat spesifik. Penggunaannya adalah untuk menerangkan jam, satu titik dalam bagian dari hari, momen, dan hari libur tanpa day.

Contoh: at 10 o’clock, at midnight, at the moment, at easter, at New year, at the weekend

  • On digunakan untuk menerangkan waktu yang spesifik. Seringnya, dipakai untuk menunjukkan hari, hari libur dengan day, hari peringatan, hari dengan tanggal, dan pekan dalam sebulan.

Contoh: on the weekend of December, on New year’s eve, on Thursday, on Christmas Day, on 15th August.

  • In akan digunakan untuk waktu yang tidak begitu spesifik dan memiliki lingkup yang luas. In menerangkan tentang bagian dari hari, periode waktu, tahun, dekade, dan bulan.

Contoh: in April, in the 1900s, in the past, in the morning, in the day, in 2000.

Seperti itu cara penggunaan at, on, dan in. Dihapalkan dan dipahami dengan baik ya. Supaya lebih mudah, selalu ingat kalau kalian berbicara tentang sesuatu yang sangat spesifik, kalian bisa menggunakan at, kalau lumayan spesifik, gunakanlah on, kalau sangat umum dan luas, in adalah preposisi yang tepat. Gampang kan? Biar lebih ingat, bisa lihat diagram di bawah ya.

Baca juga:

KURSUS GRAMMAR, SUSAH ATAU MUDAH?

Banyak sekali di antara kita yang menganggap grammar ini sebagai momok paling menakutkan dalam pelajaran bahasa inggris, tapi banyak juga yang belum paham apa grammar itu sebenarnya? Cukup banyak yang menyamakan grammar dengan tenses.

Hmm, perlu diketahui grammar dan tenses adalah dua hal yang berbeda, dan tenses termasuk di dalam pelajaran grammar. Pasti bingung dengan bagaimana maksudnya kan?

Grammar itu Apa Sih?

            Grammar merupakan penggunaan tata bahasa yang digunakan dalam bahasa inggris untuk kehidupan sehari-hari.

Sebagai tata bahasa, secara otomatis, penggunaan grammar dalam komunikasi lisan dan tulis memerlukan yang namanya penguasaan kosa kata (vocabulary) dan penguasaan tenses (bentuk kata yang menerangkan keterangan waktu dan peristiwa). Berarti untuk menguasai grammar, harus menguasai vocabulary dan tenses dulu? Secara normal, informal dan formal, iya.

            Grammar akan anda gunakan dalam berbagai situasi, namanya juga tata bahasa. Baik itu situasi formal maupun situasi informal. Misal nih, kita berbicara dengan teman seusia tanpa memperhatikan tenses, tentu teman kita akan bingung. Misal: teman baru anda bertanya “Are you a teacher?”

lalu anda jawab “I am, tapi sekarang saya sudah pindah haluan kerja di dunia komunikasi”. Teman anda pasti akan bingung dengan jawaban anda. I am artinya anda masih menjadi guru saat ini. Seharusnya jawaban anda, I was. Ini menunjukan kalau anda pernah menjadi guru, dan sekarang sudah beralih dengan bekerja di dunia komunikasi.

            Jadi, bisa dibilang untuk menguasai grammar , memang harus memahami dulu kosa kata dan bentuk kata keterangan waktu atau peristiwa. Selain itu, untuk memahami grammar, paling tidak anda juga harus memahami penggunaan:

  1. Part of Speech.

Part of Speech sebenarnya terdiri dari 8 bagian, tetapi  untuk pengetahuan umum, perlu menguasai 3 bagian dulu saja, yaitu kata benda (noun), kata sifat (adjective), dan kata kerja (verb). Ketiganya yang paling sering kita jumpai dan kita pakai dalam kehidupan sehari-hari.

Bedanya, kata benda adalah semua yang menerangkan benda, tempat, dan manusia, tanpa embel-embel lain. Seperti: saya, kamu, kantor, mobil, dan lain sebagainya. Bisa juga digunakan pada benda-benda yang sifatnya abstrak atau tidak terlihat, seperti: sedih, bahagia, materi belajar, dan lain-lain.

Sedangkan kata sifat, berarti ada tambahan informasi tentang kata benda di atas. Misal: mobil itu biru, dia sedang marah, dan lainnnya. Dan terakhir, kata kerja, tentu saja artinya kata benda yang menerangkan aktifitas atau tindakan. Contoh: Dia masih menerima telepon, mobil kini bergerak ke arah kantor, dan lainnya.

