Virtual Assistant

SEO UNDERCOVER CO ID 70

Undercover.co.id – Terpikir untuk menyewa seorang virtual assistant untuk agensi anda? Berikut ini semua hal yang perlu anda ketahui dan 7 tip untuk bekerja dengan mereka secara efektif.

Menggunakan Virtual Assistant: Panduan Lengkap Untuk SEO Agency

Anda dapat menerapkan tuju langkah berikut ini untuk menggunakan VA di perusahaan anda secara efektif sehingga anda bis mendaapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

1.     Identifikasikan apa yang anda butuhkan

Mulai dari temukan apa yang anda perlukan secara umum. Sekalinya anda menemukan apa yang anda butuhkan,  anda dapat membuat rincian target masing masing komponen. anda menemukan apa yang anda butuhkan secara umum, anda bisa menentukan ruang lingkup proyek anda.

2.     Definisikan ruang lingkup proyek anda

Pada tahap ini kita mulai  dengan membuat masing masing komponen menjadi lebih rinci dan menentukan siapa yang akan mengerjakan pekerjaan tertentu. Dalam mendefinisikan ruang lingkup proyek anda, anda juga harus mengidentifikasi tugas masing masing individu.

Kita juga harus mengevaluasi manakah tugas yang bisa diberikan kepada virtual assistant dan manakah tugas yang membutuhkan pengetahuan khusus serta tidak dapat disampaikan dalam bentu dokumen sehingga harus dikerjakan sendiri oleh tim internal.

Penting bagi anda untuk menyerahkan tugas kepada virtual assistant anda secara bertahap daripada memberikan banyak tugas sekalian. Disinilah proses dokumentasi berlangsung.

3.     Mendokumentasikan proses anda

Memiliki proses dokumentasi yang jelas adalah bagian paling penting dari bekerja sama dengan virtual assistant. Hal ini bertujuan untuk memastikan hasil yang konsisten karena seluruh tim anda bisa mengikuti step by step secara terus menerus, menghilangkan spekulasi apapun atau intrepertasi personal apapun.

Dan karena mereka tidak memiliki waktu untuk berpikir berlebihan mengenai apa yang harus dikerjakan dan bagaimana cara mengerjakannya, mereka akan menjadi lebih produktif dan pikiran mereka akan lebih fokus pada pemikiran yang lebih penting.

Virtual Assistant

4.     Cari dengan tepat virtual assistant anda

Pertama, tentukan apakah anda mau bekerja sama dengan virtual assitent lokal atau luar negeri. Dua duanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Virtual assistant lokal memiliki zona waktu yang sama atau mendekati ona waktu anda dan klien anda sehingga secara umum proses komunikasi akan lebih mudah tetapi virtual assistant lokal bisa jadi juga lebih mahal.

Disisi lain virtual assistant luar negeri biasanya memiliki zona waktu yang lebih cepat atau lebih lambat beberapa jam dari zona waktu kita, sehingga kadang proses komunikasi akan lebih susah. Tetapi anda bisa menghemat biaya jika anda bekerja dengan virtual assistant dari luar negeri.   

Cara mencari virtual assistant:

  • Situs freelance;
    • Melalui  media sosial dan kontak;
    • Melalui agensi virtual assistant.

5.     Komunikasi sepanjang proyek berlangsung

Anda harus mengomunikasikan secara jelas apa yang anda ekspektasikan kepada virtual assistant anda di awal proyek. Anda juga harus memastikan setiap orang berada pada tempat yang sama untuk memaksimalkan produktivitas,  efisiensi dan kinerja sepanjang proyek berlangsung. Dan akhirnya anda harus mengomunikasikan apa yang kuraang dalam pengerjaan proyek baik saat proyek berlangsung maupun ketika proyek telah selesai.

6.     Mengukur performa kinerja mereka

Mendefinisikan KPI atau key performance indicator yang efektif adalah hal yang vital dalam memaksimalkan kinerja.

Apa yang perlu anda lakukan sekarang adalah menemukan apa yang betul betul anda butuhkan untuk membuat klien anda sukses dan membuat ulang KPI untuk mencapai tujuan tersebut.

baca juga

    7.     Evaluasi

    Pada tahap ini penting sekali bagi anda untuk lebih memusatkan perhatian kepada KPI yang anda tetapkan kepada virtual assistant anda dan kinerja anda dari prespektif pendapatan dan keuntungan. Dalam mengevaluasi perusahaan anda, anda perlu memeriksa hal hal berikut ini agar tetap seimbang:

    • Jumlah klien anda;
      • Kompetitor mereka;
      • Anggota tim internal perusahaan anda;
      • Proses;
      • Alat;
      • Mesin pencari;
      • Teknologi;
      • Kompetitor perusahaan anda sendiri.

    Dengan kata lain anda perlu banyak berjudi oleh karena itulah anda perlu tim anda.

    Leave a Reply

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh