Wang Jian Lin Kekayaan US$ 31,3 miliar

Wang Jian Lin Membuahkan Kekayaan Sebesar US$ 31,3 miliar ,  Billionaire, Usaha properti sudah terbukti dapat memberikan keuntungan besar. Hal itu, sudah terjadi sejak lama sekali, dimulai paska perang dunia II, usaha properti mulai berkembang dan digandrungi banyak kalangan.

Pada tahun 1990-an, usaha ini menjadi bidang usaha favorit banyak orang, termasuk para pengusaha dari Indonesia dan Cina. Bayangkan jika Anda memulai usaha properti dari tahun 1990-an dan tidak pernah berhenti sampai sekarang, kira-kira seberapa besar keuntungan yang sudah Anda dapatkan dari tahun 1990-an sampai tahun 2017.

Para pengusaha di China sudah membuktikan bahwa menjadi pengusaha properti berhasil membuat mereka mengembangkan sayap bisnis ke berbagai bidang lainnya. Salah satu orang yang berhasil dalam bidang ini adalah Wang Jian Lin, salah seorang warga China yang berhasil menembus bursa saham New York dengan berbagai macam asetnya.

 

Total Kekayaan Wang Jian Lin Mencapai US$ 31,3 miliar

Wang Jian Lin, salah satu orang terkaya di China berhasil menembus bursa New York dengan kekayaan mencapai US$ 31,3 miliar atau setara US$ 416,3 triliun (kurs Rp 13.300). Perusahaan Wang Jianlin yang berhasil menjadi pilar usaha-usahanya yang lain ialah perusahaan properti dan entertainment Dalian Wanda Group.

Sejauh ini, Wang sudah melakukan banyak maneuver usaha yang mencengangkan dunia. Tidak hanya pengusaha di China sana yang terkejut tetapi juga pengusaha di seantero Amerika Serikat.

Pasalnya, keberhasilan Wang memasuki bursa New York adalah bukti bahwa asetnya telah memiliki nilai yang sebanding dengan saham-saham pengusaha asal Amerika Serikat itu sendiri.

Diketahui bahwa dalam sebuah kunjungan pada bulan Oktober 2016 ke Los Angeles, Wang mengumumkan dia akan menawarkan potongan produksi 40 persen untuk film dan acara TV yang memotret megastudio barunya di Qingdao.

Berita itu muncul paska pembelian Wang pada bulan Januari 2016 terhadap perusahaan produksi L.A. Legendary Entertainment dan akuisisi yang dilakukannya pada tahun 2012 atas rumah produksi AMC Theatres.

Jangan lupa juga bahwa pada bulan Mei, Wang meluncurkan taman hiburan Wanda City di Nanchang, dan memiliki rencana untuk membangun 15 taman hiburan di China dan 5 buah di luar negeri.

 

 

Wang Jian Lin  Mengakuisisi Perusahaan Real Estate

Pada awalnya, kekayaannya terkumpul berkat bisnis properti dengan perusahaan Dalian Wanda, sebuah pengembang real estat komersial terbesar di negara Cina.

Bagaimana kisahnya?

Wang yang lahir di Provinsi Sihuan pada 1954, masuk militer pada 1970 hingga 1986. Setelah itu, Wang bekerja sebagai pegawai pemerintah di Dalian, provinsi Liaoning.

Wang berhenti menjadi pegawai pemerintah, ketika pada 1989, didapuk menjadi manajer umum perusahaan properti, Xigang Residential. Dari sinilah ia melihat peluang bisnis property sangat besar di masa depan, sehingga ia memilih untuk menjadi seorang wirausahawan di bidang property juga.

Usaha di bidang industri property dimulai dari mengakuisisi perusahaan real estate yang hampir bangkrut, bernama Dalian Wanda. Peristiwa itu terjadi pada 1990an. Wang berusaha membangkitkan keuntungan usaha dari Dahlian Wanda pada saat itu.

Kerja kerasnya membuahkan hasil yang gemilang hingga sekarang bisnis real estatenya bersama Dalian Wanda berkembang pesat, tidak hanya di China.

Di samping membeli perusahaan real estate, dengan keuntungan yang dimilikinya, Wang pun mengembangkan sayap bisnisnya ke dunia entertainment dengan membeli jaringan bioskop AS, yaitu AMC Entertainment,bisnis hiburan terbesar di New York dengan harga US$ 2,6 miliar pada tahun 2012 lalu.

Tak berhenti di sana, Wang juga mengakuisisi grup sinema yang berbasis di London, yaitu Odeon & UCI, seharga US$ 1,2 miliar.

Investasi Wang di bisnis properti semakin bersinar. Wang kini memiliki lahan seluas 9,03 juta meter persegi, membangun 58 Wanda Shopping Plaza, 15 hotel mewah, 68 jaringan bioskop, 57 departemen store, dan 54 pusat karaoke di Cina.

Keberminatan Wang di dunia Entertainmen tak berhenti di tahun 2012 saja, terbukti pada Januari 2016, Wang menggelontorkan dana sebesar US$ 3,5 miliar untuk membeli Legendary Entertainment, perusahaan di balik pembuatan film trilogi ‘Batman’ dan ‘Jurassic World’.

Berlanjut di bulan November di tahun yang sama, Wang membeli perusahaan pembuat penghargaan Golden Globes, yaitu Dick Clark Productions, sekitar US$ 1 miliar.

Di bidang olahraga, Wang melalui Dalian Wanda menjadi sponsor utama liga sepakbola di Tiongkok. Hal itu terjadi sejak tahun 2011. Wang juga mempunya tim sepak bola sendiri yang awalnya bernama Dalian Wanda FC, tapi diganti menjadi Dalian Shide FC.

Perlu Anda ketahui bahwa ia juga memiliki 20 persen saham di Klub sepak bola asal Spanyol, Atlético Madrid.

Perjalanan Karir Wang Jian Lin

Riwayat hidup Wang Jian Lin seorang pebisnis dari Tiongkok yang masuk dalam daftar orang terkaya di Asia versi Forbes ini juga menjadi orang terkaya no. 29 di dunia pada tahun 2015 versi majalah Forbes pula.

Perjalanan hidup Wang Jian Lin dimulai pada tahun 1954, ia dilahirkan di di provinsi Sihuan dari orang tua yang sederhana dengan latar belakang militer. Sesuai dengan keinginan orang tua, Wang Jian Lin juga pernah masuk ke sekolah militer dan berdinas di militer antara tahun 1970 hingga 1986.

 

baca juga

Billionaire Pria itu Bernama Warren Buffet

500 Kisah Pengusaha Sukses

 

 

Perjalanan karirnya yang dimulai sebagai pengusaha membuatnya sukses menjadi orang terpandang dan disegani pula di ranah politik. Dalam dunia politik, Wang menjadi anggota senior Partai Komunis Tiongkok.

  • Penghargaan

Kesuksesan Wang membuatnya dianugerahi banyak penghargaan, antara lain:

  • CCTV’s Chinese Economic Person of the Year, Tahun 2008 dan 2012
  • China Charity Awards dari Kementerian Urusan Sipil Tiongkok pada tahun 2005, 2008 dan 2013.
  • Honorary President of the China Charity Federation (2013)
  • Asia’s richest man oleh Bloomberg (2015)

 

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!