  • To be

Mungkin sudah banyak yang paham kalau to be identik dengan am, is, are. Penggunaannya tergantung pada subjek. Untuk subjek she, he, it, menggunakan to be is. Untuk subjek I, you, they, we, menggunakan subjek are. Dan subjek I saja menggunakan am. Contoh: I am hungry, she is my lady boss, they are coming, we are a student, dan lain sebagainya.

  • Verb forms

Verb forms pun terdiri dari 3 bagian, yang meliputi: base form, past form, dan past participle. Pertama, base form atau kata kerja dasar, kata kerja pertama, atau kata kerja asal, seperti: eat, write, have, do, dan lain sebagainya,

Past form, merupakan bentuk kata kerja kedua, dan digunakan untuk menerangkan kejadian yang sudah terjadi atau kejadian di masa lampau. Contoh: I ate a spicy noodle. Ini artinya anda sudah memakan mie itu, bukan akan memakan atau sedang makan.

Terakhir, past participle, yang merupakan kata kerja ketiga, yang melibatkan penggunaan tenses yang lebih rumit. Contoh: it has been so long since we have talked. Artinya, sudah lama sekali sejak terakhir kali kita mengobrol.

Untuk menguasai grammar, setidaknya anda perlu menguasai ketiga hal tersebut terlebih dahulu. Adu pusing! Padahal harus bisa bahasa inggris, apa sebaiknya ikut kursus saja? Tapi, kalau ikut kursus malah terlalu banyak yang dipelajari. Nanti jadinya malah tambah pusing.

Kursus Grammar Saja!

            Jangan terlalu pusing kalau mau kursus grammar. Anda bisa mencari lembaga kursus yang khusus untuk kursus grammar. Memang ada? Tentu banyak. Allah paket atau kelas khusus grammar saja.

Atau anda bisa memilih untuk mengal kursus grammar secara privat. Kursus grammar privat akan memudahkan dan mempercepat proses belajar anda. Karena mentor akan memperhatikan secara khusus kelebihan dan kekurangan anda pada penguasaan vocabulary, tenses, dan grammar itu sendiri.

            Kalau anda takut untuk mengikuti kursus grammar di masa pandemi covid-19 ini, anda bisa memilih kursus grammar privat secara online via video call, zoom, atau jenis media internet lainnya. Keamanan dan kesehatan anda tetap terjaga, kemampuan bahasa inggris anda, utamanya grammar juga semakin berkembang. Apalagi mumpung masih di rumah saja, gunakan waktu luang ini untuk kursus grammar secara online.

            Dengan mengikuti kursus grammar, anda akan dibing oleh mentor anda dengan cara yang sesuai dengan kemampuan anda, dengan cara termudah yang bisa anda pahami dengan cepat. Beberapa lembaga kursus bahasa inggris juga menawarkan kursus bahasa inggris secara online. Anda bisa memanfaatkan fasilitas kursus grammar dari lembaga-lembaga kursus tersebut.

            Anda bisa minta tes grammar terlebih dahulu kepada lembaga kursus grammar tersebut. Tujuannya, agar anda pun tahu kelebihan dan kelemahan anda. Selama mengikuti kursus grammar, pastikan anda mengikuti semua saran dari mentor. Seperti mencatat kosa kata asing yang belum pernah anda dengar sebelumnya, mencatat penggunaan tenses melalui film atau pidato berbahasa inggris, dan mendiskusikannya dengan mentor anda.

            Selain mengikuti kursus grammar, sering-seringlah menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari. Misal: berbicara dengan mentor anda menggunakan bahasa inggris selama kursus grammar berlangsung. Atau menulis di blog pribadi atau status social media seperti caption instagram, status di twitter, facebook, dan status whatsapp.

baca juga

            Untuk segera menguasai grammar, selain mengal kursus grammar, kuncinya adalah harus sering memperbanyak latihan. Karena bila anda menghafalkan kosa kata dan tenses, mungkin anda hanya akan menguasai grammar dalam waktu tertentu saja. Ketika anda sudah jarang menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari maka hafalan anda selama ini pun akan hilang, dan anda akan mengulang lagi dari awal.

            So, mulailah dengan kursus grammar dari sekarang, rajin-rajinlah menggunakan bahasa inggris dalam setiap aktfitas anda sehari-sehari, perbanyak nonton film berbahasa inggris, membaca social media, buku, atau berita berbahasa inggris, dan harus selalu mempraktekkan tips dan trik yang didapat dari kursus grammar.

Karena semakin sering anda berbahasa inggris, semakin banyak kosa kata yang akan anda kuasai, dan semakin mahir kemampuan grammar anda. Pasti anda sendiri pun akan bangga kan?

