Published On: Sat, Oct 4th, 2014

Wirausaha Modal Kecil

Wirausaha Modal Kecil |

Wirausaha Modal Kecil

Wirausaha Modal Kecil

 

Bermula dari ‘hanya’ pasarkan product orang lain, saat ini Yoad Nazriga Sunarto semakin Berjaya dengan Jaket ADN Adrenalin. Satu diantaranya strateginya yaitu dengan meningkatkan rencana keagenan. Seperti apa rencana Wirausaha Modal Kecil ini?

Awalannya, Yoad yang sekarang ini masih tetap berstatus juga sebagai mahasiswa ini cuma melakukan kesibukan trading saja, dengan jual product jaket orang lain lewat internet pada September 2010. Tetapi, maraknya tanggapan yang dia bisa, perasaan entrepreneur-nya nampak serta ‘memaksanya’ untuk menghasilkan jaket motor dengan mengutamakan pada kwalitas bahan baku serta system pemasaran yang terintegrasi. Lantaran pasarnya luas serta tujuan marketnya juga tidak terbatas. “Kami lihat prospek jaket motor ini sangatlah bagus, lantaran banyak yang beli. Kami juga lihat banyak pemakai motor yg tidak memakai jaket yang safety. Wirausaha Modal Kecil ini dimulai 2011 kami membulatkan tekad membangun konveksi untuk menghasilkan sendiri jaket motor, yang kami beri merk ADN Adrenalin. ”

Bersamanya rekannya, Ihsanudin, Yoad menghasilkan jaket itu mulai sejak Januari 2011 serta mulai cuma dengan 1 orang karyawan. Seiring waktu berjalan, tiap-tiap bln. selalu jadi tambah. “Saat ini telah 16 karyawan dengan 12 mesin jahit, serta selalu bakal jadi tambah, ” katanya. Tempat konveksi Yoad ada di daerah Sarijadi – Bandung. Masalah design, Yoad ikuti trend yang ada dengan mengombinasikan jenis-model jaket luar negeri. “Kami juga terima pesanan design dari konsumen, minimum pemesanan 20 pcs, umumnya yang seperti ini dipesan untuk komune (club) motor atau untuk perusahaan, ” kata Juara kelompok umum pada arena Sosro Youth Business Competition 2011 serta Finalis Wira usaha Mandiri 2011.

Masalah kwalitas product ADN Adrenalin, Yoad berani menggaransi bahwa jaket ADN Adrenalin berasal berbahan baku yang berkwalitas baik. “Kami memakai cordura atau cordura poliester yang anti air (80%) serta anti angin (95%) . Bahan dalam kami pakai saten yang di-quilting, adem serta tak panas. Resleting YKK. Jahitan rapi. Nyaman dipakai lantaran polanya ikuti bentuk badan, body-fit, ” sekian diterangkan Yoad.

Buka Kesempatan Keagenan

Terkecuali jual produknya sendiri, Yoad juga meningkatkan system keagenan. Sekarang ini, menurut dia telah ada belasan agen resmi yang menyebar di beragam kota, bahkan juga diluar negeri seperti Malaysia. “Agen-agen kami promosikan di situs, ” tuturnya. Investasi keagenannya cukup terjangkau, calon agen cuma beli minimum 10 pcs, atau kurang lebih Rp 2 juta. Pembelian selanjutnya bisa 1 pcs saja, namun dalam 1 bln. agen mesti dapat jual minimum 10 pcs. Keuntungan margin untuk agen sebesar 25% dari harga customer. “Itu special potongan harga kami, ” tuturnya. Daerah yang masih tetap berpeluang untuk jadi agen ada semua lokasi di Indonesia terkecuali Jabodetabek, Surabaya, Malang, Denpasar, Jogja, serta Sidoarjo. Untuk memproteksi beberapa agennya, Yoad akan tidak terima agen lain di kota yang telah ada agen itu, terkecuali bila tempatnya berjauhan.

Supaya top of mind dipikiran customer semakin kuat, Yoad konsentrasi cuma bermain di ranah di jaket motor. Argumenya agar brandingnya kuat, hingga dalam benak customer itu ADN Adrenalin yaitu merk jaket motor. “Jika orang mau beli jaket motor, ingat Adrenalin. Kami juga membuat pola komunikasi bahwa jaket Adrenalin kental unsur safety-nya, seperti busa yang dilapis anti-slip hingga membuat perlindungan dari bahaya kecelakaan atau protektor yang lain, serta dengan jenis-model-nya macho, ” tuturnya.

Diluar itu, Yoad sangatlah optimis bila th. 2012 ia dapat jual hingga 1500 pcs jaket. “Itu tujuan saya, ” tuturnya. Realisasinya hingga sekarang ini penjualan jaketnya meraih 500-700 pcs per bln.. “Kami menyasar seluruhnya kanal, baik on-line ataupun off line, untuk mengoptimalkan penjualan, ” tuturnya bangga. Tidak heran bila omset bulanannya meraih Rp 100 juta lebih. Sungguh suatu ide untuk Anda yang berjiwa wira usaha. Tertarik jadi agennya Wirausaha Modal Kecil?

jasa seo dan internet marketing

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>