Website & Toko Online Vs E Commerce

Jasa
Jakarta menjadi gudangnya para pembuat website toko Online dan e-commerce. Alasannya karena di kota itu memang ekonomi digital berangsur dengan kecepatan yang sangat tinggi. Tidak heran bila website dan toko Online dan e-commerce besar pun memilih Jakarta sebagai markas besar mereka. Membicarakan tentang toko Online dan e-commerce di Jakarta, sebetulnya adakah perbadaan dari dua tempat jualan Online tersebut? Guna menjawab pertanyaan itu, kami telah merangkum dari berbagai sumber tentang perbedaan dari kedua istilah di atas. Oleh karena itu, supaya kalian bisa lebih mendalami antara website toko Online dan e-commerce di Jakarta, sebaiknya langsung disimak artikel kami yang satu ini, ya!

Perbedaan Toko Online dan E-Commerce Dilihat Dari Cara Kerja

Sesuai dengan namanya, yakni Toko Online, maka secara sederhana anda dapat memahami bahwasanya tempat jualan atau lapak dari toko anda berada pada dunia virtual atau Online. Maka dari itu, secara sederhana pun dapat dipahami bahwa cara kerja dari toko Online sendiri menitikberatkan pada penjualan dengan sistem Online. Cara kerja toko Online pun lebih bersifat langsung antara penjual dan pembeli tanpa adanya pihak ketiga. Alhasil dari situlah dapat anda sadari, ternyata dengan menggunakan toko Online miliki sendiri anda bisa lebih bebas dan leluasa bertransaksi tanpa adanya biaya potongan untuk administrasi atau yang lainnya. Berbeda halnya dengan E-commerce. Di sini cara kerja mereka agak berbeda dengan toko Online. Sebut saja nama e-commerce besar seperti Lazada, Zalora, dan Blibli. Mereka mengharuskan anda menjadi seorang retailer besar, laksana sebuah mall dalam dunia Online. Dengan begitu, anda pun mengharuskan mempunyai brand sendiri, stok barang yang banyak, serta sistem pengiriman yang telah diatur oleh mereka. Cara kerja transaksi pun diatur oleh mereka, sehingga anda hanya perlu mengikuti alur yang telah mereka buat dan biasanya akan ada potongan biaya untuk administrasi di sana. Lain halnya dengan e-commerce menengah semisal Bukalapak dan Tokopedia. Cara kerja di sini anda tidak perlu memiliki brand sendiri, tidak perlu mengikuti aturan mereka dalam segi pengiriman. Cukup buka toko seperti biasa, kemudian menikmati beberapa fasilitas yang disediakan. Untuk cara kerja transaksi, mereka hanya menjadi pihak ketiga yang menampung uang anda. Biasanya mereka pun tidak melakukan potongan. Begitulah gambaran dari cara kerja website toko Online dan e-commerce yang kebanyakan bermarkas di Jakarta. Tentu anda pun sedikit-sedikit sudah memahami perbedaan mereka dari sengit itu bukan? Lanjut ke bagian selanjutnya, ya!

Kelebihan berjualan di Website Toko Online dan Marketplace

Perbadaan selanjutnya dari kedua pasar Online di atas akan kami bahas dari segi kelebihan mereka terlebih dahulu. Adapun penjabaran kelebihan bagi toko Online adalah sebagai berikut:

Memiliki Kontrol Penuh Terhadap Website Toko Online

Kelebihan pertama dari toko Online ialah anda berhak mengatur segalanya sesuai keinginan anda. Tentu hal ini menjadi sebuah kelebihan yang menonjol, setelah penjelasan tentang sistem kerja di atas. Dengan anda memiliki kontol penuh anda berhak menjual barang apa saja sesuai keinginan anda. Anda pun dapat mengatur pola transaksinya seperti apa. Sampai anda pun dapat mengatur waktu pengiriman, tanpa adanya paksaan harus dikirim jam berapa. Lewat kontrol penuh pun anda menjadi lebih bebas dalam mengembangkan konsep bisnis anda seperti apa nantinya.

Memilih Nama Domain Sendiri

Website toko Online yang kelak anda miliki pun dapat memilih nama domain yang sesuai dengan keinginan anda. Dengan kelebihan ini, anda pun lebih enak bila hendak membangun sebuah Citra brand. Alhasil, dengan memiliki domain website toko Online sendiri, secara tidak langsung anda sedang membangun aset berharga di masa depan nanti. Tertarik membuatnya?

Konsumen Mudah Menemukan Anda

Selanjutnya, letak kelebihan dari sebuah website toko Online yang dimiliki oleh anda sendiri adalah memudahkan konsumen dalam menemukan anda. Bayangkan bila anda berada pada marketplace yang banyak, tentu di sana akan banyak pula barang sejenis yang sama dari segi nama atau produknya. Alhasil konsumen pun menjadi susah menemukan anda dan bingung. Akan berbeda ceritanya bila anda memiliki toko Online pribadi. Pastinya para konsumen dengan senang hati mencari dan menemukan anda. Mudah sekali bukan, ya? Sementara itu, untuk kelebihan di berjualan di website e-commerce adalah sebagai berikut:

Proses Penjualan Barang Sangat Mudah

Dikarenakan e-commerce dibangun untuk umum, tentu mereka pun membuat sebuah sistem penjualan yang mudah. Biasanya cukup hanya dengan membuat sebuah akun, mengisi beberapa data penting seperti biodata, rekening, alamat pengiriman, dan jasa kurir, kemudian berlanjut ke upload barang dan menentukan harga. Melalui langkah-langkah di atas pun dapat dikatakan anda sudah selesai membuka toko di sana. Memang kemudahan inilah yang menjadi daya tarik e-commerce sebagai pasar Online para penjual.