KURSUS GRAMMAR

https:/// Untuk mempelajari Bahasa Inggris, ada berbagai cara.  Salah satunya adalah dengan membaca kamus, atau kursus.  Bahasa Inggiris memiliki sebuah Grammar, sehingga kamu akan mengetahui kata kata dari Bahasa Inggris.  Apa Itu Grammar? Dan Bagaimana Grammar bisa bermanfaat? Berikut adalah penjelasannya.

Apa Itu Grammar?

Grammar merupakan sebuah kalimat Bahasa Inggris , yang ditandai dengan rumusan kalimat lengkap.  Berbeda dengan Bahasa Indonesia yang menggunakan Subjek, Objek , Predikat dan Keterangan.  Bahasa Inggris justru menggunakan Subject, Verb, dan Adjective Time (keterangan waktu).

Oleh karenanya, Grammar digunakan agar kalimat Bahasa Inggris jadi padu.  Grammar ini bisa kamu temui dalam sebuah cerita, berita, dan bentuk tulisan lainnya.  Grammar ini adalah dasar, agar kamu bisa berbahasa Inggris.

Macam Macam Grammar

Ada bermacam macam Grammar Bahasa Inggris yang wajib kamu tahu. Berikut adalah penjelasannya:

  • Adjective

Adjective merupakan sebuah kalimat Bahasa Inggris , yang menyatakan sebuah sifat ataupun penampilan dari seseorang.  Contoh kalimat Adjective adalah Beautiful, Kind, Short Hair, dan lain sebagainya.

  • Noun

Apa itu Noun? Noun merupakan sebuah kata, yang menggantikan kata benda mati.   Contoh Noun adalah Bandung City, River, dan Penguin  .  Nama kota dan nama hewan, adalah contoh dari Noun.

  • Verb

Kata kerja dalam Bahasa Inggris disebut dengan Verb. Ver sendiri terdiri dari Verb 1, Verb 2, dan juga Verb 3. 

Verb 1 adalah kata sebuah kerja dasar, seperti  I Meet David .

 Verb 2 adalah sebuah kata kerja lampau , contohnya adalah  I Met David yesterday.

Verb 3 adalah kata kerja yang sudah dilakukan saat lampau, seperti I had Met David One Year Ago.

Selain ada Verb 1- Verb 3, ada juga Verb Ing . Verb Ing ini digunakan untuk kata kerja yang akan datang.  Contoh dari Verb Ing adalah I will going school with David .

  • To Be

To Be adalah kata penyambung dari Verb, Adjective, dan juga Noun.  Tanpa To Be, kalimat Bahasa Inggris tidak akan terbentuk.  Contoh dari Kalimat To Be adalah sebagai berikut:

I   am  

You Are

They Are

He Is

She Is

Manfaat dari Grammar

Ada beberapa manfaat dari mempelajari Grammar. Berikut adalah penjelasannya:

  • Untuk Menambah Pengetahuan Bahasa Inggris Kamu

Grammar Bahasa Inggris wajib kamu pelajari, agar pengetahuan Bahasa Inggris kamu bertambah.   Agar kamu bisa paham dengan Grammar Bahasa Inggris, kamu wajib membaca buku atau membaca media yang berbahasa Inggris.

  • Agar Kamu Bisa Menulis Bahasa inggris

Grammar bertujuan agar kamu bisa menulis sebuah tulisan, dengan menggunakan Bahasa Inggris.   Pahami lebih dalam Grammar Bahasa Inggris, agar kamu bisa menulis sebuah artikel atau tulisan Bahasa Inggris.

Cara Agar Bisa Grammar Bahasa Inggris

  • Membaca Kamus dan Buku Bahasa Inggris

Agar kamu tambah paham Grammar Bahasa Inggris, kamu wajib membaaca kamus atau buku yang berbahasa Inggris.  Dengan banyak membaca buku atau  kamus, tentu akan menambah pengetahuan kamu.

Baca juga

  • Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Agar pengetahuan  Grammar kamu bertambah, tidak ada salahnya untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris. Dengan mengikuti kursus di Lembaga Bahasa Inggris yang terpercaya, kamu akan lebih mudah memahami Bahasa Inggris.  Mentor di lembaga kursus Bahasa Inggris akan meng kamu,  sampai mengerti Grammar Bahasa Inggris .

Sekian informasi dan juga kursus mengenai Grammar Bahasa Inggris. Untuk kamu yang ingin fasih Bahasa Inggris, Grammar adalah hal yang wajib kamu ketahui.

Jasa
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *