Web Server

Jasa

Undercover.co.id – Internet menjadi salah satu pusat informasi di dunia saat ini. Bermacam hal bisa ditemui melalui akses internet cukup dengan memasukan query pertanyaan atau kata yang ingin dicari.

Mengenal Seluk Beluk Web Server

Siapa yang menyediakan semua informasi itu dan bagaimana caranya?

Jawaban dari pertanyaan itu adalah web server. Web server lah yang menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan saat berselancar di internet.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut secara lengkap, kali ini kami akan menjelaskan seluk beluk tentang apa itu Web Server dan bagaimana cara kerjanya.

Mengenal bagaimana internet bekerja

Sebelum mengenal tentang web server , ada baiknya Anda memahami tentang bagaimana internet bekerja.

Secara singkat internet ini merupakan sebuah infrastruktur teknik yang menghubungkan miliaran komputer di seluruh dunia secara bersama-sama.

Jadi semua komputer ini saling terhubung dengan memiliki alamatnya masing-masing yang sering disebut alamat IP (Internet Protocol) yang terdiri dari susunan angka seperti 192.168.2.40.

Diantara komputer-komputer tersebut terdapat beberapa komputer yang bertugas menjadi web server yaitu yang memberikan data untuk orang yang membutuhkan.

Apa itu Web Server?

 Secara singkat sebenarnya web server adalah hardware dan software yang bekerja sama untuk menyediakan data.

Dari sisi hardware, web server merupakan komputer yang menyimpan software web server dan file komponen website seperti HTML, gambar, CSS, Java script.

Komputer ini terhubung dengan jaringan infrastruktur internet dan mendukung pertukaran data dengan semua perangkat yang terhubung di website

Dari sisi software, web server adalah software yang mengatur bagaimana user dapat mengakses file yang tersimpan komputer, minimal dari software yang digunakan adalah HTTP Server.

 HTTP server adalah salah satu software yang dapat memahami alamat website / URL dan HTTP atau protokol yang digunakan browser untuk dapat mengakses halaman website.

Saat browser membutuhkan file atau data dari web server, browser akan request data tersebut melalui HTTP. Setelah menemukan web server (hardware) yang tepat, maka HTTP server (software) menerima request tersebut, mencarikannya, dan mengirimkannya kembali atau jika tidak ada akan memberikan pesan eror 404.

Secara lebih simple, web server sebenarnya hanya berisi software yang dapat menyediakan halaman web yang direquest oleh web client.

Bagaimana Web Server Bekerja?

Sebuah halaman website dapat dilihat dan diakses ketika browser request data tersebut dari web server, kemudian web server memberikan respon dengan mengirimkan data yang dibutuhkan.

Secara simple, berikut cara kerja dari web server:

  1. Penguna mengakses sebuah url website melalui browser
  2. Browser mencari alamat IP dari nama domain

Broswer akan mencari alamat IP dari domain, dengan mencari dari cache atau dengan melihat dari Domain Name (DNS) server.

  • Browser meminta URL lengkap ke web server setelah mengetahui IP adress dari website yang diakses
  • Web Server merespon request

Web server kemudian merespon dengan mengirimkan halaman yang diinginkan. Jika data tidak ditemukan, web server akan mengirimkan pesan Error 404. Sementara jika halaman membutuhkan username password sementara yang dimasukkan salah, maka akan muncul Error 401.

  • Browser menampilkan halaman webpage yang sudah dikirimkan oleh Web Server.

Kapan Saya Membutuhkan Web Server?

Umumnya web server digunakan oleh perusahaan web hosting atau orang-orang yang memang profesional membangun sebuah aplikasi website.

Web server ini berguna untuk menyimpan segala data dan dapat diakses oleh seluruh pengguna internet di dunia. 