Memiliki Pengunjung Yang Ramai

Dengan nama e-commerce besar, maka biasanya para pengunjung pun akan banyak datang ke sana. Sebab dengan nama besar mereka, pastinya pengelola akan dengan gencarnya melakukan promosi di mana-mana. Bak sebuah pameran, tentu kelebihan itulah yang dicari para penjual. Berkat banyak pengunjung itulah mereka seolah percaya diri untuk membuka stand dan berjualan. Sebab mereka percaya, dari angka pengunjung yang banyak pastinya akan ada saja yang berkunjung dan membeli di tempatnya.

Memiliki Kepercayaan Yang Tinggi

Sebab musabab adanya pihak ketiga dalam sebuah transaksi, menjadikan e-commerce dilirik oleh para penjual dan pembeli. Karena dengan fasilitas itu mereka merasa nyaman dan aman, tanpa ada rasa takut timbulnya sebuah kejahatan semisal penipuan. Kelebihan ketib inilah yang membuat dampak signifikan antara perbedaan website toko Online dan e-commerce di Jakarta.

Kekurangan Berjualan Di Website Toko Online dan E-Commerce

Bagi anda yang hendak membuat toko Online, sebaiknya jangan dulu fokus pada kelebihan di atas. Ada bagusnya bila anda perhatikan dulu kekurangan di bawah ini baca juga Jasa Pembuatan Website Profesional Panduan Memulai Website Bisnis Anda Jasa SEO Google Perusahaan Jakarta Peranan SEO Dalam Meningkatkan Profit Bisnis Perusahaan Pelatihan Private Kursus SEO Untuk Karyawan Dan Pebisnis 30 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia Pasang Iklan Undercover.co.id Media Promosi Bisnis Anda Iklan Advetorial Jasa Sosial Media Email Marketing 26 Panduan Email Marketing Lengkap Top 30 Agensi Advertising Yang Ada Di Jakarta

Toko Online Baru Kurang Traffick

Bila anda baru membuat toko online  , sebagus apapun design dan penampilannya , traffick tidak akan datang begitu saja , terkecuali anda memakai iklan atau teknik SEO yang bisa memabantu anda mendapatkan banyak traffick baik berbayar maupun gratis , namun tentunya itu akan memakan biaya yang cukup besar , jadi pastikan anda sudah memperhitungkan masak masak sebelum anda membuat toko online anda karena  tanpa traffick tentunya tidak akan ada omzet di toko online anda Kesulitan dalam hal penjualan Memang pada awalnya bila hendak membangun sebuah website toko Online dari awal, maka anda harus siap mengalami kesulitan. Pasalnya anda adalah orang yang merintis dari bawah, pastinya akan ada saja kesulitan baik dalam hal teknis, mendatangkan trafik pengunjung, dan proses kepercayaan transaksi. Undercover.co.id Services Panduan Bisnis Affiliasi Website Cuma 50 Ribu Pembuatan Website Profesional Jasa Seo Profesional dan Terpercaya Jasa Sosial Media Maintenance 60 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia Akan tetapi, e-commerce  pun tak luput dari segi kekurangan, semisal:

Kesulitan Dalam E-Commerce

Seperti halnya pasar umum, di sini ada banyak sekali penjual yang tersebar. Alhasil persaingan di sini pun akan lebih sulit baik dari segi harga, produk, dan merek. Karena faktor umum tadi pun, para pembeli menjadi lebih bebas memilih toko pilihan mereka. Serta proses membangun sebuah brand sendiri di sini akan menjadi lebih sulit karena susahnya konsumen mengingat nama domain toko anda, yang ada malah mereka mengingat toko online atau market place yang anda pakai sebagai tempat berjualan. bila ada masalah dengan teknis e commerce mereka, product anda tidak akan bias berjualan, dan tentunya anda akn merugi waktu dan penghasilan , belum lagi penjual lain yang beriklan disana , maka product anda semakin tidak terlihat pada dasaranya tetap anda harus mengeluarkan uang , waktu dan tenaga untuk dapat sukses baik itu e commerce besar maupun anda buat sendiri Demikianlah gambaran perbedaan website toko Online dan E-commerce yang biasanya bermarkas di Jakarta. Dari situ, kami hanya dapat menyimpulkan bahwa sebaiknya anda membangun toko Online sendiri. Alasannya cukup sederhana, ingatlah faktor leluasa yang berada di tangan anda. Jangan lupa ajak kami untuk membangun toko onlinenya, ya!
Jasa
error: Content is protected !!