Kapan waktu membutuhkan web server ini dapat dikategorikan menjadi dua yaitu:

  1. Ketika Anda memiliki sebuah website entah itu membangun sendiri atau pesan ke vendor pembuat website. Anda membutuhkan web server agar website tersebut dapat diakses oleh orang.
  2. Ketika Anda membutuhkan teknologi server-side seperti PHP

Arsitektur dari Web Server

Terdapat dua jenis pendekatan dari arsitektur web server yaitu:

  1. Pendekatan Concurrent

Artinya pendekatan ini memungkinkan web server menghandle beberapa request dari user dalam satu waktu yang sama. Metode yang digunakan pada pendekatan ini ada tiga yaitu:

  • Metode Multi Process

Metode ini dilakukan dengan membiarkan satu proses menjadi beberapa proses turunan dan mendistribusikan tugas ke turunannya tersebut. Setiap request yang masuk secara bersamaan akan dihandle oleh proses turunan sehingga semua dapat di handle secara bersama-sama.

  • Metode Multi Threaded

Berbeda dengan  multi process, multi threaded ini mencitpaakan beberapa singlel threaded proses pada setiap request.

  • Metode Hybrid

Merupakan gabungan antara metode Multi Process dengan Multi Threded, dimana dalam pendekatan ini terdepat beberapa proses yang masing-masing memiliki beberapa threads, dan masing-masing thread di menghandle satu koneksi. Menggunakan beberapa thread dalam satu proses ini dapat mengurangi proses dan beban pada sistem.

  • Pendekatan Single Process Event Driven

The Singe Process Event Driven atau bisa disingkat (SPED) adalah arsitektur yang menggunakan proses single driven server untuk memenuhi permintaan HTTP yang masuk dalam satu waktu.

baca juga

    Contoh web server yang banyak digunakan saat ini

    Apache HTTP Server

    Dikembangkan oleh Apache Software Foundation, Apache HTTP server merupakan satu yang paling populer di antara web server di dunia. Bersifat oper source, Apache web server dapat diinstall dan digunakan di semua sistem operasi seperti Windows, Linux, Unix, FreeBSD, Mac OS. Hampir 60 % web server menggunakan Apache Web Server ini.

    Internet Information Service (IIS)

    Internet Information Service (IIS) adalah web server yang memiliki performa tinggi yang dimiliki oleh Microsoft. Web server ini dapat berjalan di platform Windows NT/2000 dan Windows 2003. Berada satu paket dengan sistem operasi, membuat IIS memiliki kemudahan untuk disetting dan digunakan.

    Sun Java System Web Server

    Web server ini dikembangkan oleh Sun Microsystem dan ditujukan untuk website dengan sekala sedang dan besar. Meskipun tidak bersifat open source, namun web server ini juga gratis dan dapat berjalan di platform Linux, Windows, dan UNIX.

    Kelebihan dari web server ini adalah kemampuannya mendukung beberapa bahasa pemrograman, script, dan teknologi seperti PHP, Python< JSP, ASP, Java Servlets, dll.

    Lighttpd

    Merupakan web server gratis yang dikembangkan oleh sistem operasi FreeBSD. Kemampuannya adalah di kecepatan, keamanan, dan konsumsi daya yang lebih sedikit. Meskipun dikembangkan oleh FreeBSD, Lighttpd ini dapat dijalankan di beberapa platform sistem operasi lain seperti Linux, Windows, Solaris, dan Mac OS X.

    Jigsaw Server

    Web server Jigsaw ini hadir saat Word Wide Web Consortium dan dibangun dari bahasa pemrograman Java dan dapat berjalan di Script CGI dan program PHP. Bersifat open source, gratis dan dapat digunakan di banyak sistem operasi seperti Windows, Linux, Unix, Mac OS, dan FreeBSD.

    Itulah ulasan lengkap tentang web server semoga dapat menambah pengetahuan dasar dan membantu Anda untuk memahami bahkan memilih web server terbaik sesuai kebutuhan.

    Cara memilih Web Server Terbaik

    Memiliki bisnis yang berbasis online menuntut setiap orang untuk memiliki sebuah website  yang efektif mampu membantu usaha. Namun sering kali pemilik bisnis terlalu fokus dengan desain, tampilan, dan user experience. Sementara ada satu hal penting yang sering dilupakan, yaitu web server.

    Web server ini merupakan rumah bagi website yang Anda bangun, sehingga sangat mempengaruhi bagaimana tampilan dan kinerja dari website Anda. Sangat sayang bukan kalau sudah membuat website dengan fitur atraktif menakjubkan dan desain super indah, namun tidak bisa dibuka karena web servernya tidak bagus. Tentu semua tidak ingin mengalami hal tersebut.

    Bagaimana cara memilih web server terbaik untuk website Anda.

    Tentukan dan pelajari terlebih dahulu kebutuhan untuk bisnis Anda

    Anda perlul mengetahui sejauh apa dukungan yang dibutuhkan oleh website Anda. Setiap web server memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

    Misalnya jika Anda membuat sebuah website yang  harus selalu siap sedia 24 jam 7 hari, maka Anda membutuhkan web server yang bisa mencukupi kebutuhan itu.

    Layanan support dari penyedia layanan web server juga perlul diperhatikan. Bagaimana perusahaan tersebut memberikan pelayanan terutama dalam supportnya, apakah sesuai dengan kebutuhan Anda dan memiliki kualitas yang bagus.

    Masalah support ini juga penting apalagi jika Anda termasuk solopreneur dimana harus mengerjakan urusan webserver, membangun website, dan berjualan sekaligus. Memiliki support yang bagus dari vendor web server dapat membantu sekali dan mengurangi beban Anda.


    Ada satu hal yang sering dilupakan selain masalah support, adalah tentang layanan backup. Layanan backup ini tidak hanya dibutuhkan saat server atau website sedang down saja. Namun juga ketika ada human error yang itu sering terjadi, sesederhana salah rename atau malah tak sengaja menghapus data di server.

    Kecepatan perusahaan penyedia layanan harus baik ketika menghadapi situasi tersebut. Waktu yang dibutuhkan untuk respon pesan dan kebutuhan Anda akan berpengaruh besar terhadap kualitas website Anda.

    Konsultasikan dengan developer website Anda

    Sebelum memutuskan untuk memilih penyedia layanan web server untuk website Anda, Anda perlu mendiskusikan detail dan fungsi-fungsi yang ada di website dengan developer/ pengembang.

    Developer akan tahu bagaimana website dapat berjalan efektif dan kebutuhan apa saja yang diperlukan. Dari diskusi tersebut Anda dapat memperoleh info kebutuhan dasar untuk website Anda.


    Jika Anda sudah memiliki website, diskusi juga bisa berkembang hingga target pengunjung dan kira-kira berapa kebutuhan bandwith yang diperlukan untuk berkembang. Hasil diskusi dan rekomendasi dari developer ini akan sangat membantu Anda menentukan layanan web server terbaik.

    Perhatikan berapa situs website yang Anda miliki

    Ini penting untuk mengetahui kebutuhan jenis layanan web server yang akan Anda pilih. Jika Anda memiliki lebih dari satu situs website, apakah Anda akan memisahkannya per situs atau menggunakan Virtual Private Server, di mana Anda bisa mengatur sendiri bagaimana mengatur server Anda.

    Tiga hal tersebut menjadi penting untuk diperhatikan sebelum memilih layanan web server untuk website Anda. Selanjutnya Anda perlu memahami pilihan software web server yang ada dan kelebihannya masing-masing.

    Pilihan web server terbaik

    Berikut kami bagikan beberapa web server populer dari sisi software yang bisa Anda pelajari untuk menentukan mana yang terbaik dan sesuai kebutuhan.

    Apache Web Server

    Apache adalah web server yang digunakan sekitar 46,3% website saat ini. Web server ini tersedia gratis dan open source.

    Fitur yang disediakan oleh Apache adalah:

    • Mendukung HTTP/2 dan IP v6
    • Memiliki module yang dinamis, auto indexing, dan file statis
    • Membuat kemudahan dalam proses scripting
    • Memiliki banyak module dengan beragam fungsi
    • Tersedia untuk banyak platform sistem operasi dari mulai Windows, Linux, dan mac OS.
    • Memiliki fasilitas mekanisme load balancing

    Nginx Web Server

    Nginx adalah web server kedua paling populer saat ini yang juga seperti Apache, dapat berjalan di banyak sistem operasi. Nginx ini sangat mendukung komponen website modern, seperti video streaming.

    Jika Anda biasa menggunakan layanan Netflix, maka perlu diketahui bahwa mereka menggunakan Nginx untuk web servernya.

    Fitur unggulan yang ditawarkan oleh Nginx:

    • Kemudahan konfirgurasi yang simple
    • Performa tinggi
    • Memiliki tingkat kestabilan server yang bagus
    • Dapat menghandle lebih dari 10.000 koneksi secara simultan
    • Membutuhkan resource yang cukup rendah
    • Mendukung load balancing dengan kompatibiltas Ipv6

    Caddy Web Server

    Caddy merupakan web server bersifat open source yang paling produktif dan mudah digunakan. Memiliki kecepatan yang mumpuni dengan mengaktifkan HTTPS secara default. Caddy dapat melayani 30.000 request setiap detiknya bergantung pada kemampuan hadware Anda.

    Web server ini mirip dengan Nginx secara sintak namun semuanya lebih di buat simple dan mudah.

    Salah satu  kemudahan yang ditawarkan oleh Caddy ini misalnya ketika akan melakukan SSL Integration dengan Let’s Encrypt Anda hanya cukup mengetik tiga baris script untuk konfigurasi. Cepat dan sangat mudah bukan?

    Berikut fitur yang dimiliki oleh Caddy:

    • Konfigurasi yang sangat mudah
    • Dapat berjalan di mana saja tanpa perlu dependensi dari luar
    • Fitur Virtual Hosting yang dapat mengaktifkan beberapa situs
    • Secara default mengaktifkan protokol HTTPS
    • Dapat di embed dengan mudah ke program lain sebagai library.

    Jika Anda membutuhkan website dengan trafik yang besar mungkin memang web server ini kurang mampu memenuhi kebutuhan. Namun jika Anda menginginkan kemudahan, Caddy merupakan pilihan terbaik.

    Lighttpd Web Server

    Web server ini dirilis pada tahun 2003 dan didesain dengan model asynchronous untuk mengandle request dan pekerjaan pada single thread.

    Fitur yang dimiliki oleh web server Lighttpd:

    • Ringan, aman, fleksibel, dan cepat
    • Hanya membutuhkan CPU load yang kecil dan kecepatan teroptimasi maksimal
    • Ideal untuk koneksi yang banyak

    Lighttpd ini sangat ideal dan cocok jika Anda tidak ingin membebani system resource yang Anda miliki.

    Open Light Speed Web Server

    Open light speed web server adalah server open source yang basisnya dikembangkan untuk web server perusahaan.  Web server ini gratis dan cocok digunakan untuk website konten seperti WordPress yang sudah memiliki optimasi pada halamannya.


    Fitur yang dimiliki web server ini:

    • Memiliki kompatibilitas dengan Cyber Panel dan DirectAdmin
    • Memiliki interface yang kaya dengan pengalaman konfigurasi yang bagus
    • Memiliki kemudahan untuk migrasi file dari server Apache
    • Sudah teroptimasi dari sisi Google Speed Insights
    • Memiliki engine cache yang mumpuni

    Itulah lima web server yang dapat Anda pilih untuk website Anda. Setelah mengetahui web server yang paling cocok, selanjutnya pilih vendor yang paling pas dan dapat memberikan layanan optimal untuk website Anda.

    Mengambil waktu sedikit lama untuk riset akan jauh lebih baik dari pada asal mengambil keputusan dan mempertaruhkan kualitas website dan layanan Anda.

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!